free counter with statistics Inilah Tempat Wisata di Bali Barat Yang Terkenal
T11/08/2017

Inilah Tempat Wisata di Bali Barat Yang Terkenal

Iklan
Iklan
Tempat wisata di bali barat memang tidak sepopuler tempat wisata di bali selatan, hal ini disebabkan karena jarak akses dari Bandara Ngurah Rai untuk menuju tempat-tempat wisata yang ada di bali barat cukup jauh sekitar 120 km dan memerlukan waktu yang lumayan lama sekitar 4 jam, sehingga membuat wisatawan khususnya wisatawan asing enggan untuk berlibur ke bali barat. Padahal tempat wisata di bali barat tidak kalah cantiknya dengan objek wisata di bali bagian lainnya. 

Inilah Tempat Wisata di Bali Barat
Patung Makepung, ikon pariwisata Bali Barat
Berikut tempat wisata yang ada di bali barat yang layak untuk dikunjungi.

1. Teluk Gilimanuk
Keberadaan objek wisata teluk Gilimanuk sangat mudah sekali untuk dikunjungi, karena lokasinya berada tepat depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Di teluk ini terdapat sebuah taman dengan patung dewa siwa yang tinggi menjulang dengan beberapa bale bengong (gazebo) sebagai tempat untuk istirahat. Lokasi taman ini begitu mempesona karena berada di pinggir pantai. Selain fasilitas itu, di kawasan objek wisata ini juga tersedia perahu motor untuk berkeliling teluk dengan panorama yang sungguh menawan.

2. Pantai Karang Sewu
Tidak jauh dari pelabuhan gilimanuk sekitar 300 meter, terdapat sebuah pantai yang bernama pantai karang sewu. Pantai ini terletak di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.  Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau yang luas. Cocok untuk istirahat sejenak untuk melepaskan lelah akibat perjalanan yang jauh karena pantai ini menawarkan kedaiaman setiap pengunjungnya.

3. Monumen Operasi Lintas Laut
Monumen Operasi Lintas Laut Jawa–Bali dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang-pejuang republik yang telah dengan gigih melakukan pertempuran pada April 1946. Monumen ini berjarak sekitar 4,1 km dari pelabuhan gilimanuk. Monumen ini memang tidak banyak pengunjungn tiap harinya. Padahal monumen ini memiliki halaman yang cukup luas untuk parkir kendaraan dan lokasinya pun sangat strategis. Dengan nuansa merah putih monume ini sangat mudah sekali terlihat. Apalagi sudah dipasang spanduk bertuliskan "Selamat Datang di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali".

4. Taman Nasional Bali Barat
Jika anda ingin melihat burung jalak bali coba sempatkan mampir ke taman nasional bali barat. Taman ini masih termasuk dalam wilayah kabupaten Jembrana dengan jarak sekitar 8 km dari pelabuhan gilimanuk. Kawasan Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan hutan hutan yang rindang dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat istirahat tapi hanya di pinggir jalan saja. Perlu diperhatikan bahwa di hutan ini terdapat banyak kera, jadi diharapkan untuk berhati-hati jika akan istirahat di tempat ini.

5. Taman Kota Pecangakan
Tepat di Kota Negara (ibu kota kabupaten Jembrana) akan menemukan sebuah taman yang berada di pingir jalan raya dengan sebuah patung yang dikelilingi air mancur. Patung tersebut sama seperti patung Dewa Ruci yang berada di simpang siur Kuta. Area di taman kota pecangakan ini sangat rindang karena terdapat beberapa pohon sebagai penghijauan.

6. Pantai Rambut Siwi
Pantai Rambut Siwi masih relatif sepi dari kunjungan, walaupun pantai ini sepi dari pengunjung bukan berati pantai ini tidak layak untuk dikunjungi. Justru sebaliknya, pantai ini menawarkan keindahan lautnya dibalut dengan keindahan pura rambut siwi yang berdiri di atas tebing di pantai ini. Pantai ini memiliki area yang berpasir hitam yang cukup luas sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, sepak bola, dan bola voli pada sore hari maupun di pagi hari. Pantai ini sangat cocok untuk mencari suasana sepi dan nyaman dan jauh dari aktivitas perkotaan.

7. Pantai Medewi
Pantai Medewi terletak di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Bali. Pantai ini sangat mudah untuk diakses karena dapat ditempuh dengan kendaraan bemotor hingga ke bibir pantai dan berjarak 100 meter dari jalan utama Denpasar–Gilimanuk. Jika Anda dari Denpasar maka Anda akan menempuh jarak 72 km untuk menempuh pantai ini dengan melalui jalur Denpasar –Gilimanuk. Walaupun pantai ini berpasir hitam, keindahan alam yang disajikan sangat menawan dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke pantai ini.

8. Pantai Yeh Leh
Kawasan Wisata Pantai Yeh Leh merupakan spot istirahat yang sangat populer karena berada tepat di pingir jalan raya Denpasar–Gilimanuk. Selain sebagai tempat istirahat karena tersedia warung yang menjajakan makanan dan minuman yang siap mengisi perut anda. Kawasan ini benar-benar indah dengan pohon kelapa yang menghijau. Bakso dan es kelapa merupakan menu paling pavorit di pantai ini dan harganya pun tidak terlalu mahal. Biasanya banyak yang nongkrong sekitar patung makepung yang menjadi ikon Kabupaten Jembrana.

9. Pantai Yeh Sumbul
Pantai yeh sumbul berada di Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana. Pantai ini merupakan pantai nelayan, sehingga kita bisa melihat jukung-jukung milik nelayan yang berjejer di siang hari, tentu ini akan menambah indahnya pesona pantai ini. Pantai ini sangat landai dan memiliki area pasir yang sangat luas sehingg sangat cocok untuk bermain bola menjelang sang surya tenggelam di balik cakrawala.

10. Pantai Baluk Rening
Pantai Rening terletak di Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Karena lokasinya di Desa Baluk maka pantai Rening lebih populer dengan nama Pantai Baluk Rening. Pantai Baluk Rening memiliki pasir berwarna hitam yang konon katanya pasir dan air laut yang ada di pantai ini mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik atau asam urat. Sehingga banyak sekali penduduk setempat yang melakukan kegiatan berendam air laut di pantai ini, bahkan ada beberapa pengunjung yang melakukan kegiatan menimbun diri setengah badan dengan menggunakan pasir yang ada di pantai ini. Objek wisata pantai baluk rening juga memiliki pemandangan yang indah.

11. Pantai Yeh Kuning
Pantai yang berpasir hitam ini sangat mudah untuk dijangkau oleh para pelancong karena akses untuk menuju pantai sudah ada jalan yang beraspal dengan baik. Walaupun pantai ini sangat mudah diakses tetapi pantai ini masih sepi dari kunjungan. Pantai ini memiliki area yang landai dan luas, sehingga sangat cocok untuk aktivitas bermain bola atau lari-lari sambil menikmati deburan ombaknya. Sesekali terlihat anak muda yang main trek-trekan dengan sepeda motornya di pantai ini.

12. Pantai Perancak
Pantai perancak terkenal sebagai spot untuk melihat fenomena matahari terbenam di bali barat. Pada saat air surut pantai ini memiliki area yang berpasir hitam yang sangat luas sekali. Ombak di pantai ini juga sangat tenang sekali. Tidak mengherankan jika di kawasan ini dijadikan sebagai pelabuhan untuk kapal-kapal tradisonal bersandar. Jejeran perahu nelayan yang warna warni akan menghiasi bibir pantai sehingga memberikan nuansa berbeda yang mana jarang bisa anda temui di tempat lain. Tempat ini pas digunakan untuk tempat rekerasi bagi yang bosan dengan suasana hiruk pikuk kota dan membutuhkan tempat wisata yang berbeda dalam liburan anda di pulau Bali.

13. Pantai Dlod Berawah
Objek wisata pantai delod berawah terletak di Desa Delod Berawah, kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Untuk mengkases pantai ini sangatlah mudah karena jaraknya kira-kira 2 km dari jalan utama gilimauk-denpasar. Di sepanjang perjalanan untuk menuju lokasi pantai ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam persawahan yang sungguh indah. Begitu sampai dikawasan pantai Delod berawah maka Anda akan disambut dengan patung putri duyung sebagai ikon pantai delod berawah. Kawasan dengan pantai yang berpasir hitam  ini sangat asri, indah dan tentunya masih alami. Selain itu pantai ini memiliki areal lapang yang sangat luas sehingga cocok untuk kegiatan olahraga pantai seperti sepak bola dan bola volley.

14. Puncak JR Pancaseming
Tempat wisata baru yang berada di kabupaten jembrana ini menyuguhkan keindahan alam pegunungan dari ketinggian puncak bukit. Punck JR merupakan nama sebuah tempat yang berada diperbukitan di Banjar Pancaseming. JR merupakan singkatan dari Jumpa Remaja. Tempat ini memang sangat cocok untuk muda mudi yang gemar berswafoto (foto selfie) dengan latar belakang hijaunya pepohonan. Uniknya, di tempat ini menyediakan anjungan yang terbuat dari kayu dan berdiri sebuah bendera merah putih. Berdiri di atas anjungan dan menghadap lembah yang hijau tentunya akan membuat wisata anda akan lebih berkesan. Apalagi warga sekitar akan dengan ramahnya menyapa tiap pengunjung yang datang ke puncak ini.

15. Bendungan Palasari
Bendungan Palasari terletak di Dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana. Bendungan Palasari dibangun pada bulan April 1986 sampai bulan Mei 1989. Selain berfungsi sebagai pengendali banjir dan irigasi pertanian, bendungan Palasari dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat indah dengan latar belakang hutan lindung yang luas serta berudara sejuk. Selain sebagai tempat nongkrong untuk melepaskan penat bisa juga melakukan aktifitas yang lainnya seperti bersampan mengelilingi bendungan, menikmati pemandangan dan memancing.

16. Bendungan Benel
Bendungan Benel terletak di Dusun Mekar Sari, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Jembrana ini dibangun pada tahun 2007 dan diremsikan oleh presiden Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 26 Januari 2010. Bendungan yang membendung Sungai Aya ini dibangun dengan tujuan untuk mengairi sawah di sekitar Sungai Aya dan persawahan yang ada di Desa Kaliakah. Selain berfungsi sebagai tempat penampungan air, juga berfungsi sebagai tempat rekreasi dan tempat mancing. Di sekitar bendungan dikelilingi oleh hutan yang menghijau dan menambah indahnya panorama di bendungan ini.

17. Pantai Candikusuma
Pantai Candi Kusuma yang terletak di Desa Candi Kusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Pantai Candi Kusuma memiliki panorama yang indah dan menawan dengan suasana yang tenang sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati kenyamanan. Fasilitas yang terdapat di Pantai Candi Kusuma ini antara lain vila, hotel, warung penjual makanan dan minuman serta area parkir. Pantai Candikusuma juga kerapkali dijadikan sebagai tempat memancing oleh penduduk sekitar yang  karena Pantai Candikusuma yang diapit oleh dua muara sungai yakni Sungai Candikusuma dan Tukadaya menjadikan pantai ini sebagai habitat hidupnya ikan-ikan kecil berupa peranakan ikan-ikan besar yang bertelur di sekitar Candikusuma.

18. Pantai Pebuahan
Pantai Pebuahan menawarkan keindahan fenomena matahari tenggelamnya sungguh sangat mengagumkan di kala senja hari. Tidak hanya keindahan sunsetnya, pantai ini menyuguhkan pemandangan aktivitas para nelayan yang mencari ikan dan menyandarkan perahunya di siang hari. Sangat bagus sebagai spot untuk berfoto-foto. Tidak salah kalau pantai pebuahan ini dikatakan sebagai pantai nelayan, karena sebagian besar warga di sekitar pantai bekerja sebagai nelayan. Selain berwisata menikmati eksotisnya pantai pebuahan, kita juga bisa berwisata kuliner. Di sini kita bisa menikmati hidangan khas lautnya. Ingin menikmati sensasi yang sangat unik, kita bisa membeli ikan segar langsung dari para nelayan dan membakarnya di tempat.

19. Air Terjun Juwuk Manis
Di antara semua air terjun yang ada di jembrana, air terjun juwuk manis merupakan air terjun yang paling populer. Pemerintah jembrana sedang gencar-gencarnya mempromosikan objek wisata ini. Walaupun air terjun ini tidak setinggi air terjun gitgit yang ada di bali utara, namun air terjun ini memang unik, pada saat musim kemarau di mana debit airnya kecil air terjun ini akan menjadi dua yang berdampingan, akan tetapi jika pada musim hujan debit air yang mengalir pada air terjun ini akan besar. Di bawah tempat jatuhnya air terdapat kolam kecil untuk mandi ataupun bermain air dengan air yang segar dan jernih. Lokasi air Terjun Juwuk manis berada di Banjar Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali

20. Museum Manusia Purba
Untuk menyelamatkan dan memanfaatkan temuan akeologi di Gilimanuk maka Pemerintah Kabupaten Jembrana membangun sebuah Gedung Museum Manusia Purba Situs Gilimanuk. Barang barang koleksi yang dipajang di Moesium Gilimanuk yakni kerangka manusia, manik manik, gelang dari kayu dan kerang, periuk kecil, tempayan, kendi, mangkuk dari tanah, mata kail, tajak, sarkopagus dll.

21. Air Terjun Grojogan (Yeh Buah)
Air terjun Grojogan atau air terjun yeh buah memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan karakteristik hampir sama seperti air terjun juwuk manis. Pada musim hujan air terjun ini sangat besar karena debit air yang dialirkan sangat besar karena air hujan. Air terjun ini belum populer dikalangan para pelancong. Untuk menuju lokasi air terjun kita harus melewati jalan setapak dengan medan yang naik turun. Lokasi air terjun ini berada di Banjar Yeh Buah, Desa Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, kabupaten Jembrana.

22. Bunut Bolong
Bunut Bolong terletak di desa Manggisari kecamatan Pekutatan. Bunut Bolong adalah pohon Bunut yang tumbuh lestari di mana di tengah akar akarnya terdapat jalan raya yang menghubungkan kecamatan Pekutatan dengan Kabupaten Buleleng. Yang menarik adalah alam lingkungannya sepanjang mata memandang penuh dengan pohon cengkeh, udara sejuk dan sangat cocok untuk Wana Wisata. Terdapat pura "Bujangga Sakti" yang dipelihara dan merupakan tempat Pemujaan Umat Hindu.

23. Taman Wisata Air Gumbrih
Taman Wisata Air Gumbrih berada di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Taman Wisata Air ini merupakan obyek wisata yang menarik, karena mengkombinasikan indahnya aliran Tukad Pangyangan yang tenang dengan hijaunya kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai. Wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan menaiki jukung bertenaga mesin yang dikemudikan oleh awak yang profesional. Taman Wisata Air Gumbrih tempat terbaik untuk menikmati alaminya perairan Bali dan bersantai melepaskan diri dari hiruk-pikuk perkotaan.

