free counter with statistics Inilah 20 Tempat Wisata Edukasi Di Bali
T1/13/2019

Inilah 20 Tempat Wisata Edukasi Di Bali

Iklan
Iklan

Bali tidak hanya menyuguhkan wisata seni dan budaya serta bentang alam yang indah, tetapi juga menawarkan wisata edukasi. Tempat wisata edukasi di Bali menjadi incaran para traveler karena menyuguhkan atraksi wisata yang sangat unik dan menarik selama berlibur di Bali. Berikut beberapa objek wisata edukasi di Bali yang bisa dikunjungi selama berlibur di Bali.
Inilah 20 Tempat Wisata Edukasi Di Bali
Wisata edukasi di Bali

1. Penangkaran Penyu
Pulau Bali memiliki beberapa tempat untuk penangkaran penyu yang tujuannya agar hewan langka yang satu ini tidak punah keberadaannya. Adapun tempat-tempat penangkaran penyu di Bali yakni penangkaran penyu Pulau Serangan, penangkaran penyu Deluang Sari yang lokasinya dekat dengan Watersport Tanjung Benoa, dan penangkaran penyu Kumara Asih yang dekat dengan objek wisata Sunset Point Perancak. Tempat wisata penangkaran penyu di Bali sangat bagus dikunjungi ketika berlibur ke bali, apalagi mengajak anak-anak, tentu anak-anak akan senang karena pengunjung diizinkan untuk memegang hewan langka ini. selain itu, anak-anak akan mengenal cara pemeliharaan dan cara perkembang biakan penyu mulai dari bertelur hingga menjadi penyu dewasa. Pada hari-hari tertentu anak-anak akan diajak melepaskan anak-anak penyu ke laut.

2. Bali Zoo Park
Bali Zoo Park atau Kebun Binatang Bali merupakan destinasi wisata rekreasi keluarga dan anak-anak di pulau bali. Bali Zoo merupakan kebun binatang pertama yang ada di Bali yang memiliki koleksi kurang lebih 350 ekor satwa langka, seperti hewan dari bangsa mamalia, bangsa unggas, bahkan bangsa reftil. Uniknya, di sini pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan binatang, seperti memberi makan rusa dan memberi makan gajah. Selain itu anak-anak bisa bermain dengan kelinci dan menonton pertunjukan atraksi burung. Sangat pas berliburan ke sini bersama anak-anak, karena kita akan disuguhkan dengan aktivitas yang berhubungan dengan binatang yang jinak. Lokasi Bali Zoo Park ini berdekatan dengan kebun Bali Bird Park, hanya berjarak 4,4 km. Lokasi: Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

3. Taman Burung Bali
Bali Bird Park atau Taman Burung Bali merupakan salah satu obyek wisata terfavorit bagi wisatawan yang berlibur ke Bali. Sekitar 1.000 satwa jenis unggas dari 250 species dipelihara di Taman Burung Bali, sehingga sangat pas untuk liburan anak-anak. Selain melihat dan berinteraksi dengan berbagai macam burung, wisatawan juga bisa berfoto–foto bersama burung-burung yang ada di taman ini. Bali Bird Park merupakan kebun binatang yang paling dekat dengan kota denpasar, hanya berjarak sekitar 11,5 km dari pusat kota Denpasar. Lokasi: Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Desa Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

4. Bali Safari dan Bahari
Taman Safari dan Bahari Bali atau Bali Safari and Marine Park merupakan kebun binatang terbesar dan terlengkap yang ada di Pulau Bali dengan luas area sekitar 40 hektar dan memiliki sekitar 400 hewan dari 60 spesies. Taman Safari dan Bahari Bali lebih tepat disebut sebagai tempat konservasi binatang daripada sebagai kebun binatang, karena tak ada satu hewan pun di area itu berada dalam kandang. Semua hewan dilepaskan namun masih dalam pengawasan di habitatnya yang dibuat mirip dengan situasi kehidupan asli satwa tersebut. Di sini pengunjung bisa berpetualang seru untuk melihat kehidupan binatang di alam liar dari berbagai belahan dunia bersama keluarga atau orang yang disayangi dengan memakai kendaraan yang sudah didesain khusus untuk kenyamanan pengunjung. Di sini juga para pengunjung diberi pengetahuan tentang kehidupan satwa langka. Lokasi: Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8, Gianyar, Bali – Indonesia.

5. Musuem Bali
Museum Bali merupakan museum pertama yang ada di Bali dan merupakan museum negeri yang ada di pulau dewata. Museum ini penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi. Adapun koleksi museum dari benda-benda etnografi antara lain: peralatan dan perlengkapan hidup, keagamaan, bahasa tulisan, kesenian dan lain-lainnya. Di sini pengujung bisa mendapat pengetahuan tentang kebudayaan Bali yang sangat unik dan tidak akan pernah ditemukan di tempat lainnya di belahan bumi ini. Lokasi: Jalan Mayor Wisnu, Denpasar.

6. Monumen Bajra Sandhi
Monumen Bajra Sandhi hanya berjarak sekitar 3,3 km dari Pantai Segara Ayu (sanur) tepatnya berada di Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. Yang paling unik dari monumen ini adalah arsitekturnya berbentuk seperti bajra (genta), oleh karena itu monumen ini dikenal juga dengan sebutan Monumen Bajra Sandhi yang artinya Genta Suci. Monumen ini berada tepat di tengah-tengah lapangan Puputan Nitimandala Renon juga memiliki area jogging track mengelilingi lapangan ini, sehingga sangat pas mengunjungi lokasi ini sambil jogging pada pagi hari atau sore hari. Selain itu, lokasinya yang sangat strategis yang menyebabkan tempat wisata ini begitu populer dikalangan para pelancong. Monumen ini menjadi simbol masyarakat Bali untuk menghormati para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman, serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain berwisata sejarah pengunjung juga bisa berfoto ria di Museum I AM Bali yang berlokasi di lantai dasar bajra sandhi ini. I AM Bali merupakan museum interaktif 3D yang menawarkan beragam fasilitas dan wahana hiburan untuk rekreasi bersama kerabat dan keluarga. Monumen ini dekat dengan tempat wisata terkenal di Bali seperti Big Garden Corner, objek wisata Sanur, Museum Bali, dan Taman Werdhi Budaya.

7. Hutan Mangrove Suwung
Denpasar sebagai ibu kota provinsi Bali juga menyediakan tempat rekreasi dengan nuansa alam yang hijau nan asri di tempat wisata hutan mangove Suwung. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi yang ingin mencari ketenangan dan kenyamanan dengan hawa udara yang sejuk dan jauh dari polusi di tengah-tengah kota metropolitan yang super sibuk. Para pengunjung akan suguhkan dengan keindahan hutan bakau. Untuk menikmati keindahan hutan ini, pengelola menyiapkan jalan setapak yang terbuat dari kayu sepanjang 3 km. Sepanjang jalan sudah disediakan beberapa titik gazebo untuk istirahat atau sekedar nongkrong. Hutan yang berlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Pemogan, Denpasar Selatan ini mampu membuat mengunjung berlama-lama di kawasan ini. Apalagi pada siang hari kawasan hutan ini sejuk karena cahaya matahari terhalang dengan rimbunan daun pohon bakau.

8. Keramas Park
Di Keramas Park merupakan salah satu tempat wisata edukasi sekaligus rekreasi keluarga yang ada di Kabupaten Gianyar yang berjarak sekitar 4,4 km atau dengan waktu tempuh sekitar 7 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Di sini terdapat kolam renang untuk anak dan dewasa lengkap dengan seluncurannya, panjat tembok, ATV, dan rumah pohon. Uniknya, di dalam ruumah pohon tersebut terdapat trampolin, perosotan, dan flying fox khusus untuk anak-anak. Bahkan keramas park menyediakan tempat untuk berkemah karena memiliki area yang cukup luas untuk mendirikan tenda dan tempat api unggun. Selain itu, anak-anak akan diajarkan bagaimana cara pemanfaatkan sampah seperti botol plastik yang bisa dijadikan media tanam untuk tumbuhan dan dijadikan perindang dan mempercantik areal di sekitar Keramas Park. Lokasi Keramas Park berada di Jalan Maruti 8, Desa Keramas, Kecamatan Balahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

9. Hutan Mangrove Tuban
Hutan Mangrove Tuban atau Ekowisata Mangrove Wanasari merupakan salah satu tempat wisata yang dekat dengan bandara Ngurah Rai yang berjarak sekitar 2,8 km. Kawasan hutan yang berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali ini akan menawarkan pesona pemandangan hutan mangrove yang sangat indah. Pelancong akan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu yang berada di tengah hutan mangrove dan di antara keramba kepiting milik nelayan Wanasari. Dengan pohon bakau yang menghijau membuat tempat ini sangat sejuk di siang hari. Selain bisa berwisata, kita juga bisa mendapatkan banyak ilmu tentang mangrove dan ekologinya di Ekowisata Mangrove Wanasaari. Di kawasan ini juga tersedia warung makan yang menyediakan kuliner khas hasil hutan mangrove, seperti kepiting dan udang. Sekitar hutan mangrove ini juga terdapat tempat wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi seperti Taman Ngurah Rai yang berjarak sekitar 28 meter dan Taman Satrya Gatotkaca yang berjarak sekitar 450 meter. Sebelum meluncur ke tempat wisata populer di Bali alangkah baiknya untuk mengunjungi tempat wisata hutan mangrove yang satu ini untuk menikmati kulinernya, dijamin maknyus.

10. Museum Subak
Museum Subak merupakan sebuah museum yang menjelaskan dan berisi informasi tentang sistem irigasi (pengairan) air sawah di pulau Bali. Di museum ini kita bisa belajar tentang sistem pengairan dan peralatan yang digunakan pada areal persawahan di Bali secara lengkap. Lokasi museum subak berada di Jalan Gatot Subroto No. 5B, Banjar Anyar, Desa Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, Bali.

11. Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat (TNBB) terletak di bagian barat dari pulau Bali yang terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini. Di sini kita akan melihat satu-satunya endemik Bali yang hampir punah yakni burung Jalak Bali. Lokasi: Jalan Raya Gilimanuk-Singaraja

12. Kebun Raya Bali
Kebun Raya Bali memiliki nama lain Kebun Raya Eka Karya Tabanan merupakan salah satu hutan lindung di Bali yang berfungsi sebagai paru – paru udara. Karena merupakan kawasan hutan maka kebun raya bali ini memiliki udara yang sangat sejuk dan sangat cocok untuk tempat piknik keluarga. Kebun yang memiliki luas sekitar 50 hektar dengan koleksi 2000 lebih spesies flora yang beberapa diantaranya adalah tumbuhan langka. Uniknya, di kebun raya ini terdapat rumah kaca yang berisi koleksi puluhan jenis tanaman kaktus. Lokasi: Jalan Kebun Raya, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

13. Taman Nusa
Taman Nusa merupakan taman wisata budaya yang memberikan pengetahuan tentang kebudayaan dari berbagai suku di Indonesia, sehingga sangat tepat dijadikan sarana rekreasi dan edukasi untuk lebih memahami budaya Indonesia. Di Taman Nusa terdapat 60 rumah tradisional tiap etnis yang ada di Indonesia dan dibangun dengan penataan sedemikian rupa sehingga menyatu dengan alam Bali. Lokasi: Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

14. Museum Geopark Batur
Museum yang diremsikan pada tanggal 10 Mei 2007 ini lokasinya berada di tempat wisata penelokan kintamani dan juga dekat dengan objek wisata populer lainnya di Kintamani. Museum Geoprak Bali ini dibangun dengan tujuan untuk memperkaya pengetahuan masyarakat akan gunung berapi di Indonesia, dan Gunung Batur pada khususnya. Museum ini juga bisa digunakan sebagai wisata edukasi, khususnya bagi yang ingin mempelajari lebih dalam tentang ilmu geologi. Museum Geopark Batur memang menjadi obyek wisata edukasi untuk para pelajar dan ilmuwan yang ingin belajar tentang geologi dan aktifitas gunung berapi. Lokasi: Jl. Raya Penelokan, Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

15. Kebun Raya Gianyar
Kebun Raya Gianyar terletak di Banjar Dinas Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali. Kebun raya yang berada di Bumi Seni ini memiliki koleksi 300 lebih spesies tanaman yang sebagian besar tanaman upakara (tanaman langka khas Bali) dan tanaman ramuan obat tradisonal yang sering digunakan dari zaman Bali kuno. Salah satu spisies terbaru dan unik yang dikembangkan di Kebun Raya Gianyar ini yakni bunga lipstik.

16. Museum Manusia Purba Gilimanuk
Museum Manusia Purba Gilimanuk merupakan situs prasejarah yang menyimpan peninggalan masa lalu berupa sisa-sisa kehidupan, seperti rangka manusia, binatang, dan peralatan-peralatan yang digunakan beberapa abad lalu. Bagi yang ingin mempelajari tentang kehidupan manusia purba, bisa berkunjung ke museum ini yang lokasinya dekat dengan jalur penyeberangan Pelabuhan Gilimanuk Bali. Lokasi: Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

17. Pabrik Fermentasi Coklat Pekutatan
Kakao (coklat) yang merupakan salah satu komoditi andalan Kabupaten Jembrana. Bahkan coklat di sini sudah diekspor ke luar negeri karena kualitasnya sangat bagus. Biji coklat yang diekspor adalah biji coklat yang sudah difermentasi. Bagi wisatawan yang ingin melihat proses fermentasi biji coklat yang layak ekspor, bisa berkunjung ke desa Gumbrih. Lokasi: Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

18. Bali Reftil Rescue Pekutatan
Bali Reptile Rescue Pekutatan merupakan sebuah organisasi non-profit yang didirikan untuk menolong dan menjaga reptil-reptil di Pulau Bali. Di sini terdapat berbagai jenis reptil yang hidup di alam bebas. Selama berkunjung ke Bali Reftil Rescue Pekutatan, pengunjung akan dipandu oleh pemandu yang kompeten di bidangnya, sehingga pengunjung benar-benar aman. Tempat ini dapat dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak karena di sini pengunjung akan mempelajari kehidupan hewan reptil. Lokasi: Jalan Taman, Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali

19. Museum Semarajaya
Di dalam Museum semrajaya dipamerkan berbagai barang-barang dari jaman prasejarah sampai benda-benda yang digunakan selama perang puputan Klungkung. Selain itu, juga terdapat berbagai barang-barang yang dipergunakan sebagai perlengkapan upacara adat oleh para raja-raja Klungkung serta berbagai koleksi foto-foto dokumentasi keturunan raja-raja di Klungkung. Lokasi: Jalan Untung Surapati, Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali.

20. Taman Kupu-Kupu Bali
Di Taman Kupu-kupu Wanasari atau Wanasari Butterfly Park terdapat berbagai jenis kupu-kupu dari seluruh Indonesia yang sengaja dilestarikan keberadaannya, tentunya ini akan menjadi sebuah pemandangan indah di tengah-tengah kebun bunga. Binantang cantik ini beterbangan kian kemari akan menjadi sebuah pengalaman liburan menyenangkan. Warna pada kupu-kupu terlihat begitu cemerlang tentunya anak-anak akan menyukainya. Lokasi: di Banjar Sandan Lebah, Desa Wanasari, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Nah itu beberapa tempat wisata edukasi di Bali yang sangat pas dikunjungi bersama anak-anak atau bagi yang ingin mempelajari sesuatu. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali.
Iklan