free counter with statistics Inilah 6 Pelabuhan Di Bali Yang Perlu Diketahui
T10/27/2017

Inilah 6 Pelabuhan Di Bali Yang Perlu Diketahui

Iklan
Iklan
Untuk bisa menginjakan kaki di pulau bali ada dua alternatif yang bisa ditempuh yakni melalui jalur udara yang akan mendarat di bandara internasional I Gusti Ngurah Rai dan melalui jalur laut melalui beberapa titik pelabuhan yang tersebar di penjuru pulau bali. Perlu diketahui bahwa bali memiliki enam pelabuhan yang beroperasi sampai saat ini. Keenam pelabuhan laut tersebut yakni sebagai berikut.

1. Pelabuhan Gilimanuk
Pelabuhan Gilimanuk
IMG by Instagram via Adip Setiyono

Jika anda datang dari kawasan barat (pulau Jawa) dan ingin menginjakan kaki di pulau bali melalui jalur laut maka akses yang paling cepat adalah melalui pelabuhan gilimanuk. Pelabuhan ini merupakan satu-satunya pintu masuk lewat darat dari Pulau Jawa. Objek wisata yang mungkin bisa dikunjungi jika melalui pelabuhan Gilimanuk yakni objek wisata kawasan bali barat dan bali utara, seperti pantai karang sewu, taman nasional bali barat, pantai lovina, pantai pemuteran, dan lain sebagainya. Pelabuhan Gilimanuk berada di kabupaten Jembrana.

2. Pelabuhan Padangbai
Tempat Wisata Sekitar Pelabuhan Padang Bai Karangasem
View di Pelabuhan Padang Bai
Jika anda datang dari kawasan timur (pulau lombok) maka jalur laut yang bisa kamu gunakan adalah melalui pelabuhan padang bai. Sekitar pelabuhan padang bai memiliki view yang sangat mempesona, sehingga tidak hanya dapat dijadikan sebagai jalur penyeberangan, pelabuhan ini juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik. Bahkan sekitar pelabuhan ini terdapat tempat wisata yang mudah dijangkau. Adpaun objek wisata yang dekat dengan pelabuhan padang bai yakni pantai bias tugel, pantai padang kurungan (bloo lagoon beach), pantai padang bai, dan pantai candidasa. Yang paling menarik, sekitar kawasan pelabuhan padang bai memiliki pesona bawah laut yang sangat keren. Pelabuhan padang bai berada di Kabupaten Karangasem. Tidak hanya untuk jalur penyeberangan ke pulau lombok lho, pelabuhan padang bai juga bisa digunakan untuk menyeberang ke nusa penida.


3. Pelabuhan Benoa
Pelabuhan Benoa
IMG by Instagram via psyaenawaastra

Pelabuhan Benoa melayani kapal penumpang dan bongkar muat dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kapal pesiar sering bersandar di pelabuhan ini. Pelabuhan ini merupakan pintu masuk ke kota Denpasar melalui jalur laut. Pelabuhan ini sangat mudah sekali dilihat dari pulau serangan. Yang paling keren, pada tahun 2010 pelabuhan ini mendapat penghargaan dari Majalah Dream World Cruise Destination sebagai Best Port Welcome. Pelabuhan Benoa berada di Kota Denpasar. Adapun objek wisata yang dekat dengan pelabuhan benoa yakni pantai tanjung benoa yang terkenal dengan olahraga airnya (water sport), pulau serangan yang terkenal dengan pusat penangkaran penyunya, dan pantai mertasari sanur.

4. Pelabuhan Celukan Bawang
IMG by Instargram via Sabine

Pelabuhan Celukan Bawang dulunya difungsikan sebagai pelabuhan khusus bongkar muat bahan bangunan berupa kayu dan semen di Bali Utara. Akan tetapi akhir-akhir ini pelabuhan itu juga difungsikan menjadi pelabuhan penumpang. Apalagi rencananya pada pertengahan bulan Desember 2017 akan mendarat kapal pesiar berukuran jumbo yang membawa ribuan wisatawan mancanegara ke pelabuhan celukan bawang ini. Tentu ini akan menjadi angin segar bagi perkembangan pariwisata di bali utara.

5. Pelabuhan Amuk
Labuan Amuk
IMG by Instagram via labuan_amuk

Pelabuhan amuk merupakan pelabuhan kapal pesiar bertaraf internasional yang ada di pulau bali. Tidak hanya sebagai tempat singgahnya kapal pesiar, tetapi sekitar pelabuhan memiliki view yang sangat bagus. Pantai di sekitar pelabuhan amuk sangat mempesona dan tersembunyi sehingga tidak banyak yang mengetahui potensi yang di miliki kawasan ini. Semoga dengan seringnya kapal-kapal wisata berlabuh di pelabuhan ini akan mengangkat citra wisata bali timur ke kancah internasional sebagai tempat wisata yang layak untuk dikunjungi dengan susana yang tenang dan nyaman. Lokasi pelabuhan ini berada di kecamatan Manggis, kabupaten Karangasem, Bali.

6.  Pelabuhan Tribuana
Pelabuhan Tribuana Klungkung Bali
Warga sedang memuat barang yang akan di bawa ke Nusa Penida
Jika anda ingin menikmati pesona keindahan di kawasan nusa penida dan sekitarnya, selain melalui pelabuhan Padang Bai, juga bisa melalui pelabuhan Tribuana yang berada di Desa Kusamba, kabupaten Klungkung, Bali. Sekitar pelabuhan tribuana juga memiliki view yang sangat bagus dengan pantai yang berpasir hitam.


Nah itu nama-nama pelabuhan yang ada di bali yang bisa anda gunakan untuk menyeberang ke luar pulau bali sesuai dengan tujuan anda.
Iklan