T7/21/2017

Inilah Hari Ulang Tahun Kota Di Tiap Kabupaten Di Bali

Untuk menarik kunjungan wisatawan pemerintah provinsi Bali mengadakan kegiatan untuk memeriahkan hari ulang tahun provinsi Bali. Tentunya acara ini dilakukan setiap tahun sekali tepatnya pada tanggal 14 Agustus tiap tahunnya. Untuk memeriahkan kegiatan ini biasanya diisi dengan pementasan seni tari. Di sini masyarakat dan wisatawan bisa menikmati acara ini secara gratis.
Inilah Hari Ulang Tahun Kota Di Tiap Kabupaten Di Bali
Logo Pemprov Bali
Sumber: www.baliprov.go.id
Acara tahunan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah provinsi Bali, tetapi juga dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota madya yang ada di Bali. Berikut hari ulang tahun yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota madya yang ada di Bali.

Kabupaten Badung
Untuk kabupaten Badung kegiatan hari ulang tahun diadakan untuk memperingati hari jadi Kota Mangupura yang merupakan ibu kota dari kabupaten Badung. Kota Mangupura telah ditetapkan tanggal 16 Nopember 2009 oleh mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Tiap tanggal 16 November pemerintah kabupaten Badung merayakannya sebagai hari ulang tahun kota Mangupura. Serangkaian perayaan HUT kota Mangupura biasanya akan diadakan acara Festival Seni dan Budaya yang merupakan kegiatan rutinitas tahunan ini yang bertujuan untuk menggali bakat–bakat seni yang terlahir di Kabupaten Badung. Selain itu, Festival Seni dan Budaya ini juga diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan untuk berkunjung ke Bali khususnya ke kabupaten Badung.

Kabupaten Bangli
Untuk kabupaten Bangli perayaan hari ulang tahun diadakan untuk memperingati hari jadi kota Bangli, yang jatuh pada tanggal 10 Mei. Dipilihnya tanggal tersebut sebagai hari jadi kota Bangli meruntut pada prasasti Kehen C. yang dikeluarkan Raja Shri Adi Kunti Kentana pada tahun saka 1126 atau tahun 1204 masehi. Untuk memeriahkan hari ulang tahun kota Bangli biasanya diadakan parade Budaya yang tujuannya sebagai wahana bagi seniman untuk mengekspresikan diri dalam bentuk karya seni. Dengan diadakan kegiatan seperti ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Bangli.

Kabupaten Buleleng
Kabupaten Buleleng merupakan kabupaten dengan luas wilayah terbesar di Bali. Kabupaten ini memiliki ibu kota yang bernama Singaraja. Kota singaraja merupakan kota terbesar kedua di Bali, yang berdiri pada tanggal 30 Maret 1604. Sejarah mencatat kalau kota pendidikan ini pernah menjadi ibu kota untuk Sunda kecil yang meliputi Bali dan Nusa Tenggara. Untuk memperingati hari ulang tahunnya, pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan berbagai acara tiap tahunnya, seperti parade budaya, lomba seni dan budaya, dan pesta rakyat. Karena hari ulang tahun kota Singajara jatuh pada bulan maret dan biasanya pada bulan maret ada perayaan Nyepi, sehingga terkadang perayaan memperingati HUT kota singaraja biasanya dimajukan atau diundurkan supaya perayaannya tidak berbenturan dengan perayaan Nyepi di Bali.

Kota Madya Denpasar
Denpasar merupakan kota madya sekaligus ibu kota dari Provinsi Bali. Tahun 2017 ini Kota Madya Denpasar telah memasuki usia  ke 229 tahun, tepat pada tanggal 27 Pebruari. Untuk memperingati berdirinya kota Denpasar maka pemerintah kota madya melakukan berbagai kegiatan seperti kebersihan, bakti sosial, penamanan pohon hingga berbagai macam perlombaan baik menyangkut bidang seni, budaya dan olah raga. Pada puncak Hut Kota Denpasar pada malam harinya biasanya dimeriahkan dengan “Malam Apresiasi”.

Kabupaten Gianyar
Gianyar yang merupakan salah satu kabupaten di Bali yang terkenal akan keseniannya tidak mau ketinggalan dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Bali. Untuk kabupaten Gianyar, berdirinya kota Gianyar diperingati setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 19 April. Untuk memeriahkan HUT Kota Gianyar, pemerintah kabupaten Gianyar menggelar berbagai kegiatan dan hiburan untuk masyarakat. Salah satunya kegiatan Parade Budaya dari tiap kecamatan di Kabupaten Gianyar. Selain itu juga biasanya diadakan kegiatan lomba-lomba bidang seni. Pameran-pameran juga tidak ketinggalan untuk diadakan dalam rangka memeriahkan HUT tersebut.

Kabupaten Jembrana
Negara itu nama ibu kota kabupaten Jembrana. Jika anda datang ke Pulau Bali melalui jalur darat dari arah barat menuju Denpasar pasti akan melewati kota ini. Untuk memperingati hari jadi kota Negara yang jatuh pada tanggal 15 Agustus biasanya pemerintah kabupaten Jembrana mengadakan kegiatan-kegiatan yang memeriahkan HUT tersebut, misalnya parade budaya, lomba mekepung, pementasan Jegog, parade gong kebyar, dan lain-lain.

Kabupaten Karangasem
Hari ulang tahun Kota Amlapura merupakan pesta rakyat bagi warga kabupaten karangsem yang jatuh pada 22 Juni tiap tahunnya. Amlapura merupakan ibu kota dari kabupaten Karangsem. Untuk memeriahkan HUT kota Amlapura maka pemerintah kabupaten karangasem akan mengadakan berbagai acara, misalnya pawai budaya, parade kesenian tradisional dan berbagai pameran. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi untuk mengembangkan potensi wisata dan perekonomian yang dapat memajukan masyarakat Karangasem.

Kabupaten Klungkung
Kabupaten Klungkung juga tidak mau ketinggalan dengan kabupaten lainnya di bali dalam hal perayaan hari ulang tahun kotanya. Semarapura merupakan ibu Kota kabupaten Klungkung. Hari jadi ibu kota Kabupaten Klungkung diperingati setiap tanggal 28 April. Selain memperingati hari jadi kota Semarapura juga diadakan upacara peringatan hari terjadinya perang Puputan Klungkung. Perang Puputan Klungkung terjadi tanggal 28 April 1908 merupakan wujud nyata dari jiwa dan semangat patriotisme masyarakat Klungkung dimasa lalu yang merupakan tonggak sejarah penentu arah perjuangan bangsa kita. Untuk memeriahkan kegiatan ini pemerintah kabupaten Klungkung mengadakan berbagai lomba yang berkaitan dengan  seni, budaya, dan olahraga. Selain itu juga diadakan kegiatan pameran, pasar murah, parade kesenian tari, dan lain-lain.

Kabupaten Tabanan
Yang terakhir kabupaten Tabanan. Kabupaten yang terkenal dengan julukan Lumbung Beras ini juga mengadakan kegiatan ulang tahun untuk menyambut hari lahirnya Kota Tabanan yang yang jatuh pada tanggal 29 Nopember pada setiap tahunnya. Untuk memeriahkan acara ini biasanya pemerintah kabupaten Tabanan mengadakan pesta rakyat dan parade budaya. Selain itu juga diadakan berbagai lomba tentang seni dan budaya bali, misalnya membuat kelengkapan penjor, lomba membuat tamyang, lomba mepidarta Bali, lomba lomba mesatwa Bali, dan lain-lain.

Nah itu sekedar info hari ulang tahun tiap kabupaten dan kota madya di Bali. Semoga Anda bisa menjadwalkan liburan ke bali dengan tepat sehingga bisa berpartisipasi langsung dalam memeriahkan acara ulang tahun tiap kabupaten tersebut. Silahka baca juga info tempat wisata di bali yang lainnya. Salam longtriper.

0 Response to "Inilah Hari Ulang Tahun Kota Di Tiap Kabupaten Di Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif