free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Yang Searah Dengan Pura Besakih
T3/05/2018

Inilah Tempat Wisata Yang Searah Dengan Pura Besakih

Iklan
Iklan
Besakih merupakan nama sebuah desa yang berada di kecamatan rendang, kabupaten karangasem yang lokasinya berada di kaki Gunung Agung. Tepat di sebelah barat daya lereng gunung tertinggi di Bali ini terdapat sebuah kompleks tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Besakih. Tempat suci ini menjadi objek wisata paling populer di kabupaten Karangasem selain objek wisata Candidasa dan tulemben.

Di tempat wisata Pura Besakih wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan tempat suci umat Hindu yang unik dan menarik. Tidak hanya dikunjungi oleh umat Hindu yang ingin melakukan persembahyangan, tempat ini juga dikunjungi oleh wisatawan nusantara (luar pulau Bali) dan wisatawan mancanegara. Para wisatawan bisa melihat keindahan tempat ini pada tempat yang sudah ditentukan. Pengunjung bisa berfoto selfie dengan latar “meru” yang menjulang tinggi. Karena tempat ini merupakan kawasan suci, maka wisatawan disarankan untuk berpakaian sopan saat memasuki kawasan tempat suci ini.

Untuk menuju ke tempat wisata Pura Besakih wisatawan akan menempuh jarak sekitar 65,4 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai versi Google Map. Tentu perjalanan tersebut akan sangat membosankan jika berwisata ke Besakih tanpa mengunjungi tempat wisata lainnya yang searah dengan perjalanan. Untuk itu, admin bagikan beberapa tempat wisata keren yang searah dengan perjalanan menuju objek wisata Pura Besakih sehingga perjalanan lebih menyenangkan.

1. Taman Satrya Gatotkaca
Begitu keluar dari kawasan bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, objek wisata yang pertama kali wisatawan akan temui adalah Taman Satrya Gatotkaca atau lebih dikenal dengan sebutan “Patung Kuda Tuban Bali”. Di taman ini terdapat sebuah patung enam ekor kuda menarik kereta perang yang dikusiri oleh Raja Salya. Dalam kereta perang tersebut berdiri pangeran karna yang perang melawan raden Gaotokaca. Di taman ini belum ada pohon perindang sehingga pada siang hari tidak banyak yang berkunjung ke lokasi ini, walaupun ada biasanya mereka hanya sekedar berfoto-foto sebentar. Tempat ini akan ramai dikunjungi pada malam hari atau menjelang akan malam hari. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan raya sebelum trafic light di Desa Tuban yang berjarak sekitar 2,4 km dari kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, tepatnya berada di Jalan Raya Tuban No.1, Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

2. Desa Wisata Serangan
Serangan merupakan nama sebuah pulau sekaligus nama sebuah desa di kecamatan Denpasar Selatan. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai destinasi wisata yang menarik. Jadi, sebelum menuju ke objek wisata pura besakih, bisa juga mampir ke desa wisata serangan untuk menikmati sajian beberapa tempat wisata. Di sini terdapat pantai pasir putih yang eksotis dengan ombak yang tidak terlalu besar. Tidak jauh dari kawasan pantai terdapat sebuah dermaga penyeberangan dari Bali ke Nusa Penida dan sekitarnya yang memiliki view sangat bagus. Di sini kita bisa berfoto-foto dengan latar dermaga. Di dermaga ini terdapat enam buah patung dengan mengambil bentuk seorang nelayan dan petani rumput laut. Tidak hanya memiliki pantai alami, desa wisata serangan juga memilikipantai buatan atau pantai reklamasi dan danau buatan. Karena hasil reklamasi, maka seluruh pantai ini dibentengi dengan batu yang sangat besar. Sambil duduk di atas batu, kita bisa melihat aktivitas di pelabuhan benoa. Sore hari di kawasan hasil reklamasi ini menawarkan keindahan matahari tenggelam yang sangat memukau. Destinasi wisata lainnya yang menarik di sini adalah penangkaran penyu, penangkaran hiu atau lebih dikenal dengan nama “Bali Shark”, umah adat Suku Bugis, underwater seawalker (jalan-jalan menikmati keindahan bawah laut), Pura Sakenan, dan spot memancing terbaik di Bali. Lokasi: Pulau Serangan, Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

3. Pantai Di Kawasan Sanur
Sanur merupakan salah satu desa yang ada di Bali yang memiliki destinasi wisata terbaik. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan pesona pantai yang sangat menawan hati. Momen terbaik saat mengunjungi pantai ini adalah ketika matahari akan terbit di pagi hari. Perlu diketahui bahwa di kawasan sanur terdapat banyak titik pantai dengan nama yang berbeda-beda. Mulai dari pantai matahari terbit, Bali Becah Sanur, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindu, Pantai Karang, Pantai Batu Jimbar, Pantai Duyung, Pantai Cemara Alit, Pantai Semawang, Pantai Mertasari, dan pantai Pengembak. Semua pantai tersebut terhubung dengan jalan setapak atau jogging trackyang panjangnya mencapai sekitar 5 km. Sekitar pantai banyak terdapat restoran yang menyediakan berbagai macam menu. Jadi sebelum berkunjung ke besakih bisa juga mampir ke restoran yang ada di Sanur untuk mengisi perut sembari menikmati pesona pantainya. Lokasi: Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

