free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Di Negara Bali
T1/13/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Di Negara Bali

Negara merupakan nama sebuah kecamatan sekaligus nama sebuah kota di Kabupaten Jembrana Bali. Kecamatan yang memiliki luas wilayah sekitar 126,50 km² ini terbagi menjadi 8 Desa dan 4 Kelurahan yakni Desa Pengambengan, Desa Baluk, Desa Banyubiru, Desa Berangbang, Desa Cupel, Desa Kaliakah, Desa Tegal Badeng Barat, Desa Tegal Badeng Timur, Kelurahan Baler Bale Agung, Kelurahan Banjar Tengah, Kelurahan Lelateng, dan Kelurahan Loloan Barat.
Inilah 10 Tempat Wisata Di Negara Bali
Patung Kuda di Kota Negara 

Bali sebagai tujuan wisata memiliki segudang destinasi wisata yang sangat menawan. Bahkan hampir semua kecamatan di Bali memiliki objek wisata yang mampu menarik kunjungan para wisatawan, termasuk kecamatan Negara. Bagi yang ingin berlibur ke bali Barat, khususnya ke kecamatan negara, berikut admin bagikan dan rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di negara berikut ini.

1. Kebun Raya Jagatnatha
Kebun Raya Jagatnatha merupakan salah satu tempat wisata unik di Bali. Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali ini memadukan fungsi konservasi tumbuhan, pendidikan, penelitian botani dan rekreasi yang luasnya mencapai 5,8 hektar. Koleksi tumbuhan di Kebun Raya Jagatnatha Jembrana sebagian besar berupa tumbuhan usada (obat-obatan tradisonal Bali) dan tumbuhan upacara adat Bali. Selain tanaman tersebut, di kebun raya ini juga terdapat tanaman kamboja, anggrek dan tumbuhan air. Di Kebun Raya Jagatnatha para pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan dan keasrian kebun raya sambil mempelajari manfaat berbagai jenis tumbuhan koleksi untuk kehidupan sehari-hari.

2. Taman Kota Pecangakan
Taman Kota Pecangakan merupakan sebuah taman yang berada di Kota Negara. Di taman yang berlokasi di Jalan Surapati, Desa Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali ini terdapat sebuah patung yang dikelilingi air mancur. Patung tersebut sama seperti patung Dewa Ruci yang berada di Simpang Siur Kuta. Area di taman Kota Pecangakan ini sangat rindang karena terdapat beberapa pohon yang tumbuh subur, sehingga sangat cocok untuk tempat berteduh pada siang hari. Di sebelah barat taman kota ini terdapat sebuah patung kuda yang bisa digunakan sebagai spot untuk berfoto-foto.

3. Pantai Rening
Pantai Rening atau lebih populer dengan nama Pantai Baluk Rening merupakan pantai pasir hitam yang konon pasir dan air lautnya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik atau asam urat. Sehingga banyak sekali penduduk setempat yang melakukan kegiatan berendam air laut di pantai ini, bahkan ada beberapa pengunjung yang melakukan kegiatan menimbun diri setengah badan dengan menggunakan pasir yang ada di pantai ini. Selain itu, pantai Baluk Rening juga memiliki pemandangan yang indah dengan suasana pantai yang tenang plus dapat menyaksikan sunset dari pantai ini. Sesuai dengan namanya, pantai ini berlokasi di Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

4. Pantai Pebuahan
Pantai berikutnya yang ada di kecamatan Negara yakni pantai Pebuahan. Pantai yang berlokasi di Jalan Pantai Pebuahan, Banjar Pebuahan, Desa Banyu Biru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali ini tidak hanya menawarkan keindahan panorama matahari tenggelamnya (sunset), juga menyuguhkan pemandangan aktivitas para nelayan yang mencari ikan dan menyandarkan perahunya di siang hari. Sangat bagus sebagai spot untuk berfoto-foto. Selain berwisata menikmati eksotisnya pantai pebuahan, pengunjung juga bisa berwisata kuliner. Di sini kita bisa menikmati hidangan khas lautnya.

5. Pantai Pengambengan
Suguhan lain yang dimiliki oleh kecamatan Negara adalah Pantai Pengambengan. Sesuai namanya, pantai ini berlokasi di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Pantai Pengambengan merupakan pantai berpasir hitam yang menawarkan pesona matahari terbenamnya di sore hari. Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah pelabuhan perikanan yang digunakan untuk bongkar muat hasil tangkapan para nelayan setempat.

6. Pelabuhan Perikanan Pengambengan
Tidak jauh dari Pantai Pengambengan, terdapat sebuah pelabuhan rakyat untuk bongkar muat hasil tangkapan nelayan. Pelabuhan Perikanan Pengambengan tidak hanya disuguhkan dengan aktivitas warga nelayan yang bongkar muat hasil tangkapan ikan, juga memiliki panorama yang sangat indah. Wisatawan bisa melihat hamparan laut membiru yang luas dengan ombak yang sangat tenang. Di seberang lautan bagian barat pengunjung bisa melihat gugusan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa yang menjulang tinggi. Selain itu, pada saat menjelang senja, pengunjung bisa melihat indahnya matahari tenggelam di ufuk barat. Kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Pengambengan merupakan kapal-kapal para nelayan. Uniknya, seluruh kapal dicat dengan penuh warna-warni dan menjadi ciri khas dari pelabuhan Pengambengan ini. Lokasi Pelabuhan Perikanan Pengambengan berada di Jalan Raya Negara-Pengambengan, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

7. Pasar Senggol Negara
Bagi yang ingin menikmati kuliner di Kota Negara, cobalah bertandang ke Pasar Senggol Negara yang lokasinya berada di Terminal Negara, tepatnya berada di Jalan Pahlawan, Desa Dauhwaru, Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.. Di sini tersedia bermacam kuliner yang dibuka mulai sore hari hingga tengah malam ini. Tidak hanya itu, di pasar senggol Negara juga menjual aneka jenis pakaian dan mainan anak-anak.

8. Desa Berangbang
Di Desa Berangbang pengunjung akan disuguhkan dengan pesona alam persawahan yang asri dan tegalan dengan pohon kelapanya. Di desa ini juga ada peninggalan arkeologi berupa sarkofagus atau peti kubur. Selain bekerja sebagai petani, warga desa berangbang juga bekerja membuat kerajinan ingka untuk mengisi waktu senggangnya.

9. Agrowisata Subak Munduk Nangka
Di Agrowisata Subak Munduk Nangka pengunjung akan disuguhkan dengan pesona persawahan yang indah dan berundak-undak. Spot yang sangat bagus untuk berfoto-foto di areal persawahan dengan latar pegunungan yang hijau. Jika pada musim tanam padi, pengunjung akan melihat para petani menggarap sawahnya, seperti membajak sawah dan menanam padi. Lokasi Agrowisata Subak Munduk Nangka berada di Banjar Munduk Nangka, Desa Berangbang, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

10. Taman Prasasti
Taman Prasasti merupakan taman untuk bermain anak-anak dengan pepohonan yang rindang dan asri, sehingga tempat ini sangat sejuk di siang hari. Di sini tersedia arena tempat bermain seperti perosotan, ayunan, tempat duduk untuk sekedar nongrong, dan lain sebagainya. Lokasi taman bermain ini berada di Desa Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Ternyata Bali Barat khususnya kecamatan negara memiliki banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali Barat. Semoga ini dapat dijadikan rujuakan dalam mencari tempat wisata di Negara Bali.