free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Mekalongan Buleleng Bali
T10/19/2017

Tempat Wisata Air Terjun Mekalongan Buleleng Bali

Iklan
Iklan
Jika anda ingin mencari tempat wisata pantai pasir putih yang eksotis maka di bali selatan tempatnya, sedangkan jika anda ingin mencari tempat wisata air terjun yang alami dengan airnya yang jernih dan menyegarkan maka di bali utara tempatnya. Walaupun untuk menuju ke bali utara memerlukan jarak tempuh yang lumayan panjang dan tentunya dengan waktu yang lama, tetapi keindahan air terjun yang disuguhkan sangat memukau mata.

Salah satu air terjun yang bisa anda jadikan tujuan wisata anda ke bali utara adalah air terjun mekalangan atau air terjun mekalongan. Air terjun mekalangan memiliki tinggi sekitar 45 meter, di mana aliran airnya berasal dari air terjun campuhan atau air terjun kembar yang berada di atasnya. Air terjun campuhan sendiri aliran airnya berasal dari dua buah sungai yang kemudian menyatu menjadi satu, tentu pada air terjun mekalangan debit airnya lebih besar dan arusnya lebih deras karena lebih tinggi dari air terjun kembar tadi.
Air terjun Mekalangan
IMG by Instagram via Readtosuzanne

Pada musim kemarau, aliran air terjun ini benar-benar jernih sehingga dapat digunakan untuk membasuh muka atau mandi. Airnya benar-benar segar, apalagi pada saat berkunjung ke air terjun ini pada siang hari, tentu untuk merelaksasi dan menyegarkan badan dengan berendam di air terjun ini sangat tepat sekali, apalgi tempat jatuhnya air terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

Pada musim hujan, air terjun ini airnya menjadi keruh dan berwarna kecokelatan. Jadi hindari datang pada musim penghujan. Tentunya sangat tidak enak bukan saat liburan tiba-tiba datang hujan menguyur tubuh anda. Pada hari libur, pengunjung ke air terjun ini sangat ramai, apalagi perkembangan teknologi informasi seperti munculnya sosial media membuat tempat ini menjadi sangat terkenal dalam hitungan hari. Tentu para pecinta traveler akan penasaran akan keberadaan lokasi air terjun ini. jadi admin sarankan untuk datang ke air terjun ini pada hari-hari biasa, supaya lebih leluasa mengekspresikan diri di air terjun dengan cara berfoto-foto ria bersama teman maupun orang yang disayangi.

Perlu diketahui lagi bahwa dilokasi ini ada empat air terjun lho, jangan sia-siakan liburan anda hanya mengunjungi satu air terjun saja, coba eksplor semuanya, yakni air terjun Kembar (Campuhan ), air terjun mekalangan (yang admin bahas ini), air terjun Bertingkat, dan air terjun Gitgit. Keempat air terjun ini lokasinya saling berdekatan lho. Sangat keren bukan, sekali liburan bisa mengunjungi empat buah titik air terjun dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Selain keindahan air terjunnya, sekitar air terjun keadaan alamnya juga tak mau kalah indahnya, pepohonan yang rindang dan hijau berpadu dengan suara gemuruh air terjun, udara sejuk yang menyegarkan akan membuat otak menjadi rileks sejenak, dan keeksotisan pesona alamnya juga sangat menggoda kamera Anda untuk mengabadikannya.

Lokasi Air Terjun Mekalangan (Mekalongan)
Alamat atau lokasi air terjun mekalangan berada di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia. Dari bandara ngurah rai akan memerlukan jarak tempuh sekitar 78 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 25 menit versi google map, dari pusat kota Denpasar berjarak sekitar 65,8 km. Sedangkan dari tempat wisata danau beratan berjarak sekitar 17,6 km dan dari kota singaraja hanya berjarak sekitar 12,7 km.

Nah itu sekilas tentang tempat wisata air terjun mekalangan atau air terjun mekalongan yang berada di bali utara. Jadi jangan ragu untuk mengijakan kaki di Bali utara dan menyegarkan mata dan tubuh dengan sejuknya aliran sungai dan hembusan udara dingin di dataran tinggi Bali. Semoga ini dapat dijadikan refrensi wisata anda dalam mencari tempat wisata air terjun d Bali, khususnya di Bali Utara. Salam longtriper.
Iklan