4. Big Garden Corner
Tempat ini memang benar-benar unik, di mana pengunjung akan disajikan dengan ratusan patung klasik dengan berbagai ukuran ditambah dengan adanya miniatur candi Borobudur membuat kawasan ini benar-benar unik. Banyak hal akan ditawarkan di sini mulai dari rumah pohon, spot foto dengan latar batu besar yang tinggi berdiri tegak, tempat nongkrong yang penuh warna warni, dan lain sebagainya. Di sini juga terdapat restoran yang siap mengoyang lidah pengunjung. Tidak hanya jadi incaran para wisatawan lho, tempat ini juga jadi incaran para fotografer. Tidak mengherankan jika tempat ini kerap digunakan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan preweding bagi pasangan yang akan membentuk rumah tangga baru. Lokasi: sebelah barat lampu lalu lintas Padang Galak – Waribang, By Pass Ngurah Rai, Denpasar Timur.

5. Desa Budaya Kertalangu
Desa Budaya Kertalangu dikelilingi oleh persawahan asri dan kebun yang subur. Desa ini lebih didominasi oleh pemandangan hamparan persawahan yang indah dan asri. Potensi ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan membuat jogging track yang melewati areal persawahan. Selain itu, di sini juga terdapat Monumen Gong Perdamaian Dunia dan rute untuk bermain ATV. Desa ini akan ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan untuk mengisi liburan atau sekedar lari pagi dan sore hari. Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamtan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

6. Rumah Matahari Denpasar
Di sini pengunjung bisa belajar energi terbarukan secara gratis. Tempatnya di areal yang sepenuhnya terdiri dari hamparan persawahan dan berdekatan dengan pesisir pantai. Disini akan diperkenalkan Solar Panel Surya yakni memanfaatkan energi matahari sebagai pembangkit listrik. Selain belajar gratis tentang Panel Surya, di Rumah Matahari ini juga dikembangkan bagaimana pengolahan plastik menjadi bahan bakar minyak. Lokasi: Jalan Bypas IB Mantra, Banjar Biaung, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur.

6. Pantai Sekitar By Pass Ida Bagus Mantra
Sepanjang jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra banyak terdapat spot pantai yang mungkin bisa dikunjungi sebelum menuju ke Objek Wisata Pura Besakih. Mulai dari Pantai Tangtu, Pantai Biaung, Pantai Lembeng, Pantai Gumicik, Pantai Kubhur, Pantai Manyar, Pantai Pabean, Pantai Keramas, Pantai Selukat, Pantai Purnama, Pantai Masceti, Pantai Saba, Pantai Pering, Pantai Cucukan, Pantai Lebih, Pantai Siyut, Pantai Tegal Besar, Pantai Lepang, Pantai Sedayu, dan Pantai Segara Watu Klotok. Dari semua titik pantai tersebut, Pantai Lebih yang paling populer karena di pantai ini terkenal dengan hidangan khas sea foodnya. Jadi para pengembar olahan hasil laut bisa mampir ke pantai lebih terlebih dahulu.

7. Taman Safari dan Bahari Bali
Taman Safari dan Bahari Bali atau Bali Safari and Marine Park merupakan kebun binatang terbesar dan terlengkap yang ada di Pulau Bali dengan luas area sekitar 40 hektar dan memiliki sekitar 400 hewan dari 60 spesies. Taman Safari dan Bahari Bali lebih tepat disebut sebagai tempat konservasi binatang daripada sebagai kebun binatang, karena tak ada satu hewan pun di area itu berada dalam kandang. Semua hewan dilepaskan namun masih dalam pengawasan di habitatnya yang dibuat mirip dengan situasi kehidupan asli satwa tersebut. Di sini Anda bisa berpetualang seru untuk melihat kehidupan binatang di alam liar dari berbagai belahan dunia bersama keluarga atau orang yang Anda disayangi dengan memakai kendaraan yang sudah di desain khusus untuk kenyamanan pengunjung. Di sini juga para pengunjung diberi pengetahuan tentang kehidupan satwa langka. Lokasi: Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8, Gianyar, Bali – Indonesia.

8. Desa Wisata Kamasan
Kamasan merupakan nama sebuah desa tua di Kabupaten Klungkung yang tetap melestarikan warisan seni dan budaya seperti lukisan wayang kamasan dan kerajinan uang bolong (pis bolong). Masyarakat desa Kamasan telah mewarisi kemampuan melukis gaya Kamasan secara turun temurun. Desa wisata ini juga terkenal dalam membuat kerajinan perak, ukiran selongsong peluru, dan emas. Lokasi: Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

9. Taman Kerta Gosa dan Gili
Tidak jauh dari Desa Wisata Kamasan terdapat Taman Gili dan Kerta Gosa yang merupakan objek wisata sejarah peninggalan dari Kerajaan Klungkung. Bangunan ini dibangun pada abad ke 17 yaitu masa pemerintahan Dewa Agung Jambe. Yang paling unik dari kedua bangunan ini adalah di mana pada langit-langit bangunan ini dihiasi lukisan tradisional (gaya wayang) gaya kamasan. Lokasi: sebelah timur lapangan Puputan Klungkung dan sebelah selatan dari monumen Puputan Klungkung (di samping patung Kanda Pat Sari).

10. Museum Semarajaya
Masih di Kota Klungkung wisatawan bisa mampir ke museum yang memamerkan barang-barang dari jaman prasejarah sampai benda-benda yang digunakan selama perang puputan Klungkung yakni di Museum Semarajaya. Selain itu, di museum ini juga terdapat berbagai barang-barang yang dipergunakan sebagai perlengkapan upacara adat oleh para raja-raja Klungkung serta berbagai koleksi foto-foto dokumentasi keturunan raja-raja di Klungkung. Lokasi: Jalan Untung Surapati, Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali.

11. Monumen Puputan Klungkung
Tidak jauh dari Taman Gili dan Kertagosa (tepat di depannya) terdapat Monumen Puputan Klungkung yang menjulang tinggi. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan ksatria kerajaan klungkung yang berjuang mengusir penjajah dari “Bumi Serombotan” ini. Di dalam monumen ini terdapat diorama-diorama tentang perang puputan klungkung tentunya ini akan menambah wawasan tentang sejarah bangsa kita. Lokasi: Jalan Untung Surapati, kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali.

12. Bukit Jambul
Tempat Wisata Yang Searah Dengan Pura Besakih
Bukit Jambul
Dari objek wisata Taman Gili dan Kertagosa sekitar 7,6 km ke utara tepat di pinggir jalan raya terdapat sebuah spot nongkrong yang sangat keren yang bernama Bukit Jambul. Di sini para wisatawan akan dimanjakan dengan pesona keindahan alam perbukitan yang berapadu dengan indahnya persawahan terasering. Memandang ke selatan pengunjung akan melihat indahnya laut yang membiru dan kota klungkung. Sekitar kawasan ini juga tersedia warung makan yang menjual aneka menu khas Indonesia. Jadi, sambil mencicipi kulinernya, pengunjung bisa menikmati pesona yang disajikan. Lokasi: di pinggir Jalan Raya Besakih, Desa Adat Pesaban, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali

13. Desa Wisata Nongan
Di Desa Nongan terdapat event tahunan yang tujuannya untuk menarik kunjungan wisatawan ke desa ini yakni Nongan Village Festival. Dalam event ini, wisatawan akan disuguhkan dengan potensi wisata yang dimilikinya baik itu wisata seni, budaya, dan kulinernya. Tidak hanya event tahunan saja yang menarik lho, di desa ini juga terdapat pasar tradisional yang menjual aneka kuliner khas Karangasem, sehingga para pengunjung bisa menikmati berbagai sajian makanan khas yang ada di wilayah Karangasem tiap berkunjung ke desa ini. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat bagaimana cara atau proses pembuatan topeng yang berbahan kayu. Bahkan wisatawan juga bisa belajar menarikan topeng tersebut. Keren bukan? Lokasi: Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

14. Maha Giri (view Gunung Agung)
Merupakan sebuah Resort dan Restaurant yang menawarkan pemandangan Gunung Agung yang menjulang megah dengan teras-teras persawahan di kakinya, sungguh pemandangan yang sangat unik dan langka. Lokasinya hanya berjarak seitar 7,9 km dari objek wisata Pura Besakih. Lokasi: Jl. Surya Indah, Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali.


Nah itu beberapa tempat wisata yang searah dengan perjalanan menuju objek wisata pura besakih dari kawasan bandara internasional I Gusti Ngurah Rai. Beberapa tempat terebut dapat dijadikan pilihan alternatif untuk disinggahi selama perjalanan menuju besakih yang lumayan lama karena jaraknya yang cukup jauh, sehingga perjalanan tidak akan membosankan karena otak Anda sudah direfresh dengan beberapa tempat wisata yang unik dan menarik. Semoga ini dapat dijadikan refrensi dalam mencari destinasi wisata yang searah dengan objek wisata pura besakih dan semoga liburan anda ke bali timur khususnya ke pura besakih menjadi menyenangkan dan berkesan. Salam longtriper.
Iklan