free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Pura Besakih Bali
T11/08/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Pura Besakih Bali


Pura Besakih menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal di Bali. Oleh wisatawan mancangera Pura Besakih dikenal dengan julukan “the mother of temple”. Tidak hanya didatangi oleh wisatawan domestik, wisatawan mancanegara juga banyak yang mencoba mengeksplor keindahan tempat suci yang berada di kaki Gunung Agung ini. Di sini banyak sekali terdapat “meru” yang menjulang tinggi yang bisa dijadikan latar belakang untuk berfoto selfie.
Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Pura Besakih Bali
Tempat wisata dekat Pura Besakih

Sebagai objek wisata yang terkenal dan populer di Bali, tentu daerah sekitarnya juga kena imbasnya, sehingga muncul beberapa tempat wisata lainnya yang dekat dengan Pura Besakih. Jadi jika mengisi liburan ke pura Besakih dapat juga mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya sehingga liburan ke Bali khususnya ke Besakih tidak akan membosankan. Apalagi untuk menempuh perjalanan menuju Besakih dari kawasan Bali Selatan cukup jauh (sekitar 65,4 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai versi Google Map).

Bagi yang ingin mencari tempat wisata dekat dengan Pura Besakih, berikut admin bagikan 10 tempat wisata dekat Pura Besakih Bali.

1. Taman Edelwies
Tempat wisata ini kini sedang ngehits di sosial media. Di taman Edelwies para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama hamparan bunga edelwies yang berwarna putih. Lokasi kebun ini tidak jauh dari tempat wisata pura besakih yang berada di kaki gunung agung, gunung tertiggi di Bali. Karena letaknya yang dekat dengan Gunung Agung, tentunya hawa sejuk pegunungan akan menyambut kunjungan para wisatawan ke taman ini. Tidak hanya menyuguhkan hamparan bunga edelwies lho, di kawasan objek wisata ini juga terdapat hamparan bunga gumitir yang berwarna kuning keemasan. Jadi tinggal dipilih, mau berfoto di bunga gumitir atau di bunga edelwies. Kedua-duanya merupakan spot yang sangat bagus untuk berfoto selfie.

2. Taman Sari Bali
Keunikan dari Taman Sari Bali adalah Menara Eiffel-nya yang bisa digunakan untuk spot berfoto selfie. Taman Sari Bali berada agak jauh di belakang pondok edelweis. Selain menara eiffel yang menjadi ikon tempat wisata ini, jika cuaca cukup cerah akan tampak view Gunung Agung yang sangat begitu dekat, sehingga gunung tersebut bisa menjadikan latar belakang berfoto.

3. Telaga Waja Rafting
Tidak jauh dari objek wisata pura Besakih ada tempat wisata petualangan yang seru yakni bermain arung jeram di Tukad Telaga Waja. Bermain rafting di Sungai Telaga Waja memerlukan durasi sekitar dua jam lebih bahkan dikatakan bahwa rafting di sungai Telaga Waja merupakan rute terpanjang dan terlama di Bali. Sepanjang perjalanan wisatawan akan menyusuri aliran sungai air tawar yang jernih dan menyegarkan, ditambah lagi dengan pemandangan alam yang hijau dan asri akan membuat aktivitas bermain rafting akan sangat menyenangkan.

4. Mahagiri
Maha Giri merupakan sebuah Resort dan Restaurant yang menawarkan pemandangan Gunung Agung yang menjulang megah dengan teras-teras persawahan di kakinya, sungguh pemandangan yang sangat unik dan langka. Untuk menikmati pesona keindahan view nya, wisatawan bisa sambil menikmati kulinernya. Mungkin ketika beribur ke Besakih dan mencari tempat menginap atau makan bisa mengunjungi resort ini yang berjarak sekitar 7,9 km dari objek wisata Pura Besakih.

