free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Kebun Bunga di Bali
T12/08/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Kebun Bunga di Bali

Iklan
Iklan
Kebutuhan akan bunga bagi masyarakat Bali khususnya yang beragama Hindu terus meningkat setiap tahunnya. Bunga merupakan bagian penting dalam melaksanakan peribadatan bagi masayrakat Hindu di Bali. Karena kebutuhan akan bunga terus mengalami peningkatan, maka banyak yang memanfaatkan peluang ini dengan menanam bunga di lahan pertanian yang produktif di Bali. Adapun bunga yang di taman untuk memenuhi permintaan pasar yakni bunga gumitir (bunga marigold), bunga kasana atau nama lainnya bunga edelwies (permintaannya meningkat menjelang hari raya Galungan), bunga pacar air (ada yang bilang bunga pacah), dan bunga pecah seribu.
Inilah 10 Tempat Wisata Kebun Bunga di Bali
Bunga Marigold di Bali

Ternyata kebun bunga di Bali tidak hanya mampu mensejahterakan warganya, tetapi juga dijadikan tempat wisata yang kini sedang ngehits di sosial media. Kebung bunga tersebut mampu menawarkan panorama yang sangat indah dan unik. Kebun-kebun bunga milik warga tersebut banyak diburu oleh anak muda yang gemar berfoto selfie untuk diupload di sosial media. Mengingat antusiasme kaula muda mengunjungi kebun bunga untuk aksis di sosial media, maka beberapa warga di Bali menanam bunga untuk dijadikan tempat wisata. Bagi yang ingin mencari tempat wisata kebun bunga di Bali, berikut admin bagikan dan rekomendasikan tempat yang bisa dikunjungi.

1. Kebun Gumitir di Desa Belok
Hamparan kebun Bunga Gumitir atau bunga Calendula atau biasa disebut Marigold yang ada di Desa Belok kini sedang populer di kalangan wisatawan karena mampu menarik kunjungan wisatawan. Lokasinya pun sangat strategis, jika menuju tempat wisata Kintamani dari Bedugul, atau sebaliknya, para wisatawan akan menemukan ladang bunga Marigold di sisi jalan. Warnanya yang kuning keemasan, juga ladang yang tersusun rapi dan pemandangan alam yang tidak kalah seru, seakan mengundang para wisatawan untuk mampir dan berswafoto. Perlu diketahui bahwa bunga marigold akan mekar dan bersemi sangat indah pada saat memasuki musim panas, sekitar Juni hingga Agustus. Jadi datanglah sekitaran bulan tersebut untuk bisa menikmati panorama yang indah yang jarang ditemukan di tempat lainnya di Bali. Tempat wisata di Bali ini sangat instagrammable lho dan yang lebih penting lagi, gratis untuk di kunjungi. Meski demikian, pastikan meminta izin terlebih dahulu dengan warga pemilik kebun ini dan tidak merusak keindahannya. Lokasi: Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

2. Padang Bunga Kasna di Temukus
Bali tidak hanya menyuguhkan panorama indah hamparan bunga marigold yang kuning keemasan, tetapi juga menawarkan hamparan bunga Edelwies atau dalam bahasa Bali dikenal dengan Bunga Kasna. Dulunya bunga kasna ini dibudidayakan untuk dijual karena kebutuhan akan bunga ini akan melonjak pada saat hari raya Galungan di Bali. Tetapi karena mampu menarik kunjungan wisatawan, kebun bunga ini kini menjadi objek wisata yang sedang ngehits di sosial media. Bagi yang tertarik untuk mengunjungi hamparan bunga Edelwies di Bali, bisa mengunjungi perkebunan edelwies di Desa Temukus. Lokasi kebun ini tidak jauh dari tempat wisata Pura Besakih yang berada di kaki Gunung Agung, gunung tertiggi di Bali. karena letaknya yang dekat dengan Gunung Agung, tentunya hawa sejuk pegunungan akan menyambut kunjungan para wisatawan ke taman ini. tempat ini sekarang sangat populer di sosial media, khususnya di sosial media Instagram.

3. Taman Bali Gumitir Di Temukus
Tidak hanya terdapat ladang Bunga Edelwies, di Desa Temukus juga terdapat kebun bunga marigold atau bunga gumitir yang dibudidayakan oleh warga setempat. Di sana pengunjung bisa melihat hamparan bunga Gumitir bewarna kuning keemasan yang sangat elok dipandang mata. Tempat ini wajib dikunjungi ketika mengunjungi taman Bunga Edelwies, karena pesona yang ditawarkan sangat memukau mata, tentunya untuk sekedar berfoto pengunjung harus meminta izin secara sopan kepada warga, yang pastinya tempat ini masih gratis (tidak dipungut biaya).

4. Kebun Marigold Di Klungkung
Kabupaten Klungkung (khususnya Klungkung Daratan) masih memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Karena permintaan akan bunga marigold tiap tahunnya terus meningkat, maka lahan-lahan tersebut dimanfaakan dengan menanami bunga marigold. Tidak hanya menghasilkan pundi-pundi uang bagi yang membudidayakan bunga ini, ternyata Hamparan bungan marigold yang luas tersebut menghasilkan pemandangan yang indah dan unik. Tempat-tempat tersebut banyak diburu akan muda yang gemar berfoto selfie dengan latar belakang hamparan bunga gumitir yang berwarna kuning keemasan tersebut. Ada banyak spot-spot kebun bunga gumitir di Klungkung seperti di Desa Negari, Desa Besan, dan Desa Bakas. Sambil mengunjungi tempat-tempat wisata populer di Klungkung, para wisatawan bisa menyempatkan diri berfoto ria di hamparan kebun marigold, tetapi harus minta izin dulu kepada pemiliknya untuk berfoto-foto dan yang pastinya tidak merusak tanaman tersebut.

5. Taman Bunga Matahari di Tabanan
Bali tidak hanya memiliki kebun bunga marigold dan edelwies, tetapi juga memiliki kebun bunga matahari lho, yang berlokasi di Banjar Batanyuh, Desa Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Tempat wisata yang satu ini kini sedang ngehits di sosial media khususnya Instagram. Bagi yang bosan berlibur dengan suasana pantai, coba cari suasana baru berupa hamparan bunga matahari yang sedang mekar. Hamparan bunga matahari sedang mekar kini menjadi objek wisata baru di Bali khususnya di Tabanan. Tempat wisata ini sangat digemari oleh kaula muda yang gemar berfoto selfie yang ingin selalu eksis di sosial media.

6. Bali Orchid Garden
Tempat wisata Bali Orchid Garden sangat cocok dikunjungi bagi pecinta bunga terutama anggrek. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan dari 820 jenis anggrek khas dari berbagai belahan dunia, seperti Cordylines, Aroids, dan Heliconia. Tentu beragam bunga anggrek itu sudah cukup terkenal di Indonesia ataupun luar negeri. Boleh dibilang bahwa Bali Orchid Garden merupakan surganya anggrek di Bali dan tanaman hias lainnya. Jadi tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke taman angrek demi melihat berbagai jenis bunga anggrek yang sedang bermekaran. Para petugas akan memberikan informasi tentang bunga anggrek dan tanaman-tanaman hias lainnya yang berada di taman ini. Lokasi: Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

7. Kebun Bunga Marigold Di Baturiti
Tabanan juga memiliki tempat wisata kebun bunga marigold yang berlokasi di Banjar Mayungan, Baturiti. Lokasi tempat wisata budidaya bunga gumitir ini tidak jauh dari tempat wisata yang populer di Bali seperti tempat wisata Ulun Danu Beratan dan tempat wisata Kebun Raya Bedugul. Taman Marigold ini dikelola oleh petani setempat, jadi yang ingin berfoto di kebun ini supaya tidak merusak tanaman bunga di sini.

8. Kebun Raya Bedugul
Kebun Raya Bedugul memiliki luas area sekitar 157,5 hektar yang berada di kawasan objek wisata Bedugul dengan hawa udara yang sejuk. Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang hijau nan asri. Ada beraneka ragam jenis bunga dan flora lainnya di kawasan ini. Taman botani tropis terluas di Bali ini menjadi tempat selfie yang sangat keren di Bali, terutama kebun bunga dengan beraneka ragam jenis bunganya. Selain kebun bunga, di sini juga ada koleksi tanaman kaktus dan angrek lho.

9. Kebun Bunga Matahari Di Singaraja
Bagi yang mencari tempat berfoto yang keren sekitaran kota singaraja, ada tempat wisata selfie yang instagramable di Bali Utara berupa Kebun Bunga Matahari. Lokasi kebun bunga matahari ini berada di Dusun Dangin Pura, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

10. Taman Bunga Mawar Belanda
Untuk mencari tempat wisata dengan panorama pesona bunga mawar belanda, tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, karena di Bali sudah ada Taman Bunga Mawar Belanda yang berlokasi di kawasan agrowisata Bagus Agro Pelaga. Di sini terdapat tiga jenis bunga mawar belanda yakni warna pink, merah dan putih. Selain menawarkan keindahan bunga mawar Belanda, agrowisata yang berada di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali ini juga memiliki kebun bunga balon serta bunga gebera yang sangat menawan.

Ternyata Pulau Bali tidak hanya menyuguhkan keindahan tempat wisata pantai yang eksotis dan alam perbukitan yang hijau nan asri, tetapi juga menawarkan keindahan lahan pertanian dengan hamparan kebun bunga yang sangat indah. Berwisata ke kebun bunga di Bali dapat dijadikan pilihan alternatif dalam mengisi liburan di Pulau Dewata. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata kebun bunga di Bali. Salam longtriper.
Iklan