free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Sumbersari Jembrana Bali Barat
T12/06/2018

Tempat Wisata Pantai Sumbersari Jembrana Bali Barat

Iklan
Iklan

Kunjungan para turis asing ke Bali Barat khususnya ke kabupaten Jembrana tidak seramai kunjungan turis di Bali Selatan, hal ini disebabkan karena kawasan Bali Barat jauh dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai. Walaupun relatif sepi dari kunjungan turis, bukan berarti kawasan Bali Barat tidak memiliki tempat wisata yang menarik dan unik, justru di sini banyak terdapat destinasi wisata dengan panorama yang sangat indah yang mampu menyihir para wisatawan yang mengunjunginya. Misalnya Pantai Medewi, selain memiliki panorama yang menawan hati, pantai ini merupakan surganya para surfer karena memiliki ombak yang sangat ideal untuk bermain selancar, bahkan Pantai Medewi dikatakan sebagai salah satu spot terbaik bermain surfing di Bali, yang tidak kalah populernya dengan spot surfing di pantai-pantai yang ada di Bali Selatan.

Jembrana tidak hanya memiliki Pantai Medewi, ada banyak sekali spot pantai lainnya di kabupaten yang mendapat julukan “bumi makepung” ini, salah satunya Pantai Sumbersari. Pantai ini bernama Pantai Sumbersari karena lokasinya berada di Banjar Sumbersari. Untuk memudahkan mengingat nama spot pantai ini, maka diberi nama sesuai dengan nama banjar di mana pantai itu berada. Nama lain dari Pantai Sumbersari adalah Pantai Karang Impian. 
Tempat Wisata Pantai Sumbersari Jembrana Bali Barat
Pantai Karang Impian (Sumbersari)
Memang nama pantai ini tidak sepopuler Pantai Medewi yang terkenal sebagai spot surfing atau Pantai Perancak yang terkenal dengan panorama matahari terbenamnya (Perancak Sunset Point), tetapi panorama yang ditawarkan di Pantai Sumbersari tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di Bali Barat. Pantai yang berpasir hitam dengan area yang sangat luas ini cocok dikunjungi bagi yang ingin mencari suasana pantai yang sepi dan jauh dari lalu lalang turis asing. Pada saat admin mengunjungi pantai ini, suasananya benar-benar sepi lho, tak satupun terdapat wisatawan mancanegara yang mencoba menikmati panorama pantai ini.

Selain memiliki area dengan hamparan pasir hitam yang luas yang eksotis. Jika menghadap ke laut, tepat di sebelah kiri pantai ini terdapat batu karang yang menghiasai dan menambah uniknya pantai ini. Mungkin batu karang ini menjadi cikal bakal nama pantai ini menjadi Pantai Karang Impian. Batu karang yang berdiri dengan kokoh ini sangat bagus digunakan untuk berfoto selfie dengan latar belakang laut yang luas. Jika menoleh ke kanan, akan terlihat hamparan pohon kelapa di kejauhan yang menambah indahnya pantai ini. Terdapat juga ayunan, bagi yang ingin menikmati ayunan sambil melihat panorama pantai ini. Bagi pecinta kuliner, di Pantai Sumbersari terdapat warung lesehan yang menjual kuliner ikan bakar yang siap mengoyang lidah para pelancong. Setelah puas menikmati panorama yang disajikan oleh pantai ini, pengunjung bisa mencicipi kuliner yang ditawarkan di warung lesehan yang lokasinya sangat dekat dengan pantai.
Tempat Wisata Pantai Sumbersari Jembrana Bali Barat
Panorama di Pantai Sumbersari

Lokasi dan Cara Akses Ke Pantai Sumbersari

Lokasi Pantai Sumbersari berada di Jalan Ikan Paus, Banjar Sumbersari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Dari Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk menempuh jarak sekitar 1 km untuk menuju Pantai Sumbersari. Sedangkan dari Kota Negara (ibu kota kabupaten Jembrana) akan menempuh jarak sekitar 23,6 km, sedangkan dari Pelabuhan Gilimanuk berjarak sekitar 13,5 km dengan waktu tempuh sekitar 22 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Jika datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai akan menempuh jarak sekitar 127 km atau dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Berikut rute perjalanan menuju Pantai Sumbersari, pertama-tama arahkan kendaraan menuju Kota Negara, lalu ke barat, tepat di sebelah kiri Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk ada plang petunjuk arah dengan tulisan JL. IKAN PAUS (Kode Pos 82252). Ikuti jalan tersebut, nanti akan menemukan sebuah pantai diujung jalan tersebut, nah itulah Pantai Sumbersari.

Adapun objek wisata yang dekat dengan Pantai Sumbersari yakni Bendungan Palasari yang merupakan bendungan terbesar di Bali, Pantai Candikusuma yang sangat instagramable banget bagi yang ingin eksis di sosial media, Taman Nasional Bali Barat, Taman Siwa di Teluk Gilimanuk, dan Pantai Karang Sewu yang sangat indah.
Iklan