free counter with statistics Inilah 10 Pantai Penangkaran Penyu Di Bali
T9/29/2019

Inilah 10 Pantai Penangkaran Penyu Di Bali

Iklan
Iklan

Penyu adalah kura-kura laut yang ditemukan di semua samudra di dunia. Indonesia merupakan habitat bagi 6 dari 7 spesies penyu yang ada di dunia. Keenam spesies penyu tersebut adalah Penyu Belimbing, Penyu Hijau, Penyu Pipih, Penyu Sisik, dan Penyu Lekang. Untuk menjaga penyu dari kepunahan maka pemerintah dan DPR mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, serta Undang Undang No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Ini berarti segala bentuk perdagangan penyu, baik dalam keadaan hidup, mati maupun bagian tubuhnya itu dilarang. Pemanfaatan jenis penyu yang dilindungi hanya diperbolehkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan dan penyelamatan penyu.
Inilah 10 Pantai Penangkaran Penyu Di Bali
Penyu

Salah satu penerapan dari peraturan pemerintah untuk melindungi penyu adalah dengan membuat balai konservasi atau penangkaran penyu. Tidak hanya untuk melindungi spesies penyu dari kepunahan, penangkaran penyu juga dapat dijadikan tempat wisata yang menarik. Bali sebagai salah satu tujuan wisata dunia juga menjadikan penangkaran penyu sebagai tujuan wisata yang mampu menarik kunjungan turis. Beberapa pantai di Bali sebagai lokasi bertelurnya penyu kini dijadikan tempat penangkaran. Berikut admin bagikan 10 pantai penangkaran penyu di Bali yang mungkin bisa dikunjungi.

1. Pantai Yeh Gangga
Pantai Yeh Gangga merupakan pantai pasir hitam dengan panorama yang indah dengan pesona matahari terbenam. Uniknya, kira-kira 30 meter dari bibir pantai terdapat batu karang yang bolong ditengahnya. Karang ini, kalau mau dilihat dari satu sudut tertentu, bentuknya itu menyerupai hati. Selain wisata alam pantai, Pantai Yeh Gangga juga menawarkan wisata penangkaran penyu.

2. Pantai Serangan
Selain memiliki pesona alam yang sangat indah terutama pantainya, pulau serangan juga wisata edukasi berupa tempat penangkaran penyu langka di Turtle Conservation & Education Center yang beralamt di jalan Tukad Wisata, No 4, Desa Serangan, Kota Denpasar. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak untuk mengenal kehidupan penyu-penyu langka, mulai dari tempat bertelur, pengeraman, penetasan, tukik dan dewasa. Tidak hanya dikunjungi oleh anak-anak lho, tempat wisata ini juga dikunjungi oleh orang dewasa, baik itu wisatawan nusantara maupun mancanegara.

3. Pantai Saba
Kabupaten Gianyar yang terkenal dengan wisata seni juga memiliki balai konservasi dan penangkaran penyu yang berlokasi di Pantai Saba, Desa Saba Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Konservasi penyu di Pantai Saba dikelola oleh Kelompok Konservasi Saba Asri. Penyu yang ditangkar di sini, jika sudah cukup umur akan segera dilepasliarkan agar kembali ke habitat aslinya. Para wisatawan bisa melihat proses penetasan telur penyu hingga melepas kembali ke pantai.

4. Pantai Tegal Besar
Pantai Tegal Besar di Kabupaten Klungkung telah menjadi daya tarik wisata baik lokal maupun mancanegara karena memiliki bentang pantai yang indah. Selain menyuguhkan keindahan bentang alam, Pantai Tegal Besar memiliki daya tarik lain setiap bulan purnama penyu-penyu langka ke tempat ini untuk bertelur. Kini tempat penangkaran penyu Tegal Besar dapat dijadikan wisata edukasi terutama untuk anak-anak untuk mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan.

5. Pantai Tanjung Benoa
Pantai Tanjung Benoa terkenal dengan wisata watersport. Di sini wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wahana watersport. Tidak hanya terkenal dengan wisata watersport lho, Pantai Tanjung Benoa juga terkenal dengan wisata penangkaran penyu yang dikenal dengan sebutan “Pulau Penyu”. Wisatawan yang berkunjung ke penangkaran penyu di Pantai Tanjung Benoa dapat langsung memberi makan penyu. Di sini juga tersedia restoran yang siap memanjakan lidah wisatawan selama berlibur ke pulau penyu. Perlu diketahui di Pantai Tanjung Benoa ada 4 lokasi penangkaran penyu langka yakni Penangkaran Penyu Deluang Sari, Penangkaran Penyu Moon Cot Sari, Penangkaran Penyu Bulih Bali, dan Turtle Farm.

6. Pantai Kuta
Pantai Kuta tidak hanya memiliki pesona pasir putih dan matahari terbenamnya, tetapi juga menawarkan tempat wisata edukasi berupa tempat penangkaran penyu. Penangkaran penyu di Pantai Kuta dikelola oleh sebuah organisasi yang bernama “Bali Sea Turtle Society” yang lokasinya berada di Beach Front Grand Inna. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

7. Pantai Perancak
Tempat penangkaran penyu di Bali Barat ada di Pantai Perancak, yang beralamat di Banjar Mekar Sari, Desa Perancak, Kabupaten Jembrana. Di sini ada tempat penangkaran penyu yang dikelola oleh “konservasi penyu Kumara Asih” siap menyambut kedatangan para wisatawan tiap harinya. Selain sebagai tempat rekreasi keluarga, konservasi penyu Kumara Asih juga dapat digunakan sebagai sarana belajar. Di sini pengunjung dapat melihat tempat penyu bertelor dan tukik (anak penyu). Terkadang wisatawan juga diperbolehkan ikut berpartisipasi dalam melepas tukik ke laut.

8. Pantai Pemuteran
Selain di Pantai Perancak, tempat penangkaran penyu juga ada di Pantai Pemuteran. Penangkaran penyu di Pantai Pemuteran dikelola oleh sebuah organisasi yang berkerja sama dengan masyarakat lokal. Pengunjung dapat menyaksikan bagaimana cara merawat penyu mulai dari telur hingga menjadi penyu dewasa dan dilepaskan kembali ke tengah laut. Selain tempat penangkaran penyu, pantai Pemuteran juga terkenal dengan pesona bawah lautnya yang sangat keren, bahkan menjadi spot diving paling populer di Bali.

9. Pantai Penimbangan
Pantai tempat penangkaran penyu di Bali berikutnya ada di Bali Utara yakni di Pantai Penimbangan yang beralamat di Jalan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Selain tempat penangkaran penyu, pantai yang dekat dengan Kota Singaraja ini juga mempunyai terumbu karang sehingga cocok untuk wisata diving. Untuk menambah daya tarik wisatawan, di pantai Penimbangan juga dibangun patung penyu sebagai ikon pantai ini.

10. Pantai Sindhu Sanur
Pantai Sindhu Sanur tidak hanya menawarkan pesona pantai pasir putih yang eksotis, juga menawarkan tempat wisata konservasi penyu yang berada di depan hotel Inna Sindhu Beach. Penangkaran penyu di Pantai Sindhu dikelola oleh Konservasi Penyu Sindhu Dwarawati. Selain melihat penyu atau foto bersama penyu, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan melepas penyu ke laut, sungguh pengalaman wisata yang unik dan menyenangkan. Adapun penyu yang di ada di lokasi konservasi ini adalah jenis penyu hijau dan penyu lekang yang merupakan jenis penyu langka.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi tempat penangkaran penyu di Bali? Selain berwisata edukasi, mengunjungi pantai tempat penangkaran penyu juga bisa menyaksikan pesona pantai tempat penyu ditangkar. Hampir semua pantai tempat penangkaran penyu di Bali memiliki panorama yang sangat keren. Selain itu, mengunjungi penangkaran penyu, secara tidak langsung kita juga ikut membantu mencegah penyu dari kepunahan, karena kita ikut membantu dengan cara donasi secara sukalera. Nantinya donasi tersebut akan digunakan untuk pemeliharaan penyu, mulai dari telur hingga menjadi dewasa.

Tempat wisata penangkaran penyu di bali sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak. Tujuannnya supaya anak mengenal sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap satwa langka yang lucu ini. Apalagi ada momen-momen pelepasan anak penyu ke laut, tentu anak-anak akan sangat senang melihat pemandangan anak-anak penyu yang lucu merangkak dari tepi pantai menuju air laut. Nah itu beberapa pantai tempat penangkaran penyu di Bali. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata unik dan menarik berupa tempat wisata pantai tempat penangkaran penyu di Bali. Salam longtriper.
Iklan