T9/29/2017

Inilah Museum Yang Ada Di Kabupaten Gianyar Bali

Gianyar memang surganya destinasi wisata seni sehingga tidak mengherankan jika daerah ini mendapat julukan “bumi seni” segala bentuk seni bermunculan di kabupaten yang terkenal dengan semboyan “Dharma Raksata Raksita” ini. Sebagai tempat menumbuhkembangkan dunia seni, maka di kabupaten ini banyak terdapat museum seni.
Museum Yang Ada Di Kabupaten Gianyar Bali
Salah satu museum yang ada di kabupaten Gianyar
Sumber gambar: wikipedia

Tidak hanya museum seni yang terdapat di kabupaten Gianyar, ada juga museum yang lainnya. Bahkan dari jumlah museum, kabupaten Gianyar memiliki museum terbanyak di Pulau Bali. Berikut nama-nama museum yang terdapat di kabupaten gianyar.

1. Musuem Antonio Blanco
Di dalam museum Antonio Blanco kita bisa melihat koleksi berbagai karya lukis dari Mario Antonio Blanco seorang maestro seni berkebangsaan Filipina. Karya lukis beliau identik dengan keindahan tubuh seorang wanita Bali. Yang menjadi model dalam lukisan beliau bernama Ni Rondji seorang penari Bali yang mampu memikat hati sang maestro. Alamat atau lokasi museum Antonio Blanco berada di Jalan Raya Penestanan, Desa Campuhan, Kecamatan Ubud.

2. Museum Neka
Museum Neka didirikan oleh Pande Wayan Suteja Neka. Beliau merupakan mantan guru, pencipta, sekaligus merupakan kolektor lukisan. Di dalam museum terdapat koleksi berbagai lukisan, keris dan patung. Koleksi museum dipajang dalam enam bangunan yang berarsitektur khas Bali. Pemajangan lukisan dikelompokkan berdasarkan tema, gaya dan prestasi sang seniman yang merefleksikan perkembangan seni lukis di Bali. Alamat atau lokasi Museum Neka berada di Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud.

3. Museum Seni Agung Rai
Museum Seni Agung Rai atau dalam bahasa asing dikenal dengan nama Agung Rai Museum Art (ARMA) merupakan musuem seni rupa yang memajang berbagai koleksi lukisan yang berasal dari pelukis-pelukis ternama baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Tidak hanya sekedar memajang hasil seni lukis, museum ini juga merupakan pusat visualisasi dan seni pertunjukan, serta memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati pameran permanen dan temporer karya berbagai seniman, pertunjukan teater, tarian, musik, dan kelas melukis, toko buku, ruangan baca, perpustakaan, bengkel budaya, program pelatihan dan seminar. Wow sangat keren bukan kalau berkunjung ke museum ini. Alamat atau lokasi ARMA terletak di Jalan Pengosekan, Ubud

4. Museum Puri Lukisan Ratna Warna
Museum Puri Lukisan Ratna Warna merupakan museum yang berisi koleksi lukisan, khusus memajang dan memamerkan karya seni lukis Bali traditional dan modern dari karya para maestro seni lukis di Bali seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Nyana, Anak Agung Gde Sobrat, I Gusti Made Deblog, serta karya lukisan Rudolf Bonnet, Walter Spies dan lain sebagainya. Adapun alamat atau lokasi museum puri lukisan Ratna Warna berada di Jalan Raya Ubud.

5. Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma
Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma memiliki koleksi berbagai macam topeng dan wayang yang banyaknya mencapai lebih dari 1300 topeng dan wayang sekitar 5700 buah. Di mana koleksi-koleksi tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara lain seperti Jepang, China, Thailand, Myanmar, India, Laos, Srilangka, Korea dan Italia. Alamat atau lokasi dari Rumah Topeng dan Wayang Setia Dharma berada di Jalan Tegal Bingin, Banjar Tengkulak Tengah, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati

6. Museum Rudana
Museum Rudana merupakan koleksi berbagai lukisan dan benda seni yang berasal dari para seniman Bali, luar Bali dan juga seniman luar negeri. Bagi yang suka melihat hasil karya seni lukis dan seni patung tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata kamu ke kabupaten Gianyar. Alamat atau lokasi museum Rudana berada di Jalan Cok Rai Pudak no 44, Kelurahan Paliatan, Kecamatan Ubud

7. Museum Gedong Arca
Museum Gedong Arca merupakan museum arkeologi yang memiliki berbagai koleksi dari masa prasejarah dan sejarah. Di museum ini kita bisa melihat benda-benda peninggalan purbakala, sehingga sangat pas mereka yang memiliki ketertarikan terhadap wisata budaya dan antropologi, khususnya Bali di masa lampau. Alamat atau lokasi museum gedong arca berada di Jalan Raya Tampaksiring, Desa Bedulu, Kecamatan Belahbatuh.

8. Museum Pendet
Didalam museum Pendet kita bisa melihat berbagai koleksi hasil karya seni lukis dan patung hasil karya seniman Bali yang bernama Wayan Pendet dan putra sulungnya yang bernama Wayan Gunasta. Alamat atau lokasi museum Pendet berada di Desa Nyuh Kuning, Ubud.

9. Museum Seni Neka
Museum Neka memiliki banyak koleksi lukisan dan tiap tahun koleksi terus bertambah. Alamat atau lokasi museum seni Neka berada di Jalan Raya Campuhan, Kedewatan, Ubud.

10. Museum Seni Batuan
Museum Seni Batuan merupakan museum yang khusus memajang seni lukis tradisional gaya batuan. Alamat atau lokasi museum seni Batuan berada di Jalan Prebangsa, Gang Sunaren No.9, Banjar Gede, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati.

11. Njana Tilem Museum
Museum yang dibangun oleh Ida Bagus Njana dan Ida Bagus Tilem ini memajang hasil karya seni patung karya beliau. Alamat atau lokasi Njana Tilem Museum berada di Jalan Raya Mas No.162, Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

12. Museum Runa
Museum Runa merupakan sebuah museum perhiasan yang didirikan dan dikelola oleh Runa Palar bersama Adrian Palar. Semuanya berawal dari sebuah hobi merancang busana dan membuat perhiasan sendiri seperti perak dan emas. Alamat atau lokasi museum Runa berada di Banjar Abiansemal, desa Lodtunduh, kecamatan Ubud

13. Museum of Marketing 3.0
Museum Marketing 3.0 diprakarsai oleh seorang guru pemasaran dunia yang bernama Philip Kotler dan diinisiatori oleh pakar pemasaran Indonesia yang bernama Hermawan Kartajaya. Museum ini memuat contoh pemasaran berbasis spirit kemanusiaan dari belasan perusahaan mendunia. Alamat atau lokasi museum of Marketing 3.0 berada di Jalan Raya Ubud No.23, kecamatan Ubud

14. Museum Bung Karno
Tidak hanya di denpasar, di kabupaten Gianyar juga ada museum Bung Karno. Museum yang didirikan oleh lembaga The Soekarno Center dan diprakarsai oleh Sukmawati Soekarno Putri bersama Rektor Universitas Mahendradatta Arya Wedakarna memiliki sekitar 150 koleksi foto Bung Karno. Alamat atau lokasi museum Bung Karno berada di Banjar Manca Warna, Desa Tampaksiring.

15. Musuem Pisang
Museum Pisang berisi koleksi tanaman pisang dari berbagai jenis yang berada di Kebun Raya Gianyar. Alamat atau lokasi museum Pisang berada di Kebun Raya Gianyar, Desa Pilan, Kecamatan Payangan.

16. Museum Subak Gianyar
Tidak hanya di kabupaten tabanan, di kabupaten gianyar juga ada museum subak. Museum Subak berisi informasi tentang sistem pengairan di pulau Bali yang dikenal dengan istilah sistem subak. Di sini kita bisa mengenal berbagai kegiatan becocok tanam mulai dari pembibitan hingga memanennya. Lokasi atau alamat museum subak berada di kawasan Pura Masceti, Desa Medahan, kecamatan Blahbatuh.

17. Museum Ida Bagus Marka
Museum Ida Bagus Marka lahir dari gagasan dan upaya Ida Bagus Marka dan sang istri yakni Ida Ayu Candra dalam mengkoleksi karya seni pahat. Museum ini menyimpan berbagai ukiran kayu dari pelbagai komunitas pemahat terbaik di Bali. Lokasi atau alamat museum Ida Bagus Marka berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar


Nah itu nama-nama museum yang ada di kabupaten Gianyar. Seiring perkembangan waktu jumlah museum itu akan bertambah, tentunya akan admin update perkembangannya. Semoga ini dapat dijadikan rujukan untuk yang mencari museum di kabupaten Gianyar. Salam longtriper.

Refrensi: asosiasimuseumindonesia.org

0 Response to "Inilah Museum Yang Ada Di Kabupaten Gianyar Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif