free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Penangkaran Penyu Di Bali
T9/29/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Penangkaran Penyu Di Bali

Iklan
Iklan

Bali memiliki atraksi seni dan bentang alam indah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Selain itu, Bali juga menawarkan wisata lain yang unik dan menarik untuk dikunjungi yakni melihat kehidupan penyu di tempat penangkaran. Tujuan penangkaran penyu ini adalah untuk melindungi penyu dari kepunahan akibat perburuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 
Inilah 10 Tempat Wisata Penangkaran Penyu Di Bali
Tukik di penangkaran penyu di Bali

Ternyata penangkaran penyu di Bali tidak hanya untuk melindungi penyu dari kepunahan lho, tetapi dapat dijadikan sebagai sarana wisata dan edukasi bagi anak-anak. Anak-anak tentunya akan senang melihat penyu yang lucu terutama anak penyu yang dikenal dengan nama “tukik”. Tidak hanya diminati anak-anak lho, penangkaran penyu di Bali juga diminati oleh orang dewasa. Bagi yang ingin mencai tempat wisata penangkaran penyu di Bali, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa lokasi berikut ini.

1. Pulau Serangan
Pulau Serangan memiliki pesona alam yang sangat indah terutama pantainya. Selain menikmati keindahan pantai pasir putih yang eksotis, para turis juga akan ditawarkan dengan wisata edukasi di Turtle Conservation & Education Center. Tempat wisata yang berlokasi di jalan Tukad Wisata, No 4, Desa Serangan, Kota Denpasar ini sangat asik dikunjungi oleh anak-anak untuk mengenal kehidupan penyu-penyu langka, mulai dari tempat bertelur, pengeraman, penetasan, tukik dan dewasa. Tidak hanya dikunjungi oleh anak-anak lho, tempat wisata ini juga dikunjungi oleh orang dewasa, baik itu wisatawan nusantara maupun mancanegara. akan diadakan kegiatan pelepasan tukik ke Pantai Serangan. Untuk menuju tempat wisata unik dan langka ini akan Pada bulan-bulan tertentu ditempuh dengan jarak sekitar 13,7 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

2. Tanjung Benoa
Tanjung Benoa terkenal dengan wisata watersport. Di sini wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wahana watersport seperti flying fish, jetski, banana boat, rolling donut, kiteboarding, snorkeling, sea walker, waterski, wakerboard, scuba diving, flyboard, water jetpack, dan glass bottom boat. Tidak hanya terkenal dengan wisata watersport, Tanjung Benoa juga terkenal dengan wisata penangkaran penyu yang dikenal dengan sebutan “Pulau Penyu”. Di sini juga tersedia restoran yang siap memanjakan lidah wisatawan selama berlibur ke pulau penyu. Dari Bandara Ngurah Rai untuk menuju Pulau Penyu akan menempuh jarak sekitar 8,2 km yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Perlu diketahui di Tanjung Benoa ada 4 lokasi penangkaran penyu langka yakni Penangkaran Penyu Deluang Sari, Penangkaran Penyu Moon Cot Sari, Penangkaran Penyu Bulih Bali, dan Turtle Farm.

3. Pantai Perancak
Bagi yang berlibur ke Bali Barat khususnya di Kabupaten Jembrana, jika ingin mencari tempat wisata edukasi coba mampir ke Pantai Perancak yang berlokasi di Banjar Mekar Sari, Desa Perancak. Di sini ada tempat penangkaran penyu yang dikelola oleh “konservasi penyu Kumara Asih” siap menyambut kedatangan para wisatawan tiap harinya. Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, konservasi penyu Kumara Asih juga dapat digunakan sebagai sarana belajar. Sehingga tidak mengherankan jika pada waktu-waktu tertentu banyak wisatawan yang berkunjung ke Kurma Asih ini, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Di sini pengunjung dapat melihat tempat penyu bertelor dan tukik (anak penyu). Terkadang wisatawan juga diperbolehkan ikut berpartisipasi dalam melepas tukik ke laut.

4. Pantai Penimbangan
Salah satu tempat penangkaran penyu di Bali Utara berada di Pantai Penimbangan yang beralamat di Jalan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Selain tempat penangkaran penyu, pantai yang dekat dengan Kota Singaraja ini juga mempunyai terumbu karang sehingga cocok untuk wisata diving. Untuk menambah daya tarik wisatawan, di pantai Penimbangan juga dibangun patung penyu sebagai ikon pantai ini.

5. Nusa Penida
Pulau Penida atau dikenal dengan Nusa Penida memiliki panorama yang sangat keren, keindahannya sudah terkenal hingga ke luar negeri terutama pesona pantainya. Untuk menarik wisatawan mancanegara, tidak hanya mengadalkan wisata alam saja, tetapi wisata lingkungan seperti konservasi alam, konservasi burung langka Jalak Bali, dan konservasi penyu hijau. Selain menjadi tempat wisata yang memanjakan mata, Nusa Penida juga merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk menjaga satwa dari kepunahan sehingga bisa menjadi wahana edukasi bagi para wisatawan. Untuk penangkaran penyu hijau yang ada di Nusa Penida sama halnya dengan penangkaran yang dilakukan di Tanjung Benoa.

6. Desa Pemuteran
Desa Pemuteran terkenal dengan pesona bawah lautnya yang sangat keren dan menjadi spot diving paling populer di Bali. Selain memiliki wisata alam yang sangat indah, di Desa Pemuteran juga ada penangkaran Penyu yang menjadi daya tarik wisatawan. Penangkaran penyu ini dikelola oleh sebuah organisasi yang berkerja sama dengan masyarakat lokal. Pengunjung dapat menyaksikan bagaimana cara merawat penyu mulai dari telur hingga menjadi penyu dewasa dan dilepaskan kembali ke tengah laut.

7. Pantai Sindhu Sanur
Penangkaran penyu di Pantai Sindhu Sanur dikelola oleh Konservasi Penyu Sindhu Dwarawati yang tempat penangkarannya berada di depan hotel Inna Sindhu Beach. Selain melihat penyu atau foto bersama penyu, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan melepas penyu ke laut, sungguh pengalaman wisata yang unik dan menyenangkan. Adapun penyu yang di ada di lokasi konservasi ini adalah jenis penyu hijau dan penyu lekang yang merupakan jenis penyu langka. Selain berwisata edukasi, berkunjung ke tempat penangkaran di Pantai Sindhu juga akan disuguhkan dengan panorama pantai pasir putih yang cantik.

8. Pantai Saba
Kabupaten Gianyar yang terkenal dengan wisata seni juga memiliki balai konservasi dan penangkaran penyu yang berlokasi di Pantai Saba, Desa Saba Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Konservasi penyu di Pantai Saba dikelola oleh Kelompok Konservasi Saba Asri. Penyu yang ditangkar di sini, jika sudah cukup umur akan segera dilepasliarkan agar kembali ke habitat aslinya. Para wisatawan bisa melihat proses penetasan telur penyu hingga melepas kembali ke pantai.

9. Pantai Yeh Gangga
Tempat wisata penangkaran penyu di Bali berikutnya ada di Pantai Yeh Gangga yang beralamat di Banjar Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Pantai yang berpasir hitam ini memang dikenal sebagai salah satu habitat bertelur penyu di Bali. Untuk menghidari penangkapan penyu dan pengambilan telur penyu secara ilegal maka masyarakat Yeh Gangga membuat penangkaran penyu. Selain untuk menyelamatkan penyu dari kepunahan, penangakaran penyu di Pantai Yeh Gangga juga bisa dijadikan daya tarik wisata karena ada beberapa tempat menginap dan hotel disekitar pantai ini.

10. Pantai Tegal Besar
Pantai Tegal besar di Kabupaten Klungkung telah menjadi daya tarik wisata baik lokal maupun mancanegara karena memiliki bentang pantai yang indah. Selain menyuguhkan keindahan pemandangannya, Pantai Tegal besar memiliki daya tarik lain setiap bulan purnama penyu-penyu langka ke tempat ini untuk bertelur. Tempat penangkaran penyu Tegal Besar dapat dijadikan wisata edukasi terutama untuk anak-anak untuk mengajarkan peduli terhadap lingkungan.

Nah itu 10 tempat wisata penangkaran penyu di Bali yang bisa dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata yang unik di Bali. Selain berwisata, berkunjung ke penangkaran penyu di Bali secara tidak langsung akan turut membantu pelestarian kehidupan penyu langka dari kepunahan karena para pengunjung akan dikenakan donasi atau tiket masuk yang nantinya digunakan merawat penyu-penyu tersebut seperti membeli makanan penyu. 
Iklan