free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Tirta Empul Bali
T9/27/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Tirta Empul Bali

Iklan
Iklan

Pura Tirta Empul menjadi tempat wisata populer dikalangan wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun domestik karena tempat ini sangat strategis yakni satu jalur menuju tempat wisata Kintamani dari tempat wisata Desa Ubud. Bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barak Obama bersama keluarganya sempat mengunjungi tempat wisata Pura Tirta Empul ini pada tanggal 27 juni 2017. Uniknya, di sebelah barat tempat wisata Pura Tirta Empul pada ketinggian terdapat Istana Presiden yang dibangun pada pemerintahan Presiden Soekarno. 
Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Tirta Empul Bali
Pura Tirta Empul Bali

Di tempat wisata yang berlokasi di Jalan Tirta, Desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali ini terdapat pemandian suci yang khusus untuk pemelukatan (pembersihan diri) yang bernama Tirta Empul. Para wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, dengan syarat harus mengguanakan ‘kamen’, semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikenankan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura. Adapun tempat wisata yang dekat dengan pura tirta empul yakni sebagai berikut.

1. Candi Tebing Gunung Kawi
Tempat wisata Candi Gunung Kawi merupakan objek wisata cagar budaya yaitu berupa candi yang menempel di sebuah tebing dipingir sungai Petanu. Candi ini benar-benar unik karena berada di tebing yang dipahat. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yangkebetulan akan berlibur ke Pura Tirta Empul atau ke Kintamani. Candi Tebing Gunung Kawi berjarak sekitar 1,3 km tepatnya berada di Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

2. Desa Wisata Pakudui
Desa wisata Pakudui terkenal sebagai sentra pembuat kerajinan Patung Garuda sehingga desa ini oleh wisatawan asing dikenal dengan nama “Garuda Village”. Kemampuan warga dalam membuat patung garuda didapatkan secara turun-temurun. Hampir 90% warga di desa ini bekerja sebagai pematung garuda. Untuk menuju desa wisata ini akan menempuh jarak sekitar 3,5 km dari Pura Tirta Empul yang berada di Desa Pakraman Pakudui, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

3. Pura Gunung Kawi Sebatu
Pura Gunung Kawi  memiliki suasana alam yang asri dengan tebing dan hutan yang memberikan kesan hijau kawasan ini. Di sini juga terdapat kolam dengan ukuran cukup besar yang dihuni ratusan ikan koi yang lalu lalang di dalam kolam. Hanya menempuh jarak sekitar 4,4 km dari Pura Tirta Empul para wisatawan sudah bisa menikmati tempat wisata ini yang berlokasi Banjar Sebatu, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

4. Air Terjun Manuaba
Air terjun Manuaba ini termasuk tempat wisata air terjun baru yang berada di daerah kabupaten Gianyar. Air terjun Manuaba memiliki keunikannya tersendiri, di mana airnya mengalir di antara tebing. Di bawahnya air terjun terlihat seperti kolam kecil. Aliran airnya juga jernih, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan aliran air terjun ini untuk mandi. Wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini didominasi oleh warga lokal yang sedang mengisi liburan. Air terjun ini berjarak sekitar 5,7 km yang berlokasi di Banjar Manuaba, Desa Kendran, Kecamatan Tegallalang, kabupaten Gianyar.

5. Tegalalang Rice Terrace
Tempat wisata Tegallalang Rice Terrace atau lebih dikenal Ceking Rice Terrace merupakan salah satu tempat wisata populer di pulau bali. Jika kamu ingin menikmati indahnya kasawasan tempat wisata kintamani melalui ubud maka secara tidak langsung akan melewati tempat ini. Tempat wisata ini berupa pemandangan sawah berundak-undak yang masih alami dengan petak-petak sawah bertingkat yang terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya. Lokasi tempat wisata Tegalalang Rice Terrace berada di Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar yang berjarak sekitar 6,6 km dari Pura Tirta Empul.

6. Bali Pulina
Bali Pulina merupakan destinasi wisata yang di dalamnya terdapat edukasi tentang pertanian khususnya petani kopi. Di sini pengunjung bisa belajar tentang proses pembuatan kopi terutama kopi luwak yang dalam pengolahannya masih dengan cara yang tradisional. Selain kopi, pengunjung bisa melihat kebun coklat, serta buah-buahan, dan berbagai tanaman herbal yang ditanam di sana. Yang tidak kalah keren, pengunjung bisa mencicipi 8 varian rasa kopi lho. Selain pemandangan sawah khas dari Bali, di sini ada spot favorit lainnya yaitu anjungan dari kayu yang memiliki bentuk daun kopi. Tempat wisata ini berada di Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar yang berjarak sekitar 7,1 km dari Pura Tirta Empul.

7. Taro Elephant Safari Park
Taro Elephant Safari Park merupakan atraksi wisata berupa menunggangi gajah megeliling alam pedesaan yang hijau dan asri. Cocok untuk wisata keluarga dan tentunya anak-anak anda akan senang menaiki hewan yang besar ini. Hijaunya alam desa Taro serta kesegaran udara menambah semarak perjalanan berpetualang menungganggi gajah di sini. Tempat wisata ini berjarak sekitar 8,6 km dari Pura Tirta Empul yang beralamat di Jalan Elephant Park, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

8. Gembok Cinta Tegallalang
Di sini pengunjung bisa menyimpan kenangan dan menggembok cinta bersama pasangan dengan simbol sebuah gembok yang tinggalkan di sini. Tempatnya sangat bagus untuk berfoto- selfie dan dengan latar belakang pemandangan sawah hijau dan asri. Selain wisata selfie yang unik, tempat wisata ini juga menyediakan lokasi trekking dengan panorama persawahan yang sangat keren. Tempat wisata ini berjarak sekitar 8,8 km dari Pura Tirta Empul yang berada di Banjar Gagah, Desa Tegalalang, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

9.  Desa Wisata Petulu
Desa ini sangat unik, di mana ketika matahari akan terbenam akan ada ribuan burung bangau (kokokan) datang untuk bertengger di pohon-pohon yang berjajar di jalan. Jika dilihat dari kejauhan burung bangau yang puith ini terlihat seperti bunga pohon, sungguh pemandangan yang unik. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Raya Petulu, Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar yang berjarak sekitar 11,4 km dari Pura Tirta Empul.

10. Goa Gajah
Tempat wisata Goa Gajah merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Gianyar, bahkan di pulau Bali. Kalau menyebut goa gajah maka dipikiran kita akan terbayang bahwa goa itu merupakan hunian gajah atau setidaknya di sekitar goa ada gajah. Akan tetapi tempat wisata Goa Gajah bukan hunian gajah maupun ada gajah disekitarnya, melainkan hanya berupa gua buatan sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu. Tempat ini memang benar-benar unik dan bersejarah. Dari Pura Tirta Empul akan memepuh jarak sekitar 13,8 km untuk menjangkau Goa Gajah ini yang berada di Banjar Goa, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata yang dekat dengan Pura Tirta Empul.
Iklan