free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Goa Gajah Bali
T9/20/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Goa Gajah Bali


Bali memiliki segudang destinasi wisata populer yang menjadi incaran para turis mancanegera. Goa Gajah merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali yang berlokasi di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat wisata ini berjarak sekitar 41,6 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan berjarak 22,8 km dari pusat Kota Denpasar.
Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Goa Gajah Bali
Tempat wisata Goa Gajah
sumber:wikipedia

Sebelum adanya sosial media yang berkembang sangat pesat seperti sekarang ini, tempat wisata Goa Gajah sudah sangat populer di Bali. Apalagi setelah adanya sosial media, tempat wisata ini makin populer. Bagi pengguna sosial media Instagram, jika kita cari dengan #goagajah terdapat lebih dari 37 ribu kiriman tentang tempat wisata ini dan dengan #goagajahtemple terdapat 5,7 ribu kiriman, sangat Instagramable banget bukan?

Terkenalnya Goa Gajah sebagai destinasi wisata di Bali tidak lepas dari lokasinya yang sangat strategis, yakni sejalur dengan perjalanan ke Tempat Wisata Kintamani melalui Pura Tirta Empul. Selain itu, tidak jauh dari tempat wisata Goa Gajah terdapat banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi, sehingga liburan tidak akan membosankan karena tidak hanya mengunjungi satu objek wisata saja. Berikut admin bagikan dan rekomendasikan 10 tempat wisata dekat Goa Gajah.

1. Pura Samuan Tiga
Tempat wisata Pura Samuan Tiga berjarak sekitar 800 meter di timur Goa Gajah, tepatnya berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan peninggalan artefak sejarah pada masa lampau. Uniknya, di pura ini warga masih tetap mempertahankan tradisi membuat “pajegan” atau sesajen yang tingginya mencapai 2,5 meter.

2. Museum Gedong Arca
Bagi yang suka dengan wisata sejarah, silahkan berkunjung Museum Gedong Arca yang berjarak sekitar 950 meter dari Goa Gajah. Museum yang berlokasi di Jalan Raya Tampaksiring ini memiliki berbagai koleksi peninggalan dari masa prasejarah dan sejarah. Sangat pas dikunjungi bagi mereka yang memiliki ketertarikan terhadap wisata budaya dan antropologi, khususnya Bali di masa lampau.

3. Relief Yeh Pulu
Relief Yeh Pulu merupakan tempat wisata cagar budaya nasional berupa relief bersejarah yang berjarak sekitar 1,4 km dari Goa Gajah. Di sini banyak sekali terdapat pahatan-pahatan di dinding batu cadas yang menceritakan kehidupan masyarakat dan kerajaan Bali Kuno. Pada dinding tebing juga terdapat cerukan-cerukan menjorok ke dalam dinding. Bagi yang ingin melihat secara langsung keunikan dari tempat wisata ini, silahkan datang ke Jalan Yeh Pulu, desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

4. Goa Garba
Situs purbakala lainnya yang dekat dengan Goa Gajah adalah Goa Garba yang beralamat di Dusun Sawegunung, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat wisata yang berjarak sekitar 3,6 km dari Goa Gajah ini merupakan sebuah goa yang berupa pahatan curuk di dinding tepi jurang sungai Pakerisan. Agar bisa sampai ke goa ini, pengunjung harus turun dan menuju gapura dengan tangganya yang terbuat dari batu kali dan tersusun rapi. Selama menuruni tangga, pengunjung akan menjumpai bekas telapak kaki manusia yang oleh masayarakat setempat dipercaya sebagai telapak kaki Kebo Iwa.

5. Ubud Monkey Forest
Tempat wisata populer yang dekat dengan Goa Gajah yakni Ubud Monkey Forest yang berjarak sekitar 3,8 km. Ubud Monkey Forest merupakan sebuah kawasan hutan dengan luas areal mencapai 10 hektar yang dihuni oleh ratusan ekor kera. Di tempat wisata yang berada di Desa Pakraman Padangtegal, Kecamatan Ubud ini para wisatawan bisa melihat tingkah pola perilaku kera-kera yang berada di kawasan hutan yang alami dengan penuh suasana religius. Monyet-monyet ini boleh dibilang jinak lho, terkadang dengan pengawasan petugas, monyet-monyet tersebut akan bertengger di kepala wisatawan dengan santainya. Asalkan tidak mengganggunya, monyet-monyet tersebut tidak akan mengganggu pengunjung.

6. Candi Tebing Tegallinggah
Candi Tebing Tegallinggah terpahat di dua sisi tebing yang berseberangan yang dipisahkan oleh Tukad Pakerisan. Selain melihat kemegahan bangunan dari masa lalu, daerah sekitar Candi Trebing Tegallinggah juga memiliki kenampakan alam yang cukup mempesona indah dengan hamparan sawah yang terrasering. Candi Tebing Tegallinggah berada di Dusun Tegallinggah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali yang berjarak sekitar 3,8 km dari Goa Gajah.

7. Taman Kupu-Kupu Kemenuh
Taman Kupu-Kupu Kemenuh berada di Jalan Raya Kemenuh, Desa Kemenuh, Kecamatan sukawati, Gianyar Bali yang berjarak sekitar 6,5 km dari objek wisata Goa Gajah. Taman Kupu-kupu Kemenuh merupakan adalah taman konservasi berbagai jenis kupu-kupu yang dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan. Di taman ini pengunjung akan disuguhkan dengan kecantikan dan keindahan dari warna-warni kupu-kupu yang terbang lalu lalang mencari dahan tumbuhan. Kita bisa dengan bebas memotret kupu-kupu yang ada di taman ini dengan kamera maupun HP yang ada kameranya.

8. Museum Seni
Objek wisata Goa Gajah lokasinya dekat dengan kawasan objek wisata Ubud. Di mana di sini banyak terdapat museum seni yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Misalnya Museum Renaisance Antonio Blanco berjarak sekitar 6,5 km dari objek wisata Goa Gajah. Museum seni lainnya yang dekat dengan objek wisata Goa Gajah yakni Setia Darma House of Mask and Puppets berjarak 2,4 km, Museum Rudana berjarak 2,6 km, ARMA berjarak 2,9 km, Museum Puri Lukisan berjarak 5,5 km, museum pendet berjarak 4,4 km, Njana Tilem Museum berjarak 3,3 km, dan Museum Runa berjarak 5,6 km.

9. Pura Taman Saraswati Ubud
Bagi yang ingin melihat uniknya budaya Bali dan indahnya arsitektur tempat suci umat Hindu di Bali yang sangat unik dan indah, tentunya dekat dengan objek wisata Goa Gajah, coba mampir ke Pura Taman Saraswati Ubud yang berjarak sekitar 5,5 km atau dengan waktu tempuh sekitar 16 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Pura yang berlokasi di Jalan Kajeng, Desa Ubud ini memiliki kolam yang banyak terdapat bunga lotus atau teratai yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Pura ini memiliki panggung pemantasan tari kecak yang di kelilingi oleh kolam teratai. Jadwal pementasan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud pada malam hari dimulai dari jam 19.30 pada hari Selasa dan Kamis.

10. Air Terjun tegenungan
Air Terjun Tegenungan merupakan air terjun yang paling populer di Bali sekaligus air terjun paling dekat dengan kota Denpasar. Di sekitar air terjun Tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau. Tempat wisata ini Instagramable banget karena sudah disediakan ayunan dan ajungan untuk tempat berfoto-foto. Lokasi air terjun Tegenungan berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Untuk menuju tempat wisata ini hanya menempuh jarak sekitar 7,7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 17 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Goa Gajah.

Semoga ini dapat dijadikan referensi wisata bagi yang mencari tempat wisata yang dekat Goa Gajah. Jangan lupa membawa kamera saat mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut karena tempatnya sangat instagramable. Salam longtriper.