free counter with statistics Inilah 9 Tempat Wisata Buatan Di Buleleng Bali
T2/05/2020

Inilah 9 Tempat Wisata Buatan Di Buleleng Bali

Iklan
Iklan

Buleleng terkenal dengan wisata alamnya berupa air terjun yang jumlahnya mencapai puluhan titik air terjun. Ya memang kabupaten yang berjuluk “Bumi Panji Sakti” ini merupakan surganya tempat wisata air terjun. Tidak hanya menawarkan destinasi wisata berupa wisata alam, Buleleng juga menawarkan tempat wisata buatan lho.

Inilah Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Seririt Buleleng
Tempat wisata buatan di Buleleng

Bagi yang akan berlibur ke Buleleng dan mencari tempat wisata buatan, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata ini.

1. Bali Park Dasong
Bagi yang ingin bersepeda dengan penuh tantangan, silahkan datang ke Bali Park Dasong yang berlokasi di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Di sini terdapat tujuh jalur sepeda (track) dengan karakter serta tingkat kesulitan yang berbeda. Track yang ada dikawasan ini didesain sedemikian rupa untuk bisa dinikmati oleh rider dari kalangan pemula hingga ahli.

Lokasinya yang dekat dengan danau Buyan sehingga suasana alamnya kental terasa. Apalagi tempat bersepeda memiliki hawa udara yang sejuk, tentu ini menjadi nilai tambah ketika bermain sepeda di Bali Park Dasong. Untuk kenyamanan para pesepeda, di tempat ini turut disediakan kafe dan toko suvenir termasuk toilet.

2. Bendungan Renon
Bendungan yang berada di Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak ini juga dikenal dengan nama Bendungan Gerokgak. Bendungan yang membendung tukad Gerokgak ini dapat dijadikan sebagai spot untuk berfoto karena memiliki pemandangan alam yang indah.

Kerennya, ketika musim penghujan tiba, rumput-rumput disekitaran bendungan ini akan mulai tumbuh dan menghijau. Namun pada musim kemarau, rerumputan akan menghilang dan agak gersang namun keindahan perbukitan membuat semua nampak indah.

3. Bendungan Titab
Tempat wisata buatan di Buleleng berikutnya adalah bendungan Titab yang berlokasi di Desa Titab, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali. Bendungan yang membendung sungai Saba ini diresmikan oleh mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri pada tanggal 13 Desember 2015.

Tujuan dibangunnya ini untuk irigasi, air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit listrik. Bendungan ini juga bisa digunakan sebagai daerah tujuan wisata baru di Buleleng karena memiliki pemandangan yang sangat indah.

4. Krisna Funtastic Land
Tempat rekreasi dan wisata keluarga ini berlokasi di Jalan Raya Seririt-Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk memanjakan para pengunjung, Krisna Funtastic Land menyediakan 16 wahana permainana seru yang siap dicoba oleh pengunjung, seperti airbone shot, boom-boom cars, carousel, control plane, flying cakra, singaraja flyer dan masih banyak lagi permainan seru lainnya. Uniknya, di sini ada pesawat terbang yang bertuliskan Krisna Air.

5. Krisna Watersport
Tidak mau ketinggalan dengan bali selatan, Buleleng juga memiliki tempat wisata berupa olahraga air yang bernama Krisna Watersport yang merupakan obyek wisata olahraga air pertama di Singaraja.

Hampir sama seperti di Tanjung Benoa Watersport, berbagai wahana permainan yang menantang juga tersedia di Krisna Watersports seperti fly fish, fly boards, parasalling, donut boats, banana boats, canoe dan berbagai jenis permainan yang menarik lainnya. Lokasi tempat wisata Krisna Watersport berada di Jalan Seririt - Singaraja, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

6. Monumen Tri Yudha Sakti
Monumen Perjuangan Tri Yuda Sakti dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Buleleng dalam mengusir penjajah di Bali Utara. Di monumen ini terdapat tiga buah patung pahlawan yakni Letkol Wisnu, Mayor Metra dan Kapten Muka. Mungkin karena ada tiga buah patung pahlawan sehingga monumen ini dikenal juga dengan nama Tugu Tiga.

Bagi yang ingin mengetahui sejarah perjuangan rakyat Bali Utara dalam mengusir penjajah, monumen yang berlokasi di Banjar Bantangbanua, kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali ini wajib untuk dikunjungi. Di dalam monumen ini terdapat diorama tentang perjuangan rakyat Buleleng seperti diorama perjuangan Anglurah Ki Barak Panji Sakti, diorama perang Jagaraga, dan diorama perang Banjar.

7. Krisa Adventure
Tempat wisata buatan lainnya di Buleleng yang bisa dikunjungi yakni Krisna Adventure yang berlokasi di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali. Krisna Adventure merupakan wahana wisata keluarga dengan fasilitas permainan menantang seperti flying fox, paint ball, trekking dan ATV.

Lokasi tempat ini berdekatan dengan Air Terjun Aling-Aling yang banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupaun mancanegara. Selain sebagai tempat rekreasi, beberapa area di tempat ini diubah menjadi lokasi foto yang sangat Instagramable. Tidak hanya untuk tempat rekreasi dan spot selfie, tempat ini juga bisa digunakan untuk menyeleggarakan kegiatan luar ruangan seperti outbound, outing mapun gathering.

8. Monumen Perang Jagaraga
Monumen Puputan Jagaraga dibangun untuk mengenang perjuangan Gusti Ketut Djelantik dan Jro Jempiring yang mengusir penjajah dari Bumi Buleleng. Tidak hanya dijadikan pusat edukasi sejarah bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, monumen ini juga dimanfaatkan sebagai tempat foto selfi oleh kawula muda yang gemar hunting foto.

Di kawasan monumen ini pengunjung bisa melihat dari dekat sosok pejuang Gusti Ketut Djelantik dan Jro Jempiring dalam wujud patung berdiri dengan gagahnya. Tidak hanya dalam wujud patung heroik, pengunjung bisa menyaksikan kisah Perang Puputan Jagaraga dalam diorama yang berada di ruang bawah. Cerita perang heroik itu dipajang lengkap dengan patung berukuran kecil yang dibuat mirip dengan aslinya.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi kawasan Pura Dalem Segara Madu di seberang monumen ini. Lokasi tempat wisata Monumen Perang Jagaraga berada di Dusun Dauh Teben, Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali

9. Grand Surya Waterpark
Wisata buatan di Buleleng yang satu ini berupa tempat rekreasi keluargat yang berlokasi di Jalan Seririt- Singaraja Nomor 96, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali yang bernama Grand Surya Waterpark.

Tempat wisata Grand Surya Waterpark merupakan taman rekreasi wisata air pertama di kawasan Bali Utara dengan fasilitas yang modern dan lengkap yang cocok untuk semua usia. Gran Surya Waterpark lebih mengedepankan konsep go green, sehingga waterpark ini berbeda dari yang lainnya. Tidak hanya sebagai wisata air, Gran Surya Water Park juga menawarkan wisata kuliner dan aktivitas wisata lainnya.

Sumber gambar:

https://dispar.bulelengkab.go.id/pariwisata/wisata-buatan/grand-surya-water-park-56
Iklan