free counter with statistics Inilah 20 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi
T2/21/2019

Inilah 20 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Mencari tempat berlibur di Bali sangatlah mudah karena pulau yang berjuluk “pulau seribu pura” ini menawarkan ratusan bahkan ribuan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, mulai dari wisata budaya, seni, bahari, pantai, pegunungan, air terjun hingga gunungnya menawarkan suguhkan yang sangat unik. Boleh dikatakan hampir tiap “jengkal” tanah di Bali menawarkan keunikan tersendiri yang layak dieksplor keindahannya. Tidak salah kalau pulau yang berada di timur pulau Jawa ini terkenal dengan sebutan sebagai pulau surga terakhir di bumi, karena saking banyaknya tempat indah di Bali.
Inilah 20 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi
Pesona pantai di Bali

Dari ribuan tempat wisata yang ada di Bali, berikut admin bagikan 20 tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi.

1. Tanjung Benoa Watersport
Bagi yag suka dengan wisata tantangan, Tanjung Benoa Watersport wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali karena di sini tersedia beraneka ragam wahana yang sangat menantang yang siap dicoba oleh para wisatawan seperti parasailing, flying fish, jetski, banana boat, rolling donut, kiteboarding, snorkeling, sea walker, waterski, wakerboard, scuba diving, flyboard, water jetpack, dan glass bottom boat. Tidak hanya menawarkan aktivitas olah raga air, kawasan Tanjung Benoa terdapat pantai yang berpasir putih yang sangat menawan lengkap dengan tempat nongkrong berupa gazebo.

2. Pantai Pandawa
Pantai yang baru dikembangkan menjadi objek wisata ini wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali. Pantai ini benar-benar populer berkat promosi yang sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh pihak pengelola pantai ini. Bahkan beberapa film FTV dan iklan komersial melakukan syuting di pantai ini yang ikut menambah makin populernya pantai yang berlokasi di Jalan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Untuk menambah kenyamana pengunjung, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti area parkir yang sangat luas, warung makan dan minum, toilet, bangunan serba guna, dan air tawar untuk membilas badan dari pasir pantai atau air laut. Selain itu, tempatnya sangat instagramable banget lho, tersedia beberapa spot berfoto seperti ayunan di pinggir pantai, tebing karang, dan patung keluarga Pandawa yang menjadi ikon pantai ini.

3. Pantai Kuta
Selain pantai Pandawa, pantai yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Bali adalah Pantai Kuta. Pantai ini lokasinya lumayan dekat dengan bandara Ngurah Rai, berjarak sekitar 10,5 km dari bandara Ngurah Rai atau dengan waktu tempuh sekitar 25 menit dengan kendaraan bermotor. Pantai Kuta merupakan pantai paling favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali. Tidak mengherankan jika pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sore hari pantai yang berpasir putih ini diserbu oleh para turis yang ingin menyaksikan panorama sunset, sehingga tempat ini sangat pas digunakan untuk tempat nongkrong di sore hari. Siang hari pantai ini digunakan untuk bersantai dan berjemur oleh wisatawan asing. Tidak hanya tempat membakar kulit dengan terpaan panas sinar matahari, pantai kuta dapat digunakan untuk mandi dan bermain surfing. Perlu diketahui bahwa pantai Kuta merupakan spot surfing paling populer di Bali.

4. Pantai Sanur
Tempat wisata populer di Bali berikutnya yang wajib dikunjungi yakni Pantai Sanur. Pantai ini kebalikan dari pantai Kuta yang terkenal akan keelokan matahari terbenamnya, justru pantai sanur terkenal akan panorama matahari terbitnya. Bahkan salah satu titik pantai di Sanur diberi nama Pantai Matahari Terbit karena menyuguhkan panorama yang sangat indah di pagi hari ketika matahari akan menampakan dirinya. Pantai Sanur terbagi menjadi beberapa titik pantai yang membentang sekitar 6 km. Setidaknya terdapat 10 titik pantai di Sanur dengan nama yang berbeda-beda. Semua titik-titik pantai tersebut terhubung dengan jogging track yang bisa digunakan untuk jalan kaki ataupun bersepeda.

5. Desa Wisata Ubud
Siapa yang tidak kenal dengan kawasan wisata Ubud? Tempat ini memang menjadi tujuan wisata favorit di Bali. Bahkan rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Mantan Presiden Amerika Serikat Barak Obama sempat menghabiskan liburan di desa wisata Ubud. Ubud memang menjadi magnet bagi wisatawan karena suguhan suasana khas pedesaan yang sangat kental membuat para turis betah berlama-lama tinggal di Ubud. Di kawasan desa wisata ubub banyak terdapat tempat wisata terkenal yang wajib untuk dikunjungi seperti Ubud Monkey Forest, Bukit Cinta Ubud, Ubud Rafting, Banjar Nyuh Kuning, Pasar Seni Ubud, dan beberapa Museum Seni.

6. Desa Wisata Serangan
Desa Wisata Serangan merupakan salah satu dari 6 desa wisata yang ada di Denpasar. Desa wisata ini berada di Pulau Serangan yang terpisah dengan Pulau Bali, hanya dihubungkan dengan sebuah jembatan. Sebagai desa wisata tentunya banyak hal yang ditawarkan wisatawan jika berkunjung ke Desa Wisata Serangan misalnya melihat kehidupan penyu langka di penangkaran penyu yang dikelola oleh Turtle Conservation and Education Centre (TCEC) Serangan, menikmati pesona Pantai Serangan dengan pasir putihnya yang eksotis, bahkan di pulau ini terdapat sebuah pantai tersembunyi yang jarang orang ketahui keberadaannya.

Selain itu, pengujung juga bisa berkeliling dengan sepeda motor atau mobil di pantai Reklamasi Pulau Serangan yang merupakan spot yang sangat bagus untuk melihat atraksi wisatawan bermain watersport di pantai Tanjung Benoa dan spot untuk melihat sunset, menikmati keindahan Dermaga Serangan tempat penyeberangan menuju Nusa Lembongan atau ke pulau Gili Lombok, melihat kehidupan masyarakat Kampung Bugis dengan rumah panggungnya yang masih bertahan hingga sekarang, melihat pesona bawah laut dengan jalan-jalan di Underwater Seawalker Serangan, melihat kehidupan hiu di Bali Shark, dan mengunjungi danau buatan di Pulau Serangan sebagai tempat selfie yang instagramable banget. Selain bisa menikmati keindahan alam dan kebudayaannya, para wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas pulau serangan yakni ikan asap sambel matah khas Serangan yang sangat lezat, membeli camilan Krupuk Klejat, dan Bulung. Bagi yang suka hobi memancing atau hobi surfing, di sini juga terdapat spot memancing dan surfing yang sangat populer di Bali lho.

7. Bajra Sandi Renon
Tempat wisata Bajra Sandhi Renon wajib dikunjungi jika berlibur ke Bali khususnya ke Kota Denpasar. Tempat wisata yang ikonik ini berupa monumen atau boleh dikatakan berupa museum. Di dalam monumen ini pengunjung akan disajikan tentang potret masa lampau kehidupan masyarakat Bali dari zaman prasejarah hingga zaman mengisi kemerdekaan yang tertuang dalam 33 diorama. Selain itu, di monumen ini juga terdapat Interactive Art Museum Bali atau yang disingkat dengan nama I AM Bali. I AM Bali merupakan museum interaktif 3D yang menawarkan beragam fasilitas dan wahana hiburan untuk rekreasi bersama teman atau keluarga. Lokasi monumen ini sangat dekat dengan Pantai Sanur yang dapat di tempuh dalam waktu 8 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

8. Desa Wisata Batubulan
Bagi yang ingin mengenal seni dan budaya Bali, tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Desa Wisata Batubulan. Hampir setiap hari di desa wisata Batubulan terdapat pertujukan kesenian Tari Legong dan Barong yang sudah terkenal hingga ke luar negeri yang dikenal dengan nama “Batubulan Barong Dance”. Desa wisata ini juga memiliki tradisi unik yang jarang ditemukan di tempat lainnya di Bali yakni tradisi Mepantigan yang diadakan di areal persawahan sebagai bentuk wujud bhakti krama Bali kepada Dewi Sri yang telah menganugerahkan kemakmuran bagi umat manusia. Berkunjung ke desa ini jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bali seperti membeli kerajinan patung khas Bali, membeli oleh-oleh khas Bali di toko survenir di sepanjang jalan raya Batubulan, membeli Batik dengan motif khas Bali, dan menikmati kuliner khas Bali di Pasar Malam Batubulan dengan harga yang murah meriah.

9. Air Terjun Tegenungan
Ingin mencari tempat wisata air terjun yang dekat dengan Kota Denpasar? Coba sambangi Air Terjun Tegenungan. Air terjun yang berada di kabupaten Gianyar ini merupakan air terjun paling terkenal di Bali. Selain keberadaannya yang dekat dengan kota Denpasar, air terjun ini juga dekat dengan objek wisata populer di Bali, seperti seperti Pasar Seni sukawati, Hidden Canyon Guwang, Goa Gajah, Desa Wisata Batubulan, dan objek wisata Ubud. Air Terjun Tegenungan atau nama lainnya Air Terjun Blangsinga memiliki debit air yang sangat besar dengan pemandangan yang cukup indah serta pepohonan yang menghijau di sekitarnya. Apalagi kawasan ini sekarang dipercantik dengan disediakannya ayunan dan ajungan untuk tempat berfoto-foto, tentu akan membuat tempat ini makin terkenal dan viral di sosial media.

10. Taman Budaya GWK
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana kini menjadi viral di sosial media berkat rampungnya pengerjaan patung tertinggi ketiga di dunia. Patung ini kini menjadi ikon pariwisata Bali yang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara. Patung ini dikeliling oleh tebing-tebing kapur nan eksotis. Tentunya dari tebing-tebing kita bisa melihat patung GWK yang menjulang tinggi, sungguh pemandangan yang mempesona. Berkunjung ke Taman Budaya GWK tidak hanya disajikan patung raksasa lho, pengunjung juga akan disajikan tari-tarian budaya Bali dan kesenian lainnya seperti pertunjukan Rindik (musik khas Bali yang terbuat dari Bambu), tari Barong, dan Garuda Wisnu Ballet. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pertunjukan Joged Bumbung dan Tari Kecak setiap hari. Pertunjukan seni dan budaya di Taman Budaya GWK biasanya diadakan di lokasi-lokasi tertentu seperti di Amphitheatre, Street Theatre, Plaza Wisnu, dan Lotus Pond

11. Kintamani
Seperti kata pepatah “sekali mendayung dua pulau terlapaui”, itulah pepatah yang tepat ketika berlibur ke Kintamani, karena di sini pengunjung akan ditawarkan banyak pilihan tempat wisata. Sekali berkunjung ke kintamani wisatawan bisa mengunjungi banyak tempat wisata. Tentunya tempat wisata tersebut tidak monoton itu-itu saja, melainkan sangat unik dan tentunya sangat instagramable bagi pecinta hunting foto. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke kintamani yakni museum gunung api Batur dengan bangunan yang sangat unik, mendaki Gunung Batur dan Gunung Abang untuk melihat panorama sunrise yang sangat keren, menikmati hangatnya air panas Toya Bungkah dan Toya Devasya, spot selfie di Lava Tumuli Gunung Batur, melihat pemakaman unik di Desa Trunyan, pesona danau danau Batur, penelokan dengan view gunung Batur dan danau Batur yang menyejukan mata, sunrise yang spektakuler di Bukit Cinta Pinggan, agrowisata jeruk dan kopi di Desa Catur, Pura Puncak Penulisan, Bukit Sari Songan, Bukit Trunyan, Grembeng Culali, dan Hutan Pinus Kintamani. Dengan begitu banyaknya destinasi wisata yang ada di Kintamani, tempat ini wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali.

12. Bedugul
Bedugul merupakan sebuah kawasan wisata yang menawarkan pesona keindahan alamnya berupa danau dan pegunungan yang hijau dan sejuk. Kawasan wisata ini memiliki banyak pilihan tempat wisata seperti tempat rekreasi keluarga di The Sila's Agrotourism, pesona danau Beratan dengan keunikan Pura Ulun Danu yang berada di tengah danau, spot selfie di Bali Gumitir Bedugul, rekreasi keluarga di Kebun Raya Bedugul, keindahan danau kembar Danau Buyan dan Danau Tamblingan yang sangat cocok untuk kegiatan kemah dan hiking, pesona Air Terjun Cinta dan Air Terjun Kembar Banyumala, Agro Puncak Bukit Catu, Wisata Selfie Wanagiri, memetik buah stawbery secara langsung di Bali Strawberry Bedugul, membeli oleh-oleh khas Bedugul di Pasar Candi Kuning, dan uji adrenalin di Bali Tree Top Adventure Park. Tempat wisata di Bedugul tidak hanya menjadi incaran para traveler domestik lho, bahkan turis mancanegara banyak yang mengunjungi tempat wisata di Bedugul.

13. Wisata Alam Jatiluwih
Desa Wisata Jatiluwih merupakan desa wisata terpopuler di Tabanan, bahkan desa wisata ini ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Desa Wisata Jatiluwih mengandalkan pertanian dengan lahan sawah berundak-undak yang dilatar belakangnya berupa gunung tertinggi kedua di bali yakni Gunung Watukaru. Karena memiliki lahan persawahan yang sangat luas dan hijau, tidak mengherankan kalau desa wisata jatiluwih mendapat julukan “karpet hijau raksasa”. Selain pemandangan sawah berteras, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sungai dengan air terjun Yeh Ho yang mempesona, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Untuk bisa menikmati pesona keindahan persawahan sambil melihat aktivitas penduduk setempat, pengunjung bisa melakukan kegiatan treking bersama keluarga maupun teman dengan panjang lintasan mencapai 3 km lho. Pokonya seru deh. Desa Jatiluwih dikenal sebagai produsen utama beras merah di Bali, jadi saat berkunjung ke dsea ini jangan lupa juga menikmati kuliner Bali khas Jatiluwih yakni teh beras merah yang sangat terkenal.

14. Tanah Lot
Tanah Lot menjadi obyek wisata paling populer di kalangan wisatawan. Banyak agen perjalanan wisata di Bali menjadwalkan Tanah Lot sebagai tujuan turnya. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara. Bahkan tempat wisata ini mendapat kunjungan terbanyak di Bali tiap tahunnya, dibandingan dengan tempat wisata lainnya. Keunikan tempat wisata ini adalah terdapatnya sebuah pura di tengah laut yang berdiri di atas sebuah batu karang. Sore hari ini kawasan ini sangat cocok untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Jika air laut dalam keadaan pasang, maka pura ini akan terpisah dengan daratan. Sajian kesenian Tari Kecak di tempat wisata ini menambah terkenalnya tempat wisata Tanah Lot ini. Setiap sore hari menjelang matahari tenggelam ada pertunjukan tari kecak dengan latar belakang Pura Tanah Lot yang sangat ikonik tersebut.

15. Tegallalang Rice Teracce
Tempat wisata Tegallalang Rice Terrace merupakan salah satu tempat wisata populer di Pulau Bali. Jika akan berlibur ke tempat wisata kintamani melalui jalur ubud atau tegallalang pasti akan melewati tempat wisata yang sedang nghits di sosial media ini. Di sini para wisatawan akan disajikan dengan panorama alam berupa pemandangan sawah berundak-undak yang masih alami dengan petak-petak sawah bertingkat yang terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya yang menghijau. Pengelola tempat wisata ini menyediakan area tempat berfoto-foto yang sangat instagramable dengan hasil gambar yang ciamik.

16. Pasar Seni Sukawati
Bagi yang ingin membeli oleh-oleh khas Bali, tempat wisata Pasar Seni Sukawati wajib untuk dikunjungi. Apalagi pasar seni yang sangat populer di Bali ini lokasinya dekat dengan air terjun tegenungan yang berjarak sekitar 3,4 km. Jadi, sambil mengunjungi air terjun tegenungan, kamu bisa juga mampir membeli oleh-oleh khas bali di pasar seni Sukawati seperti lukisan, baju barong, asesoris, perhiasan berbahan perak dan emas, patung, dan barang seni lainnya. Harga oleh-oleh di sini sangat terjangkau, tetapi harus pintar-pintar menawar, karena barang-barang di sini tidak ada tarif.

17. Sangeh Monkey Forest
Tempat wisata Sangeh Monkey Forest merupakan tempat wisata berupa hutan homogen yang luasnya mencapai 10 hektar yang ditumbuhi oleh pohon pala yang sudah berumur ratusan tahun. Uniknya, hutan di sini dihuni oleh ratusan ekor kera abu ekor panjang. Pengunjung bisa berinteraksi dengan kera-kera yang yang jinak di hutan ini. Tempat wisata Sangeh Monkey Forest ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat sesi foto praweding. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali, jadi wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali. Apalagi sekitar kawasan wisata ini terdapat tempat wisata populer lainnya yang siap menanti kunjungan Anda setelah mengunjungi Sangeh Monkey Forest seperti panorama lembah Tanah Wuk, pesona Taman Mumbul, mencoba ayunan super tinggi di Bali Swing Bongkasa, dan air terjun Pengempu.

18. Pantai Lovina
Tempat wisata pantai Lovina merupakan salah satu tempat wisata populer di Buleleng. Tidak hanya disuguhkan dengan paorama pantai pasir hitam yang indah, di sini pengunjung akan disuguhkan dengan atraksi lumba-lumba di alam bebas. Untuk bisa menikmati lucunya hewan laut yang satu ini, para wisatawan harus ke tengah laut sebelum matahari terbit dengan menyewa sebuah perahu nelayan milik warga setempat. Selain menyaksikan atraksi lumba-lumba, para turis bisa menikmati panorama bawah lautnya dengan diving atau snorkeling lho. Di pantai ini juga kita bisa menyaksikan matahari tenggelam (sunset) yang indah lho.

19. Uluwatu
Uluwatu masuk sebagai salah satu tempat wisata populer di Bali. Di tempat wisata ini terdapat Pura Uluwatu yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Pura Uluwatu merupakan salah satu destinasi wisata andalan Pulau Bali, dibangun di atas batu karang terjal dan tinggi, posisi karang ini menjorok ke samudra Indonesia yang biru. Kawasa pura luhur uluwatu terkenal dengan keindahan matahari terbenamnnya yang dikenal dengan nama Uluwatu Sunset Point. Di sini juga tersedia stage tempat digelarnya pertunjukan tari Kecak setiap sore hari. Dengan latar belakang sunset, pertunjukan kecak di sini akan menjadi sebuah pertunjukan seni tari yang memukau mata. pengunjung bisa berfoto-foto di sekitar pura dengan latar belakang tebing karang yang menghijau atau matahari terbenamnya.

20. Goa Gajah
Kini tempat wisata Goa Gajah menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Gianyar, bahkan di pulau Bali. Kalau menyebut goa gajah maka dipikiran kita akan terbayang bahwa goa itu merupakan hunian gajah atau setidaknya di sekitar goa ada gajah. Akan tetapi tempat wisata Goa Gajah bukan hunian gajah maupun ada gajah disekitarnya, melainkan hanya berupa gua buatan sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu. Tempat ini memang benar-benar unik dan bersejarah. Kunjungan ke tempat wisata ini didominasi oleh wisatawan mancanegara. Apalagi tempat wisata ini dekat dengan kawasan objek wisata Ubud, sehingga tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya.
Iklan