T8/08/2012

Sekilas Tentang Kabupaten Jembrana Bali

Sekilas Tentang Kabupaten Jembrana Bali => Kabupaten Jembrana adalah satu dari sembilan Kabupaten dan Kota yang ada di Propinsi Bali yang beribukota Negara, terletak di belahan barat pulau Bali, membentang dari arah barat ke timur pada 8°09'30" - 8°28'02" LS dan 114°25'53" - 114°56'38" BT. Luas wilayah Jembrana 841.800 Km² atau 14,96% dari luas wilayah pulau Bali.

Peta Kabupaten Jembarana
Peta Kabupaten Jembrana

Secara administrasi Kabupaten Jembrana terdiri dari 5 Kecamatan yaitu: Melaya (dengan luas kecamatan 197,19 Km²), Negara (Luas 126,6 Km²), Jembrana (Luas 93,87 Km²), Mendoyo (Luas 294,49 Km²) dan Pekutatan (Luas 129,65 Km²).

Topografi wilayah perencanaan meliputi daerah pegunungan di bagian utara dan pendataran (pantai) di bagian selatan yang berbatasan dengan Samudera Indonesia. Pada bagian tengah merupakan daerah perkotaan.

Berdasarkan ketinggian tanah di bagian utara wilayah Kabupaten Jembrana mempunyai morfologi dan fisiografi pegunungan yang dibentuk oleh deretan pegunungan Penginuman, Gunung Klatakan, Gunung Bakungan, Gunung Nyangkrut, Gunung Sanggang dan Gunung Batas. Ketinggian tempat bervariasi antara 250 – 700 m dpl. Sedangkan di bagian selatan wilayah Kabupaten Jembrana topografinya relatif datar hingga bergelombang, ketinggian tempat ini berkisar antara 1 – 250 m dpl.

Adapun objek wisata di Kabupaten Jembrana yakni Pantai Yeh Leh, Pantai Perancak, Pura Rambut Siwi, Bendungan Palasari, Bendungan Benel, Pantai Medewi, Pantai Pekuatan, Desa Wisata Belimbing Sari, Taman Air Desa Gumbrih, Pantai Pengeragoan, Pantai Baluk Rening, Pantai Delod Berawah, Bunut Bolong, Museum Manusia Purba, Pantai Candi Kusuma, Teluk Gilimanuk, Desa Sangkaragung, Taman Nasional Bali Barat, Teluk Gilimanuk, dan Taman Kota Pecangakan. 

0 Response to "Sekilas Tentang Kabupaten Jembrana Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif