free counter with statistics Inilah 15 Tempat Wisata Sekitar Tanjung Benoa Bali
T12/04/2018

Inilah 15 Tempat Wisata Sekitar Tanjung Benoa Bali


Tanjung Benoa merupakan nama sebuah kelurahan di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Kelurahan yang berada di “Kaki Pulau Bali” ini memiliki tempat wisata pantai pasir putih yang eksotis dengan panorama yang sangat indah. Jika cuaca sangat mendukung, di kawasan pantai Tanjung Benoa selalu ada wisatawan yang mengadakan kegiatan olahraga air (watersport) karena di pantai Tanjung Benoa merupakan pusat olahraga air di Bali. Di sini setidaknya terdapat 14 jenis wahana waterpsort yang akan memanjakan para wisatawan tiap harinya seperti parasailing, flying fish, jetski, banana boat, rolling donut, kiteboarding, snorkeling, sea walker, waterski, wakerboard, scuba diving, flyboard, water jetpack, dan glass bottom boat.
Wahana watersport di Tanjung Benoa Bali
Tidak hanya sebagai tempat watersport yang sangat populer di bali, pantai ini juga sangat bagus untuk melihat sunrise ini terdiri dari beberapa titik pantai dengan nama yang berbeda-beda. Biasanya nama-nama pantai di tanjung benoa disesuaikan dengan nama jasa penyewaan wisata olahraga air (watersport), tujuannya untuk memudahkan mengingat spot pantai tersebut. Wisatawan yang tidak suka dengan olahraga yang menantang ini, bisa juga sekedar duduk-duduk di gazebo yang ada di pingir pantai. Sambil duduk kita bisa memandang laut teluk benoa yang airnya biru. Jejeran kapal atau jukung nelayan akan menjadi suguhan sehari-haridi pantai ini, tentu ini menjadi spot berfoto yang sangat bagus. Di pantai ini juga terdapat dermaga penyeberangan menuju ke Nusa Lembongan dan sekitarnya.

Bagi yang suka memancing, di pantai ini juga terdapat spot memancing yang cukup bagus untuk melempar kail ke tengah laut. Selain aktivitas memancing, pengunjung bisa juga berenang di pantai ini karena memiliki ombak yang cukup tenang, berjemur bagi yang suka “menggosongkan kulit”, bermain bola karena memiliki area pantai yang cukup luas, dan bersantai di pinggir pantai untuk menghilangkan kejenuhan.

Setelah mengunjungi kawasan Tanjung Benoa, wisatawan bisa juga mengunjungi tempat wisata keren lainnya yang ada di sekitar Tanjung Benoa Bali. Berikut admin rekomendasikan 15 tempat wisata keren di sekitar Tanjung Benoa Bali.

1. Pulau Serangan
Pulau Serangan memiliki beragam destinasi wisata yang sangat asik untuk dikunjungi jika berlibur ke Bali. Adapun tempat wisata yang ada di Pulau Serangan yakni Penangkaran Penyu Serangan, Pantai Serangan, Pantai Reklamasi Pulau Serangan, Dermaga Serangan, Kampung Bugis, Underwater Seawalker, Pura Sakenan, Bali Shark, dan Danau Buatan Serangan. Di sini juga spot memancing yang sangat populer di Bali dan memiliki ombak yang sangat ideal untuk bermain surfing lho. Bagi pecinta kuliner, di Pulau Serangan pengunjung bisa menikmati makanan khas Pulau Serangan yakni Ikan Asap Khas Serangan, Bulung dan Krupuk Klejat. Untuk menuju ke Pulau Serangan bisa melalui jembatan yang menghubungkan Pulau Bali dengan Pulau Serangan. Selain melalui jembatan bisa juga melalui dermaga yang ada di tanjung benoa atau menyewa perahu miliki nelayan yang ada di tanjung benoa karena lokasinya sangat berdekatan lho. Akan lebih cepat jika menggunakan speed boat milik nelayan setempat daripada menggunakan jembatan.

2. Puja Mandala
Tempat wisata yang satu ini memang benar-benar unik dan wajib dikunjungi jika ke Bali khususnya ke kawasan Kuta Selatan. Puja Mandala merupakan kawasan tempat suci untuk umat beragama, karena di kawasan Puja Mandala berdiri 5 Rumah ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia yakni dimulai dari yang kiri ke kanan, adalah Masjid Agung Ibnu Battutah, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua serta Pura Jagatnatha. Tempat ini jadi simbol betapa tingginya toleransi antar umat beragama di Bali. Nah bagi yang ingin mencari tempat untuk melakukan ibadah di kawasan Kuta Selatan, coba mampir ke tempat wisata Puja Mandala yang berlokasi di Jalan Kurusetra, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

3. Pantai Segara Samuh
Tempat wisata pantai terdekat dengan Tanjung Benoa adalah Pantai Segara Samuh. Pantai ini sangat ramah dengan anak-anak karena memiliki ombak yang kecil kadang-kadang tidak ada sama sekali, sehingga banyak wisatawan yang membiarkan anak-anaknya bermain dengan bebas di pantai ini. Jika air laut sedang surut wisatawan bisa masuk jalan-jalan sejauh 100 km ke tengah laut. Sambil melihat hewan-hewan laut yang terjebak di dalam kubangan air laut, tentunya akan menambah sensasi saat berkunjung ke Pantai Samuh ini. Lokasi pantai ini berada di Jalan Pantai Segara Samuh, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

4. Pantai Pandawa
Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai paling populer di Bali setelah Pantai Kuta Bali. Pantai ini benar-benar sangat ikonik dan unik, di mana ketika menuju Pantai Pandawa, para wisatawan seolah-olah membelah perbuktian batu kapur yang menjulang tinggi. Di tebing samping jalan menuju pantai ini berdiri patung keluarga pandawa yang menjadi icon pantai ini. Jika suka berfoto-foto, dari atas tebing karang terdapat spot yang sangat bagus untuk berfoto selfi. Dari atas tebing kita juga bisa melihat indahnya pantai ini. Selain itu, di tempat ini juga ada jasa penyewakan kano dengan harga yang sangat terjangkau. Ada dua pilihan kano, yakni kano single untuk satu orang dan kano double untuk dua orang. Pantai yang beralamat di Jalan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali ini merupakan pantai sunset dengan panorama yang sangat indah ketika matahari akan terbenam di ufuk barat.

5. GWK
Tempat wisata keren lainnya yang dekat dengan Tanjung Benoa yakni Taman Budaya (cultur park) Garuda Wisnu Kencana atau yang disingkat dengan nama GWK. Ketika berkunjung ke GWK para pengunjung akan disuguhkan dengan megahnya maha karya seni patung terbesar di Bali yakni patung Dewa Wisnu yang mengendarai burung Garuda atau dikenal dengan nama Patung Garuda Wisnu Kencana. Perlu diketahui bahwa patung yang menjadi icon pariwisata Pulau Bali ini merupakan patung tembaga terbesar di Dunia lho, tingginya mencapai 121 meter. Di taman budaya GWK, para wisatawan bisa berfoto selfi dengan latar patung besar tersebut. Di kawasan ini juga tersedia tempat penjualan souvenir Bali dan merchandise GWK serta restoran. Setiap sore pengunjung bisa menyaksikan pementasan seni dan budaya Bali seperti Tari Legong, Tari Kecak, dan tari-tarian tradisonal lainnya.

6. Monumen Mumbul
Monumen Perjuangan Taman Mumbul atau Monumen Pahlawan Kemerdekaan 1945 memiliki arsitektur mirip seperti monumen Bajra Sandhi Renon, hanya saja ukuran monumen ini lebih kecil daripada monumen yang ada di Lapangan Puputan Renon tersebut. Selain sebagai tempat wisata sejarah, monumen ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat foto praweding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, karena monumen ini bentuknya yang sangat indah dan unik. Monumen ini masih relaif sepi dari kunjungan wisatawan (tidak sebanyak kunjungan di Monumen Bajra Sandhi), kunjungannya masih didominasi oleh pasangan yang akan mengadakan sesi foto praweding. Lokasi monumen ini berada di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai, Banjar Mumbul, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

7. Pantai Mengiat
Pantai berikutnya yang dekat dengan objek wisata Tanjung Benoa yakni Pantai Mengiat. Pantai yang memiliki pasir berwarna putih dengan butiran halus ini merupakan pantai terbersih di Bali lho. Kebersihan pantai ini benar-benar terjaga, sehingga tidak terlihat sampah yang mengotori pantai ini. Jika ada sampah yang dibawa oleh air laut, maka petugas kebersihan dengan sigap akan membersihkan sampah-sampah tersebut. Tidak hanya bersih, pantai ini juga menawarkan panorama yang sangat indah, pengunjung bisa menyaksikan deburan ombak yang satang silih berganti sambil duduk-duduk di pasir putih. Dari pantai ini pengunjung bisa melihat Pulau Peninsula yang menghijau, Pura Bias Tugel dan Water Blow yang berdebur dengan buihnya yang menggunung. Pagi hari pantai ini sangat cocok untuk melihat matahari terbit, panorama sunrise dipantai ini tidak kalah cantiknya dengan panorama sunrise di pantai sanur yang tersohor itu. Pantai Mengiat merupakan pantai nelayan, sehingga siang hari kita akan melihat jukung atau nelayan nelayan berjejer di pingir pantai.

8. Pantai Geger
Pantai Geger merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menyajikan pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Pantai yang berpasir putih ini mampu membuat pengunjug untuk berlama-lama duduk dihamparan pasir putih tersebut. Sambil menikmati indahnya alam di sana, pengunjung bisa menaiki unta untuk berkeliling sepanjang hamparan pasir putih tersebut. Dari atas punggung binatang gurun ini kita bisa merasakan udara pantai dengan peandangan air laut yang membiru disertai deburan ombaknya akan membuat pengunjung merasa nyaman dan otak menjadi rileks sejenak. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke timur tengah untuk menyewa hewan gurun ini.

9. Pantai Sawangan
Pantai Sawangan dikatakan sebagai salah satu pantai tersembunyi di Bali, karena tidak begitu banyak wisatawan yang tahu akan keberadaan pantai ini. Walaupun dikatakan tersembunyi, untuk mengakses pantai ini sangatlah mudah sekali karena sudah ada jalan yang dipaving dan beberapa anak tangga untuk menuju bibir pantai. Pantai ini cocok untuk mandi, karena ombak di pantai ini cukup tenang. Karena pantai ini sangat sepi dari pengunjung maka pantai ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi foto praweding. Yang paling unik dari pantai ini adalah terdapat jasa penyewaan hewan unta, yang siap mengantarkan pelancong berkeliling pantai pasir putih yang eksotis.

10. Pantai Gunung Payung
Pantai tersebunyi lainnya yang dekat dengan Tanjung Benoa yakni Pantai Gunung Payung. Pantai yang berpasir putih ini tidak seramai pantai pandawa yang sangat populer itu, dan masih tergolong relatif sepi dari kunjungan wisatawan. Tempat wisata Pantai Gunung Payung menyajikan suasana pantai sangat alami dengan bentangan pasir putih tidak terlalu luas. Objek wisata pantai Gunung Payung memiliki pasir putih bertekstur lembut dan air laut berwarna biru bergradasi hijau. Jadi pantai ini sangat cocok bagi yang menginginkan berlibur ke pantai sepi, alami dan menginginkan privasi. Sebelum memasuki kawasan pantai, pengunjung akan dihadapkan dengan sebuah Taman Budaya dengan arsitektur yang sangat unik dan menarik, tentunya sangat bagus untuk berfoto selfie.

11. Pulau Nusa Dharma
Pulau Nusa Dharma salah satu pulau yang ada di sekitar Pulau Bali yang tidak perpenghuni, karena pulaunya tidak begitu luas untuk sebuah hunian. Pulau ini memiliki lapangan rumput yang luas dan rerimbunan pohon yang hijau. Di pulau ini kita bisa melihat indahnya sunrise di pagi hari. Kawasan ini sudah tersedia difasilitasi jogging track, sehingga sangat bagus untuk aktivitas lari-lari pada pagi hari dan sore hari. Lokasi: kawasan ITDC Nusa Dua, Desa Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

12. Pulau Peninsula
Pulau Peninsula bersebelahan dengan pulau Nusa Dharma. Pengunjung ke pulau ini akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menyejukan mata dengan lapangan rumput yang luas dan sudah tertata dengan rapi. Di pulau Peninsula sudah terdapat jogging track yang mengelilingi sebuah patung tokoh pewayangan Arjuna dan Kresna yang berdiri kokoh di tengah lapangan rumput yang menghijau. Pagi hari kita juga bisa menyaksikan fenomena matahari terbit (sun rise), sedangkan pada sore hari kita bisa menyaksikan matahari tenggelam (sunset). Di sini juga terdapat objek wisata yang fenomenal yaitu objek wisata water blow.  Setiap tahun di tempat ini diadakan event yang namanya Nusa Dua Fiesta dan Festival Light Nusa Dua. Lokasi: kawasan ITDC Nusa Dua, Desa Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

13. Museum Pasifika
Museum Pasifika merupakan museum seni di Bali yang menyajikan kebudayaan Asia dan Pasifik dan berbagai macam artefak budaya. Di museum yang berlokasi di Kawasan ITDC, Area Blok P, Nusa Dua – Bali ini para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai koleksi seni lukisan hasil karya maestro seni dari dalam negeri dan luar negeri. Selain memanjang seni lukisan, museum terbesar di Bali ini juga memamerkan seni lainnya seperti seni patung, tekstil, dan benda antik lainnya. Karena saking banyaknya koleksi yang ada di dalam museum, sehingga dikatakan sebagai museum seni terbesar di Bali bahkan terbesar di dunia lho.

14. Pesawat Bengong Pandawa
Jika ke timur di perempatan jalan menuju pantai pandawa, maka tepat di sebelah kiri jalan raya (sebelum perempatan ke pantai gunung payung) terdapat sebuah “bangkai” pesawat yang konon katanya akan disulap menjadi sebuah sebagai restoran seperti aeropark keramas. Walaupun belum jadi, tempat wisata pesawat “bengong” atau bahasa asingnya dikenal dengan istilah abandoned aircraft ini mampu menarik para pelancong untuk sekedar berfoto-foto dari atas tebing dengan latar belakang pesawat yang terparkir cantik begitu saja dikelilingi bukit-bukit kapur di sisi-sisinya. Lokasi: Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan.


15. Pantai Selagan Nusa Dua
Pantai Selagan Nusa Dua dipisahkan dengan dua buah pulau yang bernama Pulau Nusa Dharma dan Pulau Peninsula. Kedua pulau ini merupakan cikal bakal nama “nusa dua”. Pantai ini sangat ramah untuk anak-anak karena memiliki ombak yang tenang. Pantai Selagan merupakan spot yang sangat bagus untuk melihat matahari terbit di Bali selain Pantai Sanur. Pantai ini tiap harinya sangat ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati panorama pantai ini. Ada juga memanfaatkan pantai ini untuk berendam diri. Lokasi: Kawasan ITDC Nusa Dua

Semoga ini dapat dijadikan referensi dalam mencari tempat wisata keren yang dekat dengan Tanjung Benoa Bali. Banyak sekali tempat-tempat menarik dan unik lainnya di Bali. Untuk info lengkapnya tentang tempat wisata di Bali, silahkan baca di blog ini. Salam longtriper.