5. Taman Jinja Bali
Bagi yang ingin mencari tempat wisata yang bernuansa Jepang, coba sambangi Taman Jinja Bali yang lokasinya sangat dekat dengan komplek Pura Besakih. Objek wisata yang opening pada tanggal 14 Februari 2019 bertepatan dengan hari kasih sayang (Valentine Day) ini menyediakan wahana atau anjungan dengan latar belakang lembah-lembah cantik serta pesona Gunung Agung. Sebuah anjungan di atas pohon, wahana rumah bambu, ayunan, jalan dengan atap batang bambu, serta taman-taman bunga yang cantik termasuk juga bunga Kasna (Edelweis) tertata dengan begitu apik dan indah. Karena lokasinya berada di atas ketinggian, tentu tempat ini sering turun kabut, seolah berada di negeri atas awan. Bahkan jika beruntung, berkunjung pada sore hari bisa juga menyaksikan keindahan sunset spektakuler dari sini.

6. Air Terjun Telaga Waja
Air terjun ini akan lebih mudah dijangkau jika sambil bermain rafting di Tukad Telaga Waja. Tempat wisata ini lebih dominan dikunjungi oleh wisatawan yang kebetulan sedang bermain rafting. Bisa juga dikunjungi tanpa harus bermain arung jeram, hanya saja rute atau perjalanan untuk menuju ke sana lebih ekstrem karena harus menuruni lembah untuk menuju ke sungai. Pesona air terjun ini sangat keren, debit airnya cukup besar dan sekitar air terjun terdapat pohon-pohon yang menghijau dan pohon pakis yang sangat bagus untuk lokasi berfoto selfie.

7. Embung Besakih
Tidak jauh dari Taman Edelwies, terdapat sebuah embung yang digunakan untuk menampung air hujan. Embung ini kini menjadi tujuan wisata kekinian yang banyak digandrungi oleh kaula muda. Untuk mempercantik kawasan ini, pengelola menyediakan tempat untuk berfoto lengkap dengan taman bunga kasna (Edelwies).

8. Bukit Jambul
Jika berwisata ke kawasan objek wisata Pura Besakih melalui Kota Semarapura dan melalui jalur jalan Raya Besakih, pasti akan menemukan tempat wisata yang keren di mana lokasinya berada sebelah kiri jalan raya yang bernama Bukit Jambul. Tempat ini merupakan spot nongkrong yang sangat keren. Di sini para wisatawan akan dimanjakan dengan pesona keindahan alam perbukitan yang berapadu dengan indahnya persawahan terasering. Memandang ke selatan pengunjung akan melihat indahnya laut yang membiru dan kota Semarapura.

9. Lembah Gintungan
Tempat ini sangat sepketuler karena kita akan disuguhkan dengan panorama alam berlatar bukit, lembah, ngarai, dan laut. Tidak hanya itu saja, di sini juga terdapat kebun bunga gemitir, dan padang kasna. Uniknya, kebun bunga ini berada di kanan kiri jalan setapak sehingga tampak begitu indah. Juga disediakan warung tradisional dan tempat berteduh berupa bangunan tradisional. Bahkan ada panggung dengan kapasitas 30 orang untuk tempat berswafoto yang mengarah ke selatan dengan latar belakang bukit, lembah, ngarai, dan laut.

10. Pemandian Dauh Dalem
Pemandian Dauh Dalem berada di Banjar Muku persis berada dibelakang SMA Negeri 1 Rendang. Pemandian ini merupakan sebuah saluran irigasi yang berukuran cukup luas menyerupai kolam renang dengan air yang sangat jernih bersumber dari Tukad Arca. Airnya sangat dingin dan jernih, ditambah lokasi pemandian yang berada di kawasan yang masih benar-benar asri menyatu dengan alam sehingga banyak yang mengunjungi lokasi ini. Bagi yang ingin datang ke pemandian ini, disarankan pada cuaca cerah atau siang hari karena suhu airnya cukup dingin. Janagan lupa membawa bekal seperti makanan atau camilan karena dari lokasi pemandian belum ada warung atau pedagang.

Nah itu beberapa tempat wisata dekat Pura Besakih yang mungkin bisa dijadikan rujukan ketika akan mengisi liburan ke Bali Timur khususnya di Kecamatan Rendang. Semoga liburan di Bali menjadi berkesan dan menyenangkan.