free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Di Denpasar Yang Wajib Dikunjungi
T2/25/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Di Denpasar Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan
Kota Denpasar memiliki motto atau slogan “Purradhipa Bhara Bhavana” yang memiliki makna kewajiban pemerintah adalah meningkatkan kemakmuran Rakyat. Tidak hanya memakmurkan rakyatnya, pemerintah Kota Denpasar juga mampu membahagiakan warganya. Ini terbukti dengan peraihan predikat Kota Denpasar sebagai kota paling bahagia se-Bali. Seperti yang dikutip dalam laman detik.com, kunci membahagiakan warganya adalah dengan penataan kota yang mewadahi ruang ekspresi masyarakat. Selain itu, pemerintah kota Denpasar juga terus melengkapi berbagai fasilitas di ruang-ruang publik dan tempat-tempat wisata.
Inilah 10 Tempat Wisata Di Denpasar Yang Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Denpasar

Denpasar sebagai ibu kota Provinsi Bali tidak hanya terdapat pusat perbelanjaan dan kantor-kantor pemerintahan, tetapi ada juga tempat wisata yang mampu menarik jutaan wisatawan tiap tahunnya, baik itu wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Berbicara mengenai tempat wisata, kota Denpasar juga memiliki ratusan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keberadaan beragam tempat wisata ini tentunya mampu membahagiakan dan merefresh warganya dari hingar bingar sibuknya kota metropolitan. Bagi yang kebetulan berlibur di Kota denpasar, berikut admin bagikan dan rekomendasikan 10 tempat wisata di Denpasar yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Karang Sanur
Pantai Karang berada di kawasan tempat wisata Sanur yang tekenal dengan panorama pantai pasir putih yang eskotis dan keindahan matahari terbitnya. Perlu diketahui, bahwa di kawasan Pantai Sanur terdiri dari beberapa titik pantai dengan nama-nama yang berbeda. Dari semua titik pantai yang ada di Sanur, Pantai Karang yang paling unik. Keunikan pantai karang terletak pada gazebo kembarnya yang berada di tengah laut. Jika air laut mengalami pasang, gazebo kembar ini akan terpisah dengan daratan sehingga tampak sangat indah. Akan tetapi jika air laut sedang surut kita bisa nongkrong di gazebo kembar tanpa harus mengalami basah-basahan karena air laut. Gazebo kembar ini menjadi latar belakang untuk berfoto selfie, sehingga pantai ini wajib dikunjungi jika berlibur ke Denpasar. Lokasi Pantai Karang berada di Jalan Pantai Karang, Banjar Batu Jimbar, Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

2. Monumen Bajra Sandhi
Monumen Bajra Sandhi tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik lho, bahkan turis mancanegara banyak yang berburu tempat wisata yang berlokasi di Jalan Raya Puputan, Niti Mandala Renon, Denpasar Timur ini. Tempat wisata ini tidak pernah sepi dari kunjungan turis lho. Di dalam monumen ini pengunjung akan melihat kehidupan masyarakat Bali dari zaman prasejarah hingga zaman mengisi kemerdekaan yang tertuang dalam 33 diorama. Monumen ini memiliki arsitektur yang sangat unik, bahkan monumen ini menjadi ikon dari pariwisata Kota Denpasar.

Selain itu di dalam monumen perjuangan rakyat bali juga terdapat Interactive Art Museum Bali atau yang disingkat dengan nama I AM Bali yang berada di lantai dasar monumen ini. I AM Bali merupakan museum interaktif 3D yang menawarkan beragam fasilitas dan wahana hiburan untuk rekreasi bersama kerabat dan keluarga. Monumen ini wajib dikunjungi ketika berlibur ke Denpasar, karena lokasinya dekat dengan pantai sanur yang dapat di tempuh dalam waktu 8 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

3. Big Garden Corner
Big Garden Corner merupakan tempat wisata baru di Denpasar. Keberadaan tempat wisata Big Garden Corner ini sedang ngehits di sosial media, khususnya pengguna Instagram. Jika kita cari dengan  #biggardencorner akan terdapat lebih dari 9,7 ribu kiriman lho. tempat wisata ini banyak digandrungi oleh kaula muda yang gemar hunting foto, karena tempatnya Instagramable banget. Banyak sekali terdapat spot untuk berfoto-foto dengan hasil yang ciamik. Tidak hanya disukai oleh kaula muda lho, tempat wisata ini cocok juga anak-anak bahkan orang tua karena dapat juga digunakan sebagai sarana rekreasi keluarga yang asik di tengah kota.

Tempat wisata Big Garden Corner merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan ratusan patung klasik. Dapat dikatakan tempat wisata ini merupakan sebuah galeri seni patung tetapi dengan nuansa yang berbeda dengan galeri patung yang lainnya. Tidak hanya menawarkan keindahan seni patung, tempat wisata ini juga menawarkan miniatur candi borobudur seperti yang ada di Taman Nusa Bali. Selain itu masih banyak keunikan lain yang ditawarkan di tempat ini seperti kolam lotus, rumah pohon, big stone, dan lain-lain. Lokasi tempat wisata Big Garden Corner sangat strategis yakni berada di sebelah barat lampu lalu lintas Padang Galak – Waribang, By Pass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar Timur. Hanya berjarak sekitar 2,4 km dari Pantai Sanur atau dapat ditempuh dalam waktu 8 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

4. Tukad Korea
Sebenarnya kawasan wisata ini bernama Tukad Badung, karena panorama yang disuguhkan sangat indah seperti sungai Cheonggyecheon yang ada di Korea maka oleh para pelancong memberi nama Tukad Korea. Tempat wisata ini berada di  tengah kota Denpasar yang terletak di tengah antara Pasar Badung dan Pasar Kumbasari Denpasar, Bali. Berkunjung ke sini serasa mengunjungi sungai yang ada di Korea lho, dengan adanya fasilitas taman, air mancur, lampu-lampu warna warni, tempat memancing, tempat duduk untuk bersantai dan jogging track yang panjangnya sekitar 120 meter. Uniknya, penataan sungai ini memang sengaja dibuat berkelok-kelok untuk menambah nilai seni agar terlihat lebih cantik. Pada malam hari kawasan ini terlihat semarak dengan warna-warni lampu yang menghiasi sisi sungai ini.

Tempat wisata Tukad Korea wajib dikunjungi jika berlibur ke Kota denpasar, apalagi kawasan wisata ini lokasinya dekat dengan pasar seni Kumbasari. Sambil membeli oleh-oleh khas Bali di pasar seni, bisa juga mampir ke Tukad Korea ini. Tempatnya sangat Instagramable banget lho, jangan lupa mengabadikan momen-momen indah saat mengunjungi tempat ini.

5. Pulau Serangan
Tempat wisata di Denpasar berikutnya yang wajib dikunjungi yakni Pulau Serangan. Di Pulau Serangan terdapat sebuah desa yang bernama Desa Serangan. Desa ini dikembangkan menjadi desa wisata yang layak untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali. Banyak hal yang wisatawan bisa lakukan di Desa Wisata Serangan yakni melihat kehidupan penyu langka di penangkaran penyu yang dikelola oleh Turtle Conservation and Education Centre (TCEC) Serangan, menikmati pesona Pantai Serangan dengan pasir putihnya yang eksotis, berkeliling dengan sepeda motor atau mobil di pantai Reklamasi Pulau Serangan yang merupakan spot yang sangat bagus untuk melihat atraksi wisatawan bermain watersport di pantai Tanjung Benoa dan spot untuk melihat sunset. Bahkan di pulau ini juga terdapat pantai tersembunyi yang jarang dikunjungi wisatawan.

Selain itu, wisatawan bisa juga menikmati keindahan Dermaga Serangan sebagai tempat penyeberangan menuju Nusa Lembongan atau ke pulau Gili Lombok, melihat kehidupan masyarakat Kampung Bugis dengan rumah panggungnya yang masih bertahan hingga sekarang, melihat pesona bawah laut dengan jalan-jalan di Underwater Seawalker Serangan, terdapat Pura Sakenan sebagai tempat wisata religi, melihat kehidupan hiu di Bali Shark, dan mengunjungi danau buatan di Pulau Serangan sebagai tempat selfie yang instagramable banget. Bagi yang suka hobi memancing atau hobi surfing, di sini juga spot memancing yang sangat populer di Bali dan memiliki ombak yang sangat ideal untuk bermain surfing lho.

Tidak ketinggalan juga dengan suguhan wisata kuliner khas Pulau Serangan yakni ikan asap sambel matah khas Serangan, Camilan Krupuk Klejat, dan Bulung. Camilan krupuk klejat ini bisa dijadikan oleh-oleh khas Bali untuk dibawa pulang.

6. Taman Inspirasi Mertasari
Taman Inspirasi Mertasari berada di Pantai Pengembak Sanur tetapi untuk menuju kawasan taman ini pengunjung terlebih dahulu harus melalui pantai Mertasari Sanur dengan melewati jembatan kayu karena kawasan ini dipisahkan oleh Tukad Loloan. Di taman ini diapit dengan perairan laut berupa pantai di sebelah selatan dan rawa-rawa di sebelah utara. Rawa-rawa di kawasan ini ditumbuhi dengan hutan bakau (mangrove) yang menghijau dan masih alami.

