T12/27/2016

Tempat Wisata Pelabuhan Tribuana Klungkung Bali

Nusa Penida merupakan salah satu tujuan alternative bila berliburan di Bali. Nusa Penida merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Klungkung sekaligus nama gugusan pulau yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali dan berbatasan langsung dengan selat Badung.  Kecamatan Nusa Penida terdiri dari tiga pulau yakni Pulau Nusa  Lembongan, Nusa Ceningan & Nusa Penida. Untuk menuju ke Nusa Penida hanya bisa melalui jalur laut karena belum ada jembatan yang menghubungkan Pulau Bali dengan pulau yang ada di Nusa Penida. 
Tempat Wisata Pelabuhan Tribuana Klungkung Bali
Pantai Tribuana, Kusamba

Salah satu tempat penyeberangan untuk menuju Nusa Penida bisa melalu pelabuhan tradisional Tribuana. Tidak hanya digunakan sebagai jalur penyeberangan, pelabuhan ini juga memiliki view pantai yang sangat indah. Pagi hari kita bisa melihat matahari terbit dari pelabuhan tradisional ini. Siang hari kita bisa melihat jukung nelayan yang bersandar, sungguh pemandangan yang unik apalagi ditambah dengan proses bongkar muat di pelabuhan ini.
Pelabuhan Tribuana Klungkung Bali
Warga sedang memuat barang yang akan di bawa ke Nusa Penida
Tampak beberapa buruh bercucuran keringat untuk mengangkut berbagai barang yang akan diseberangkan ke Nusa Penida. Aktivitas di pelabuhan tradisional di Klungkung ini sudah mulai beraktivitas, sejak matahari mulai terbit. Ratusan warga tampak bersabar menanti kedatangan kapal boat, yang akan membawa mereka  menyebrang ke Nusa Penida.

Pantai dengan pasir yang berwarna hitam sangat cocok untuk sesi foto-foto pada sore hari. Mengambil objek foto dekat dengan jukung nelayan akan menambah pengalaman Anda berfoto di pantai menjadi beragam.

Tidak jauh dari pelabuhan tradisional ini, terdapat tempat memproduksi pindang. Pindang (dalam bahasa Bali disebut Be Pindang) merupakan hasil olahan ikan dengan cara kombinasi perebusan (pemasakan) dan penggaraman. Produk yang dihasilkan merupakan produk awetan ikan dengan kadar garam rendah. Jenis ikan yang dipindang bermacam-macam yakni tongkol, cakalang, slengseng, lemuru, dan krincing. Kita juga bisa melihat secara langsung proses produksi pindang tersebut dan membelinya secara langsung di sana. Tentu harga pindang di sana lebih murah karena kita membeli secara langsung di tempat proses produksinya.

Lokasi dan Cara Akses Pelabuhan Tribuana

Lokasi tempat wisata pelabuhan tradisional Tribuana berada Jalan Eka Bhuana, Dusun Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali. Dari obyek wisata Goa Lawah hanya berjarak 2 km (5 menit perjalanan), dari tempat wisata Kertha Gosa (Kota Semarapura) hanya berjarak 8,2 km (15 menit perlajanan), dari denpasar hanya berjarak 33 km (56 menit perjalanan), dan dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 46,5 km (1 jam 8 menit).

Akses menuju tempat wisata pelabuhan tradisional tribuana sangatlah mudah karena jalan untuk sudah diaspal dengan sangat baik sekali. Tidak jauh dari lokasi pelabuhan sudah tersedia tempat menitipkan sepeda motor bagi yang ingin menyeberang ke Nusa Penida. Berikut cara mengakses pelabuhan tradisional Tribuana dari Bandara Ngurah Rai. Begitu keluar dari kawasan bandara, ambil jalan by pass Ngurah Rai menuju Sanur melalui jalan Tol Bali mandara hingga ke tempat wisata Patung Titi Banda.

Dari patung titi Banda menuju jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra ke Timur hingga ke perempatan Kusamba – Semarapura – Goa Lawah, kemudian belok ke kanan menuju jalan Kusanegara. Dari perempatan ini kira-kira menempuh jarak 3,2 km (7 menit perjalanan) belok ke kanan untuk menuju Jalan Eka Buana. Ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai di kawasan pantai (pelabuhan).
Adapun objek wisata yang dekat dengan objek wisata pelabuhan tradsional Tribuana yakni Desa Wisata Kamasan, Kerta Gosa, Bendungan Yeh Unda (Tirai Air Terjun), Goa Lawah, Pantai Lebih, Taman Safari dan Bahari Bali, dan Bukit Belong. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali lainnya.

0 Response to "Tempat Wisata Pelabuhan Tribuana Klungkung Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif