free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bangli
T8/31/2016

Tempat Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bangli

Keindahan air terjun memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Walaupun pulau Bali berukuran kecil tetapi memiliki banyak tempat wisata air terjun yang tidak kalah indah dan tentunya memiliki keunikan tersendiri. Sebelumnya longtripmania.org sudah mengulas tentang tempat wisata air terjun Tangkub yang berada di Bangli. Pada kesempatan ini admin kembali mengulas tentang air terjun yang lokasinya tidak begitu jauh dengan air terjun Tangkub yakni air terjun Tukad Cepung.
Tempat Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bangli
Air terjun Tukad Cepung

Untuk mencapai lokasi air terjun ini kita harus menuruni jalan yang berundak, menyusuri pinggiran kali, dan menuruni tebing dengan bebatuannya mirip seperti ngarai tersembunyi di Guwang (Guwang Hidden Canyon). Wisatawan juga harus menyelinap ke tengah-tengah diantara tebing yang menyerupai goa lantaran jalan yang sempit sebelum menemukan mencapai air terjun ini. Sepanjang perjalanan pemadangan alam sekitarnya tampak asri dengan rimbunnya pepohonan sekitar.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Jika diperhatikan sekilas tampak air terjun ini jatuh dari langit karena disilaukan oleh cahaya matahari, sehingga tidak mengherankan kalau air terjun ini dikatakan sebagai air terjun dari langit.

Untuk menikmati air terjun ini kita harus membayar donasi secara sukarela (tidak ada tarif masuk) yang akan digunakan untuk pengelolaan tempat ini. Air terjun ini dikelola oleh seka teruna-teruni desa setempat. Begitu Anda sampai diparkiran kita akan disabut oleh anak-anak muda dari banjar setempat dengan ramah serta menunjukan lokasi air terjun Tukad Cepung.

Wisatawan yang datang ke air terjun Tukad Cepung ini kebanyakan wisatawan lokal. Tidak hanya dinikmati oleh wisatawan lokal, terkadang juga terlihat wisatawan mancanegara yang ikut menikmati pesona air terjun ini. Selain bisa menikmati indahnya air terjun kita juga bisa melukat di area ini, karena tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat tempat penglukatan (penyucian diri) yang disebut Petirtaan Nawa Tirta.

Lokasi dan Cara Akses Air Terjun Tukad Cepung

Lokasi air terjun Tukad Cepung berada di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Dari kota Bangli hanya berjarak sekitar 8 km, sedangkan jika dari Kota Denpasar berjarak kira-kira 38,8 km. Dari Bandara Ngurah Rai menempuh jarak sekitar 53 km atau dengan waktu tempuh kira-kira 71 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.
Adapun rute perjalaanan yang bisa dilalui untuk menuju tempat wisata air terjun Tangkub (Slau) dari BandaraNgurah Rai yakni sebagai berikut. Begitu keluar dari kawasan Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan menuju jalan Tol bali Mandara hingga ke Jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur. Dari Jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur arahkan kendaraan ke timur hingga ke tempat wisata Patung Titi Banda. Dari Patung titi Banda arahkan kendaraan ke timur ke Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan pantai Tegal Basar lalu belok ke kiri menuju jalan Tegal Besar.

Dari Jalan Tegal Besar menuju Jalan Raya Tusan kemudian ke Jalan Bakas hingga jalan raya Tembuku. Setelah menemukan perempatan yang terdapat sebuah tugu jam, ambil jalur lurus hingga menemukan sebuah poster besar sebagai petunjuk arah menuju lokasi air terjun. Ikuti plang petunjuk arah yang sudah dibuatkan dalam bentuk kertas yang dilaminating maka pengunjung akan dituntun hingga ke area parkir. Dari area parkir kita harus menuruni anak tangga dan menyusuri jalan setapak dipinggir kali yang terdapat dam yang cukup dalam. Ikuti jalan setapak tersebut maka Anda akan sampai di air terjun Tukad Cepung (Silahkan baca juga tempat wisata di Bali lainnya).