24. Pura Rambut Siwi
Rambut Siwi terletak 18 Km arah ke timur dari Kota Negara dan 78 Km arah ke barat dari kota Denpasar. Disini terdapat pura Sad Kahyangan dan dibangun erat kaitannya dengan kedatangan seorang Pendeta dari Majapahit yang melakukan perjalanan keagamaan ke Bali dan singgah di tempat ini untuk memberikan ajaran Agama Hindu. Karena hormatnya penduduk setempat kepada sang pendeta yang bernama Dang Hyang Nirartha itu, dimintalah rambutnya untuk dipuja dan disimpan di Pura ini sehingga nama Pura ini disebut Pura Rambut Siwi. Dari Pura ini pula dapat kita menikmati pemandangan laut lepas dan matahari terbenam dengan bentangan sawah yang luas, serta pemandangan gunung yang jauh, menambah pesona bagi para pengunjung.

25. Sangkaragung
Desa Sagkaragung terletak di Kecamatan Negara kurang lebih 5 Km ke arah timur kota Negara. Di Desa ini terdapat pusat kesenian khas Jembrana yaitu "Jegog" yang sudah terkenal di dunia terutama di Jepang. Jegog Sangkaragung tampil di Jepang setiap tahunnya lebih dari tiga kali. Sedangkan di desa Sangkaragung sendiri Jegog dipentaskan untuk wisatawan setiap hari Minggu dan Kamis di Sanggar Jegog Suar Agung. Wsatawan dapat belajar memainkan (menabuh) jegog di sanggar ini.

26. Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah
Taman Rekreasi Dlod Brawah dilengkapi dengan kolam air laut ini diakui sebagai kolam air laut pertama di tempat umum. Selama ini hanya hotel-hotel berbintang yang punya kolam air laut. Kolam air laut yang terletak di tepi pantai Dlod Brawah, terdiri atas kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak ini menjadi alternatif baru untuk layak dikunjungi. Kehadiran taman rekreasi ini memberikan hiburan bagi masyarakat.

27. Green Cliff Yehembang Kangin
Di Green Cliff Yehembang Kangin para pengunjung akan disuguhkan dengan suasana pedesaan yang hijau dari atas bukit dengan melalui sebuah bangunan yang berdiri ditepi tebing dengan panjang lintasan 60 meter serta tinggi 10 meter. Diatasnya juga dibangun bangunan serupa gazebo serta tiga buah kursi panjang yang memudahkan pengunjung berfoto. Green cliff ini sengaja dibangun agak tinggi serta memanjang agar  masyarakat lebih leluasa menyaksikan pemandangan. Selain itu, guna menambah indah suasana di malam hari, spot green cliff ini sudah dilengkapi dengan terangnya lampu.

28. Pantai Pekutatan
Pantai Pekutatan terletak  di bali bagian barat, tepatnya 200 meter menyusuri Jalan Pelabuhan. Ke arah selatan dari pusat pasar Pekutatan, Jembrana. Sangat mudah ditemui, karena lokasinya tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Denpasar – Gilimanuk. Spot yang sangat bagus untuk melihat sunset di bali barat. Pantai ini memilik tekstur hamparan pasir yang berkarang, sebagian hamparan pasir akan menghiasi hamparan karang yang dihiasi lumut atau rumput laut yang hijau. Di sela – sela karang ada sejumlah kubangan air laut yang berisi ikan atau jenis biota laut dalam ukuran kecil. Banyak wisatawan mengamati lebih dekat serta digunakan sebagai tempat berendam oleh anak – anak. Yang jadi ikon dari pantai ini merupakan adanya sebuah tugu berbentuk kapal. Tugu ini menceritakan tentang pendaratan pasukan I Gusti Ngurah Rai dari pulau Jawa.

30. Makam Tua (Buyut Lebai)
Kampung Loloan dikenal sebagai pemukiman Muslim sejak lama di mana sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai pedagang dan nelayan. Keberadaan kampung Loloan ini tidak bisa dilepaskan dari pengaruh budaya Bugis dan Melayu yang dibawa oleh sejumlah tokoh di masa lalu. Keberadaan komunitas Muslim di Desa Loloan ini bermula dari kedatangan tentara Muslim dari Bugis sekitar 4 abad yang lalu. Hubungan antara penganut Islam dan Hindu di Bali memang telah terjalin harmonis sejak lama. Selaian itu, kedatangan seorang ulama besar dari tanah Melayu bernama Buyut Lebai juga membuktikan hubungan kampung Islam di Bali dengan dunia luar telah terjalin sejak lama. Makam Buyut Lebai sendiri bisa ditemukan di Jalan Gunung Agung, Loloan Timur, Jembrana. Karena jalinan hubungan baik dengan penguasa setempat, Buyut Lebai diperkenankan untuk mengajarkan agama melalui dakwah. Penggunaan Bahasa Bugis dan Melayu di Kampung Loloan masih cukup terasa hingga sekarang.

33. Pelabuhan Perikanan Pengambengan
View di pelabuhan ini sangat indah, kita bisa melihat hamparan laut membiru yang luas dengan ombak yang sangat tenang. Di seberang lautan bagian barat kita bisa melihat gugusan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa yang menjulang tinggi. Selain itu, pada saat menjelang senja, kita bisa melihat indahnya matahari tenggelam di ufuk barat. Kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Pengambengan merupakan kapal-kapal para nelayan. Uniknya, seluruh kapal dicat dengan penuh warna dan tentunya berbeda dengan kapal-kapal lainnya di Bali. Keunikan kapal ini menjadi ciri khas yang ada pelabuhan Pengambengan ini dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini. Adalagi keunikan kapal-kapal yang beroperasi di Pengambengan adalah sistem bongkar kapal. Pembongkaran hasil tangkapan tidak dilakukan langsung di dermaga (kapal merapat) melainkan di bongkar di tengah kolam tambat labuh dan menggunakan tenaga pengangkut manusia yang sering disebut dengan panol.

34. Pantai Pengeragoan
Lokasinya pantai ini sangat strategis karena berada di pinggir jalan raya Gilimanuk-Denpasar. Pantai yang berpasir hitam dengan ombak yang cukup besar ini masih alami dan eksotis. Pantai ini cukup sepi dari pengunjung sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan penat dan menenangkan pikiran sejenak akibat melakukan perjalanan sangat jauh. Pantai ini merupakan pantai Sunset (tempat menyaksikan matahari tenggelam) karena pada senja hari kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam pantai dengan matahari tenggelammnya yang sungguh memukau mata.

35. Pulau Menjangan
Pulau ini tidak dihuni manusia melainkan dihuni oleh beberapa ekor menjangan yang menjadi  ikon dari pulau ini. Di pulau Menjangan terdapat spot diving dan snorkeling terbaik di dunia karena memiliki view bawah laut yang sangat memukau mata. Menyelam di Pulau menjangan bisa dilakukan sepanjang musim. Diving di pulau Menjangan anda akan disuguhi keindahan berbagai terumbu karang, keragaman terumbu karang yang hidup tanpa gangguan, menjadi habitat yang baik bagi ikan. Karena lokasinya cukup jauh berada di ujung Utara pulau Bali,membuat tempat ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan domestik. Tidak hanya pesona bawah lautnya, keadaan sekitar pulau menjangan juga tidak kalah cantiknya dengan tempat wisata di bali lainnya. Di sini juga terdapat pantai yang berpasir putih.



Nah itu beberapa tempat wisata yang ada di Bali Barat. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di bali barat. Jika pembaca menemukan objek wisata baru di bali barat bisa dibagikan dengan menulis komentar di kolom komentar bawah ini. Semoga wisata anda ke pulau bali khususnya ke bali barat menjadi berkesan dan menyenangkan. Salam longtriper. (disarikan dari berbagai sumber)
Iklan