T9/08/2017

Inilah Tempat Wisata Air Terjun Di Jembrana Bali

Jembrana merupakan salah satu kabupaten di provinsi Bali dengan luas wilayah sekitar 841.80 km2 atau 14.564% dari luas provinsi bali dan merupakan kabupaten terluas ketiga di Bali. Di Jembrana terdapat 17 sungai induk dan 20 anak sungai. Dari jumlah sungai yang cukup banyak, seharusnya di kabupaten ini memiliki potensi wisata air terjun yang banyak. Akan tetapi air terjun yang sudah diketahui hanya beberapa saja, karena belum diekspos maupun dikembangkan menjadi objek wisata. Berikut air terjun yang ada di kabupaten jembrana yang sudah diketahui dan lagi ngehits di media sosial.

1. Air Terjun Juwuk Manis

Di antara semua air terjun yang ada di jembrana, air terjun juwuk manis merupakan air terjun yang paling populer. Pemerintah jembrana sedang gencar-gencarnya mempromosikan objek wisata ini. Walaupun air terjun ini tidak setinggi yang ada di bali utara, namun air terjun ini memang unik, pada saat musim kemarau di mana debit airnya kecil air terjun ini akan menjadi dua yang berdampingan, akan tetapi jika pada musim hujan debit air yang mengalir pada air terjun ini akan besar. Di bawah tempat jatuhnya air terdapat kolam kecil untuk mandi ataupun bermain air dengan air yang segar dan jernih. Lokasi air Terjun Juwuk manis berada di Banjar Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali 

Air Terjun Juwuk Manis
Img via IG: agung_dewanta


2. Air Terjun Yeh Mesehe

Ada yang mengatakan air terjun mesehe merupakan air terjun tertinggi yang ada di pulau bali. Air terjun ini berada di kawasan gunung mesehe, sehingga air terjun ini diberi nama air terjun mesehe. Jika kita melihat air terjun ini dari dari bawah, maka bagian atasnya tidak akan kelihatan karena saking tingginya, apalagi suasana bagian atas air terjun berkabut. Debit air yang mengalir di air terjun Mesehe tidak terlalu besar, tetapi air terjun ini sangat tersembunyi di dalam hutan belantara. Tidak mengherankan jika warga sekitar menyebut air terjun meseha sebagai air terjun dunia maya, karena air terjun ini kadang bisa ditemukan dan kadang tidak bisa.

3. Air Terjun Yeh Embang Kangin

Air terjun yang satu ini belum memiliki nama, karena berada di daerah desa yeh embang kangin, maka orang menyebut air terjun ini dengan nama air terjun yeh embang kangin sesuai dengan nama air terjun itu berada. Air Terjun ini juga masih sangat tersembunyi dan jarang dikunjungi. Lokasi air terjun yeh embang kangin berada di tengah hutan, desa yeh embang kangin, kecamatan Mendoyo, kabupaten jembrana, bali.

4. Air Terjun Grojogan (Yeh Buah)

Air terjun Grojogan atau air terjun yeh buah memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan karakteristik hampir sama seperti air terjun juwuk manis. Pada musim hujan air terjun ini sangat besar karena debit air yang dialirkan sangat besar karena air hujan. Air terjun ini belum populer dikalangan para pelancong. Untuk menuju lokasi air terjun kita harus melewati jalan setapak dengan medan yang naik turun. Lokasi air terjun ini berada di Banjar Yeh Buah, Desa Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, kabupaten Jembrana.
Air Terjun Yeh Buah
Img via IG: divokomang

 5. Air Terjun Dewasana

Air terjun Dewasana merupakan air terjun yang masih alami dan asri, merupakan air terjun terdekat dari kota negara sekitar 4 km. Untuk menuju lokasi air terjun kita akan menyusuri ladang milik warga setempat. Lokasi air terjun dewasana berada di Dusun Dewasana, Kelurahan Pendem, Jembrana.

6. Air Terjun Sawe

Air terjun sawe merupakan salah satu air terjun yang dekat dengan ibu kota kabupaten jembrana. Air terjun ini berada di tukad sawe dan dikenal dengan air terjun bidadari. Tempat yang bagus untuk berfoto-foto karena memiliki pemandangan yang bagus, dengan airnya masih bersih sehingga cocok untuk mandi atau bermain air. Wisata Air Terjun Sawe berada di Jalan Sawe Rangsasa, Desa Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.



Ternyata di bumi makepung ini banyak memiliki potensi wisata air terjun yang patut dikembangkan dan dijaga kealamiannya. Seiring dengan perkembangan waktu, akan ditemukan air terjun yang menarik dan unik di kabupaten ini. Jika pembaca menemukan objek wisata air terjun baru di jembrana, silahkan bagikan dengan berkomentar di bawah ini. Baca juga info tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini. Salam longtriper.

0 Response to "Inilah Tempat Wisata Air Terjun Di Jembrana Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif