free counter with statistics Tempat Wisata Relief Bebitra Gianyar Bali
T10/03/2016

Tempat Wisata Relief Bebitra Gianyar Bali

Iklan
Iklan
Tempat wisata di Bali tidak hanya tentang keindahan alam seperti pantai dan alam pegunungannya, tetapi juga tempat wisata dalam bentuk seni. Seni bukan hanya dalam bentuk gerak atau suara tetapi juga dalam bentuk seni pahat dan seni ukir. Seni ukir pada zaman dahulu biasanya dipahatan pada dinding permanen berukuran besar. Salah satu tempat wisata yang ada di Bumi Seni (sebutan untuk kabupaten Gianyar) yakni tempat wisata cagar budaya nasional pertapaan Gunung Kawi Bebitra atau lebih dikenal dengan nama Relief Bebitra.
Tempat Wisata Relief Bebitra Gianyar Bali
Tempat pertapaan Gunung Kawi Bebitra
Tempat wisata Relief Bebitra merupakan pertapaan yang berbentuk lorong buntu yang membentang dari arah utara ke selatan. Pertapaan ini terdiri dari dua dinding batu padas yang berada di sebelah barat dan sebelah timur. Adapun pada dinding sebelah barat terdapat pancoran, ceruk kecil, dan relief-relief. Sedangkan pada dinding sebelah timur terdapat sebuah ceruk tempat sesaji, goa-goa tempat bertapa, dan juga terdapat relief-relief.

Pertapaan ini juga menyimpan subuah ceruk besar yang terdapat di sebelah selatan pertapaan dan diperkirakan digunakan untuk tempat bertapa. Tempat wisata Relief Bebitra selain difungsikan sebagai tempat pertapaan tapi juga difungsikan juga sebagai tempat pertirtaan. Pertirtaan ini mendapat air dari sumber mata air di sebelah barat laut dari dinding sebelah barat.

Relief-relief yang terdapat di Pertapaan Gunung Kawi Bebitra dibagi menjadi dua bagian yaitu, dinding sebelah barat dan dinding sebelah timur. Dinding sebelah barat dari utara terdapat relief wayang dengan deskripsi berdiri tegak, tangan kiri berada di pinggang, tangan kanan diangkat dan ditekuk seolah-olah sedang bicara, telinga ada antingnya, muka berbentuk bulat dan tersenyum . Letak relief wayang ini diantara panil utara dan tengah relief Tantri (kisah persahabatan antara Lembu Nandaka dengan Singa Pinggala yang dihancurkan oleh Anjing Sembada), terdapat juga relief Garuda (dengan sekripsi sikap kaki bersila, kedua tangan berada diperut seperti dalam sikap semedi, memakai mahkotha, mata melotot, dan bersayap).
Tempat Wisata Relief Bebitra
Relief Bebitra
Adapun relief-relief yang berada di dinding sebelah timur yakni relief Kalasungsang (raksasa yang dipahatkan dalam proses terbalik atau dengan deskripsi kepala dan tangan berada di bawah serta memiliki raut muka seram) yang berada di sebelah utara, relief Dwarapala (berwujud seram, mata melotot, gigi besar, tangan kiri diangkat dan tangan kanannya memegang senjata) yang berada di sebelah selatan dari relief Kalasungsang, dan di seblah selatan terdapat relief perwujudan laki-laki dan perempuan.       

Lokasi dan Cara Akses Tempat Wisata Relief Bebitra

Lokasi tempat wisata Relief Bebitra terletak Banjar Roban, Desa Bitera, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Dari taman Kota Ciung Wanara (pusat kota Gianyar) kira-kira menempuh jarak 2,5 km perjalanan dengan kendaraan bermotor untuk menuju lokasi tersebut (Silahkan lihat google Map di bawah ini)


Berikut cara akses menuju tempat wisata telief Bebitra dari Taman Kota Ciung Wanara Gianyar. Dari Taman Kota lurus ke utara (jalan Ciung Wanara-Gianyar) hingga ke pertigaan yang ada trafic light (setelah Rumah Sakit Sanjiwani) kemudian belok ke kiri (Jalan Mahendradatta). Setelah menemukan perempatan yang ada trafic light lalu belok ke kiri (terdapat pasar Bitera). Ikuti jalan tersebut, tepat sebelum area tempat suci yang bernama Pura Bukit Bitera akan ada jalan turunan di sebelah kiri jalan. Ikuti jalan tersebut dan melalui jalan cukup untuk sepeda motor saja. Di ujung jalan akan terdapat sebuah anak tangga, jika turun di tangga tersebut Anda akan menemukan sebuah tebing yang terdapat pancuran, nah itulah tempat wisata Relief Bebitra.
Iklan