free counter with statistics Inilah Cara Ke Pulau Menjangan Dari Bali
T9/15/2019

Inilah Cara Ke Pulau Menjangan Dari Bali

Iklan
Iklan

Provinsi Bali tidak hanya terdapat Pulau Bali saja lho, melainkan ada banyak pulau-pulau lainnya di sekitar Bali, misalnya ada Pulau Serangan, Pulau Penida, Pulau Lembongan, dan Pulau Ceningan. Pulau-pulau tersebut terdapat penghuninya serta memiliki panorama yang sangat menakjubkan yang menjadi incaran para traveler. Selain pulau yang berpenghuni, provinsi Bali juga memiliki pulau-pulau yang tidak berpenghuni misalnya Pulau Pudut (Nusa Pudut), Pulau Nusa Gede (Peninsula Island), Pulau Nusa Dharma, dan Pulau Menjangan.

Dari sekian pulau yang tidak berpenghuni tersebut, Pulau Menjangan lokasinya yang paling barat Pulau Bali, sedangkan yang lainnya berada di Bali selatan. Sesuai dengan namanya, Pulau Menjangan hanya dihuni oleh menjangan (rusa). Walaupun hanya dihuni oleh menjangan, bukan berati pulau ini tidak pernah dikunjungi oleh wisatawan, justru sebaliknya, pulau ini menjadi incaran para traveler mancanegara. Bahkan pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat ini sedang ngehits di sosial media, khususnya pengguna Instagram. Jika kita cari dengan #menjanganisland akan terdapat lebih dari 57,9 ribu kiriman lho, keren bukan?
Pesona Pulau Menjangan
Sumber: wikipedia

Panorama yang ditawarkan pulau ini sangat spektakuler, dari kejauhan para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan daratan yang memukau, ditambah dengan pesona pantai pasir putihnya yang sangat keren. Tidak hanya pantainya yang menjadi incaran para pelancong luar negeri, pesona bawah lautnya juga tidak kalah spektakuler dengan pesona bawah laut di belahan nusatara seperti pesona bawah laut Tulamben, Bunaken, Nusa Penida dan Pemuteran. Bagi penggemar pesona bawah laut, Pulau Menjangan merupakan salah satu menyelam spot terbaik di Bali lho.

Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk dengan kedalaman mencapai 60 meter. Terdapat gua-gua sebagai sebagai habitat terumbu karang dan spesies ikan seperti kakap, tuna, jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga ada hiu. Bagaimana cara ke Pulau Menjangan dari Bali?

Secara administratif Pulau Menjangan terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Bali Barat, tepatnya di Desa Seumber Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Ada dua tempat penyeberangan menuju Pulau Menjangan dari Pulau Bali yakni melalui Pelabuhan Lalang dan Pelabuhan Pejarakan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona Pulau Menjangan disarankan melalui Labuhan Lalang, karena labuhan ini dikhususnya untuk wisatawan yang akan menyeberang ke Pulau Menjangan.

Jarak Labuhan Lalang ke Labuhan Menjangan sekitar sekitar 6,58 km dengan waktu penyeberangan sekitar 30-45 menit. Dari kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk menuju labuhan Lalang akan menempuh jarak sekitar 150 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan, sedangkan dari Kota Denpasar akan menempuh jarak sekitar 137 km. Jika datang dari kawasan Lovina akan menempuh jaraksekitar 61,7 km, sedangkan jika datang dari Pelabuhan Gilimanuk (jalur penyeberangan Jawa-Bali) akan menempuh jarak sekitar 15,4 km atau dengan waktu tempuh sekitar 17 menit perjalanan.

Di Pelabuhan Lalang, fasilitas yang disediakan sudah lengkap, seperti restoran, penginapan, bar, dan masih banyak lagi. Dari Pelabuhan Lalang menuju Pelabuhan Menjangan wisatawan harus menyewa speed boat (kapal motor) dengan kapasitas 10 sampai 12 orang dengan sewa tarif sekitar Rp 400.000 – Rp 600.000 per hari. Jika datang sendirian (solo traveler) atau hanya bersama beberapa orang,  wisatawan dapat menyewanya bersama rombongan lain (sistem sharing) dengan tarif sekitar Rp 40.000,00 per orang, tentu harganya jauh lebih murah.

Selama perjalanan menyeberang para wisatawan akan disuguhi dengan panorama gunung yang menjulang tinggi di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan laut biru jernih. Bagi yang ingin menikmati pesona bawah laut Pulau Menjangan bisa menyewa peralatan snorkeling per orang adalah Rp 40.000 – Rp 50.000 Rupiah. Pengunjung juga akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.500 per orang, sedangkan untuk asuransi akan dikenakan biaya Rp 4.000. Jika ingin menggunakan jasa pemandu, para pelancong harus mengeluarkan biaya tamabahan sebesar Rp 100.000 per kelompok.

Selain  memiliki panorama alam yang sangat memukau mata pengunjung, di Pulau Menjangan juga terdapat tempat suci yang digunakan sebagai tempat sembahyang pemeluk agama Hindu. Bahkan, di pulau ini terdapat Patung Ganesha berukuran besar yang letaknya di pinggir pantai, tentu akan membuat kawasan ini makin indah dan eskotik.
Iklan