free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Unik Di Bali Yang Wajib Di Kunjungi
T1/14/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Unik Di Bali Yang Wajib Di Kunjungi

Iklan
Iklan

Bali sebagai tujuan wisata internasional menawarkan ragam wisata unik yang mampu menarik ribuan kunjungan wisatawan tiap harinya. Berlibur ke Bali tidak harus mengincar pantai pasir putihnya saja lho, tetapi bisa juga mengujungi beberapa tempat wisata unik yang tersebar di beberapa wilayah di Bali. Bagi yang ingin mencari tempat wisata unik di Bali, berikut admin bagikan dan mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Monumen Bajra Sandhi
Monumen Bajra Sandhi hanya berjarak sekitar 3,3 km dari Pantai Segara Ayu (sanur) tepatnya berada di Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. Yang paling unik dari monumen ini adalah arsitekturnya berbentuk seperti bajra (genta), oleh karena itu monumen ini dikenal juga dengan sebutan Monumen Bajra Sandhi yang artinya Genta Suci. Monumen ini berada tepat di tengah-tengah lapangan Puputan Nitimandala Renon juga memiliki area jogging track mengelilingi lapangan ini, sehingga sangat pas mengunjungi lokasi ini sambil jogging pada pagi hari atau sore hari. Selain itu, lokasinya yang sangat strategis yang menyebabkan tempat wisata ini begitu populer dikalangan para pelancong. Monumen ini menjadi simbol masyarakat Bali untuk menghormati para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman, serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain berwisata sejarah pengunjung juga bisa berfoto ria di Museum I AM Bali yang berlokasi di lantai dasar bajra sandhi ini. I AM Bali merupakan museum interaktif 3D yang menawarkan beragam fasilitas dan wahana hiburan untuk rekreasi bersama kerabat dan keluarga. Monumen ini dekat dengan tempat wisata populer di Bali seperti Big Garden Corner, objek wisata Sanur, Museum Bali, dan Taman Werdhi Budaya. 
Inilah 10 Tempat Wisata Unik Di Bali
Monumen Bajra Sandhi 

2. Kebun Bunga Edelwies
Bali tidak hanya menyuguhkan panorama indah hamparan bunga marigold yang kuning keemasan yang berlokasi di Desa Petang, tetapi juga menawarkan hamparan bunga Edelwies atau dalam bahasa Bali dikenal dengan Bunga Kasna. Dulunya bunga kasna ini dibudidayakan untuk dijual karena kebutuhan akan bunga ini akan melonjak pada saat hari raya Galungan di Bali. Tetapi karena mampu menarik kunjungan wisatawan, kebun bunga di Bali ini kini menjadi objek wisata yang sedang ngehits di sosial media. Bagi yang tertarik untuk mengunjungi hamparan bunga Edelwies di Bali, bisa mengunjungi perkebunan edelwies di Desa Temukus. Lokasi kebun ini tidak jauh dari tempat wisata Pura Besakih yang berada di kaki gunung agung, gunung tertiggi di Bali. Karena letaknya yang dekat dengan Gunung Agung, tentunya hawa sejuk pegunungan akan menyambut kunjungan para wisatawan ke taman ini. Tempat ini sekarang sangat populer di sosial media, khususnya di sosial media Instagram.

3. Upside Down World Bali Pemogan
Upside Down World Bali merupakan spot berfoto yang mampu menghasilkan foto yang sangat unik. Di lokasi foto, semua ruangan memiliki desain terbalik. Bahkan, semua isi ruangan dibuat terbalik. Keunikan tempat foto ini juga terdapat pada tata letak ruangan, perpaduan warna dari ruangan dan interior di desain dengan warna kontras agar terlihat indah di foto. Lokasi tempat wisata unik ini berada di Jalan By Pass Ngurah Rai No. 762, Desa Pemogan, Denpasar Selatan, Bali.

4. Desa Wisata Penglipuran
Jika kebetulan berlibur ke tempat wisata Kintamani melalui jalur Kota Bangli, coba mampir ke Desa Wisata Penglipuran. Desa wisata ini memiliki ciri khas tersendiri yang tidak akan ditemui di desa lainnya di Bali. Di mana desa ini memiliki arsitektur bangunan rumah tradisional dengan pintu gerbangnya yang serupa dan tersusun rapi mulai dari ujung utama desa sampai bagian hilir desa. Warga desa ini juga sangat menjaga kebersihan desanya, sehingga desa ini mendapat predikat sebagai desa terbersih di dunia lho. Selain pesona desa dengan keunikan bangunannya yang menjadi daya tarik para turis, tidak jauh dari rumah penduduk terdapat hutan bambu yang sangat bagus untuk spot berfoto-foto atau praweding. Tidak hanya diburu turis domestik lho, bahkan turis asing juga banyak mengunjungi desa wisata ini tiap harinya. Lokasi desa wisata yang unik ini berada di Jalan Penglipuran, Desa Adat Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

5. Pura Luhur Uluwatu
Uluwatu merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali Selatan selain Pantai Kuta dan GWK. Di tempat wisata ini para turis akan disajikan dengan panorama alam dengan tebing karang yang menghijau dan lautan yang biru nan luas diseberangnya. Liburan ke Uluwatu akan lengkap jika menonton pertunjukan Tari Kecak. Di tempata wisata Uluwatu terdapat stage untuk pertunjukan Tari Kecak yang bisa menampung penonton sebanyak 500 orang lho. Stage ini masih berada di dalam kawasan area pura Uluwatu. Selain bisa menonton pertunjukan Tari Kecak yang spektakuler, pengunjung juga akan disuguhkan dengan panorama sunset yang sangat indah, makanya pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu diadakan pada pukul 18.00 wita setiap harinya. Bagi wisatawan pertunjukan tari kecak di tempat wisata Uluwatu terkenal dengan sebutan “Kecak Uluwatu”. Adapun tempat wisata menarik lainnya yang dekat dengan Uluwatu yakni Pantai Labuan Sait, Pantai Suluban, Pantai Nyang-Nyang, Bali Paragliding Tandem, dan Pantai Melasti.

6. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana merupakan jendela seni dan budaya Pulau Bali dengan latar belakang alam serta panorama yang sangat mengagumkan, menjadikan salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran, konferensi ataupun kunjungan keagamaan. Dari GWK kita bisa melihat indahnya pemandangan Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Adapun tempat wisata populer yang dekat dengan GWK yakni Pantai Dreamland dan Pantai Pandawa.

7. Puja Mandala
Tempat wisata unik yang satu ini dapat dikatakan sebagai tempat wisata religi, karena di kawasan Puja Mandala berdiri 5 Rumah ibadah dari 5 agama yakni dimulai dari yang kiri ke kanan, adalah Masjid Agung Ibnu Battutah, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua serta Pura Jagatnatha. Komplek tempat ibadah ini berada di Bali Selatan, tepatnya berada di Jalan Kurusetra, Nusa Dua. Jadi jika kebetulan berlibur ke Bali Selatan cobalah mampir ke tempat ini untuk beribadah dan nikmati keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini. Tempat wisata dengan 5 rumah ibadah ini dekat dengan objek wisata populer di Bali seperti Pantai Nusa Dua, Pantai Tanjung Benoa, Pantai Pandawa, dan Taman Budaya GWK yang terdapat patung terbesar di Bali.

8. Bali Swing Bongkasa
Tempat wisata Bali Swing ini menawarkan ayunan pada ketinggian 35 meter dari permukaan tanah. Selama berayunan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan menawan serta pemandangan lembah sungai Ayung dengan pepohonan yang hiau dan asri. Lokasi: Jalan Dewi Saraswati 7, Banjar Tegal Kuning, Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Tempat wisata unik ini juga dekat dengan objek wisata terkenal di Bali seperti Sangeh Monkey Forest, Taman Mumbul dan Tanah Wuk.

9. Gembok Cinta Tegallalang
Di tempat wisata Gembok Cinta Tegallalang pengunjung bisa menyimpan kenangan dan menggembok cinta bersama pasangan dengan simbol sebuah gembok yang tinggalkan di sini. Tempatnya sangat bagus untuk berfoto- selfie dan dengan latar belakang pemandangan sawah hijau dan asri. Tempat wisata yang berlokasi di Banjar Gagah, Desa Tegalalang, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali ini dekat dengan tempat wisata terkenal di Gianyar yakni Tegallalang Rice Terrace dan tempat wisata di Ubud

10. Rumah Pohon Bukit Lemped
Bagi yang mencari tempat wisata di Kabupaten Karangasem, cobalah untuk berkunjung ke tempat wisata unik dan baru yang memanfaatkan pohon yang sangat tinggi (tingginya mencapai 40 meter lho) yang bernama Rumah Pohon Bukit Lemped yang lokasinya juga sangat dekat dengan objek wisata populer di Bali yakni Taman Tirta Gangga. Tempat wisata rumah pohon yang kini sedang viral di sosial media ini memang dirancang memanfaatkan pohon-pohon yang tumbuh disekitar lokasi dengan panorama yang keren, kemudian pohon-pohon tersebut dibuatkan sebuah tempat untuk berpijak dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti batang kayu dan bambu yang diikat dengan erat satu dengan lainnya sehingga menjadi kokoh dan dapat dinaiki oleh beberapa orang. Tempat wisata rumah Pohon Bukit Lemped lokasinya berada di pinggir jalan raya jurusan Amlapura – Singaraja, tepatnya berada di Banjar Pladung, Desa Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Tempatnya benar-benar keren karena tersedia tempat untuk berfoto selfi dengan latar sarang burung raksasa dan ayunan. Dari atas pohon pengujung bisa melihat alam sekitar yang sangat indah dan hijau. Tempat wisata ini sangat digemari oleh kaula muda yang suka berfoto selfie, karena tempatnya sangat Instagramable banget lho.
Iklan