free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Di Bangli Bali Yang Wajib Dikunjungi
T2/22/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Di Bangli Bali Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan
Bangli menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang tidak memiliki garis pantai yang menjadi batas wilayahnya. Oleh karena itu, kabupaten yang berada di tengah-tengah Pulau Bali ini tidak mengandalkan objek wisata pantai untuk menarik kunjungan wisatawan. Sebagian besar wilayah kabupaten Bangli berupa daerah pegunungan yang berhawa sejuk sepanjang hari dengan panorama alam yang sangat mempesona.
Inilah 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Bangli Bali
Tempat wisata di Bangli

Walaupun Kabupaten Bangli tidak memiliki pantai yang dijadikan objek wisata, namun kabupaten ini memiliki ratusan lebih tempat wisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Bahkan akhir-akhir ini banyak bermunculan tempat wisata baru yang siap mengisi liburan para turis ke Kabupaten Bangli. Dengan banyaknya bermunculan tempat wisata baru di Bangli diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan.

Silahkan baca:

Bagi yang ingin berlibur ke Kabupaten Bangli, berikut admin bagikan dan rekomendasikan 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bangli.

1. Penelokan Kintamani
Penelokan Kintamani merupakan salah satu tempat wisata populer di Kintamani Bangli. Di sosial media Instagram tempat wisata ini mendapat kiriman lebih dari 1,9 ribu kiriman dengan #penelokan. Jika berlibur ke Bangli khususnya ke Kintamani, tempat wisata penelokan wajib untuk dikunjungi karena lokasinya sangat strategis yang berada di pinggir Jalan Raya Jurusan Singaraja Bangli. Penelokan Kintamani merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat indahnya panorama Gunung Batur yang kokoh berdiri dan pesona danau Batur dengan warna yang biru. Bagi yang hobi berburu foto yang instagenik, tempat ini wajib untuk dikunjungi karena sudah disiapkan spot untuk berfoto selfie dengan hasil foto yang sangat bagus untuk dipajang di feed Instagram.

2. Desa Wisata Penglipuran
Desa Wisata Penglipuran wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Kabupaten Bangli karena tempat ini menjadi salah satu tempat wisata populer di Bali. Jadi tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik saja, bahkan wisatawan luar negeri banyak yang ingin menikmati pesona desa yang mendapat predikat sebagai desa terbersih di dunia ini. Tempat wisata ini sangat viral di sosial media Instagram. Jika kita cari dengan  #penglipuranvillage akan terdapat lebih dari 8,1 ribu kiriman tentang desa ini. Desa ini menang unik, di mana bentuk arsitektur bangunan rumah tradisional yang serupa dan tersusun rapi mulai dari ujung utama desa sampai bagian hilir desa. Pada bagian utara desa, terdapat hutan bambu dengan suasana yang sangat sejuk dan asri. Hutan bambu ini sangat pas digunakan untuk lokasi foto selfie, bahkan kerap kali digunakan sebagai lokasi foto praweding lho.

3. Air Terjun Tukad Cepung
Bagi yang suka berburu pesona air terjun, Air Terjun Tukad Cepung wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bangli. Air terjun ini merupakan air terjun baru yang dikembangkan untuk menjadi objek wisata. Kini air terjun ini sangat viral di sosial media, khususnya pengguna Instagram. Jika dicari dengan #tukadcepungwaterfall akan terdapat lebih dari 8,3 ribu kiriman lho. Wajar air terjun ini menjadi terkenal karena sebanding dengan panorama yang disuguhkannya membuat pengunjung berdecak kagum. Yanag lebih keren lagi, air terjun ini mendapat julukan sebagai “air terjun dari langit” lho. Julukan itu sangat cocok disandang oleh air terjun ini, karena jika diperhatikan sekilas tampak air terjun ini jatuh dari langit karena disilaukan oleh cahaya matahari. Air terjun yang berlokasi di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli ini merupakan salah air terjun paling populer di Bangli. Karena saking terkenalnya, bagi yang ingin berencana untuk mengunjungi tempat wisata ini disarankan untuk tidak datang pada akhir pekan atau hari libur nasional karena pengunjung ke air terjun ini akan membludak, bahkan untuk sekedar berfoto saja pengunjung harus rela mengantre untuk bisa mengabadikan momen-momen indah di bawah air terjun ini.

4. Air Terjun Tibumana
Air Terjun Tibumana merupakan air terjun terpopuler di kabupaten Bangli. Banyak yang mengupload keindahan air terjun ini di media sosial instagram, bahkan air terjun ini lebih populer dibandingkan dengan air terjun tukad Cepung. Bagi yang ingin mencari spot foto yang unik dengan latar belakang air tejun yang ciamik, air terjun Tibumana wajib untuk diekslpor keindahannya. Air terjun ini benar-benar indah dan membuat pengunjung batah berlama-lama menikmati pesona air terjun ini. Air terjun yang berlokasi di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali ini memang benar-benar unik lho, jika aliran air terjun ini memiliki debit air yang besar maka aliran airnya akan terbelah menjadi dua bagian dan mengalirkan dua air  terjun secara berdampingan, sehingga air terjun ini disebut sebagai air terjun kembar. Akan tetapi, jika air terjun ini memiliki debit air yang kecil, hanya akan mengalirkan satu air terjun saja, namun pesona yang disajikan tetap memukau mata pengunjung yang menyaksikannya.

5. Anjungan Tukad Melangit
Tempat wisata populer di Bangli yang wajib untuk dikunjungi adalah Anjungan Tukad Melangit. Tempat wisata yang berlokasi di Banjar Antugan, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, kabupaten Bangli ini merupakan tempat wisata baru. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat keren. Terdapat anjungan yang digunakan untuk spot  berfoto dengan latar belakang hijaunya lembah tukad melangit. Anjungan ini terbuat dari bambu yang menghadap ke arah selatan persis di atas Tukad Melangit. Wisatawan yang berkunjung ke sini didominasi oleh wisatawan domestik, khususnya kawula muda yang gemar berburu foto yang akan dipajang di sosial media mereka.

6. Pemandian Air Panas Kintamani
Kintamani tidak hanya menawarkan panorama alam pegunungan yang asri dan sejuk, tetapi juga menawarkan tempat wisata pemandian air panas. Kawasan kintamani sangat sejuk bahkan terkadang bersuhu dingin, jadi ketika berlibur ke Kintamani tempat wisata pemandian air panas ini wajib dikunjungi. Pemandian air panas ini sangat bagus digunakan untuk merelaksasi dengan berendam di air panas. Pengunjung ke pemandian air panas Kintamani didominasi oleh wisatawan luar negeri. Di sini setidaknya terdapat dua lokasi pemandian air panas yakni pemandian air panas Toya Bungkah dan pemandian air panas Toya Devasya. Selain itu, di sini juga tersedia area untuk kemah dengan peralatan yang sangat lengkap. Lokasi pemandian air panas Kintamani berada di Jalan Pendakian Gunung Batur, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

7. Desa Wisata Trunyan
Desa Wisata Trunyan merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kawasan objek wisata Kintamani. Jadi, jika kebetulan berlibur ke Kintamani cobalah mampir ke desa wisata yang berada di tepi danau Batur ini. Keunikan dari Desa Trunyan terletak pada tradisi penguburan orang yang meninggal yang sangat berbeda dari desa lainnya di Bali. Orang yang telah meninggal jenasahnya tersebut diletakkan di atas tanah pada area kuburan yang bernama Seme Wayah. Tempat penguburan tersebut berada di seberang Danau Batur dan dikelilingi dengan perbukitan, sehingga tempat tersebut sangat terisolasi dari dunia luar dan satu-satunya cara mengakses tempat tersebut harus menggunakan sampan atau jukung nelayan milik warga setempat. Selain memiliki tradisi yang sangat unik, desa wisata ini juga memiliki panorama alam yang sangat indah yang berpadu antara danau Batur dengan Gunung Batur yang menjulang tinggi. Bagi yang suka dengan wisata petualangan, di desa ini juga terdapat jalur trakking yang melalui perbukitan di Desa Trunyan dengan pemdangan yang sangat indah nan menawan hati.

8. Desa Wisata Guliang Kangin
Berkunjung ke Desa Wisata Guliang Kangin kita akan melihat Bali yang sesungguhnya yang jauh dari hingar bingar kehidupan modern. Wisatawan akan diajak berjalan mengelilingi perkampungan penduduk, sambil menyaksikan pemandangan dan aktivitas keseharian masyarakat desa seperti proses pembuatan perkakas dari besi, membuat minyak kelapa, menyadap nira dan berbagai aktivitas masyarakat lainnya. Desa wisata yang berbatasan dengan Kabupaten Gianyar ini lebih mengembangkan potensi wisata berupa kearifan lokal yang berkaitan dengan dunia pertanian seperti matekap  (membajak sawah), yakni teknik pengolahan tanah sawah secara tradisional yang menggunakan tenaga sapi. Selain itu ada juga kegiatan nebuk (menumbuk) padi dan majejaitan untuk sarana upacara keagamaan di Bali. Selain itu, desa wisata ini juga memiliki daya tarik lainnya, yakni pancoran solas (sebelas) yang khasiatnya diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

9. Twin Hill Bangli
Bagi yang suka hunting foto dan gemar berselfie ria, Twin Hill Bangli wajib untuk dikunjungi. Twin Hill Bangli merupakan sebutan oleh warga setempat yang merujuk pada Bukit Batu Madeg dan Bukit Jati yang letaknya berdekatan, terlihat seperti sepasang bukit kembar. Tempat wisata ini baru dikembangkan dan cepat menjadi terkenal karena berkat bantuan sosial media yang memviralkan tempat wisata ini. Keberadaan Twin Hill ini sendiri selain sebagai tempat rekreasi baru, bisa menjadi tujuan wisata selain pantai di Bali. Keberadaan tempat wisata ini berada di dataran tinggi, sehingga kita bisa menyaksikan hamparan sawah yang menghijau, pemukiman penduduk, hingga laut yang sangat indah. Apalagi tidak jauh dari kawasan ini terdapat spot berfoto selfie yang baru dibangun yang bernama Stone Garden dan Animal Park. Kedua spot baru ini berdiri di atas lahan tambang batu padas yang ditinggalkan oleh warga, kemudian diubah menjadi spot selfie yang sangat keren di di Bangli. Lokasi tempat wisata Twin Hill berada di Banjar Guliang Kawan, Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

10. Dukuh Hill Peninjoan
Dukuh Hill Peninjoan merupakan tempat wisata baru di Bangli yang berlokasi di Banjar Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Tempat wisata ini dibuka pada 3 September 2017 lalu dan sangat cepat terkenal berkat bantuan sosial media seperti Instagram dan Facebook. Para wisatawan akan disuguhkan dengan bentang alam yang hijau nan asri. Panorama akan maksimal jika dilihat dari atas anjungan. Sebagai tempat wisata yang kekinian, Dukuh Hill Peninjoan menyediakan ayunan dan rumah pohon sebagai lokasi untuk berfoto-foto. Tempat ini banyak dikunjungi oleh kaula muda yang gemar hunting foto yang akan diunggah di sosial media. Uniknya, tempat wisata ini menyediakan perpustakaan gratis bagi pengunjungnya. Tempatnya sangat luas, sehingga sangat bagus digunakan untuk kegiatan berkemah untuk menikmati suasana malam di Bangli. 
Iklan