free counter with statistics Tempat Wisata Bukit Belong (Blong) Gunaksa Klungkung
T7/14/2016

Tempat Wisata Bukit Belong (Blong) Gunaksa Klungkung

Iklan
Iklan
Ada satu tempat wisata di Bumi Serombotan (julukan untuk kabupaten Klungkung) yang sedang nge-hits di tahun 2016, yakni tempat wisata Bukit Belong atau Bukit Blong. Tempat wisata ini menjadi terkenal berkat bantuan sosial media yang begitu gencarnya mempromosikan tempat ini. Hampir tiap hari ada saja yang meng-upload foto-foto di Bukit Blong ke sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya. Apa yang unik di Bukit Blong Gunaksa?
Tempat Wisata Bukit Blong
Keindahan alam dari atas bukit Blong

Bukit Belong (Blong) menyajikan panorama alam yang mampu membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di atas perbukitan. Dari atas perbukitan kita bisa melihat hamparan sawah yang menghijau di bawah perbukitan. Jika pandangan kita arahkan ke selatan, kita akan disuguhkan dengan pemandangan pantai selatan Pulau Bali dengan air lautnya yang membiru yang dihiasai dengan gugusan kepulauan Nusa Penida. Sedangkan view disebelah utara dan timur lautnya berupa berbukitan juga. Sedangkan sebelah baratnya kita akan melihat keindahan pemukiman penduduk di Desa Gunaksa yang dihiasi dengan pepohonan yang menghijau disekitarnya. Sungguh pemandangan yang unik dan langka.

Di atas perbukitan kita bisa berfoto selfi di hamparan rumput ilalang (ambengan) yang menghijau. Tidak mengherankan jika tempat ini banyak dikunjungi oleh pasangan muda mudi untuk berfoto selfi atau sekedar merasakan sensainya berfoto di atas bukit ini. Keindahan alam di bukit ini akan lebih indah kita rasakan pada saat pagi hari atau sore hari. Dengan hawa udara yang tidak begitu menyengat kita bisa duduk santai di hamparan rumput ilalang sambil menikmati indahnya alam desa Gunaksa yang begitu asri.
Wisata Bukit Belong (Blong) Gunaksa Klungkung
Menikmati alam dari Bukit Belong (Foto: Dwi Saputra)

Lokasi dan Cara Akses Ke Bukit Blong

Bukit Blong merupakan nama sebuah perbukitan yang berada di Banjar Buayang, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, kabupaten Klungkung. Untuk menuju tempat ini sangatlah mudah karena sudah ada jalan beraspal untuk mengakses bukit ini. Dari Bandara Ngurah Rai hanya menempuh jarak kurang lebih 47 km perjalanan atau dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Sedangkan dari pusat Kota Denpasar hanya menempuh jarak kurang lebih 32 km. Jika datang dari pusat Kota Semarapura hanya berjarak kurang lebih 4 km.
Bukit Belong (Blong) Gunaksa Klungkung
Hamparan ilalang di Bukit Belong

Berikut cara mengakses tempat wisata Bukit Blong dari bandara Ngurah Rai. Begitu keluar dari kawasan Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan anda menuju Jalan Tol Bali Mandara hingga ke Perempatan Pesanggaran, lalu belok ke kanan menuju Jalan By Pass Ngurah Rai hingga sampai di tempat wisata Patung Titi Banda. Dari sini arahkan kendaraan anda ke timur menuju jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra. Setelah menempuh jarak kira-kira 25 km dari Patung Titi Banda, akan menemukan lampu pengatur lalu lintas diperempatan menuju Kusamba, Gunaksa, Padang Bai (masih di Jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra).

Dari perempatan Kusamba, Gunaksa, Padang Bai ambil arah belok kiri menuju desa Gunaksa. Setelah menemukan pertigaan yang kedua lalu belok ke kanan, akan disambut dengan “Selamat datang di Desa Gunaksa” dan terdapat monumen lambang dari Desa Gunaksa itu sendiri. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan di kantor kepala Desa Gunaksa lalu belok kiri. Ikuti jalan tersebut. Jika menemukan sebuah jalan yang dipaving dan terdapat pohon kelapa yang ditanam berjejer dengan rapi, itulah jalan menuju Bukit Blong. Ikuti jalan yang cukup menanjak yang dipaving tersebut dan parkirkan kendaraan anda di sana.
Lokasi dan Cara Akses Ke Bukit Blong
Monumen lambang dari Desa Gunaksa

Dari area parkir petualangan menuju Bukit Blong dimulai. Dengan menempuh jarak kira-kira 150 meter dengan jalan kaki dari aera parkir, kita akan sampai di atas perbukitan dengan pemandangan alam yang memukau.


Adapun tempat wisata yang dekat dengan bukti blong ini yakni tempat wisata Bendungan Yeh Unda di Dawan, Taman Kerta Gosa, Monumen Puputan Klungkung, Pura Goa Lawah, dan pantai-pantai di sepanjang desa Kusamba.
Iklan