free counter with statistics Inilah 5 Tempat Wisata Sungai Di Denpasar Yang Wajib Dikunjungi
T9/20/2019

Inilah 5 Tempat Wisata Sungai Di Denpasar Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Pemerintah Kota Denpasar kini sedang gencar-gencarnya melakukan penataan sungai yang melintasi Kota Denpasar untuk dijadikan objek wisata. Selain sungainya menjadi bersih dan rapi, menjadikan bantaran sungai menjadi tempat wisata diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Denpasar. Menjadikan sungai menjadi tempat wisata tidak akan terlaksana jika tidak ada peran serta masyarakat setempat yang tinggal di bantaran sungai untuk urut menjaga kebersihan lingkungan dan tidak lagi membuang sampah ke aliran sungai.
Inilah 5 Tempat Wisata Sungai Di Denpasar Yang Wajib Dikunjungi
Wisata Sungai Di Denpasar

Tidak hanya sebagai tempat rekreasi siang hari saja lho, beberapa sungai di Kota Denpasar dapat digunakan sebagai tempat rekreasi pada malam hari karena dilengkapi dengan hiasan lampu warna-warni di tepi sungai sehingga terlihat sangat indah pada malam hari. Bagi yang ingin mencari tempat wisata sungai Di Denpasar, berikut admin bagikan dan rekomendasikan untuk mengunjungi sungai-sungai berikut.

1. Tukad “Korea” Badung
Tempat wisata ini baru dikembangkan oleh pemerintah Kota Denpasar. Sebenarnya nama sungai yang mengalir di Kota Denpasar ini bernama Tukad atau Sungai Badung, karena penataannya mirip seperti sungai Cheonggyecheon yang terletak di pusat kota Seoul, Korea Selatan ini, maka para wisatawan menyebut sungai ini dengan nama Sungai atau Tukad Korea. Sungai yang lokasinya berada di tengah antara Pasar Badung dan Pasar Kumbasari ini dijadikan sebagai tempat wisata malam di Bali karena ada lampu yang warna-warni menghiasi sisi sungai ini, sehingga akan tampak indah pada malam hari karena lampu-lampu yang dinyalakan begitu gemerlap, memberikan keindahan tersendiri. Tempat wisata yang bernama Taman Kumbasari ini sangat Instagramable banget lho, bahkan tempat wisata ini kini sedang populer dan ngehits di Instagram.

2. Tukad Loloan Mertasari
Tempat wisata sungai yang satu ini berada di kawasan objek wisata Sanur. Sungai yang berada di Jalan Pengembak ini kini ditambahkan beberapa fasilitas pengukung untuk kenyamanan para pengunjung seprti gazebo untuk nongkrong dan jongging track yang bisa digunakan untuk memeras keringat di pagi hari maupun sore hari. Bagi yang hobi memacing di air tawar, tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk menyalurkan hobi karena di sini terdapat spot-spot untuk memancing. Tempat wisata tukad loloan sanur ini berada di sekitar hutan mangrove sehingga tampak hijau dan asri pada siang hari.

3. Tukad Tagtag
Sungai berikutnya di Kota Denpasar yang dijadikan sebagai tempat wisata adalah Tukad Tagtag yang berlokasi di sebelah timur SMPN 10 Denpasar atau di sebelah timur Taman Kota Lumintang. Di pinggir sungai atau Tukad Tagtag ini sudah di lengkapi dengan sarana jogging track. Selain sebagai tempat untuk memeras keringat, Tukad Tagtag dapat digunakan sebagai tempat memancing lho. Yang lebih keren, di jalan menuju Tukad Tagtag ini juga dihiasi dengan mural. Selain pemasangan paving dipadu dengan hiasan batu sikat, di kawasan tersebut juga dilengkapi lampu taman, sehingga pada malam hari sungai ini dapat digunakan untuk  tempat nongkrong.

4. Taman Pancing Pemogan
Bantaran sungai atau tukad Badung di Desa Pemogan pada kanan kirinya dijadikan taman untuk rekreasi dengan menanam rumput hijau dan beberapa pohon peneduh lengkap dengan kursi duduknya. Taman yang berada di hilir Tukad Badung ini bernama Taman Pancing Pemogan. Bagi yang hobi memancing, kawasan Taman Pancing Pemogan sangat ideal untuk menyalurkan hobi memancing. Bahkan kawasan ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pemancing mania dari warga sekitarnya. Lokasi Taman Pancing Pemogan berada di Jalan Taman Pancing, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan. Di sini juga terdapat area jogging track. Uniknya, masih di area jogging track disediakan tempat untuk pijar refleksi berupa batu-batu kecil yang dibuat sedemikian rupa sehingga seperti sandal refleksi. Bagi yang suka hunting foto, Taman Pancing Pemogan juga bisa digunakan untuk foto selfie karena pesona sungai ini sangat keren.

5. Tukad Bindu
Tukad Bindu selain sebagai tempat rekreasi, sungai yang berada Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman Kecamatan Denpasar Timur ini kerap kali digunakan sebagai tempat bermain dan berenang oleh anak-anak yang tinggal di sekitaran sungai. Yang tidak kalah kerennya, di sungai ini juga dilengkapi dengan dengan alat fitness, beberapa kursi untuk bersantai dan tempat bermain anak-anak. Jadi warga yang berada di kawasan Kecamatan Denpasar Timur dan sekitarnya dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk berolahraga. Selain berolah raga, pengunjung  juga dapat menikmati hidangan kuliner lokal, memancing, ataupun bersepeda.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan bagi yang mencari tempat wisata sungai di Denpasar Bali. Admin mengharapkan nantinya semua sungai-sungai yang ada di Denpasar ditata sehingga tampak lebih indah, sehingga mampu menarik kunjungan wisatawan. Para wisatawan yang berkunjung menikmati pesona sungai-sungai di Denpasar supaya tidak membuang sampah sembarangan dan ikut merawat fasilitas yang tersedia di bantaran sungai. Salam longtriper.
Iklan