free counter with statistics Inilah Pelabuhan Atau Dermaga Untuk Menyeberang ke Nusa Penida
T9/14/2019

Inilah Pelabuhan Atau Dermaga Untuk Menyeberang ke Nusa Penida

Iklan
Iklan

Pulau atau Nusa Penida kini sedang ramai diperbincangkan di sosial media. Banyak netizen yang mengunggah foto-foto tentang Nusa Penida di Instagram. Jika kita cari dengan #nusapenida di Instagram akan terdapat lebih dari 1,2 juta kiriman lho. Populernya Pulau Nusa Penida di sosial media tidak lepas dari peran serta pemerintah Kabupaten Klungkung yang gencar-gencarnya mempromosikan tempat wisata di Nusa Penida di kancah internasional. Tidak hanya diburu oleh wisatawan lokal dan Nusantara lho, juga diburu oleh pelancong-peancong dari mancanegara.
Inilah Pelabuhan Atau Dermaga Untuk Menyeberang ke Nusa Penida
Pantai Kelingking Nusa Penida.
Sumber: pixabay

Nusa Penida merupakan kepulauan yang lokasinya berada di tenggara Pulau Bali dan berjarak sekitar 13 km dari Pulau Bali. Satu-satunya akses untuk menuju Nusa Penida melalui Jalur laut dengan menyeberangi selat Badung. Berikut admin bagikan beberapa pelabuhan atau dermaga untuk menyeberang ke Nusa Penida.

1.  Pelabuhan Padang Bai
Pelabuhan Padang Bai lokasinya di Bali Timur yakni di Kabupaten Karangasem dengan jarak tempuh sekitar 56,2 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pelabuhan ini tidak hanya digunakan untuk menyeberang ke Nusa Penida, tetapi juga digunakan untuk menyeberang ke Pulau Lombok. Menyeberang ke Nusa Penida melalui Pelabuhan Gilimanuk akan menghemat biaya liburan karena menggunakan jasa transfortasi kapal ferry Roro.

Kapal ferry dari Padang Bai ke Nusa Penida memiliki 2 kali jadwal keberangkatan di setiap harinya yakni pukul 10.00 Wita dan pukul 14.00 Wita. Sedangkan dari Nusa Penida ke Padang Bai juga terdapat 2 kali jadwal keberangkatan yakni pukul 09.00 Wita dan pukul 13.00 Wita. Adapun biaya penyeberangan dari Padang Bai menuju Nusa Penida atau sebaliknya untuk satu kali penyeberangan sebagai berikut. Untuk orang dewasa akan dikenakan biaya Rp. 31.000/orang dan akan-anak akan dikenakan biaya Rp. 26.000/orang. Bagi yang membawa kendaraan (mobil, motor atau sepeda) nanti akan dikenakan biaya tambahan, tergantung golongannya.

2. Dermaga Tribuana
Pelabuhan Tribuana atau dikenal juga dengan nama Pelabuhan Kusamba, karena lokasinya berada di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Untuk menuju pelabuhan ini memerlukan jarak tempuh sekitar sekitar 48,7 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, sedangkan dari Kota Denpasar akan memerlukan jaraktempuh sekitar 32,9 km. Jika melalui dermaga Tribuana ada dua lokasi tempat berlabuh yakni di Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Buyuk, Nusa Penida. Ada dua pilihan alat transfortasi yang bisa digunakan jika ingin ke Nusa Penida melalui Pelabuhan Kusamba yakni perahu sampan dan Speedboat.

3. Dermaga Sanur
Jarak tempuh untuk menuju dermaga Sanur sekitar 17,6 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Lokasi dermaga Sanur berada di Pantai Matahari Terbit. Ini dapat digunakan pilihan alternatif bagi yang datang dari kawasan Kuta dan sekitarnya untuk bisa menikmati indahnya pulau Penida. Untuk menuju Nusa Penida dari dermaga Sanur akan menggunakan jasa fast boat dengan biaya berkisar antara Rp. 160.000/orang hingga Rp. 250.000/orang (include Pergi-Pulang) dengan jadwal keberangkatan dari Pantai Sanur ke Pulau Nusa Penida atau pun sebaliknya, biasanya terdapat 2 kali keberankatan yakni di pagi hari pukul 07.30 Wita dan sore hari pukul 16.00 Wita dengan lama perjalanan laut sekitar 30-45 menit tergantung kondisi arus laut.

4. Dermaga Serangan
Alternatif lain untuk menuju Nusa Penida bisa melalui dermaga atau pelabuhan Serangan atau Dermaga Serangan. Untuk menuju dermaga serangan akan memerlukan jarak tempuh sekitar 13,3 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Berdasarkan situs www.nusapenidapoint.com, salah satu provider fast boat yang mendukung paket tour nusa penida adalah Eruption Fast Cruise. Fast boat itu melayani pemberangkatan dari pelabuhan serangan menuju nusa penida yang menawarkan fasilitas nyaman dan memenuhi standar transportasi yang baik. Para wisatawan yang sedang berada di Jimbaran, Kuta dan Nusa Dua, biasanya lebih memilih menyebrang dari Pulau Serangan menuju Nusa Penida, karena lebih dekat dan mudah diakses.

Fast boat ini berangkat mulai pukul 08.30 am dari pelabuhan serangan dan yang terakhir pukul 17.00 pm dari pelabuhan nusa penida. Untuk harga tiketnya Rp 200 ribu/orang sekali jalan dan Rp 400 ribu/orang perjalanan pulang pergi.

5. Dermaga Tanjung Benoa
Untuk menuju Dermaga Tanjung Benoa akan menempuh jarak sekitar 16,3 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Jika ke Nusa Penida melalui dermaga Tanjung Benoa wajib untuk menggunakan jasa Quicksilver Cruise Bali. Tidak hanya mengantar ke Pulau Nusa Penida, para pelancong juga akan dilayani dengan penuh ramah serta dapat menikmati pengalaman berlibur di sebuah pelabuhan apung ditengah laut yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta beberapa wahana watersport seperti Banana Boat, Snorkeling, Mini Submarine, watersliding, jetski, parasaling, spa dan masih banyak lagi. Untuk wisatawan domestik biaya tiket Quicksilver Cruise Bali untuk penyeberangan ke Nusa Penida sebesar Rp. 900.000/orang dewasa dan Rp. 660.000/anak-anak, sedangkan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya $100/orang dewasa dan $55/anak-anak.

Perhatian, harga dan jadwal keberangkatan ke Nusa Penida dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jika para longtriper tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun jadwal keberangkatan, silahkan tinggalkan komen dibawah ini agar bisa segera admin update juga. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari pelabuhan atau dermaga untuk menyeberang ke Nusa Penida. Semoga liburan ke Nusa Penida menjadi berkesan dan menyenangkan. Salam longtriper.
Iklan