free counter with statistics Peta Tempat Wisata Selain Pantai Di Kabupaten Badung Bali
T9/08/2014

Peta Tempat Wisata Selain Pantai Di Kabupaten Badung Bali

Iklan
Iklan
Badung tidak hanya terkenal dengan objek wisata pantainya (seperti pantai Kuta, pantai Dreamland, pantai Nusa Dua, dan Pantai Jimbaran) tetapi juga terkenal dengan objek wisata non pantai (seperti GWK, Air Terjun Nungnung, dan Sangeh Monkey Forest). 

 Peta Kabupaten Badung

Sebelumnya Long Trip Mania sudah memposting tentang objek wista pantai di Badung. Berikut Long Trip Mania sajikan beberapa objek wisata non pantai yang ada di Kabupaten Badung yang perlu Anda ketahui.

1. Air Terjun Nungnung
Air Terjun Nungnung memiliki ketinggian sekitar 70 meter, terletak Desa Plaga Kecamatan Petang. Untuk menuju lokasi air terjun anda harus terlebih dahulu menyusuri persawahan berbukit dan anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak, sehingga sangat cocok untuk para pengunjung yang menyukai olahraga trekking.

2. Mandala Wisata
Mandala Wisata terletak di Desa Mengwi Kecamatan Mengwi, merupakan objek wisata sebagai tempat untuk kegiatan penerangan wisata, peragaan kesenian dan kebudayaan. Di dalamnya terdapat museum Manusa Yadnya dan Pitra Yadnya (ngaben) yang memuat perjalanan ritual kehidupan manusia Hindu di Bali.

3. Patung Satria Gatot Kaca
Patung Satria Gatot Kaca terletak di antara Jalan Raya Tuban dan Jalan Raya Airport Ngurah Rai dan sering disebut sebagai patung kuda. Patung ini melukiskan Pangeran Gatot Kaca (anak Pangeran Bima) sedang bertempur melawan Raja Angga Karna yang tengah mengendaraian kereta kuda sambil membidikan senjata Konta.

4. Penangkaran Penyu Deluang Sari
Terletak di kelurahan Tanjung Benoa Kecamatan Kuta Selatan, merupakan tempat penangkaran penyu laut yang ada di Pulau Bali. Wisatawan yang datang kesini dapat langsung memegang, memberi makan, berfoto ataupun masuk ke area kolam penangkaran dan bermain dengan penyu-penyu tersebut.

5. Monkey Forest Sangeh
Objek wisata Monkey Forest Sangeh terletak di Desa Sangeh Kecamatan Abiansemal, merupakan sebuah hutan lindung yang mana ditumbuhi pohon yang tidak akan dapat ditemui di lokasi lain di bali dan di dalamnya dihuni oleh ribuan monyet monyet abu-abu yang dikeramatkan. Di dalam hutan tersebut terdapat Pura Bukit Sari yang disucikan oleh Umat Hindu.

6. Safari Kuda
Safari kuda terletak di Banjar Umalas, Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, merupakan salah satu bentuk atraksi wisata yang cukup menarik dengan menawarkan rute perjalanan melintasi alam pedesaan, area persawahan yang subur dan pesisir pantai. 


7. Tanah Wuk
Tanah Wuk terletak di Banjar Gerana Desa Sangeh Kecamatan Abiansemal, merupakan salah satu objek wisata dengan pemandangan alam yang indah dengan lembah hijau mempesona, sungai berliku liku, airnya yang jernih serta udara dingin menyegarkan membuat objek ini cocok untuk digunakan sebagai tempat beristirahat ataupun kegiatan hiking.

8. Waka Tangga
Waka Tangga yang berada di Kecamatan Petang, merupakan objek wisata yang menawarkan perjalanan khusus yang menantang dan mengesankan sambil menyaksikan pemandangan alam Bali melintasi alam pedesan yang masih asri, dilanjutkan dengan menyusuri area perkebunan, hutan, lembah, dan sungai untuk sampai di sebuah gunung.

9. Wisata Agro Pelaga
Kawasan Wisata Agro Pelaga terletak di Desa Petang kecamatan Plaga, menawarkan wisata agro yaitu kegiatan wisata dimana tamanan menjadi objeknya mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga pemetikan, berbagai macam bentuk tanaman ada disini, mulai dari aneka bunga, sayur-sayuran dan buah buahan. Kawasan ini juga mempunyai pemandangan yang indah dan alami dengan udara pegunungan yang menyegarkan

10. Jembatan Tukad Bangkung
Jembatan Tukad Bangkung terletak di Desa Plaga Kecamatan Petang, merupakan jembatan yang menghubungkan kabupaten Badung, Bangli, dan Buleleng dan merupakan menjadi jembatan terpanjang di Bali dan diklaim sebagai jembatan tertinggi di Asia.

