free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Air Terjun Indah Di Bali
T10/07/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Air Terjun Indah Di Bali

Iklan
Iklan

Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia tidak hanya menawarkan keunikan budaya dan tradisinya, tetapi juga menyuguhkan keindahan alam yang dimilikinya. Di pulau Bali bertebaran objek wisata pantai pasir putih yang eksotis, objek wisata alam pegunungan yang hijau, persawahan yang berundak-undak, air terjun dan danau yang menjadi incaran para traveler. Bahkan gunung dan bukit pun tidak luput dari buruan para pelancong yang ingin mengeksplor keindahannya.
Inilah 10 Tempat Wisata Air Terjun Indah Di Bali
Tempat wisata air terjun di Bali


Dari sekian destinasi wisata yang ada di Bali, kali ini admin akan memposting tentang objek wisata air terjun indah yang ada di Bali. Di Bali terdapat ratusan lebih destinasi wisata air terjun yang bisa anda pilih dalam mengisi liburan ke Bali, baik air terjun yang tersembunyi maupun sudah populer di kalangan wisatawan. Berikut 10 tempat wisata air terjun indah di Bali yang admin rangkum versi lontripmania.org.

1. Air Terjun Dusun Kuning
Di Kabupaten Bangli banyak sekali terdapat tujuan wisata berupa air terjun yang indah, salah satunya air terjun dusun Kuning. Air Terjun Dusun Kuning memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter di atas permukaan Air Tukad Melangit dengan aliran airnya yang sangat jernih. Uniknya, air terjun dusun kuning airnya tidak pernah surut walaupun musim kemarau karena alam disekitarnya masih terjaga dan alami. Jadi kapanpun kamu ke sini, air terjun ini siap dieksplor keindahannya. Waktu admin mengunjungi air terjun ini, aksesnya tergolong sangat sulit karena harus menuruni tangga yang cukup curam dan berbahaya. Tetapi seiring perkembangan waktu dan potensi yang dimiliki air terjun ini, kini akses untuk menuju air terjun ini terus diperbaiki. Bagi yang suka dengan wisata petualangan jangan lupa untuk mengunjungi air terjun ini ya guys. Lokasinya sangat dekat dengan Kota Bangli lho, tepatnya berada di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

2. Air Terjun Cepung
Air terjun lainnya yang indah di Bangli yakni air terjun Tukad Cepung atau Air terjun Cepung. Air terjun yang mendapat julukan “air terjun dari langit” mampu menarik ratusan wisatawan tiap harinya. Pada hari libur kunjungan bisa membludak lho. Jadi admin sarankan, bagi yang ingin berencana untuk mengunjungi tempat wisata ini untuk tidak datang pada hari libur. Air terjun yang berlokasi di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli ini merupakan salah air terjun paling populer di Bangli. Air terjun ini memang benar-benar indah dan unik. Untuk menuju ke lokasi air terjun pengunjung harus menuruni sebuah lembah atau ngarai aliran sungai atau tukad cepung. Sekitar lokasi air terjun benar-benar asri dengan balutan pepohonan yang hijau sehingga menambah kesan lokasi ini benar nyaman. Keunikan air terjun yang tidak ditemukan di tempat lain yakni jika kita melihat dari bawah air terjun, seolah-olah air terjun ini jatuh dari langit karena ujung atas air terjun ini disilaukan oleh cahaya matahari. Cocok bukan air terjun Tukad Cepung mendapat julukan sebagai air terjun dari langit?

3. Air Terjun Blahmantung
Air terjun Blahmantung atau lebih dikenal dengan nama air terjun pupuan, memang tidak sepopuler air terjun Leke-Leke dan Yeh Ho karena lokasinya agak tersembunyi, namun pesona di air terjun ini sangat indah. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini lokasinya agak tersembunyi, berada di antara tebing-tebing yang tinggi di tengah perkebunan kopi milik warga setempat. Debit air yang mengalir di air terjun Blahmantung ini tidak menentu, tergantung musim, jika musim penghujan debit airnya akan besar, sedangkan jika musim kemarau debit airnya sangat kecil. Walaupun debit airnya sangat kecil, pesona alam sekitar air terjun yang ditawarkan sangat indah dan menawan. Pokoknya, air terjun ini benar-benar alami dan asri. Lokasi air terjun ini berada di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

4. Air Terjun Tibumana
Tahukan anda bahwa air terjun Tibumana merupakan air terjun terpopuler di kabupaten Bangli versi instagram pada bulan September 2018. Setidaknya terdapat 6124 kiriman mengenai air terjun ini dengan menggunakan #tibumanawaterfall. Air terjun ini benar-benar indah dan membuat pengunjung batah berlama-lama menikmati pesona air terjun ini. Uniknya jika air terjun ini memiliki debit air yang besar maka aliran airnya akan terbelah menjadi dua bagian dan mengalirkan dua air  terjun secara berdampingan, sehingga air terjun ini disebut sebagai air terjun kembar. Akan tetapi jika air terjun ini memiliki debit air yang kecil, hanya akan mengalirkan satu air terjun saja, namun pesona yang disajikan tetap memukau pengunjung. Bagi yang ingin mengunjungi dan membuktikan indahnya air terjun ini, silahkan datang ke Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

5. Air Terjun Aling Aling
Air terjun Aling Aling tidak hanya mampu memikat wisatawan akan pesonanya, juga merupakan salah satu air terjun paling populer di media sosial instagram. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan memiliki kolam dengan kedalaman mencapai 4 meter dengan pesona alam di sekitarnya sangat memukau mata berupa tebing tinggi dan rimbunnya pepohonan yang menambah kesan asri tempat ini. Bagi yang penasaran dengan pesona air terjun ini, silahkan datang ke Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Tahukah Anda bahwa air terjun Aling Aling masuk kedalam daftar 7 air terjun cantik yang ada di Desa Sambangan. Jadi selain air terjun ini masih ada 6 air terjun lainnya yang siap menanti kunjungan anda.


6. Air Terjun Banyumala
Air terjun Banyumala merupakan salah satu air terjun yang paling populer di Bali Utara. Ya memang tempat ini layak untuk menjadi populer karena keindahan yang disajikan oleh air terjun ini sangat memukau mata. Aliran airnya menuruni tebing bebatuan yang kanan kirinya terdapat semak-semak yang hijau yang menambah kesan asri lokasi ini. Di bawah air terjun terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berendam merelaksasi diri. Air terjun yang terletak di Desa Wanagiri, kecamatan Sukasada, Kabupaten ini tiap harinya ada saja pengunjungnya, apalagi pada hari-hari libur nasional maupun weekend. Dengan suasana yang nyaman dan sekitarnya yang hijau, tempat ini sangat cocok untuk mengisi liburan Anda. Apalagi tidak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat tempat wisata lainnya yang sangat terkenal seperti pesona danau kembar buyan dan tamblingan, wisata selfi wanagiri, dan air terjun cinta.

7. Air Terjun Nungnung
Kabupaten Badung terkenal akan keindahan pantai pasir putihnya yang eksotis. Tetapi siapa sangka kalau badung juga memiliki pesona air terjun yang sangat indah. Air terjun yang berlokasi di Banjar Nungnung, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Propinsi Bali ini merupakan air terjun paling populer di Bali khususnya di kabupaten Badung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang cukup besar. Suasana disekitar air terjun masih asri dan alami, dikelilingi pepohonan yang hijau sehingga membuat suasana disekitarnya sejuk dan segar. Objek wisata air terjun Nungnung ini dekat dengan objek wisata argo Pelaga dan objek wisata jembatan tertinggi di Bali yakni jembatan Tukad Bangkung. Untuk mengunjungi air terjun ini persiapakan tenaga yang ekstra ya, karena kita akan melewati beberapa tangga untuk bisa melihat keindahan air terjun ini. Sepanjang perjalanan menyusuri tangga kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang hijau nan indah.

8. Air Terjun Gitgit
Buleleng merupakan surganya destinasi wisata air terjun lho, di sini setidaknya terdapat 40 titik air terjun yang siap anda nikmati keindahannya. Dari banyaknya air terjun yang ada di Buleleng, air terjun Gitgit salah satu air terjun terindah di Bali Utara. Air Terjun Gitgit tidak hanya indah tetapi juga sangat populer di kabupaten Buleleng. Untuk menuju lokasi air terjun pengunjung akan menyusuri jalan setapak, melintasi areal persawahan, kebun kopi dan cengkeh dengan alam sekitar air terjun yang masih asri dan alami, tentunya hawa udara yang segar dan jauh dari polusi. Perjalanan anda akan terbayar setelah sampai di lokasi air terjun, deburan air akan menyapa kunjungan anda. Airnya jernih lho, sangat pas untuk berendam di air terjun ini, apalagi setelah melakukan perjalanan jauh. Bagi yang ingin menikmati pesona air terjun ini, lancong ya ke Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

9. Air Terjun Sekumpul
Air Terjun Sekumpul ini terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlahnya mencapai tujuh titik air terjun, oleh warga asing disebut dengan sevent point waterfall. Air terjun ini dikatakan sebagai air terjun terindah di pulau Bali lho, bahkan merupakan air terjun tertinggi di Bali Utara. Tidak mengherankan kalau tiap hari air terjun ini dikunjungi banyak wisatawan, walaupun lokasinya lumayan jauh dari Kota Singaraja (ibu kota Kabupaten Buleleng) yang berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Alamnya yang hijau membuat air terjun ini tampak lebih indah dan asri. Yang kebetulan berlibur ke Bali Utara jangan lupa mengunjungi air terjun ini ya.

10. Air Terjun Kanto Lampo
Air terjun Kanto Lampo ini lokasinya dekat dengan Kota Gianyar dan merupakan air terjun yang tergolong unik di Bali karena airnya yang jatuh tidak secara langsung menuju sungai. Air terjun ini agak miring dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu batas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri. Air terjun yang berlokasi di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar ini menjadi tujuan favorit kaula muda. Banya wisatawan dari luar kabupaten Gianyar mengunjungi air terjun ini, bahkan wisatawan asing juga ikut penasaran akan keindahan pesona air terjun Kanto Lampo ini.

Nah itu 10 tempat wisata air terjun yang indah di Bali. Semoga ini dapat dijadikan sebagai refrensi liburan anda ke bali yang ingin mencari tempat wisata selain pantai. Salam longtriper.
Iklan