free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Keren Dekat Pelabuhan Padang Bai
T12/07/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Dekat Pelabuhan Padang Bai

Iklan
Iklan

Pulau Bali kini sudah salah satu tujuan wisata populer di dunia. Untuk bisa menikmati suguhan atraksi wisata yang ditawarkan Pulau Bali, para wisatawan harus pergi ke Bali. Untuk bisa menginjakan kaki di pulau yang mendapat julukan “pulau seribu pura” ini bisa melalui jalur udara yang mendarat di bandara internasional I Gusti Ngurah Rai dan melalui jalur laut yang mendarat di beberapa pelabuhan di Bali, seperti Pelabuhan Benoa di Bali Selatan, Pelabuhan Celukan Bawang di Bali Utara, Pelabuhan Gilimanuk di Bali Barat dan pelabuhan Padang Bai di Bali Timur. Jika diperhatikan hampir segala penjuru pulau Bali memiliki pintu masuk maupun keluar berupa pelabuhan.

Tempat Wisata Pantai Bias Tugel
Tempat wisata dekat Pelabuhan Padang Bai


Jika Anda datang dari kawasan timur (Pulau Lombok) untuk bisa memasuki Pulau Bali melalui jalur laut, maka pintu masuk terdekatnya berada di Pelabuhan Padang Bai yang berlokasi di Kabupaten Karangasem. Pelabuhan yang berada di Bali Timur ini tidak hanya sebagai jalur penyeberangan keluar maupun masuk ke pulau Bali, tetapi dapat digunakan sebagai tempat wisata yang sangat instagramable banget lho. Sekitar Pelabuhan Padang Bai memiliki view yang sangat mempesona yang mampu membuat pengunjung berlama-lama nongkrong di kawasan ini. Apalagi sekitar pelabuhan ini terdapat banyak tempat wisata keren yang sangat mudah sekali dijangkau oleh para wisatawan. Berikut admin bagikan 10 tempat wisata keren dekat Pelabuhan Padang Bai yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Silayukti
Pantai Silayukti merupakan salah satu pantai terdekat yang ada di Pelabuhan Padang Bai. Tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Silayukti yang menjadi cikal bakal nama pantai ini. Nama lain dari pantai Silayukti adalah Pantai Pelabuhan Padang Bai atau ada yang menyebutnya dengan nama Pantai Padang Bai, mungkin karena lokasinya dekat dengan pelabuhan atau berada di Desa Padang Bai, tujuannya untuk memudahkan mengingat nama pantainya. Pantai ini memiliki pasir putih dan masih alami. Meskipun pantai Padang Bai ini dekat dengan jalur penyebrangan Bali–Lombok, kebersihannya tidak begitu saja diabaikan lho. Pantai ini cukup akrab terutama bagi para mancing mania dan para penyelam karena pesona bawah lautnya memang benar-benar memukau mata. Siang hari pantai ini dijadikan sebagai tempat bersandar jukung-jukung nelayan yang berjejer di tepi pantai, sehingga menambah keindahan pantai ini. Lokasi tempat wisata Pantai Silayukti hanya berjarak sekitar 700 meter dari Pelabuhan Padang Bai.

2. Pantai Bias Tugel
Pantai kedua yang dekat dengan Pelabuhan Padang Bai yakni Pantai Bias Tugel atau yang populer dikenal dengan White Sand Beach. Jika Pantai Silayukti berada di sebelah utara pelabuhan Padang Bai, maka pantai bias tugel berada di sebelah selatan pelabuhan. Pantai ini hanya berjarak sekitar 900 meter dari pelabuhan Padang Bai. Walaupun pantai ini dekat dengan Pelabuhan Padang Bai, kunjungan ke pantai relatif sepi dan kunjungannya didominasi oleh wisatawan luar negeri. Lokasinya yang terpencil dan tersembunyi, sehingga dapat dikatakan bahwa pantai ini merupakan salah satu pantai tersebunyi (hidden beach) di Bali. Pantai yang berpasir putih ini memiliki garis pantainya yang tidak terlalu panjang (kira-kira 200 meter). Pantai ini memang unik karena di kanan kiri pantai ini diapit oleh bebatuan karang yang berwarna hitam dan juga di sebelah kanan (jika kita menghadap ke laut lepas) terdapat water blow yang mirip seperti Water Blow Di Nusa Dua, hanya saja ledakan airnya tidak sebesar yang ada di tempat wisata Nusa Dua. Bagi yang suka berpetualang menikmati indahnya panorama bawah laut, di pantai Bias Tugel tempatnya, karena di sini terdapat spot untuk snorkeling dan spot menyelam terbaik di Bali. Air lautnya bening sangat memudahkan kita untuk melihat view di bawah laut.

3. Pantai Padang Kurungan
Pantai pasir putih berikutnya yang keberadaannya dekat dengan Pelabuhan Padang Bai yakni Pantai Padang Kurungan atau lebih populer dengan nama Blue Lagoon Beach yang berjarak sekitar 1,4 km dari pelabuhan penyeberangan Padang Bai. Pantai ini berada di sebelah utara Pantai Silayukti yang berjarak sekitar 400 meter. Pantai Padang Kurungan merupakan pantai yang memiliki pasir putih yang indah dengan teksur pasir lebih besar seperti merica. Pantai ini juga memiliki air laut yang jernih dan tenang dengan pemandangan bawah lautnya yang indah dan mempesona. Bagi yang suka melihat keindahan bawah laut dengan cara snorkeling maupun diving, Pantai Padang Kurungan inilah tempatnya. Pantai ini terletak di balik bukit, sehingga terkesan tersembunyi. Selain keindahan bawah lautnya, para pelancong bisa bersantai melihat pemandangan laut yang indah sambil menikmati segarnya kelapa muda yang bisa dibeli di warung-warung tepi pantai.

4. Pantai Labuhan Amuk
Pantai yang satu ini berada di sebelah utara dari pelabuhan penyeberangan Bali – Lombok dan lokasinya pun agak jauh dari pelabuhan, yang jaraknya sekitar 3 km. Pantai ini sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menyaksikan keindahan alam laut. Pantai ini memiliki laut dengan air yang relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk aktifitas watersport di Bali. Selain itu, di pantai ini memiliki wahana untuk melihat pesona bawah laut yang bernama Submarine Odyssey yang sangat populer bagi wisatawan asing. Jika ingin menikmati pesona pantai dan bawah laut dengan kapal selam di Pantai Labuhan Amuk, silahkan bertandang ke Labuhan Amuk, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

5. Danau Yeh Malet
Tempat wisata Danau Yeh Malet sedang ngehits di sosial media Instagram. Keindahan danau ini tidak kalah cantiknya dengan danau lainnya di Bali. Hanya saja hawa udara di sekitar danau ini tidak sedingin yang ada di danau lainnya lainnya di Bali, karena lokasi danau ini berada di dataran rendah yang hawa udaranya sedikit panas. Hamparan tumbuhan eceng gondok di tengah danau menambah indah kawasan ini. Terdapat spot selfie yang disediakan oleh pengelola danau tersebut. Lokasi Danau Yeh Malet berjarak sekitar 5,3 km dari pelabuhan Padang Bai, tepatnya berada di Desa Yeh Malet, Kecamatan manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.


6. Pantai Yeh Malet
Tidak hanya memiliki danau, Desa Yeh Malet juga memiliki pantai. Bagi pecinta panorama matahari terbit di Bali, pantai Yeh Malet dapat dijadikan tempat untuk berburu panorama sunrise di Bali Timur. Pantai Yeh Malet merupakan salah satu pantai pasir hitam yang dekat dengan Pelabuhan Padang Bai yang berjarak sekitar 6,3 km. Pada siang hari, para wisatawan akan disajikan dengan pemandangan berjejernya jukung-jukung nelayan yang menambah indahnya kawasan pantai ini. Tidak hanya suguhan pantainya yang menarik para turis untuk bertandang ke sini, suguhan aktivitas para pembuat garam tradisional menambah nilai plus dari pantai ini, karena pantai Yeh Malet merupakan sentra pembuatan garam tradisional lho. Lokasi pantai ini berada di Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

7. Pantai Wates
Dalam bahasa Bali, wates artinya batas. Sesuai dengan namanya, Pantai Wates berada diperbatasan antara Kabupaten Klungkung dengan Kabupaten Karangasem, tetapi pantai ini masih dalam wilayah Kabupaten Karangasem. Sedangkan pantai untuk perbatasan Kabupaten Klungkung ada Pantai Belatung yang terkenal dengan tempat wisata pembuatan garam secara tradisional. Pantai Wates menawarkan pesona alam pantai pasir hitam yang sangat indah. Di pinggir pantai terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuma ringan seperti bakso dan es kepala muda. Lokasi pantai ini berada di Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali yang berjarak sekitar 6,8 km dari Pelabuhan Padang Bai.

8. Dermaga Tanah Ampo
Dermaga Tanah Ampo berada di Desa Tanah Ampo yang berjarak sekitar 7,1 km dari pelabuhan penyeberangan Bali – Lombok. Dermaga Tanah Ampo merupakan dermaga kapal cruise internasional dengan view yang sangat keren di sekitar dermaga tersebut. Hamparan pantai terbentang luas dengan latar belakang bukit hijau yang berpadu serasi dan menyuguhkan panorama alam yang masih asri dan alami. Tidak hanya sebagai daerah tujuan wisata yang sangat keren di Bali Timur, dermaga tanah ampo merupakan spot memancing terbaik di Bali. Hampir tiap hari ada warga sekitar yang mencoba keberuntungannya di dermaga ini. Tidak hanya dari warga sekitar, bahkan pemancing-pemancing dari luar Desa Tanah Ampo juga banyak yang mencoba memancing di kawasan ini. Bagi yang ingin menikmati panorama Dermaga Tanah Ampo atau mencoba memancing ikan laut, silahkan datang ke Desa Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

9. Pantai Goa Lawah
Pantai Goa Lawah merupakan pantai pasir hitam yang eksotis di Kabupaten Klungkung. Pantai ini terus dipercantik dengan menambahkan beberapa fasilitas pendukung, seperti tempat untuk foto selfie, area parkir yang cukup luas, dan beberapa warung yang menjual aneka kuliner khas bumi serombotan. Kawasan pantai ini sekarang diubah menjadi rest area lho, jadi bagi yang berpergian jauh, baik yang datang dari Pelabuhan Padang Bai atau sebaliknya, sebaiknya untuk istirahat sejenak di rest area Goa Lawah untuk melepaskan lelah atau sekedar mengisi perut untuk mencicipi kulinernya. Tidak hanya sebagai rest area, pantai Goa Lawah juga merupakan tempat wisata yang sedang ngehits di sosial media.  Selain itu, para pelancong akan disajikan dengan pemandangan aktivitas penduduk sebagai nelayan yang menyandarkan jukungnya di siang hari. Pada pagi hari, pesona matahari terbit akan mempercantik pemandangan di pantai ini. Tidak jauh dari kawasan pantai terdapat sebuah tempat suci umat Hindu yang sangat unik yang bernama Pura Goa Lawah. Pura Goa Lawah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pura yang lainnya di Bali, karena di dalam pura ini ada sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Lokasi tempat wisata pantai Goa Lawah berada di Jalan Raya Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Jika datang dari pelabuhan Padang Bai akan menempuh jarak sekitar 7,9 km atau dengan waktu tempuh sekitar 16 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

10. Air Terjun Yeh Poh
Bagi yang suka dengan wisata petualangan, bisa mengunjungi tempat wisata Air Terjun Yeh Poh atau dengan nama lainnya Air Terjun Gerojog Sambeh. Keberadaan Air Terjun Gerojog Sambeh tidak begitu populer dikalangan traveler, karena lokasinya berada di tengah hutan dan untuk menjangkaunya pengunjung harus melewati jalan setapak yang menanjak yang terdapat jurang yang cukup dalam. Tempat wisata ini cocok dikunjungi sambil trakking karena sepanjang perjalanan menujuair terjun, para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah dan tenang. Air terjun yang tingginya sekitar 15 meter ini memiliki kubangan kolam yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang lho. Air terjun yang berlokasi di Dusun Yeh Poh, Desa Selumbung Manggis, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali ini berjarak sekitar 7,5 km dari Perlabuhan Padang Bai atau dengan waktu tempuh sekitar 14 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata keren yang dekat dengan Pelabuhan Padang Bai Bali. Untuk info tempat wisata di Bali lainnya yang menarik dan unik, silahkan baca di blog ini. Salam longtriper.
Iklan