free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Badung Selain Pantai dan Air Terjun
T2/05/2020

Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Badung Selain Pantai dan Air Terjun

Iklan
Iklan
Badung memang surganya tempat wisata alam khususnya tempat wisata pantai. Di kabupeten yang berjuluk “bumi keris” ini memiliki ratusan titik pantai yang semuanya berada di Badung bagian selatan. Pantai-pantai di Badung didominasi oleh pantai berpasir putih yang eksotis nan memukau mata, tentunya ini menjadi incaran para pelancong yang ingin berburu pantai.
Inilah 10 Tempat Wisata Alam Di Badung Selain Pantai dan Air Terjun
Tempat wisata alam di Badung

Selain wisata alam berupa pantai yang indah, Badung juga memiliki wisata alam berupa air terjun yang lokasinya berada di Badung bagian utara seperti air terjun Nungnung, air terjun Bidadari (Ayung), air terjun Batu Lantang, dan air terjun Sulangai.

Menikmati liburan di Badung tidak harus mengunjungi wisata alam pantai dan air terjun melulu lho, tetapi bisa juga mengunjungi tempat wisata alam lainnya yang tidak kalah menariknya untuk dinikmati suguhannya. Bagi yang ingin mencari tempat wisata alam di Badung selain pantai dan air terjun, Admin rekomendasikan untuk mengunjungi 10 tempat wisata alam di Badung berikut ini.

1. Ekowisata Mangrove Wanasari
Tidak hanya dekat dengan pantai, Bandara Ngurah Rai juga dekat dengan hutan mangrove lho. Bagi yang ingin mencari tempat wisata alam yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai, Ekowisata Mangrove Wanasari atau dikenal juga dengan nama Mangrove Tuban Bali wajib untuk dikunjungi.

Mungkin ini satu-satunya wisata alam non pantai yang lokasinya dekat dengan badara Ngurah Rai, hanya berjarak sekitar 3,1 km, tepatnya berada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Di Ekowisata Tuban Bali para pengunjung akan disuguhkan dengan pesona pemandangan hutan mangrove yang sangat indah. Pelancong akan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu yang berada di tengah hutan mangrove dan di antara keramba kepiting milik nelayan Wanasari. Dengan pohon bakau yang menghijau membuat tempat ini sangat sejuk di siang hari.

Selain bisa berwisata, pengunjung juga bisa mendapatkan banyak ilmu tentang mangrove dan ekologinya di Ekowisata Mangrove Wanasaari. Di kawasan ini juga tersedia warung makan yang menyediakan kuliner khas hasil hutan mangrove, seperti kepiting dan udang.

2. Karang Boma Cliff
Bagi yang ingin menikmati pesona sunset yang sangat spektakuler di Badung tidak hanya di pantai lho. Bisa dinikmati dari atas tebing lho, tempatnya berada di Karang Boma Cliff yang beralamat di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupetan Badung.

Lokasinya yang berada di atas ketinggian tebing curam, pengunjung akan disuguhkan hamparan keindahan alam berupa hamparan samudera yang berada di bawah. Selain menyaksikan birunya samudera dan pesona pantai pasir putih yang ada di bawahnya, wisata di Bali yang satu ini juga sangat instagenik lho. Tempat ini banyak diburu oleh kaula muda yang gemar hunting foto untuk dipajang di sosial media.

Karang Boma Cliff juga bisa digunakan sebagai lokasi kemah lho. Di sini ada tanah lapang yang bisa digunakan untuk lokasi mendirikan tenda. Karena lokasinya di atas tebing, untuk kemah di sini disarankan untuk berhati-hati, terutama pada malam hari.

3. Kawasan Pura Luhur Uluwatu
Tidak jauh dari kawasan Karang Boma Cliff, ada lagi tempat wisata alam berupa pesona tebing yang sangat keren yakni tebing kawasan Pura Luhur Uluwatu. Sangat berbeda dengan Karang Boma Cliff yang sepi dari wisatawan, tebing kawasan Pura Luhur Uluwatu sangat ramai dikunjungi wisatawan tiap harinya.

Dari atas tebing, pengunjung akan melihat hamparan samudera di bawahnya dan di ujung tebing terlihat Pura Uluwatu yang menjadi ikon dari pariwisata Bali. Tempat suci ini dibangun di atas batu karang terjal dan tinggi, posisi karang ini menjorok ke samudra Indonesia yang biru. Sangat cocok untuk latar belakang foto selfie.

Selain keindahan tebing dan tempat suci umat Hindu, Kawasan Pura Luhur Uluwatu terkenal dengan keindahan matahari terbenam (sunset) dan pertunjukan tari Kecak setiap sore hari.

4. Sangeh Monkey Forest
Tempat wisata alam di Badung berikutnya adalah Sangeh Monkey Forest. Tempat wisata yang berlokasi Jalan Brahmana, Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali ini memadukan wisata alam dengan wisata budaya.

Di Sangeh Monkey Forest terdapat sebuah tempat suci umat Hindu yang berada di tengah hutan pala dan dihuni ratusan kera abu-abu ekor panjang. Tempatnya yang sangat unik dan menarik,  membuat kawasan ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Tempatnya yang instagenik membuat tempat ini menjadi incaran para traveler yang hobi hunting foto. Bahkan tempat ini kerap kali digunakan sebagai lokasi foto prewedding lho. Perlu diperhatikan, walaupun kera-kera di sini terbilang jinak, tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati terhadap barang bawaan, karena terkadang monyet di sini mengambil makanan atau minuman yang kita bawa secara paksa.

5. Lembah Tanah Wuk
Tidak jauh dari Sangeh Monkey Forest, ada lagi tempat wisata alam yang layak untuk dikunjungi yakni Lembah Tanah Wuk yang berlokasi Banjar Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Hanya berjarak sekitar 1,5 km dari Sangeh Monkey Forest.

Lembah Tanah Wuk terletak di lembah sungai Tukad Penet yang menghijau dan asri. Tempat ini wajib dikunjungi bagi yang ingin mencari ketenangan dari sibuknya rutinitas harian. Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan sebuah lembah ngarai yang hijau dan mempesona dengan keadaan lingkungan yang sangat tenang.

Sajian lainnya yang tidak kalah ciamik adalah barisan perbukitan yang menghijau dengan nyiur yang melambai-lambai, hamparan sawah yang berundak, dan perkebunan kopi milik masyarakat setempat yang menambah keindahan alam tersebut.

Sebagai tempat wisata, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pengelola tempat wisata tersebut menyediakan fasilitas pendukung seperti seperti gazebo sebagai tempat nongkrong dan anjungan untuk menyaksikan keindahan alam sekitar dengan bentuk unik seperti anjungan jukung yang bisa digunakan sebagai spot untuk foto selfie.

6. Waka Tangga
Puas menikmati keindahan Lembah Tanah Wuk, coba lanjutkan perjalanan ke Desa Petang untuk menikmati pesona alamnya. Salah satu spot wisata alam di desa petang yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Waka Tangga.

Di sini pengunjung akan ditawarkan dengan wisata berupa perjalanan khusus yang menantang dan mengesankan sambil menyaksikan pemandangan alam dengan melintasi alam pedesan yang masih asri, dilanjutkan dengan menyusuri area perkebunan, hutan, lembah, dan sungai untuk sampai di sebuah gunung.

7. Pulau Nusa Dharma
Wisata alam yang satu ini berada di kawasan wisata populer di Bali yakni Pulau Nusa Dharma yang berlokasi di kawasan ITDC Nusa Dua, Desa Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Pulau yang tidak perpenghuni ini memiliki lapangan rumput yang luas dan rerimbunan pohon yang hijau. Di pulau ini kita bisa melihat indahnya sunrise di pagi hari. Kawasan ini sudah difasilitasi jogging track, sehingga sangat bagus untuk aktivitas lari-lari pada pagi hari dan sore hari.

8. Pulau Peninsula
Masih di Nusa Dua, ada lagi tempat wisata alam selain pantai yang bisa dikunjungi yakni Pulau Peninsula. Pulau ini bersebelahan dengan pulau Nusa Dharma. Pengunjung ke pulau ini akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menyejukan mata dengan lapangan rumput hijau yang luas dan sudah tertata dengan rapi.

Di pulau Peninsula sudah terdapat jogging track yang mengelilingi sebuah patung tokoh pewayangan Arjuna dan Kresna yang berdiri kokoh di tengah lapangan rumput yang menghijau. Tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik, pulau ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara tiap harinya.

Pagi hari kita juga bisa menyaksikan fenomena matahari terbit (sun rise), sedangkan pada sore hari kita bisa menyaksikan matahari tenggelam (sunset). Di sini juga terdapat objek wisata yang fenomenal yaitu objek wisata Water Blow yang sangat diminati oleh wisatawan yang suka berfoto selfie.

9. Ladang Bunga Gumitir
Ingin menikmati pemandangan alam berupa hamparan bunga marigold yang berwarna kuning keemasan? Coba lancong sesekali ke Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan ciamiknya pesona ladang perekebunan gumitir yang  sangat luas sekali. Ladang perkebunan bunga milik petani Desa Belok tersebut mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung untuk sekedar berfoto. Karena foto yang dihasilkan sangan bagus dan unik, tidak mengherankan jika kawasan ini menjadi bururan fotograher profesional. Bahkan pasangan yang akan menikah melakukan sesi foto prewedding di ladang bunga ini.

10. Tukad Ayung
Ingin menikmati pesona alam sambil menguji adrenalin? Coba bermain rafting di Sungai Ayung. Ya memang Sungai Ayung sangat terkenal sebagai tempat wisata rafting di Bali dengan pesona alam yang sangat indah.

Selama mengayuh dayung sejauh 12 km dengan perahu karet, pengunjung akan menyusuri aliran sungai Ayung dengan deburan keras arus sungai yang tiada henti menerpa dan membasahi badan. Suguhan alam di sepanjang sungai Ayung juga sangat menarik untuk diperhatikan.
Iklan