free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Danau Batur Bali
T9/12/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Danau Batur Bali

Iklan
Iklan

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata Kintamani Bali. Tempat wisata yang sangat terkenal dengan panorama alam pegunungannya ini mampu menarik jutaan turis tiap tahunnya. Salah satu tempat wisata di kintamani yang terkenal dan populer adalah pesona Danau Batur.

Perlu diketahui bahwa Danau Batur merupakan danau terbesar di Pulau Bali. Danau yang berada di Kabupaten Bangli ini masuk ke dalam kawasan taman bumi (geoprak) yang diakui oleh UNESCO pada tangga 20 September 2012. Danau Batur merupakan jenis danau kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut (dpl). Dengan ketinggian seperti itu tentu kawasan danau batur memiliki hawa yang dingin.

Berdasarkan situs www.baturglobalgeopark.com, luas permukaan air danau batur adalah 16,05 km2, dengan volume air 815,38 juta m3 dan kedalaman rata-rata 50,8 m. Air Danau Batur bersumber dari air hujan dan rembesan-rembesan air dari pegunungan sekitarnya dengan luas daerah tangkapan 105,35 km2.
Inilah 10 Tempat Wisata Keren Di Danau Batur Bali
Danau Batur Kintamani Bali

Bagi yang hobi memancing ikan air tawar, danau Batur mungkin bisa dijadikan pilihan untuk menyalurkan hobi yang cukup menguras kesabaran. Jenis-jenis ikan yang mungkin bisa didapatkan Danau Batur yakni ikan mas, ikan nila dan ikan mujaer. Selain itu, danau ini juga menjadi salah satu tujuan wisata di Kintamani, karena di sekitar danau batur banyak terdapat tempat wisata yang terkenal dan populer di Bali. Berikut admin rekomendasikan 10 tempat wisata keren sekitar Danau Batur Bali.

1. Patung Dewi Danu
Spot wisata yang satu ini dapat dikatakan sebagai tempat wisata baru di Bali. Patung yang digagas oleh Arya Wedakarna ini dibangun pada tanggal 17 Agustus 2016 dan diresmikan pada 31 Desember 2017. Patung ini juga mendapat rekor Muri sebagai “Patung Dewi Danu Tertinggi” yang tingginya mencapai 15 meter. Patung Dewi Danu dibangun di atas batu padas yang menggambarkan Dewi Danu yang berdiri di atas sebuah bunga teratai dengan kendaraannya berupa naga. Ada juga patung ikan mujair yang menjadi ciri khas Danau Batur dan lima patung sebagai dayang yang ikut menghiasai kawasan ini. tidak mudah untuk mengunjungi patung ini karena tidak dibuatkan akses jalan untuk melihat dari dekat patung ini. Untuk sampai ke Patung Dewi Danu, pengunjung harus menyeberangi Danau Batur dengan perahu.

2. Njung Bali Camp
Bagi yang suka dengan kegiatan berkemah dengan panorama danau Batur, cobalah kunjungi Njung Bali Camp. Lokasi kawasan kemah ini berada di pinggir Danau Batur tentunya akan menawarkan pengalaman berkemah yang asyik. Pemandangan alam yang sangat indah dengan Danau Batur dan dua gunung yang menjulang tinggi yakni Gunung Batur dan Gunung Abang ditambah dengan sejuknya hawa pegunungan.

3. Desa Trunyan
Masyarakat di Desa Trunyan memiliki tradisi yang unik yaitu penguburan terbuka. Orang yang telah meninggal jenasahnya tersebut tidak dibakar seperti masyarakat Bali pada umunya yang beragama Hindu, melainkan diletakkan di atas tanah area kuburan yang bernama Seme Wayah. Para pelancong yang ingin melihat secara langsung penguburan terbuka ini, harus menggunakan perahu milik nelayan setempat karena lokasinya yang terisolasi dan jauh dari permukiman penduduk.

4. Air Panas Toya Bungkah
Sejuknya hawa udara sekitar Danau Batur bahkan terkadang terasa dingin tentu akan sangat bagus jika kondisi lingkungan seperti itu melakukan perendaman diri di air panas sambil merelaksasi diri. Di sini tersedia beberapa kolam dengan berbagai ukuran, baik untuk anak-anak, orang dewasa maupun sudah tua. Lokasinya yang tepat berada di pinggir danau Batur tentu sangat bagus berendam sambil melihat pesona danau dengan aktivitas para nelayan yang menangkap ikan. Tidak hanya menyediakan kolam pemandian air panas, juga menyediakan area untuk kemah dengan peralatan yang sangat lengkap.

5. Ar Panas Toya Devasya
Hampir sama seperti pemandian air panas Toya Bungkah, Toya Devasya juga memiliki beberapa kolam pemandian yang berhadapan langsung dengan danua batur yang dikelilingi dengan perbukitan yang menghijau.

6. Lava Tumuli
Di lava tumuli kintamani ini kita bisa berdiri dengan bebas memandang danau batur dan memandang dua gunung yang menjulang tinggi yakni gunung batur dan gunung abang. Tempat ini sangat bagus digunakan sebagai spot untuk mengadakan sesi foto praweding.

7. Dermaga Kedisan
Lokasi sangat ideal untuk menikmati panorama sekitar Danau Batur dengan latar Gunung Batur yang menjulang tinggi. Di sini terdapat dermaga penyeberangan ke objek wisata desa trunyan. Di tepian dermaga, nampak perahu-perahu kecil tertambat dan berbaris rapi.

8. Resto Apung Kintamani
Resto Apung Kintamani menjadi tempat makan yang unik di Bali. Sesuai dengan namanya tempat makan ini terapung di atas danau Batur. walaupun lokasinya terapung di tengah danau, pengunjung tidak perlu lagi menyewa perahu untuk menuju pondok resto karena sudah dibuatkan jalan yang dibangun di atas danau. Jalan-jalan ini menghubungkan pondok-pondok yang dibangun di atas Danau Batur. Menu utama di Resto Apung Kintamani ialah Nila Bakar dan Nila Goreng plus sambal matahnya.

9. Pura Jati Batur
Tempat suci umat Hindu ini sekilas mirip seperti Pura Ulun Danu Beratan di bedugul Bali. Lokasinya berada di tepian barat daya Danau Batur terlihat begitu cantik dan penuh pesona. Keberadaan Pura Jati Batur ini memang belum begitu populer sebagai tujuan wisata, namun akhir-akhir ini banyaknya warganet yang posting di sosial media akan panorama alam yang ditawarkan, baik itu warga yang berkunjung karena upacara persembahyangan ataupun mereka yang sengaja wisata ke tempat ini.

10. Pertanian Bawang Kintamani
Hamparan pertanian bawang di tepi danau batur bisa menjadi lokasi berfoto yang sangat keren. Dengan latar belakang danau batur dan hamparan tanaman bawang mampu menghasilkan jepretan foto keren yang bisa dipajang di sosial media. Tidak hanya bawang doang lho, terkadang juga kita bisa menemukan hamparan tanaman tomat dan bunga gumitir (marigold). Saat berfoto di lokasi lahan petani di tepi danau batur sebaiknya minta izin terlebih dahulu dengan pemilik lahan serta tidak merusak tanaman mereka karena itu merupakan mata pencaharian warga setempat.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali khususnya yang dekat dengan Danau Batur. Salam longtriper.
Iklan