free counter with statistics Tempat Wisata Puncak JR Jembrana Bali Barat
T9/25/2017

Tempat Wisata Puncak JR Jembrana Bali Barat

Bali merupakan surganya destinasi wisata yang menarik dikunjungi. tiap sudut pulau bali menawarkan keindahan tersediri yang layak untuk dikunjungi, mulai dari pantai hingga ke alam pegunungan yang mampu membuat anda berlama-lama untuk menyaksikannya. Pulau bali menawarkan berbagai objek wisata baik yang baru atau sedang ngehits maupun objek wisata yang sudah populer sejak lama.

Berbicara mengenai objek wisata baru, di bali banyak terdapat objek wisata yang baru ngehits. Salah satu tempat wisata yang baru di bali dan sedang populer di sosial media khususnya instagram adalah tempat wisata puncak JR. Tempat wisata baru yang berada di kabupaten jembrana ini menyuguhkan keindahan alam pegunungan dari ketinggian puncak bukit. Kawasan bali barat memang terkenal mempunyai kawasan hutan yang cukup luas dan masih asri dengan alam perbukitan yang membentang menghijau. Jika dilihat dari ketinggian kawasan hutan ini memang sangat memukau mata.
Tempat Wisata Puncak JR Jembrana Bali Barat
Puncak JR


Punck JR merupakan nama sebuah tempat yang berada diperbukitan di banjar pancaseming. JR merupakan singkatan dari Jumpa Remaja. Ya tempat ini memang kerap digunakan sebagai tempat pertemuan para remaja di banjar tersebut dalam sebuah komunitas yang dikenal dengan nama  Sekaa Teruna Teruni. Karena tempatnya yang sangat indah maka pemuda setempat berinisiatif untuk mengubah tempat itu menjadi wisata kekinian yang unik dan lain dari yang lain.
Wisata Puncak JR Jembrana Bali Barat
Puncak JR

Tempat ini memang sangat cocok untuk muda mudi yang gemar berswafoto (foto selfie) dengan latar belakang hijaunya pepohonan. Uniknya, di tempat ini menyediakan anjungan yang terbuat dari kayu dan berdiri sebuah bendera merah putih. Berdiri di atas anjungan dan menghadap lembah yang hijau tentunya akan membuat wisata anda akan lebih berkesan. Apalagi warga sekitar akan dengan ramahnya menyapa tiap pengunjung yang datang ke puncak ini.
Tempat Wisata Puncak JR
Jalan menuju puncak JR dari area parkir

Untuk bisa menikmati indahnya puncak JR, kamu harus menjajal jalan setapak di mana sepanjang jalan tersebut akan ditawarkan dengan pemandangan alam yang indah dan menawan. Uniknya, jika kamu kelelahan menjaljal jalan setapak menuju puncak, sudah disediakan kursi-kursi yang panjang untuk bersantai atau sekedar duduk menikamti indahnya alam sekitar yang begitu asri. Di sini juga terdapat rumah pohon di atas pohon mangga yang cukup untuk menampung dua orang. Untuk mengembangkan kawasan ini maka pengunjung yang masuk ke tempat wisata puncak JR akan dikenakan biaya sebesar 5.000/orang.

Lokasi dan Cara Akses Ke Tempat Wisata Puncak JR

Alamat atau lokasi tempat wisata puncak JR berada di Banjar Pancaseming, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, kabupaten Jembrana, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai untuk menuju puncak JR akan menempuh jarak sekitar 111 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 58 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor, sedangkan dari pusat kota Denpasar akan menempuh jarak sekitar 98,7 km. Jika anda datang dari pelabuhan gilimanuk akan menempuh jarak sekitar 43,3 km, sedangkan dari kota Negara akan menempuh jarak sekitar 8,6 km.

Untuk menuju ke puncak JR sangat mudah sekali karena sudah ada fasilitas jalan beraspal yang sangat bagus. Di sarankan untuk mengunjungi lokasi wisata ini menggunakan sepeda motor, karena jalan untuk menuju ke puncak JR ada yang hanya dibeton saja dan hanya bisa dilalui dengan kendaraan bermotor.
Puncak JR Jembrana Bali Barat
Jalan yang dibeton untuk menuju puncak JR

Berikut cara akses ke puncak JR, admin ambil titik awalnya di taman kota pecangakan (Taman Kota Negara). Dari taman kota Pecangakan ambil jalan ke timur hingga trafic light di perempatan desa Batuagung (terdapat patung pahlawan Mayor I Gusti Ngurah Sugianyar) lalu belok ke kiri menuju jalan patih jelantik. Ikuti jalan tersebut hingga ke banjar batu palungan dengan jalan yang terus sedikit menanjak (terkadang ada jalan turunan juga).
Tempat Wisata Puncak JR Jembrana Bali Barat
Patung Mayor I Gusti Ngurah Sugianyar dari sebelah timur


Ikuti jalan tersebut hingga menemukan plang petunjuk arah ke puncak JR di sebuah pertigaan yang salah satu jalannya dibeton (bukan diaspal), ikuti jalan tersebut dengan jalan yang cukup menanjak hingga ke area parkir dan akan disambut dengan spaduk yang cukup besar dan bertulisan selamat datang di puncak JR. Dari area parkir kita harus berjalan kaki untuk menuju puncak JR.