free counter with statistics Inilah 10 Pantai Indah Di Jembrana Bali Yang Wajib Dikunjungi
T9/13/2019

Inilah 10 Pantai Indah Di Jembrana Bali Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Jembarana merupakan nama sebuah kabupaten di Bali yang letaknya di bagian barat pulau yang terkenal dengan julukan pulau seribu pura ini. Kabupaten yang mendapat julukan “bumi makepung” dan “bumi Jegog” ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah. Mulai dari alam pegunungan, bendungan, sawah, hutan, laut, dan sungainya menawarkan keindahan yang mampu membuat pengunjung berdecak kagum melihatnya.
Inilah 10 Pantai Indah Di Jembrana Bali Yang Wajib Dikunjungi
Pesona sunset di salah satu pantai di Jembrana Bali

Hanya saja lokasinya yang cukup jauh dari kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai membuat tempat-tempat wisata di Bali Barat jarang peminatnya khususnya wisatawan luar negeri. Tetapi bagi yang ingin mencari suasana liburan yang menarik dan unik serta nyaman, tidak salahnya mengagendakan liburan ke Jembrana. Berikut admin bagikan 10 pantai indah di Jembrana Bali yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Perancak
Sesuai dengan namanya Pantai Perancak berlokasi di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali. Pantai Perancak terkenal akan keindahan matahari terbenamnya, oleh wisatawan asing dikenal dengan julukan “perancak sunset point”. Pada saat air surut pantai Perancak memiliki area yang berpasir hitam yang sangat luas sekali. Tempat ini pas digunakan untuk tempat rekerasi bagi yang bosan dengan suasana hiruk pikuk kota dan membutuhkan tempat wisata yang berbeda dalam mengisi liburan di pulau Bali khususnya di Bali Barat.

2. Pantai Medewi
Pantai Medewi sangat terkenal di kalangan para pecinta olahraga surfing. Pantai ini tidak hanya diburu oleh para surfer lokal lho, bahkan para diburu para penakluk ombak dari mancanegara karena ombaknya sangat bagus untuk aktivitas bermain surfing. Tidak hanya menawarkan ombak yang sangat ideal untuk bermain surfing, pantai yang berlokasi di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali ini juga menyuguhkan keindahan alam yang sangat menawan dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke pantai ini. Selain bisa menyaksikan aktivitas para surfer yang mencoba menari-nari di atas ombak, pengunjung juga disuguhkan pemandangan alam yang indah terutama menjelang sore hari, di mana langit pantai medewi akan tampak indah saat matahari akan terbenam di barat.

3. Pantai Yeh Leh
Pantai indah di Jembrana yang satu ini sangat mudah sekali dijangkau karena lokasinya berada di pinggir jalan jurusan Denpasar-Gilimanuk, tepatnya berada di perbatasan antara kabupaten Jembrana dengan kabupaten Tabanan. Pantai yang didominasi oleh batu-batu besar ini, kerap kali digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi yang melakukan perjalanan jauh dari Denpasar ke Jembrana atau sebaliknya, karena di pantai ini sudah tersedia tempat duduk (gazebo) untuk menikmati panorama pantai dan sebuah wantilan yang cukup besar sebagai tempat berteduh atau sekedar istirahat. Panorama yang disuguhkan pantai ini sangat menawan dengan hiasan pohon kelapa di pinggir pantainya.

4. Pantai Rambut Siwi
Nama pantai ini diambil dari nama sebuah tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Rambut Siwi yang lokasinya tidak jauh dari pantai ini. Pantai Rambut Siwi merupakan pantai pasir hitam yang masih relatif sepi dari kunjungan wisatawan. Walaupun pantai ini agak sepi dari kunjungan turis bukan berati pantai ini tidak layak untuk dikunjungi. Justru sebaliknya, pantai ini menawarkan keindahan lautnya dibalut dengan keindahan Pura Rambut Siwi yang berdiri di atas tebing di pantai ini. Pantai ini memiliki area berpasir yang cukup luas sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, sepak bola, dan bola voli. Sangat cocok bagi yang ingin mencari suasana sepi dan nyaman karena jauh dari aktivitas perkotaan. Pantai yang berlokasi di Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali ini wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali khususnya ke Bali Barat. Sempatkan juga melihat suguhan sunset yang sangat keren di pantai ini.

