T10/23/2015

Tempat Wisata Taman Kota Negara Jembrana

Jika Anda dari kawasan kuta dan akan menuju pantai sanur lewat jalan by Pass Ngurah Rai, maka Anda akan menemukan patung besar yang kokoh berdiri. Patung tersebut terletak di persimpangan yang menghubungkan wilayah Kuta, Sanur, Nusa Dua dan Denpasar. Persimpangan tersebut bernama Simpang Siur. Sedangkan patung yang berdiri dengan megahnya tersebut bernama Patung Dewa Ruci. Tahukah Anda bahwa Patung Dewa Ruci tidak hanya ada di Simpang Siur, Patung Dewa Ruci juga berada di Taman Kota Negara atau yang dikenal dengan nama Taman Pecangakan.

Tempat Wisata Taman Kota Negara Jembrana
Taman Kota Pecangakan
Di Taman Pecangakan ini terdapat kolam air mancur yang ditengahnya berdiri patung Dewa Ruci. Patung ini terinspirasi dari kisah pewayangan Mahabhrata. Adapun cerita patung tersebut mengisahkan tentang perjalanan Bima mengambil air suci ditengah samudra yang dihadang oleh naga yang sangat besar.

Dikisahkan pada saat itu, Bima ditugaskan oleh gurunya yaitu Drona untuk mencari air suci penghidupan di samudera yang luas. Bima patuh dengan gurunya sehingga bima pun menjalankan misi tersebut tanpa gentar. Ketiba tiba di dasar lautan yang gelap Bima dihadang oleh Naga sang penjaga samudera dengan pertarungan yang pada akhirnya dimenangkan oleh Bima dengan menggunakan kukunya. Kemudian Bima menemui sesosok anak kecil yang menyerupai dirinya sendiri yang merupakan titisan Dewa Ruci yang turun ke bumi setelah mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh Bima. Nah dari kisah tersebut maka dibangunlah patung Dewa Ruci di taman pecangakan.

Untuk mengakses Taman Pecangakan sangatlah mudah karena berada di area perkantoran Pemerintah Kota Negara dan juga lokasinya dekat dengan jalan Raya jalur Gilimanuk Denpasar yaitu di Jalan Jendral Sudirman, kota Negara, Jembrana. Jarak tempuh yang diperlukan untuk dapat sampai ke taman ini lebih kurang 96 km dengan waktu tempuh kira-kira 110 menit perjalanan dari Kota Denpasar. Taman Pecangakan ini sangat mudah dikenali karena patung Dewa Ruci tersebut dapat dilihat dari jalan raya dengan air mancurnya yang sangat indah.

Wisata Taman Kota Negara Jembrana
Patung Dewa Ruci di Taman Kota Negara
Area di taman kota pecangakan ini sangat rindang karena terdapat beberapa pohon sebagai penghijauan. Di sini kita juga bisa menemukan beberapa aneka pohon misalnya pohon kelapa sawit, pohon kamboja, dan lain sebagainya sehingga kawasan ini benar-benar asri. Taman kota ini akan ramai dikunjungi oleh penduduk lokal pada saat sore hari. Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan yaitu duduk-duduk (bersantai), bermain bola, jalan-jalan, lari, berfoto-foto, dan lain sebagainya.

Di taman kota ini juga terdapat lapangan rumput yang cukup luas dan sering digunakan untuk kegiatan upacara bendera pada hari-hari tertentu. Selain itu Anda juga bisa melihat patung Drupadi, Kresna, Sangkuni, Arjuna, Sri Kandi dan Rama. Sementara itu di bawa patung tersebut terdapat prasati peninggalan jepang, karena taman ini dulunya merupakan lapangan peninggalan jepang dengan luas dua hektar.

Taman Kota Negara Jembrana
Kolam di Taman Kota Negara
Untuk mendukung sektor kepariwisataan maka pemerintah kabupaten Jembrana menyediakan area parkir yang cukup luas. Jika Anda ingin menikmati fasilitas hotel, maka tidak jauh dari area taman pecangakan sudah ada hotel yang siap memanjakan diri Anda. Jadi jika Anda melewati jalur ini dan hari sudah menjelang sore, silahkan sempatkan diri Anda melepaskan lelah dengan mengujungi taman pecangakan ini.

0 Response to "Tempat Wisata Taman Kota Negara Jembrana"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif