free counter with statistics Pura Luhur Pucak Sari Di Bukit Cemeng
T8/20/2013

Pura Luhur Pucak Sari Di Bukit Cemeng

Iklan
Iklan
Untuk mencapai pura ini banyak sekali jalan alternatif bisa ditempuh yaitu bisa melalui jalur Desa Telengan, lewat Banjar Ulah Sidemen yang nantinya akan bertemu Pura Gunung Dwangga, lewat jalur Desa Iseh ataupun lewat jalur Desa Padang Tunggal. Jalur yang sering kami gunakan adalah jalur Banjar Ulah Sidemen (jalur Gunung Dwangga). Jalur ini merupakan jalur terpanjang karena anda harus mencapai Pura Gunung Dwangga terlebih dahulu yang letaknya di puncak Gunung Dwangga, kemudian arahkan perjalanan anda ke arah timur laut melewati jalan setapak. Tetapi di jalur ini anda bisa sembahyang di Pura Gunung Dwangga terlebih dahulu.

Sepanjang perjalanan selama mendaki Gunung Dwangga pemandangan alamnya sungguh luar biasa. Jika Anda arahkan pandangan ke utara Anda akan menyaksikan Gunung Agung yang menjulang tinggi dan jika anda arahkan pemandangan ke arah tenggara, sungguh mempesona dengan lautnya yang indah. Dari puncak Gunung Dwangga anda harus arahkan perjalanan dengan menyusuri jalan setapak ke arah timur laut untuk mencapai Pura Luhur Pucak Sari, dengan melewati rumah-rumah penduduk dan tegalan-tegalan penduduk yang ada tanaman salaknya. Jika anda membawa uang, Anda bisa membeli salak di tegalan penduduk yang tentunya lebih murah karena langsung diambil dari pohonnya.

Jalur ini merupakan jalur yang sangat panjang dan berliku-liku. Dari pucak Gunung Dwangga kira-kira menghabiskan waktu kurang lebih satu jam perjalanan untuk mencapai Pura Luhur Pucak Sari. Setelah mencapai kawasan Pura Luhur Pucak Sari, kira 100 meter dari lokasi pura anda akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa, sungguh sangat mengagumkan akan kebesaran Tuhan. Anda tidak akan henti-hentinya menyaksikan pemandangan di sana.

Jika anda melakukan persembahyangan ke Pura Luhur Pucak Sari tetapi tidak membawa air suci (tirta) anda harus menuju Pura Tirta Aji untuk memohon air suci. Letaknya di selatan Pura Luhur Pucak Sari. Kami tidak ceritakan tentang Pura Tirta Aji dan akan kami bahas pada postingan berikutnya.

Pura Luhur Pucak Sari terletak di Bukit Cemeng, Desa Telengan, Kabupaten Karangasem, yang berlokasi persis di bagian puncak bukit setinggi kurang lebih 1.500 meter di atas permukaan laut. Konon Pura Luhur Pucak Sari ada hubungannya dengan Pura Luhur Andakasa. Pura Luhur Pucak Sari merupakan pura sebagai stana dari Dewa Wisnu.

Hampir sama seperti pura pada umumnya, Pura Luhur Pucak Sari terdiri dari tiga mandala (kawasan) yaitu nista mandala, madya mandala dan utama mandala. Pada nista mandala merupakan jaba sisi, lokasi ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk berjualan pada saat ada pujawali yang jatuh pada hari Anggara Kasih Wuku Tambir. Sehingga di jaba sisi terdapat bekas-bekas warung yang belum dibersihkan oleh pemiliknya. Di madya mandala terdapat tiga bangunan besar, yang digunakan untuk istirahat oleh pengunjung yang datang ke pura tersebut, sedangkan di utama mandala yang merupakan tempat sembahyang. Di utama mandala terdapat banyak pelinggih. Salah satu pelinggih yang paling unik yang kami lihat adalah ada sebuah pelinggih bebaturan dengan sembilan ruangan. Pada saat kami sembahyang, pura ini tembok penyengkernya dalam keadaan rusak parah. Di sebelah timurnya temboknya romboh dan tak terawat.

Pura Pucak Sari Di Bukit Cemeng

Selesai melakukan persembahyangan kami istirahat untuk membuka perbekalan yang kami bawa dari rumah. Di sebelah timur pura ada tempat yang sangat bagus untuk menikmati pemandangan sambil membuka perbekalan. Di sini Anda bisa menyaksikan laut Padang Bai yang indah.

Setelah selesai mengisi perut kami yang keroncongan, tim melanjutkan perjalanan untuk pulang. Kami pulang dengan melewati jalan yang sebelumnya kami lewati (kembali ke puncak Gunung Dwangga). Sebenarnya ada jalan alternatif lain yang lebih pendek, yaitu lewat Desa Iseh. Tetapi karena kami memarkir sepeda motor di Banjar Ulah sehingga terpaksa kami kembali ke jalur Gunung Dwangga.

Oke demikian sekilas perjalanan kami ber-long trip ke Pura Luhur Pucak Sari.
Iklan