T8/19/2017

Inilah 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Tabanan Bali

Tabanan merupakan salah satu kabupaten di pulau Bali terkenal dengan julukan “bumi lumbung beras”. Bahkan lumbung beras dijadikan ikon dan logo dari kabupaten sebagai penghasil beras tersebesar di Bali ini. Jika anda kebetulan berlibur ke pulau Bali kususnya ke kabupaten tabanan, berikut 10 tempat wisata yang wajib anda kunjungi.

1. Tanah Lot
Tanah lot menjadi obyek wisata paling favorit di kalangan wisatawan. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara. Bahkan tempat wisata ini mendapat kunjungan terbanyak di Bali tiap tahunnya, dibandingan dengan tempat wisata lainnya, sehingga tidak mengherankan jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Keunikan tempat wisata ini adalah terdapatnya sebuah pura di tengah laut yang berdiri di atas sebuah batu karang. Sore hari ini kawasan ini sangat cocok untuk menikmati indahnya matahari terbit. Jika air laut dalam keadaan pasang, maka pura ini akan terpisah dengan daratan.

2. Ulun Danu Beratan (Bedugul)
Tabanan memiliki sebuah danau dan merupakan danau terbesar kedua di Bali yang bernama danau Beratan. Keindahan Danau Beratan ditambah adanya Pura Ulun Danu di tengah danau menjadi pemandangan indah yang perlu anda kunjungi dan abadikan selama berlibur ke pulau Dewata. Bahkan tempat wisata ini menjadi icon dari pariwisata Pulau Bali. Karena tempat ini sangat terkenal, pemerintah Indonesia juga memuat gambar Pura Ulun Danu ini dalam uang kertas pecahan lima puluh ribuan.
Tempat Wisata Danau Beratan Tabanan
Suasana di Danau Beratan

3. Kebun Raya Bedugul
Berlibur bersama keluarga sungguh sangat menyenangkan, apalagi berlibur sambil belajar. Salah satu tempat tersebut adalah kebun raya bali atau sering disebut dengan nama kebun raya bedugul atau Kebun Raya Eka Karya Tabanan. Di kebun raya ini kita bisa belajar mengenal keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh negara kita (Indonesia). Kebun Raya Bali memiliki beberapa koleksi tanaman. Beberapa koleksi yang ada di antaranya mencakup anggrek, kaktus, paku/pakis, tanaman karnivora, bambu, Koleksi Lumut, Begonia, Bambu, Tanaman Upacara Adat, Tanaman Obat, Bambu, Tanaman Air dan palma. Setelah mengunjungi kebun raya ini, anda bisa mengunjungi pasar tradisional Candi Kuning yang menjual aneka jenis oleh-oleh khas Bedugul.

4. Alas Kedaton
Alas Kedaton merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di kabupaten Tabanan. Sehingga tidak mengherankan jika tiap hari lokasi ini selalu ramai dikunjungi wisatan lokal maupun internasional. Apa lagi jika pada hari libur, pengunjungnya akan membludak. Di tempat wisata ini terdapat sebuah tempat suci yang bernama Pura Alas Kedaton. Pura ini terletak di tengah hutan yang dihuni oleh ribuan kera dan ratusan kelelawar besar (kalong). Monyet di hutan Kedaton sangat ramah dan sangat dekat dengan pengunjung karena mereka selalu memberinya makan dengan kacang-kacangan dan makanan ringan lainnya.

5. Taman Pahlawan Margarana
Taman Pahlawan Margarana atau dikenal nama Taman Pujaan Bangsa merupakan sebuah moumen yang dibangun pada tahun 1954. Monumen ini merupakan saksi bisu terjadinya pertempuran Puputan Margarana 20 November 1946 melawan penjajah. Sebagai wujud rasa nasionalisme, mungkin anda bisa mengunjungi taman ini yang diperuntukkan bagi pahlawan-pahlawan yang gugur pada perang puputan Margarana.

6. Air Panas Penatahan
Jika anda sudah lelah jalan-jalan, saatnya anda merelaksasi diri dengan berendam di kolam pemandian air panas dan kondisi anda dijamin segar kembali. Cobalah mampir kesini, lokasinya terletak di desa Penatahan, Kecamatan Penebel. Air panas ini sangat baik untuk berendam karena mengandung belerang dan mineral lainnya yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit kulit.

7. Jatiluwih
Desa Jati luwih merupankan areal persawahan yang berundak-undak (terasering) yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda juga bisa melakukan kegiatan treking bersama keluarga maupun teman-teman anda. Lokasi ini sangat cocok melakukan kegiatan treking sambil menikmati pemandangan sawah yang berundak-undak. Sejauh mata memandang hanya persawahan memukau yang bisa anda lihat, sehingga setiap harinya hampir ada saja wisatawan yang berkunjung ke Desa Jati Luwih untuk menikmati  keindahan dan keasriannya.

8. Taman Kupu-kupu Lestari
Bali Butterfly Park adalah taman yang dikhususkan untuk konservasi satwa kupu-kupu dari seluruh Indonesia. Taman kupu-kupu Bali juga dipakai untuk edukasi dan penelitian. Di Taman Kupu-Kupu ini terdapat ribuan ekor kupu-kupu dari berbagai spesies yang di tangkar dan dikembangbiakkan, baik yang dilindungi oleh hukum maupun yang tidak dilindungi. Di sini anda juga bisa membeli cinderamata yang berhubungan dengan kupu-kupu.

9. Pantai Soka dan Museum Ogoh-Ogoh
Pantai Soka memiliki pemandangan yang indah dan menawan. Pada bagian timur pantai ini akan terlihat Gunung Agung sedangkan disebelah barat pantai terbentang kebun kelapa dan hamparan persawahan yang tertata rapi dengan gugusan perbukitan dan Gunung Batukaru yang mempesona. Di pantai Soka terdapat sebuah goa yang berada ditebing batu karang yang dinamakan goa Bulung Daya yang dihuni oleh ribuan burung walet. Tidak jauh dari pantai terdapat museum Ogoh-Ogoh (patung raksasa yang diarak-arak pada perayaan nyepi). Di museum ini setidaknya terdapat 20 buah ogoh-ogoh dengan berbagai ukuran dan bentuk. Wisatawan yang berkunjung ke sini didominasi oleh wisatawan domestik.

10. Museum Subak
Museum Subak merupakan sebuah museum yang menjelaskan dan berisi informasi tentang sistem irigasi (pengairan) air sawah di pulau Bali. Di museum ini kita bisa belajar tentang sistem pengairan dan peralatan yang digunakan pada areal persawahan di Bali secara lengkap.



Tempat wisata diatas merupakan obyek wisata yang paling sering dikunjungi, disamping itu Kabupaten Tabanan menyimpan begitu banyak potensi wisata yang lainnya. Seperti air panas Belulang, Air Panas Angseri, Air Terjun Pujungan, Air Terjun Pengempu, Pantai Kelating, Pantai Selabih, Pantai Yeh Gangga, dan masih banyak lagi yang perlu anda kunjungi di Kabupaten Tabanan ini. Silahkan baca juga info tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini. Salam lontriper

0 Response to "Inilah 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Tabanan Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif