free counter with statistics Pantai Kelingking, Pantai Terbaik Ke 2 Di Asia Tahun 2019
T2/28/2019

Pantai Kelingking, Pantai Terbaik Ke 2 Di Asia Tahun 2019

Iklan
Iklan
Ingin mencari tempat berlibur di Bali dengan panorama yang unik dan spektakuler? Coba lancong ke Pantai Kelingking yang berlokasi di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali. Pantai ini sangat viral di sosial media, khususnya pengguna Instagram, sehingga pantai ini menjadi sangat populer di kalangan para traveler. Jika kita cari dengan #kelingkingbeach di sosial media Instagram akan terdapat lebih dari 145,8 ribu kiriman tentang tempat wisata ini. Yang paling membanggakan, Pantai Kelingking di Bali menjadi pantai terbaik kedua di Asia dan ke 19 di dunia versi Travelers' Choice Awards 2019 yang dikeluarkan oleh situs perjalanan TripAdvisor. Di kategori pantai terbaik se-Indonesia, Pantai Kelingking meraih meraih peringkat satu lho.
Pantai Kelingking, Pantai Terbaik Ke 2 Di Asia Tahun 2019
Pantai Kelingking
Sumber: Pixabay

Spot terbaik untuk melihat keindahan pantai Kelingking adalah dari atas tebing curam. Hanya saja perjalanan untuk menuju tebing memang tidak mudah. Bagi yang suka dengan wisata petualangan, perjalanan menuju tebing ini pasti tidak akan dapat terlupakan dan akan menjadi momen-momen seru ketika berlibur ke Bali. Perjalanan yang tidak mudah tersebut akan terbayarkan ketika sudah mencapai puncak tebing, kita akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat spektakuler seperti panorama di Raja Ampat, Papua. Dari atas tebing kita akan melihat pantai pasir putih yang eksotis di bawahnya, tepatnya berada di sebelah kanan dan kiri tebing ini. Tebing karang yang ditutupi tanaman hijau membuat kawasan ini terlihat asri. Di kejauhan akan terlihat laut yang membiru tentunya sejuk dipandang mata. Kawasan objek wisata yang sangat populer di Bali ini dikenal dengan nama Tebing Paluang atau Pantai Karang Dawa.

 Cara Menuju Pantai Kelingking

Pantai Kelingking berada di Pulau Penida atau Nusa Penida yang letaknya terpisah dari Pulau Bali (silahkan lihat di google map). Pulau atau Nusa Penida posisinya berada di tenggara Pulau Bali, berjarak sekitar 13 km yang dipisahkan oleh laut Selat Badung. Jadi mau tidak mau para wisatawan harus menyeberangi laut selat bali untuk bisa menikmati keunikan pantai Kelingking ini. Salah satu titik penyeberangan menuju Pulau Penida berada di dermaga Pantai Matahari Terbit Sanur.

Silahka baca juga:


Jika datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai atau kawasan Kuta, untuk menuju ke dermaga Pantai Matahari Terbit Sanur akan menempuh jarak sekitar 17,5 km atau dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Dari dermaga Pantai Matahari Terbit Sanur, perjalanan bisa diakses menggunakan perahu tradisional jukung atau sampan selama 1,5 jam perjalanan yang mendarat di Pelabuhan Banjar Nyuh, Nusa Penida yang berjarak sekitar 25 km. Selain menggunakan Jukung, bisa juga menggunakan jasa fast boat, tentunya ini akan menghemat waktu untuk menuju Nusa Penida, tetapi sewanya tentunya lebih mahal. Waktu yang diperlukan dengan menggunakan fast boat hingga sampai di nusa penida sekitar 30 – 45 menit.

Jam operasional di pelabuhan pantai matahari terbit ini dimulai dari pukul 08.00 wita - 16.00 wita yang juga menyesuaikan dengan kondisi di laut. Harga yang ditawarkan pun masih terbilang wajar kisaran Rp 70 ribu sampai Rp 200 ribu. Setiap fast boat memiliki kapasitas yang berbeda mulai dari yang berkapasitas 15 orang sampai 30 orang. Fast Boat juga memiliki fasilitas lebih lengkap dan mungkin lebih nyaman serta cepat. Perlu diketahu jarak dari pelabuhan Matahari terbit ke Dermaga Banjar Nyuh.

Setelah mendarat di Dermaga Banjar Nyuh, biasanya ada penduduk lokal yang menawarkan jasa penyewaan motor dan mobil untuk berkeliling ke tempat wisata di Nusa Penida, termasu ke Pantai Kelingking ini. Harga sewa motor biasanya dari Rp50 ribu hingga Rp75 ribu. Untuk mendapatkan harga yang murah, harus pintar-pintar bernego dengan sang penyewa. Sedangkan untuk sewa mobil harganya Rp500 ribu sudah termasuk supir dan bensin. Jarak Dermaga Banjar Nyuh ke Pantai Kelingking sekitar 15,2 km atau selama 45 menit dengan kendaraan bermotor.



Bagaimana? Tertarik untuk menyambangi Pantai Kelingking? Tempat wisata Pantai Kelingking wajib untuk dikunjungi. Apalagi tidak jauh dari tempat wisata ini terdapat tempat wisata populer lainnya di Nusa Penida yang bisa dikunjungi seperti Paluang Cliff, Angel's Billabong, Broken Beach, Crystal Bay, dan Pura Segara Kidul atau Mata Air Guyangan. Bahkan di sini juga ada spot menyelam yang memiliki panorama bawah laut yang sangat keren yakni Gamat Bay, Buddha Point, GT point dan yang paling terkenal di Manta Point dengan pemandangan ikan manta yang berenang bebas. Untuk bisa bertemu ikan Manta, sebaiknya menyelam pada bulan Juli sampai Oktober.

Silahkan baca juga:


Jika ingin menikmati keindahan Pulau Nusa Penida lebih lama, bisa juga menginap beberapa hari di Pulau Penida. Untuk penginapan tanpa AC, harga sewa kamar sangat murah mulai dari Rp75 ribu. Sedangkan untuk penginapan dengan ruangan yang memiliki AC harga sewanya lebih mahal yakni mulai dari Rp200 ribu.

Sumber
https://bobo.grid.id/read/081650065/pantai-kelingking-di-nusa-penida-masuk-dalam-daftar-pantai-terbaik-2019?page=all
Iklan