free counter with statistics Cara Merawat Mobil Avanza yang Jarang Dipakai
T12/21/2022

Cara Merawat Mobil Avanza yang Jarang Dipakai

Bali kini salah satu tujuan wisata yang banyak diminati wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk bisa menikmati keindahan alam dan keunikan budaya Pulau Dewata bersama keluarga, kamu dapat “menjajalnya” dengan menggunakan kendaraan roda empat, karena banyak destinasi wisata di Bali yang bisa dijangkau dengan mobil.

Cara Merawat Mobil Avanza yang Jarang Dipakai
Mobil Avanza
Img by: seva.id


Salah satu kendaraan yang direkomendasikan digunakan untuk berwisata di Bali yakni mobil Avanza. Mobil ini memiliki ruang tempat duduk yang cukup luas, yakni hingga mencapai tujuh orang penumpang dewasa di dalamnya, sehingga cocok untuk wisata keluarga.

Mobil Avanza yang hanya digunakan untuk acara keluarga saja (jarang terpakai dan terlalu lama mobil terparkir di garasi) akan membuat mobil cepat rusak. Bagaimana dengan perawatannya?


Tips Merawat Mobil Avanza yang Jarang Dipakai

Fungsi komponen di dalam mobil akan semakin berkurang walaupun pemakaiannya termasuk jarang. Karena itu, perlu memperhatikan kondisi mobil agar tetap terawat, meskipun digunakan tidak setiap hari. Berikut admin bagikan beberapa tips merawat mobil Avanza yang jarang dipakai.

1. Membersihkan Mobil

Tips pertama dalam melakukan perawatan mobil yang jarang digunakan adalah pembersihan di bagian dalam dan luar. Tips ini berguna agar mobil tidak kedatangan hewan-hewan seperti tikus atau serangga yang berpotensi merusak spare part mobil Avanza.

Hal itu disebabkan karena kotoran di spare part akan menarik bagi mereka. Debu di mobil juga mempercepat korosi atau karat. Kondisi itu menjadikan komponen mesin pun akan rusak jika mobil tidak dibersihkan.

2. Memanaskan Mobil

Menghidupkan mesin dan menyalakan mobil Avanza dengan rutin ternyata cukup bermanfaat. Dalam beberapa waktu, sirkulasi dalam mesin akan terjadi agar cairan tidak menggumpal di dalam. Alternator juga bisa bekerja optimal saat aki diisi agar komponen listrik tidak tekor.

3. Mencabut Aki

Pencabutan aki dari mobil yang jarang digunakan akan merawat komponen kelistrikan untuk bisa bekerja normal, sekaligus mencegah karat atau korosi. Lepas sambungan, lalu hubungkan lagi ketika mobil Avanza akan digunakan.

4. Menjalankan Jadwal Servis

Dengan harga mobil Avanza yang diketahui saat pembelian, tentu ada ketentuan lain yang harus dipahami sebagai pengguna mobil, termasuk perawatannya dengan melakukan servis. Servis rutin dapat menjaga performa mobil bisa selalu baik.

Ketika servis dilakukan dengan rutin pada mobil yang tidak terlalu jarang dipakai, beri tahu kepada pihak bengkel agar tekanan ban diperiksa. Begitu pula dengan area bawah mobil supaya terhindar dari kerusakan akibat pemakaian yang tidak sering.

5. Memeriksa Mesin

Karena jarang dipakai, pemeriksaan di bagian mesin adalah hal yang wajib dilakukan sebelum Avanza dipakai berkendara. Bagian yang diperiksa di antaranya adalah air radiator, kondisi oli, kondisi aki, serta ruang mesin, sebab keempatnya adalah komponen yang harus diperiksa berkala.

6. Menambahkan Carbon Eliminator

Carbon Eliminator pada dasarnya berfungsi untuk meminimalisir karbon yang ada di dalam tangki besin. Pembakaran karbon secara alami di tangki akan merusak performa mobil, sebab hal itu akan mempengaruhi komponen yang lain.

7. Menggunakan Sarung Mobil

Tips terakhir dalam merawat mobil yang jarang dipakai ialah dengan menutup mobil dengan sarung khusus, serta memarkirkannya di garasi, atau tempat tertutup dan teduh. Penggunaan sarung ini sangat dianjurkan jika mobil tidak akan digunakan dalam waktu yang lama.

Perlindungan fisik mobil Avanza dengan sarung akan mencegah kotoran dan debu, sehingga mobil bisa terus bersih dan terawat. Letakkan mobil di tempat teduh agar terhindar dari hujan dan matahari. Buka juga jendela dengan lubang kecil agar sirkulasi udara di kabin tetap terjadi.


Mobil yang jarang dipakai dengan alasan rusak barangkali dapat memicu opsi untuk membeli baru. SEVA hadir sebagai platform pembelian mobil Avanza dengan harga yang bervariasi.