11. Taman Buaya Badung
Taman ini berlokasi di Banjar Binong Desa Werdi Bhuwana Kecamatan Mengwi, merupakan tempat penangkaran buaya. Selain menikmati pemandangan puluhan ekor buaya, anda juga dapat memberi makan buaya dari kejauhan. Di Taman Buaya ini anda akan disuguhkan beberapa atraksi buaya yang telah dijinakan oleh pawangnya yang khusus.

12. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)
GWK terletak di Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan, merupakan jendela seni dan budaya Pulau Bali dengan latar belakang alam serta panorama yang sangat mengagumkan, menjadikan salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran, konferensi ataupun kunjungan keagamaan. Dari GWK kita bisa melihat indahnya pemandangan Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa.

13. Pura Peti Tenget
Pura Petitenget terletak di Banjar Batu Belig, Desa Adat Kerobokan, Kecamatan Kuta. Pura ini menjadi objek wisata menarik dengan balutan alam dan arsitektur bangunannya yang unik.

14. Pura Pucak Tedung
Pura Puncak Tedung terletak di Banjar Kertha Desa Petang Kecamatan Petang, berada atas dataran tinggi dan memiliki panorama yang indah menawan juga berhawa sejuk. Dari tempat ini akan terlihat pemandangan Bali bagian timur, barat dan selatan. Tempat ini saat menarik dan cocok untuk dijadikan objek wisata spiritual bagi para wisatawan yang senang ketenangan dan kedamaian.

15. Pura Sadha Kapal
Pura Sada Kapal terletak di Banjar Pemebetan kelurahan Kapal Kecamaatn Mengwi, diakui sebagai situs cagar budaya yang mesti dilindungi dan merupakan peninggalan arkeologi.

16. Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong yang terletak di Desa canggu Kecamatan Kuta Utara. Pura ini berada dipantai Batu Bolong sehingga wisatawan yang berkunjung ke pura ini dapat juga menyaksikan indahnya panorama alam pantai Batu Bolong yang mempesona.

17. Pura Kancing Gumi
Terletak di Desa adat Batu Lantang, Desa Sulangai, Kec. Petang. Pura kancing Gumi diyakini sebagai tempat memohon kesembuhan bagi orang yang sakit, bila terjadi kemarau panjang untuk memohon hujan ataupun jika tanaman terserang hama. Sebagai pendaki atau pencari spiritual pura ini cocok sebagai tempat atau objek wisata sepiritual.

18. Pura Pucak Mangu
Pura Pucak Mangu yang berada di Kecepatan Petang.  Yang paling unik dari pura ini adalah setelah kita sampai di areal parkir, kita harus berjalan kaki menuju puncak yang sedikit terjal, di sinilah kenikmatannya, sesuatu bisa kita dapatkan lebih dengan usaha maksimal. Wisatawan yang hobby wisata petualangan bisa coba trekking di tempat ini.

19. Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun terletak di Desa Mengwi Kecamatan Mengwi dan merupakan pura warisan dari kerajaan Mengewi. Keunikan Pura Taman Ayun adalah pura ini dikelilingi oleh sebuah kolam sehingga pura ini seolah-olah berada ditengah danau.

20. Pura Uluwatu
Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan. Terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 m di atas permukaan laut. Lokasi berdirinya bangunan pura, membuat wisatawan yang datang berkunjung, tidak hanya bisa menikmati suasana yang sakral dan religius, tetapi juga pemandangan yang indah.

21. Desa Wisata Petang
Desa Petang terletak di Kecamatan Petang. Desa Petang merupakan salah satu desa yang dijadikan tujuan wisata di Bali. Desa ini menawarkan suasana pedesaan yang masih asri dengan kehidupan masyarakat Bali yang masih bernuansa alami.

22. Desa Wisata Baha
Desa Wisata Baha terletak Desa Baha Kecamatan Mengwi. Selain pemandangan alam yang indah dan asri ada juga sekeha cak pria dan wanita, pertunjukan legong dan tempat rekreasi memancing. Desa Baha juga kaya dengan aktivitas kerajinan seperti ukir-ukiran, anyam-anyaman, sarana upacara agama Hindu dan industri rumah tangga lainnya.

23. Desa Blahkiuh (Bumi Perkemahan Dukuh)
Bumi perkemahan ini berada di Desa Blahkiuh Kecamatan Abiansemal. Tempat ini suasananya cukup tenang karena terletak cukup jauh dari jalan raya dan pada tanah tegalannya sekarang dipergunakan untuk tempat bumi perkemahan.

24. Jalan Tol Bali Mandara
Jalan Tol Bali Mandara adalah jalan tol pertama di Provinsi Bali. Jalan Tol Bali Mandara menghubungkan Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa. Jalan tol ini memiliki panjang total 12,7 km dan sebagian besar berada di atas laut. Jalan tol ini juga merupakan jalan tol terindah di dunia.

Demikian beberapa objek wisata non pantai yang ada di Kabupaten Badung. Semoga artikel ini memberikan inspirasi Anda dalam memilih lokasi atau objek wisata yang ada di Kabupaten Badung. Selamat berwisata.
Iklan