free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Di Buleleng Timur
T2/08/2020

Inilah 10 Tempat Wisata Di Buleleng Timur

Iklan
Iklan

Secara administrasi tidak ada wilayah di Bali Utara atau kabupate Buleleng yang bernama Buleleng Timur. Sebenarnya Buleleng Timur merujuk pada dua kecamatan yang ada di kabupaten Buleleng yakni kabupaten Kubutambahan dan Tejakula. Ya, jika dilihat di peta pulau Bali atau peta kabupaten Bueleng, dua wilayah ini berada di Buleleng bagian timur.

Sebagai bagian dari Pulau Bali yang terkenal dengan tempat wisatanya, begitu juga dengan Buleleng Timur yang memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan yang nantinya bisa mensejahterakan warganya. Hanya saja lokasinya yang lumayan jauh dari kawasan bandara Ngurah Rai membuat tempat wisata di Buleleng khususnya Buleleng Timur kurang dimintai oleh wisatawan terutama wisatawan luar negeri. 
Inilah 10 Tempat Wisata Di Buleleng Timur
Tempat wisata di Buleleng Timur

Akan tetapi, bagi yang ingin mencari suasana liburan yang tenang dan nyaman, tentunya jauh dari hingar bingar keramaian, tempat wisata di Buleleng Timur wajib untuk dikunjungi. Suasana pedesaan yang asri akan membuat liburan akan menjadi berkesan. Berikut admin rekomendasikan beberapa tempat wisata di Buleleng Timur yang bisa dikunjungi.

1. Air Terjun Carat Kecil
Buleleng merupakan surganya tempat wisata air terjun, mulai dari air terjun yang sangat tinggi hingga air terjun yang ada di tengah pedalam hutan ada di sini. Salah satu air terjun di buleleng khususnya buleleng timur yang wajib untuk dikunjungi adalah Air Terjun Carat Kecil yang berlokasi di Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan.

Air terjun yang memiliki ketinggian hanya sekitar 15 m ini benar-benar air terjun alami yang belum belum mendapat sentuhan pariwisata sama sekali. Bagi pecinta wisata petualangan, air terjun ini cocok untuk dikunjungi.

2. Air Terjun Yeh Mampeh Les
Air terjun lainnya yang ada di Buleleng Timur adalah air terjun Yeh Mampeh yang dikenal juga dengan nama lain air terjun Les karena berlokasi di Desa Les, Kecamatan Tejakula. Yeh Mampeh arinya “air terbang”. Ya sesuai dengan namanya, air terjun ini ketika air yang jatuh dari ketinggian sekitar 30 meter ketika diterpa angin, airnya akan berterbangan.

Bagi yang suka dengan wisata petualangan, air terjun yeh mampeh bisa dijadikan pertimbangan untuk dikunjungi. Pasalnya untuk menikmati pesona air terjun ini, pengunjung akan diajak jalan kaki menyusuri perkebunan warga yang sangat asri. Begitu sampai perjalanan akan terbayar dengan pesona air terjun yang airnya berterbangan seperti rintik-rintik hujan.

Apalagi tepat di bawah tempat jatuhnya air terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang dengan air yang sangat jernih dan tentunya sangat segar.

3. Kolam Renang Air Sanih
Bosan mengunjungi air terjun melulu? Coba alihkan kunjungan wisata sesekali ke pemandian air tawar yang sangat segar di kolam renang Air Sanih yang berada di Jalan Air Sanih, Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan.

Kolam renang Air Sanih sangat pas dikunjungi bersama keluarga untuk sekedar rekreasi terutama di akhir pekan untuk melepaskan lelah akibat rutinitas harian yang super sibuk sekaligus “reunian” keluarga. Kolamnya yang cukup luas bisa menampung banyak pengunjung lho.

4. Desa Tua Bulian
Desa Bulian berada di Kecamatan Kubutambahan yang merupakan salah satu desa kuno yang ada di daerah Bali utara. Di desa ini banyak ditemukan prasasti terkait dengan perkembangan desa ini. Potensi yang sangat menjajikan untuk menarik wisatawan, sehingga desa ini sekarang dikembangkan menjadi wisata budaya.

5. Desa Tua Sembiran
Selain desa Bulian, ada lagi desa kuno di buleleng timur yang mesti dikunjungi khususnya bagi pecinta wisata sejarah atau wisata budaya yakni Desa Tua Sembiran yang berada di kecamatan Tejakula.

Desa Sembiran merupakan sebuah desa kuno yang sudah berumur ratusan tahun yang kini sudah dikembangkan menjadi desa wisata untuk menarik kunjungan wisatawan. Ada banyak peninggalan bersejarah di desa ini.

6. Desa Tua Julah
Desa tua lainnya di Buleleng Timur yang sudah dikembangkan menjadi desa wisata adalah Desa Tua Julah yang juga berada di Kecamatan Tejakula. Di desa ini terdapat sebuah situs yaitu Situs Batu Gambir Upit. Dalam temuan di situs ini terdapat beberapa buah artefak. Temuan lainnya berupa fragmen gerabah merupakan temuan yang paling banyak dihasilkan dengan tipe-tipe semisal tipe piring, paus, kendi, dan tutup.

7. Bukit Teletubis
Bagi yang suka dengan wisata alam berupa perbukitan yang instagramable, Bukit Teletubis Kubutambahan wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata ini banyak digandrungi oleh kaula muda yang gemar berfoto selfie. Panorama yang disuguhkan benar-benar keren, tidak kalah cantiknya dengan pesona Bukit Teletubis yang ada di Nusa Penida.

Kontur tanah yang berbentuk perbukitan dengan gundukan-gundukan dan lembah hijau sehingga kawasan ini disebut dengan nama Bukit Teletubbies. Dari atas perbukitan ini kita bisa melihat laut di pesisir bali utara di kejauhan. Lokasi Bukit Teletubies Kubutambahan berada di Jalan Cempaka, Desa Jinengdalem, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali.

8. Lingkungan Pura Ponjok Batu
Bagi yang mencari spot fotografi yang unik, mungkin lingkungan Pura Ponjok Batu bisa dijadikan pilihan. Di sini ada sebuah arca batu yang berbentuk perahu kecil yang beralaskan batu di pinggir laut yang bisa dijadikan objek untuk foto-foto.

Selain keunikan arca perahu, tepat dibibir pantai yang berpasir hitam, terdapat sumber air yang muncul dan biasanya digunakan untuk membersihkan diri secara spiritual (melukat). Bagi yang ingin membersihkan diri secara spiritual bisa mencoba melukat di Pura Ponjok Batu yang berada di Jalan Air Sanih, Desa Pacung, Kecamatan Tejakula.

9. Taman Laut Desa Les
Tidak hanya menawarkan pesona air terjunnya, Desa Les juga menawarkan tempat wisata bawah laut yang tidak kalah ciamiknya dengan pesona bawah laut di pantai Pemuteran yang terlebih dahulu sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Taman Laut Desa Les di Kecamtan Tejakula merupakan wisata bawah laut yang menyuguhkan panorama keanekaragaman bawah laut yang sangat mempesona. Tempat wisata ini merupakan spot yang sangat bagus untuk diving maupun snorkeling. Selain keindahan bawah laut, keindahan pantainya juga mampu menyihir pengunjung akan kecantikannya yang dihiasi pohon palem dan perahu nelayan tradisional khas Bali.

10. Taman Segara Desa Penuktukan
Tidak jauh dari Desa Les, tepatnya berada di sebelah timurnya, terdapat lagi tempat menyelam yang sangat keren yakni Taman Segara Desa Penuktukan yang berada di kecamatan Tejakula. Di sini terdapat terumbu karang di bawah lautnya yang menarik bagi kegiatan penyelaman.

Sumber gambar:
https://dispar.bulelengkab.go.id/pariwisata/wisata-bahari/taman-segara-desa-penuktukan-59
Iklan