5. Pantai Rening
Pantai indah berikutnya di Kabupaten Jembrana ada di sebelah barat kota Negara yang berjarak sekitar 10,7 km yang bernama Pantai Rening. Pantai yang populer dengan nama Pantai Baluk Rening merupakan pantai pasir hitam yang konon pasir dan air lautnya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik atau asam urat. Sehingga banyak sekali penduduk setempat yang melakukan kegiatan berendam air laut di pantai ini, bahkan ada beberapa pengunjung yang melakukan kegiatan menimbun diri setengah badan dengan menggunakan pasir yang ada di pantai ini. Selain itu, pantai baluk rening juga memiliki pemandangan yang indah dengan suasana pantai yang tenang plus dapat menyaksikan sunset dari pantai ini. Lokasi pantai ini berada di Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

6. Pantai Karang Impian
Pantai Karang Impian merupakan pantai pasir hitam yang indah dengan karang yang unik berbentuk Pulau Bali yang menjadi spot berfoto di pantai ini. Selain itu, pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing, melihat sunset pada sore hari, dan bersantai menikmati panorma pantai. Bahkan tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto prewedding lho. Bagi yang ingin menikmati panorama pantai ini, silahkan samangi ke Desa Sumbersari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

7. Pantai Candi Kusuma
Masih berdekatan dengan Pantai Karang Impian terdapat Pantai Candi Kusuma yang memiliki panorama yang indah dan menawan dengan suasana yang tenang sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati kenyamanan. Pantai Candikusuma juga dijadikan sebagai tempat memancing oleh penduduk sekitar. Lokasi pantai ini berada di Desa Candi Kusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

8. Pantai Karang Sewu
Pantai yang satu ini boleh dikatakan lokasinya berada di ujung barat Pulau Bali. Pantai ini benar-benar indah dengan hamparan padang rumput hijau yang cukup luas. Cocok untuk tempat istirahat sejenak untuk melepaskan lelah akibat perjalanan yang jauh karena pantai ini menawarkan kedamian setiap pengunjungnya. Lokasi Pantai Karang Sewu berada di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

9. Pantai Delod Brawah
Di pantai Delod Brawah terdapat Patung Putri Duyung sebagai ikon pantai ini. Patung ini seolah-olah menyambut kedatang para pengunjung ketika mengunjungi pantai ini. Kawasan dengan pantai yang berpasir hitam ini sangat asri, indah dan tentunya masih alami. Selain itu pantai ini memiliki areal lapang yang sangat luas sehingga cocok untuk kegiatan olahraga pantai seperti sepak bola dan bola volley. Tidak jauh dari area pantai terdapat sebuah tempat wisata pemandian di mana airnya menggunakan air laut. Pantai yang berlokasi di Desa Delod Brawah, kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali ini juga memiliki Sirkuit Makepung yang sering kali digunakan sebagai lokasi aktivitas Makepung (sejenis karapan sapi di Madura).

10. Pantai Gumbrih
Pantai Gumbrih merupakan pantai pasir hitam dengan pesona alamnya yang indah. Sekitar pantai terdapat tanaman mangrove yang menghijau membuat kawasan pantai ini menjadi asri. Kawasan ini merupakan spot memancing yang sangat bagus karena terdapat muara sungai Gumbrih yang banyak terdapat ikannya. Lokasi pantai ini berada di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten jembrana, Bali.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak pantai indah lainnya di kabupaten Jembrana yang layak untuk dikunjungi, seperti Pantai Larisa Candikusuma, Pantai Melaya, Pantai Padang Balang, Pantai Pulukan, Pantai Tembles, Pantai Yeh Sumbul, Pantai Pekutatan, Pantai Pengambengan, Pantai Pengeragoan, dan lain-lain. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali khususnya di Bali Barat. Salam longtriper.
Iklan