free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Bangli Selain Air Terjun dan Kintamani
T2/05/2020

Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Bangli Selain Air Terjun dan Kintamani

Iklan
Iklan

Kabupaten Bangli merupakan satu-satunya kabupaten yang ada di Bali yang tidak memiliki wisata alam berupa pantai karena wilayahnya tidak ada yang berbatasan dengan laut. Walaupun tidak memiliki pantai yang menjadi daya tarik wisata, Bangli diberkati dengan keindahan alam pegunungan yang sangat indah.
Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Bangli Selain Air Terjun dan Kintamani
Tempat wisata alam di Bangli
Yang menjadi magnet utama para turis untuk mengunjungi kabupaten Bangli adalah pesona keindahan pegunungan Kintamani. Walaupun hawa udara yang sejuk bahkan dingin sepanjang hari, tidak menyurutkan niat para turis untuk mengunjungi Kintamani. Spot wisata alam yang banyak diminati wistawan jika berlibur ke kintamani yakni Penelokan dengan pesona danau dan gunung Batur, Bukit Sari spot kemah yang Instagramable, Bukit Trunyan, Lava Tumuli Batur, Danau Batur, Bukit Cinta Pinggan, Grembeng Culali, Hutan Pinus Kintamanai, Gunung Abang dan Gunung Batur.

Selain pesona alam Kintamani yang mampu menarik jutaan turis tiap tahunnya, kabupaten Bangli juga memiliki beberapa titik air terjun dengan keelokan yang tidak kalah caiamiknya dengan air terjun yang ada di Bali Utara. Adapun air terjun yang cukup populer di Bangli adalah Air Terjun Tukad Cepung, Air Terjun Tibumana, Air Terjun Tangkub, Air Terjun Dusun Kuning, Air Terjun Dedari Jelekungkang, Air Terjun Kutuh, Air Terjun Palisan, Air Terjun Linjong, Air Terjun Tirta Payuk, Air Terjun Pengibul, Air Terjun Bunutin, Air Terjun Sangsang, Air Terjun Ulu Bebengan, Air Terjun Malet Kuta Mesir, Air Terjun Giri Campuhan dan Air Terjun Berundag.

Apakah kabupaten Bangli hanya memiliki wisata alam air terjun dan wisata alam pegunungan Kintamani? Tentu tidak, kabupaten yang berhawa sejuk ini memiliki potensi wisata alam yang sangat potensial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya jika dikembangkan dengan baik. Masih banyak tempat wisata alam di Bangli yang perlu dieksplor keindahannya. Bagi yang mencari tempat wisata alam di Bangli selain air terjun dan Kintamani, admin rekomendasikan untuk mengunjungi 10 tempat wisata berikut ini.

1. Tebing Hijau Tukad Tangkup
Tukad Tangkup tidak hanya menyuguhkan air terjun alaminya lho, di sini juga terdapat sebuah tebing tinggi yang tertutup lumut sehingga terlihat hijau. Tempat wisata yang baru dikembangkan ini berada di Desa Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Bagi yang mencari tempat berwisata dengan suasana yang berbeda, tentu mengunjungi Tebing Hijau Tukad Tangkup dapat menjadi pilihan yang sangat tepat.

2. Pondok Wisata Mahapraja
Bagi yang mencari tempat outbound, gathering, ataupun outing dengan pesona alam yang sangat keren, Pondok Wisata Mahapraja menjadi pilihan yang sangat tepat. Di sini terdapat fasilitas untuk kegiatan outdoor seperti tempat kemah dan permainan flying fox.

Dengan suasana pedesaan yang jauh dari hingar bingar sibuknya suasana perkotaan, tempat wisata Pondok Wisata Mahapraja dapat dijadikan tempat untuk “lari” dari sibuknya rutinitas harian yang super sibuk. Tidak hanya menyuguhkan pesona bentang alam yang sangat indah, tempat wisata yang berlokasi di Banjar Puraja, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku ini juga menyediakan fasilitas untuk berfoto yang banyak diminati oleh kaula muda yang gemar berfoto selfie seperti rumah pohon dan anjungan.

3. Anjungan Tukad Melangit
Tempat wisata alam di Bangli yang satu ini berlokasi di Banjar Antugan, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku. Bagi yang suka hunting foto, admin sangat merekomendasikan untuk mengunjungi Anjungan Tukad Melangit. Tempatnya sangat Instagramable dan kekinian, tentunya banyak diburu oleh kaula muda yang ingin eksis di dunia maya.

Di sini terdapat sebuah anjungan yang terbuat dari bambu yang menghadap ke arah selatan persis di atas Tukad Melangit. Anjungan inilah yang menjadi spot utama untuk berfoto selfie. Tidak hanya terdapat anjungan, di sini juga terdapat rumah panggung yang cukup besar yang bisa menampung banyak orang.

4. Lembah Pantunan
Tempat wisata alam di Bangli yang satu ini tidak begitu populer. Mungkin karena kurang adanya promosi dan jarang ada agen travel mapun agen tour yang menjadwalkan untuk mengunjungi Lembah Pantunan. Padahal pesona alam yang disuguhkan tidak kalah menariknya dengan Tegallalang rice terracce yang sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Lembah yang berlokasi di Banjar Bangkiang Sidem, Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku ini menawarkan kecantikan hamparan sawah yang mampu membuat pengunjung berdecak kagum akan keindahannya. Tempatnya benar-benar sangat cantik, cocok untuk lokasi berfoto-foto dengan latar belakang persawahan yang letaknya tepat berada di dasar bukit kecil.

5. Dukuh Hill Peninjoan
Masih di kecamatan Tembuku, ada lagi tempat wisata alam di Bangli dengan latar belakang pemandangan yang sangat ciamik. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat tempat ini sangat bagus untuk melihat view di bawahnya dari kejauhan.

Sebagai tempat wisata, sudah dibangun fasilitas pendukung yang cukup lengkap, mulai dari toilet, area parkir yang lusa hingga warung makan. Bagi yang suka berburu spot foto yang ciamik, Dukuh Hill Peninjoan merupakan pilihan yang sangat tepat karena di sini sudah disediakan anjungan, ayunan dan rumah pohon untuk spot berfoto selfie.

Yang lebih keren, tempat wisata yang berlokasi di Banjar Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan ini menyediakan perpustakaan gratis bagi pengunjungnya.

6. Twin Hill
Rekomendasi lainnya untuk tempat wisata alam di Bangli yakni Twin Hill yang Banjar Guliang Kawan, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli. Twin Hill atau Bukit Kembar merupakan julukan yang diberikan pada Bukit Batu Madeg dan Bukit Jati yang letaknya berdekatan, terlihat seperti sepasang bukit kembar.

Dari puncak bukit pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan sawah, pemukiman penduduk, hingga laut yang terlihat sangat ciamik. Perbukitan ini kini sudah ditata dengan sangat baik untuk lokasi foto selfie dengan latar bekalang alam hijau. Twin Hill sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai, preweding, atau pun cuma foto - foto bersama teman dan kerabat.

7. Hutan Bambu Penglipuran
Jika kalian kebetulan berkunjung ke Desa Tradisional Penglipuran, jangan lupa mampir ke Hutan Bambu Penglipuran yang lokasinya berada di sebelah utara desa ini. Bagi yang suka fotografi, hutan bambu ini wajib untuk dikunjungi karena tempatnya sangat Instagramable banget.

Tanaman bambu di desa Penglipuran memang sudah dikembangkan dan dipelihara oleh masyarakat desa sejak turun temurun sehingga keberadaannya tetap lestari. Suasana di sekitar hutan bambu sangat sejuk dan asri sehingga pengunjung akan betah berlama-lama menikmati panorama yang disuguhkan.

8. Pesona Alam Cepunggung
Kembali lagi ke kecamatan Tembuku, pesona alam Cepunggung sangat direkomendasikan untuk dieksplor keindahannya. Di tempat wisata yang beralamat di dusun Cepunggung, desa Bangbang, kecamatan Tembuku ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah yang hijau nan asri. Sangat cocok untuk lokasi foto selfie. Apalagi di sini terlihat gunung Agung yang menjulang tinggi yang bisa digunakan untuk latar belakang foto selfie.

9. Desa Penglumbaran
Desa Penglumbaran merupakan salah satu desa di kecamatan Susut yang memiliki potensi wisata alam dengan panorama yang sangat elok dipandang mata. Di desa ini juga memiliki kekayaan alam berupa tanaman kopi, cokelat, dan rempah-rempah. Potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh desa Penglumbaran dimanfaatkan oleh warga setempat untuk membuat agrowisata.

Selain menyuguhkan dengan pesona alam yang sangat ciamik, desa Penglumbaran juga lokasinya sangat trategis. Jika akan berlibur dari Tampaksiring atau Tegallalang menuju Kintamani atau sebaliknya tentu akan melewati desa Penglumbaran.

10. Bukit Demulih
Selain Bukit Kembar atau Twin Hill, satu lagi tempat wisata alam di Bangli yang potensinya keindahan alamnya sudah dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan yakni Bukit Demulih yang berlokasi di Desa Demulih, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

Bukit Demulih sangat cocok untuk kegiatan trekking. Sepanjang perjalanan trekking pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan tanah persawahan disekelilingnya yang sangat memanjakan mata dan menentramkan hati.
Iklan