free counter with statistics Tempat Wisata Keren Yang Searah Dengan Tanah Lot Bali
T3/02/2018

Tempat Wisata Keren Yang Searah Dengan Tanah Lot Bali

Iklan
Iklan

Tanah Lot merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Bali. Bahkan tempat wisata tanah lot menjadi ikon dari pariwisata Pulau Dewata. Tidak mengherankan jika tanah lot mendapat jumlah kunjungan turis terbanyak di pulau yang mendapat julukan sebagai pulau seribu pura ini. Banyak agen perjalanan wisata menjadwalkan tanah lot sebagai agenda perjalanan wisata.

Di sini para turis akan disuguhkan dengan keindahan sebuah tempat suci umat Hindu yang berada agak ke tengah laut. Uniknya, jika pada saat air laut pasang tempat suci ini seolah-olah berada di tengah laut, akan tetapi ketika air laut sedang surut, para pengunjung bisa berjalan kaki menuju tempat suci tersebut. Tidak hanya keunikannya, tempat wisata ini juga menyuguhkan pesona keindahan matahari terbenamnya yang sangat spetakuler. Apalagi sekitar tempat wisata ini sering diadakan atraksi tari kecak dengan latar matahari terbenamnya.

Untuk menuju tempat wisata Tanah Lot akan memerlukan waktu sekitar 65 menit perjalanan atau dengan jarak tempuh sekitar 26,7 km dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai. Terkadang untuk menuju tempat wisata ini akan terjebak situasi macet. Untuk menghilangkan efek macet, wisatawan yang berkunjung ke tanah lot bisa mencoba mengunjungi beberapa destinasi wisata yang searah dengan objek wisata tanah Lot.
 Tempat Wisata Keren Yang Searah Dengan Tanah Lot Bali
Salah satu objek wisata yang searah dengan Tanah Lot Bali

Berikut admin tawarkan beberapa destinasi wisata yang bisa anda kunjungi jika akan menuju tanah lot.

1. Taman Satrya Gatotkaca
Begitu keluar dari kawasan bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, objek wisata yang pertama kali wisatawan akan temui adalah Taman Satrya Gatotkaca atau lebih dikenal dengan sebutan “Patung Kuda Tuban Bali”. Di taman ini terdapat sebuah patung enam ekor kuda menarik kereta perang yang dikusiri oleh Raja Salya. Dalam kereta perang tersebut berdiri pangeran karna yang perang melawan raden Gaotokaca. Di taman ini belum ada pohon perindang sehingga pada siang hari tidak banyak yang berkunjung ke lokasi ini, walaupun ada biasanya mereka hanya sekedar berfoto-foto sebentar. Tempat ini akan ramai dikunjungi pada malam hari atau menjelang akan malam hari. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan raya sebelum trafic light di Desa Tuban yang berjarak sekitar 2,4 km dari kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, tepatnya berada di Jalan Raya Tuban No.1, Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

2. Taman Ngurah Rai
Jika Anda tiba di Bali pada siang hari tentu tidak mungkin nongkrong di taman satrya gatotkaca karena panasnya terik matahari. Bisa mencari alternatif lain yang dekat dengan taman ini, yakni Taman Ngurah Rai yang lokasinya hanya berjarak sekitar 450 meter dari Taman Satrya Gatotkaca. Taman ini berada di tengah-tengah bundaran Desa Tuban. Di dalam taman tersebut terdapat patung pahlawan I Gusti Ngurah Rai. Taman ini dimanfaatkan oleh anak muda untuk bermain skate board. Di taman ini juga terdapat pohon perindang dan gazebo, sehingg pada siang hari sangat tepat sekali untuk melepaskan lelah akibat perjalanan jauh. Lokasi: Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

3. Ekowisata Mangrove Tuban Bali
Tempat wisata keren lainnya yang tidak jauh dari Taman Ngura Rai (sekitar 28 meter) yakni Ekowisata Mangrove Wanasari atau lebih dikenal dengan nama Ekowisata Tuban Bali. Di sini para wisatwan akan disuguhkan dengan pesona pemandangan hutan mangrove yang sangat indah. Pelancong akan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu yang berada di tengah hutan mangrove dan di antara keramba kepiting milik nelayan Wanasari. Dengan pohon bakau yang menghijau membuat tempat ini sangat sejuk di siang hari. Selain bisa berwisata, kita juga bisa mendapatkan banyak ilmu tentang mangrove dan ekologinya di Ekowisata Mangrove Wanasaari. Sangat pas mengajak putra putri anda untuk berlibur ke tempat ini, karena anak-anak bisa belajar tentang ekosistem dan bagaimana cara membudidaya serta merawat ekosistem agar tidak rusak. Di kawasan ini juga tersedia warung makan yang menyediakan kuliner khas hasil hutan mangrove, seperti kepiting dan udang. Lokasi: Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

4. Patung Dewa Ruci
Semenjak dibangunnya underpass di Simpang Siur, pantung Dewa Ruci sekarang dipercantik dengan dibuat taman-taman sehingga kelihatan lebih asri. Walaupun patung dewa ruci sudah dipercantik dan ada trotoar untuk pejalan kaki, namun pengunjungnya tidak seramai di Patung Kuda (Satrya Gatotkaca) di Tuban, bahkan pada malam hari tetap terlihat sepi. Patung Dewa Ruci ini dibangun tahun 1996 oleh pematung putra Bali yang bernama I Wayan Winten. Patung ini mengisahkan perjalanan Raden Bima (putra kedua Dewi Kunti dalam kisah Mahabharata) untuk mengambil air kehidupan. Patung yang dekat dengan Mall Galeria Kuta ini sering muncul di film-film FTV yang tayang di TV Nasional.

5. Bali Shell Museum
Setelah menikmati pesona hutan mangrove yang asri atau setelah singgah sebentar berfoto-foto di Patung Dewa Ruci, bisa lanjutkan perjalanan untuk mengunjungi koleksi biota laut di Museum Kerang (Shell Museum) yang berjarak sekitar 3,6 km. Pengunjung bisa mengetahui dan belajar keanekaragaman penghuni laut di museum ini. Lokasi: Jalan Sunset Road No. 819, Kecmatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

6. Dream Museum Zone (DMZ)
Museum lainnya yang bisa jadi pilihan liburan anda yakni Dream Museum Zone yang jaraknya sekitar 2,1 km dari Museum Kerang lho. Museum 3D ini memiliki koleksi gambar 3D dengan berbagai macam trik lukisan. Ada yang gambar alam terbuka, binatang, tokoh ternama, fantasi, kapal laut, dan lain-lainnya. Di sini para pengunjung bisa berekspresi untuk menghasilkan gambar yang unik bersama foto-foto 3D yang berada di dalam museum tersebut. Lokasi museum ini berada di Jalan Sunset Road No 789 Seminyak, Kuta - Bali.

7. Museum Becak Indonesia
Museum lainnya yang searah dengan rute menuju ke tanah lot yakni Musem Becak Indonesia. Di Museum Becak Indonesia terdapat berbagai jenis koleksi becak sebagai moda transportasi tradisional dengan bentuknya yang unik yang digerakkan oleh tenaga manusia. Lokasi: Jl. Mertanadi Kompleks Pertokoan Sunset Paradise no 169 Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung.

8. Lolipop Playground
Bagi yang mengajak anak-anak berlibur ke Bali bisa mencoba mengunjungi Lolipop Playground yang merupakan salah satu tempat bermain anak-anak yang berada di Pulau Bali. Uniknya, di Lolipop Playground ini juga menyediakan tempat bermain air (waterplay) sehingga anak-anak akan lebih senang bemain. Jadi, jika bosan bermain di playground bisa berpindah ke area waterplay. Lokasi: Jl. Sunset Road No. 902, Seminyak, Bali

9. Cubby House Kids Club
Selain Lolipop Playground ada wahana untuk anak-anak lainnya yakni Cubby House Kids Club. Playground ini juga menyediakan berbagai permainan seru dan menarik sehingga anak-anak akan betah berlama-lama di taman bermain ini. Lokasi: JL Pantai Berawa, Banjar Tegal Gundul, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

10. Pantai Pererenan
Bagi yang ingin mencari wisata pantai yang searah dengan Tanah Lot bisa menjajal keindahan pantai Pereran. Pantai ini memiliki area pantai yang luas dan landai sehingga sangat cocok untuk atraksi wisata naik kuda. Walupun pantai Pererenan belum begitu populer dikalangan wisatawan, namun pantai ini menyuguhkan keindahan alam pantai yang tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Di sekitar pantai juga terdapat jasa penyewaan kuda lho. Jadi, sambil menunggangi kuda wisatawan akan diajak menyusuri pantai pasir hitam yang eksotis dan melihat kapal-kapal milik para nelayan setempat yang dijajarkan dengan rapi. Deburan ombak yang silih berganti akan menambah indahnya pesona pantai ini. Pantai ini sangat diakses dan berada berdekatan dengan objek wisata Tanah Lot. Lokasi: Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali.

11. Pantai Batu Belig
Pantai lainnya yang searah degan objek wisata Tanah Lot yakni Pantai Batu Belig. Pantai ini tampaknya juga menjadi tempat yang digemari anak-anak setempat untuk bermain-main, terutama ketika matahari sudah jauh turun mendekati garis cakrawala dan panasnya pun tidak lagi menyengat kulit. Tempat ini sangat ideal hanya sekedar duduk santai sambil menunggu keindahan matahari terbenam. Pantai ini kerap kali digunakan untuk wisata naik kuda menyusuri pantai yang berpasir hitam. Lokasi: Banjar Batu Belig, Desa Adat Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

12. Pantai Kayu Putih
Ingin mencari pantai yang unik sebelum menikmati indahnya sunset di Tanah Lot, coba mampir dulu ke pantai Kayu Putih. Uniknya, di pantai Kayu putih terdapat jembatan kayu yang membentang dari laguna sampai ke pasir pantai. Sangat pas jika ingin melakukan sesi foto selfie dengan latar belakang keindahan jembatan kayu, apalagi dipadukan dengan pemandangan matahari terbenam, wow sungguh pemandangan yang spetakuler. Lokasi: Jalan Pura Kayu Putih, Banjar Dinas Tegal Gundul, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

13. Pantai Nelayan
Sesuai dengan namanya, di pantai Nelayan pengunjung akan melihat kegiatan para nelayan tradisional yang melaut untuk mencari ikan segar. Jadi bagi yang ingin membeli ikan segar, udang dan lobster bisa membeli secara langsung dari para nelayan di pantai ini. Pantai Nelayan menawarkan pesona keindahan laut dengan deburan ombak yang cukup tinggi. Selain itu, pantai ini juga menyuguhkan panorama sunset yang terlihat begitu indah di kala matahari akan terbenam di ufuk barat. Lokasi: Jalan Nelayan, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

14. Pantai Batu Bolong
Pantai unik lainnya yang sangat keren dan searah dengan objek wisata Tanah Lot yakni Pantai Batu Bolong. Yang menjadi keunikan dari pantai ini adalah terdapat sebuah batu besar yang menjorok ke laut dan terdapat bolongan di dalamnya. Wajar kalau tempat ini bernama Pantai Batu Bolong. Selain keunikannya, tempat ini menawarkan keindahan pesona matahari terbenam yang luar biasa, membuat kawasan ini terlihat menakjubkan dan indah. Lokasi: Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

15. Desa Wisata Munggu
Bagi yang ingin menyaksikan sebuah tradisi yang unik di Bali dan kebetulan anda berkunjung pada hari Raya Kuningan (hari raya bagi umat Hindu di Bali), coba mampir ke desa wisata Munggu. Di desa ini memiliki sebuah tradisi yang sangat unik sekali yang bernama Makotek. Makotek adalah tradisi bertolak bambu yang dilaksanakan setiap hari raya Kuningan. Acara ini semakin semarak, disaksikan banyak pengunjung. Selain keunikan budaya, desa wisata munggu juga memiliki pesona alam yang sangat indah terutama keindahan pantainya, yaitu Pantai Munggu dan Pantai Seseh. Kedua pantai ini berpasir hitam dan menjadi  incaran para surfer karena memiliki ombak yang sangat mendukung untuk “menarikan” papan surfing di tengah lautan. Selain itu, pesona yang ditawarkan sangat memukau mata ketika sang surya akan tenggelam dibalik barat cakrawala dunia. Lokasi: Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

16. Pantai Mengening
Di sebelah barat dari desa Munggu terdapat pantai yang unik dan suasananya mirip seperti pantai Tanah Lot, di mana juga terdapat sebuah pura yang berada ditengah batu karang seperti Purat Tanah Lot. Pemandangan di pantai ini sangat indah, apalagi pada saat terjadi sunset. Lokasi: Jalan Pantai Mengening, Banjar Adat Tempek Mengening, desa Cemagi, kecamatan Mengwi, kabupaten Badung, Bali

17. Pantai Batu Mejan
Kawasan pantai Batu Mejan berada diatas karang namun pada sisi pantainya terdapat pasir yang landai. Pantai Batu Mejan atau dikenal dengan nama Echo Beach menawarkan pesona keindahan pantai ketika matahari tenggelam. Pantai ini sangat cocok untuk yang mencari suasana tenang, sunyi, dan sepi. Pengunjung pantai bisa menyaksikan wisatawan yang sangat lihai dalam berselancar, berenang, dan berjemur. Lokasi: Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

18. Pantai Nyanyi
Pantai Nyanyi merupakan pantai dengan hamparan pasir hitam yang sangat luas menghadap ke Selatan dan menyuguhkan pemandangan indah laut biru Samudera Hindia. Ombak di pantai ini cukup besar dan panjang, sehingga sangat ideal untuk bermain surfing. Pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam sunset di pantai ini. Lokasi: Dusun Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

19. Pantai Berawa
Pantai ini memiliki pasir putih dan ombaknya yang sangat kencang. Selain memiliki ombak bagus juga mempesona, menyuguhkan pemandangan alam indah terutama saat matahari tenggelam. Lokasi: Banjar Berawa, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

20. Taman Rekreasi Betesda
Di Taman Rekreasi Betesda pengunjung akan ditawarkan berbagai fasilitas rekreasi keluarga seperti kolam renang, wahana permainan, kolam pancing, rumah makan, dan lain-lain. Kolam pancing tersedia tiga macam ikan yang berbeda yaitu lele, nila dan bawal. Di rumah makan tersedia berbagai jenis masakan indonesia dan western. Lokasi: Jalan Pantai Berawa No 15 Banjar Pelambingan, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

21. Pantai Selasih
Pantai ini diapit dua muara sungai. Dua muara sungai yang mengapit Pantai Selasih juga adalah pemisah serta penyatu pantai ini dengan Pantai Pererenan di satu sisi dan Pantai Seseh di sisi lain. Pantai Selasih ini cocok sekali untuk mereka yang mencari ketenangan dan relaksasi karena pantai ini masih sepi dari kunjungan para turis. Lokasi: Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

22. Splash Waterpark
Splash Waterpark merupakan wahana rekreasi keluarga dengan tema permainan air seru dan menegangkan. Splash Waterpark menawarkan beraneka ragam permainan seru seperti Giant Racing Slide, Speed Racer, Super Bowl, Big Red, Crazy Creek dan Splash Playground. Yang paling menegangkan, Giant Racing Slide memiliki ketinggian sekitar 90 meter yang dapat menguji adrenalin pengguna wahanan ini. Lokasi: Jalan Pantai Berawa, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

23. Bali Equastrian Center
Bali Equastrian Center merupakan tempat berwisata naik kuda yang populer dengan nama Bali Horse Riding. Ada dua pilihan wisata naik kuda yang ditawarkan di sini yakni wisata desa dan wisata pantai. Dalam wisata pantai, wisatawan akan diajak berkeliling desa sambil menaiki kuda untuk menikmati hamparan sawah yang asri dan hijau. Sedangkan untuk wisata pantai, pengunjung akan menyusuri sepanjang pantai sambil menunggang kuda. Lokasi: Perumahan Canggu Asri, Jalan Karang Suwung Brawa, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Nah itu beberapa tempat wisata yang searah denga rute perjalanan menuju objek wisata Tanah Lot Bali. Jadi wisatawan yang ingin berlibur ke Bali khususnya ke Tanah Lot, memilih objek wisata apa yang ingin dikunjungi yang searah dengan objek wisata Tanah Lot, sehingga perjalanan menuju tanah lot tidak begitu membosankan. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari destinasi wisata yang keren di Bali. Selamat berlibur dan salam longtriper.
Iklan