Tidak hanya untuk orang dewasa lho, taman ini juga ramah anak-anak karena terdapat arena bermain untuk anak-anak. Aktivitas lain yang mungkin bisa dilakukan di sini yakni bermain bola seperti sepak bola dan bola voli, nongkrong menikmati pesona pantai pasir putih yang sangat keren plus hutan bakaunya, sore hari pengunjung akan disuguhkan pesona matahari tenggelam yang sangat indah, dan bagi yang suka berfoto-foto tempat sangat pas dikunjungi karena instagramable banget lho. Lokasi tempat wisata yang sedang ngehits di sosial media ini berada di Jalan Pengembak, Desa Adat Intaran, Sanur, Denpasar.

7. Desa Budaya Kertalangu
Desa Budaya Kertalangu dikelilingi oleh persawahan asri dan kebun yang subur. Desa ini lebih didominasi oleh pemandangan hamparan persawahan yang indah. Potensi ini dimanfaatkan dengan membuat jogging track sepanjang 4 km yang melewati areal persawahan. Selain aktivitas jogging para wisatawan juga bisa membeli dan melihat proses pengerjaan beberapa kerajinan secara langsung seperti gelas, keramik, lilin, patung, guci dan lain sebagainya. Di sini juga terdapat monumen gong perdamaian dunia yang berdiri di tengah lapangan yang hijau sebagai tempat berfoto-foto yang sangat bagus dan memiliki rute untuk bermain ATV yang sangat bagus. Bagi yang suka dengan kegiatan memancing, di desa ini juga terdapat kolam pancing dan jasa penyewaan alat pancing atau bisa juga membawanya dari rumah. Kegiatan lain yang mungkin bisa dilakukan di desa ini yakni menonton pertunjukan tari Barong, Tari Kecak dan Joged Bungbung, berwisata naik kuda, atau menikmati wisata kulinernya.

8. Pertunjukan Tari Barong Waribang
Bagi yang ingin menonton pertunjukan Tari Barong di Bali khusunya di Denpasar, Sanggar Uma Dewi wajib untuk dikunjungi yang berlokasi Jalan Waribang, Desa Kesiman, Kota Denpasar. Untuk menikmati pertunjukan Tari Barong Waribang, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp100.000 per orang. Selain melihat pertunjukan Tari Barong yang spektakuler dan ada adegan lucunya, para pengunjung juga dapat berfoto dengan penari sebelum masuk dan setelah pertunjukan usai. Durai pertunjukan Tari Barong Waribang berlangsung sekitar 1 jam yang dimulai pada pukul 09.30-10.30 Wita setiap harinya.

9. Hutan Mangrove Bali
Tempat wisata hutan mangrove Bali merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Bali yang berlokasi Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Pemogan, Denpasar Selatan, Bali. Para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini akan ditawarkan keindahan hutan bakau yang hijau dan asri. Untuk kenyamanan pengunjung, pengelola tempat wisata ini menyediakan jalan setapak yang terbuat dari kayu yang panjangnya mencapai 3 km dan di beberapa titik telah disediakan gazebu untuk beristirahat. Bagi yang suka eksis di sosial media, tempat wisata ini wajib dikunjungi  ketika liburan ke Bali, karena tempat wisata ini sangat instagramable banget lho. Tempat wisata ini tidak hanya diburu oleh kaula muda yang gemar hunting foto, bahkan para fotografer juga banyak yang mengunjungi tempat ini, biasanya mereka melakukan sesi foto praweding di sini.

10. Taman Festival Bali
Bagi yang suka dengan wisata horor, Taman Festival Bali yang berlokasi di Jalan Pantai Padang Galak ini wajib untuk disambangi. Taman Festival Bali merupakan salah satu tempat wisata horor atau tempat wisata yang menyeramkan yang ada di Pulau Bali. Tempat wisata ini tidak sengaja di buat seram lho, melainkan dibiarkan terbengkalai begitu saja sehingga kawasan ini tampak menyeramkan. Bangunan-bangunan yang ada di kawasan ini tidak terurus, ditumbuhi semak belukar, ada bekas kebakaran dan coretan-coretan di dinding bangunan, tentu membuat tempat tersebut kelihatan seram ataupun horor. Bagi yang ingin menikmati liburan yang berbeda di Bali bisa mampir ke tempat ini lho. Apalagi lokasinya dekat dengan pantai Sanur yang berjarak sekitar 3,8 km atau sekitar 12 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.
Iklan