free counter with statistics Inilah 10 Lokasi Bersepeda Di Bali Dengan Panorama Yang Keren
T2/25/2019

Inilah 10 Lokasi Bersepeda Di Bali Dengan Panorama Yang Keren

Iklan
Iklan

Bersepeda merupakan sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu moda transportasi darat yang menggunakan sepeda. Bersepeda tidak hanya digemari oleh kalangan orang dewasa lho, anak-anak juga sangat menggembari aktivitas bersepeda. Bahkan banyak anak-anak ke sekolah menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi. Bersepeda bisa dilakukan diberbagai medan, misalnya perbukitan, medan yang terjal maupun hanya sekadar dipedesaan dan perkotaan saja.
Inilah 10 Lokasi Bersepeda Di Bali Dengan Panorama Yang Keren
Bersepeda

Bali sebagai tujuan wisata dunia, juga menawarkan wisata bersepeda. Bersepeda di Bali sangat menyenangkan, karena kita akan melewati panorama pantai, alam pedesaan, bahkan panorama alam pegunungan yang asri. Jadi selain untuk memeras keringat, bersepeda di Bali dapat merefresh pikiran lho. Bagi yang ingin menjelajah panorama alam Bali dengan menggunakan sepeda, berikut admin bagikan 10 lokasi bersepeda di Bali dengan panorama yang keren.

1. Pantai Sanur
Bagi yang tinggal di seputaran Kota Denpasar dan sekitarnya, lokasi bersepeda dengan panorama yang kerem berada di Pantai Sanur. Pantai yang terkenal dengan keindahan matahari terbit dan memiliki pasir putih yang eksotis ini memiliki area jogging track panjangnya kurang lebih 5 km yang bisa digunakan untuk bersepeda. Area jogging track di kawasan Pantai Sanur yang membentang dari Pantai Matahari Terbit Sanur hingga ke Pantai Mertasari Sanur. Track ini bisa “dijajal” dengan bersepeda yang akan melalui beberapa titik pantai yang terkenal di kawasan sanur, mulai paling utara ada Pantai Matahari Terbit, kemudian ke Pantai Bali Beach, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindhu, Pantai Karang, Pantai Batu Jimbar, Pantai Duyung, Pantai Semawang, Pantai Mertasari dan paling ujung selatan ada Pantai Pengembak yang terdapat Taman Inspirasi Mertasari. Tiap titik pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri lho.

Jika tidak sempat membawa sepeda, bisa juga menyewa, karena di pantai sanur terdapat jasa penyewaan sepeda dengan harga tidaklah terlalu mahal, cukup merogoh kocek Rp 5000 per jam, kita sudah bisa menyusuri pantai sanur yang sangat indah tersebut. Untuk menyusuri pantai sanur akan memerlukan waktu sekitar 1 jam dari pantai matahari terbit hingga ke pantai mertasari. Jadi memerlukan waktu 2 jam untuk kembali ke tempat jasa penyewaan sepeda.

2. Pantai Nusa Dua
Selain di Pantai Sanur, lokasi bersepeda di Bali dengan panorama pantai bisa dilakukan di Pantai Nusa Dua, karena di sini juga sudah disediakan area jogging track yang bisa dilalui sepeda. Apalagi di kawasan wisata yang terkenal dengan hotel berbintang ini terdapat jasa penyewaan sepeda dengan harga cukup murah, yakni Rp25 ribu untuk sewa enam jam dan Rp50 ribu untuk sewa selama 12 jam.
Selama menyusuri kawasan nusa dua dengan sepeda, kita akan disuguhkan dengan panorama pantai pasir putih yang eksotis lengkap dengan panorama dua buah pulau yang menjadi cikal bakal nama kawasan Nusa dua ini yakni Pulau Nusa Dharma dan Pulau Nusa Gede (Peninsula Island). Kita juga bisa mengekslpor keindahan kedua pulau ini dengan menggunakan sepeda, karena di kedua pulau itu juga terdapat area jogging track yang terhubung dengn track di pantai Nusa Dua. Terlebih lagi di Pulau Nusa Gede terdapat tempat wisata waterr blow dan patung arjuna sebagai spot untuk berfoto-foto yang sangat keren.

Sewa sepeda di Nusa Dua tepatnya di kawasan ITDC (Indonesian Tourism Development Corporation) Nusa Dua sudah ada dari tahun 2016, dan kini sudah mulai banyak di ketahui oleh masyarakat dan juga wisatawan.

3. Desa Wisata Ubud
Dalam film holywood yang berjudul “Eat, Pray, Love” yang dibintangi oleh Julia Roberts ada adegan di mana sang bintang film menggunakan sepeda untuk menyusuri keindahan kawasan wisata Ubud. Tidak hanya ada dalam film doang lho, kawasan wisata ubud memang cocok dieksplor keindahannya dengan menggunakan sepeda. Selain menyehatkan, bersepeda di Ubud akan membuat pikiran fresh, karena dalam perjalanan bersepeda kita akan banyak menjumpai persawahan yang hijau, pedesaan (rumah adat bali), serta hasil karya seniman orang desa tersebut. Bahkan kita juga akan melewati pasar seni ubud, sambil bersepeda kita bisa berbelanja aneka cinderamata berupa topi, gelang, cincin, lukisan, dan berbagai barang-barang menarik lainnya.

Bersepeda di Ubud tidak perlu khawatir dengan trek yang akan dilalui, karena trek sepeda di Ubud sangat mudah dan tidak begitu ada tanjakan. Perlu diketahui terdapat dua track yang paling poouler untuk bersepeda di Ubud yakni start point di Ceking Tegalalang dengan panorama persawahan terasering dan finish di Pura Dalem Puri Ubud (durasi 2 jam perjalanan) dan start point di Taro Tegalalang dan finish di Bukit Tjampuhan Ubud (durasi 2,5 jam perjalanan). Harga sewa sepeda di Ubud cukup murah yakni Rp. 60.000/sepeda (minimal penyewaan 10 unit). Akan lebih baik jika menggunaka jasa pemandu wisata, agar nantinya saat kita bersepeda tidak tersesat atau menyasar ke mana-mana, dan pemandu ini nantinya juga akan memberikan petunjuk ke mana saja jalur yang dilalui untuk mendapatkan pemandangan yang sangat keren. Jika menggunakan jasa pemandu wisata kita akan dikenakan biaya Rp. 200.000 (maksimal 10 orang per pemandu wisata).

4. Kintamani
Lokasi bersepeda di Bali dengan panorama pegunungan yang sejuk berada di Kintamani. Karena suhu udara di kintamani yang rendah di bandingan dengan daerah lainnya di Bali, sebelum bersepeda alangkah baiknya diawali dengan sarapan pagi dan menikmati pemandangan danau Batur dan gunung Batur yang indah. Setelah itu baru lanjut menyusuri panorama kintamani dengan menggunakan sepeda sambil mengeksplorasi kehidupan di pedesaan dan bersantai sepanjang perjalanan. Bersepeda di Kintamani dengan rute bisa mencapai sekitar 27 km ini kita akan melewati kebun sayur tradisional, panorama pedesaan, dan juga melihat aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat Bali.

5. Subak Sembung
Selain di Pantai Sanur, ada satu lagi lokasi untuk bersepeda di Denpasar yakni di jogging track Subak Sembung Peguyangan yang memiliki track dengan panjangnya mencapai 1 km dengan lebar 2 meter, tentunya ini bisa dilalui sepeda. Berbeda dengan jogging track di Pantai Sanur yang lebih dominan panorama pantai pasir putih, di jogging track subak sembung kita akan disuguhkan dengan panorama areal persawahan yang menghijau dengan udara yang menyegarkan.

Awalnya track ini merupakan pematang sawah, kemudian diubah menjadi jogging track dengan cara dibeton. Walaupun pematang sawah dijadikan tempat jogging, namun tidak mengganggu aktivitas petani di kawasan ini. Setelah lelah mengelilingi track ini dengan sepeda, kita bisa beristirahat sejenak, karena di areal ini juga disediakan beberapa unit bale bengong yang bisa digunakan untuk beristirahat. Banyak warga sekitar yang memanfaatkan track ini untuk olahraga atau naik sepeda jika sedang sepi. Lokasi Subak Sembung berada di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

6. Bali Bike Park
Bali Bike Park memiliki tujuh jalur sepeda (track) dengan karakter serta tingkat kesulitan yang berbeda. Track yang ada dikawasan ini didesain sedemikian rupa untuk bisa dinikmati oleh rider dari kalangan pemula hingga ahli. Untuk kenyamanan para pesepeda, di tempat ini turut disediakan kafe dan toko suvenir termasuk toilet. Tempat bersepeda yang berlokasi di Bali Utara ini tidak hanya untuk orang dewasa saja lho, bahkan anak-anak bisa menikmati bersepeda di kawasan Bali Bike Park ini.

Untuk menikmati lintasan ini, para pesepeda cukup menyiapkan dana Rp 250.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 775.000 untuk wisatawan mancanegara untuk sehari main (include loading). Pastikan mendaftar secara online terlebih dahulu di www.balibikepark.com beberapa hari sebelum berkunjung. Para pecinta olahraga bersepeda tidak diharuskan membawa sepeda ke Bali Bike Park karena mereka juga menyewakan sepeda bergenre All Mountain dan Downhill dengan biaya sewa Rp 450.000 per hari. Bali Bike Park buka mulai pukul 08.00 WITA dan tutup pada pukul 14.00 WITA.

Bagaimana? Tertarik menjajal track di Bali Bike Park Dasong? Silahkan lancong ke Jalan Dasong, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

7. Teras Sawah Jatiluwih
Desa Wisata Jatiluwih merupakan desa wisata terpopuler di Tabanan. Bahkan desa wisata Jatiluwih ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO lho. Desa Jatiluwih terkenal akan keindahan alamnya yang mampu membuat para pelancong akan berdecak kagum, terutama keindahan sawahnya yang berundak-undak yang sangat luas menghijau di kaki pegunungan Batukaru. Untuk menikmati panorama alam jatiluwih dengan sawah yang terassering bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda selama dua jam. Di sini terdapat  17 rute bersepeda yang menantang, melewati persawahan dan permukiman penduduk dengan udara yang segar tentunya mampu menyegarkan pikiran.

8. Bukit Putung
Tempat bersepeda dengan panorama yang keren di Bali Timur berada di tempat wisata Bukit Putung. Bersepeda di Bukit Putung, para rider akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat asri dengan hamparan perkebunan salak milik warga setempat. Jika kita bersepeda di Jatiluwih akan disuguhkan dengan pemandangan sawah, bersepeda di Bukit Putung akan disuguhkan dengan panorama tegalan yang hijau dan bebas polusi udara. Lokasinya tidak jauh dengan agrowisata sibetan yang terkenal sebagai sentra budidaya salak bali yang memiliki rasa yang manis. Jadi sambil bersepeda kita bisa mencicipi rasa manis salak bali, tentu ini akan menjadi pengalaman menarik selama berlibur di Bali.

9. Desa Carangsari
Desa Carangsari dikenal sebagai desa perjuangan dengan panorama alam yang indah. Desa ini merupakan tempat kelahiran pahlawan dari Bali yang bernama I Gusti Ngurah Rai. Jadi berlibur ke desa ini selain bisa menikmati panorama alamnya yang sangat indah, kita juga bisa mempelajari perjuangan I Gusti Ngurah Rai dalam mengusir penjajah dari bumi Indonesia ini. Kita bisa menyusuri alam pedesaan ini dengan bersepeda. Ada banyak trek bersepeda yang sangat menarik di sini. Desa ini juga merupakan salah satu desa adat yang ada di Bali. Jadi untuk para biker yang ingin merasakan eksotisme budaya Bali yang kental, bisa memilih Desa Carangsari sebagai lokasi bersepeda di Bali.

10. Danau Buyan
Untuk mencoba pengalaman berwisata yang tidak biasa di Bali, bersepeda di kawasan wisata Danau Buyan bisa jadi pilihan tepat. Danau yang berada di objek wisata Bedugul ini bersebelahan dengan Danau Tamblingan, sehingga dikenal dengan danau kembar. Bersepeda di Danau Buyan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa hutan yang hijau dan asri dengan hawa udara yang sejuk. Di lengkapi dengan panorama gunung, danau dan perbukitan akan membuat aktivitas bersepeda di kawasan ini menjadi menyenangkan, apalagi bersama orang terdekat kita. Selama besepeda kita bisa melihat aktivitas kehidupan masyarakat sekitar Danau Buyan seperti  menangkap ikan dan bertani wortel, stroberi dan anggrek. Biasanya aktivitas wisata bersepeda di Danau Buyan diakhiri dengan makan siang di Pura Ulun Danu Beratan yang menjadi ikon dari pariwisata Bedugul.

Nah itu beberapa lokasi bersepeda di Bali yang bisa dicoba jajal tracknya. Semoga ini dapat dijadikan referensi dalam mencari lokasi bersepeda di Bali dengan panorama yang keren.

Sumber gambar:
https://get.pxhere.com/photo/sport-bicycle-bike-recreation-cyclist-vehicle-exercise-cycle-sports-equipment-mountain-bike-cycling-race-team-sports-helmet-mountain-biking-road-cycling-outdoor-recreation-cycle-sport-cyclo-cross-bicycle-racing-road-bicycle-endurance-sports-racing-bicycle-road-bicycle-racing-duathlon-mountain-bike-racing-1204808.jpg

Iklan