free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Rumah Pohon Di Karangasem Bali
T11/18/2018

Inilah Tempat Wisata Rumah Pohon Di Karangasem Bali

Iklan
Iklan

Rumah pohon sekarang menjadi tempat wisata yang sangat populer di Bali, sehingga tidak mengherankan jika di Bali banyak terdapat rumah pohon yang menjadi incaran para traveler khususnya kaula muda yang gemar berfoto selfie. Rumah pohon dapat dikatakan sebagai salah satu tempat wisata antimainstream di Bali, karena untuk menikmati rumah pohon pengunjung harus benar-benar berani uji nyali. Jadi yang takut akan ketinggian jangan coba-coba untuk berwisata ke rumah pohon yang sangat tinggi. Perlu diketahui, tidak semua rumah pohon berada diketinggian yang tinggi, misalnya rumah pohon yang ada di tempat wisata Big Garden Corner dan rumah pohon Batu Moelenteng di Nusa Penida.

Salah satu kabupaten di Bali yang menawarkan tempat wisata rumah pohon yang antimainstream yakni Kabupaten Karangasem. Kabupaten yang mendapat julukan “bumi lahar” ini setidaknya memiliki 3 rumah pohon yang kini sedang ngehits di sosial media. Berikut admin rekomendasikan tempat wisata rumah pohon di Karangasem Bali yang wajib untuk dikunjungi.

1. Bukit Lemped
Tempat Wisata Rumah Pohon Bukit Lemped Karangasem
Tempat wisata Bukit Lemped

Tempat wisata rumah Pohon Bukit Lemped lokasinya sangat strategis yakni di pinggir jalan raya jurusan Amlapura – Singaraja, tepatnya berada di Banjar Pladung, Desa Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Keberadaan tempat wisata yang satu ini sangat dekat dengan objek wisata yang sangat populer di Karangasem yakni Taman Tirta Gangga. Hanya berjarak sekitar 1,8 km dari Taman Tirta Gangga pengunjung bisa menikmati keunikan tempat wisata baru ini. Rumah pohon yang ada di tempat wisata ini tingginya mencapai 40 meter lho. Tempatnya benar-benar keren karena tersedia tempat untuk berfoto selfi dengan latar sarang burung raksasa dan ayunan. Dari atas pohon pengujung bisa melihat alam sekitar yang sangat indah dan hijau. Para wisatawan bisa melihat gundukan Bukit Dausa di sebelahnya dan rumah pohon Poh Landung juga kelihatan dari pohon ini. Tempat wisata ini sangat digemari oleh kaula muda yang suka berfoto selief, karena tempatnya sangat Instagramable banget lho.

2. Poh Landung
Tempat wisata rumah pohon berikutnya yakni Rumah Pohon Poh Landung. Lokasi rumah pohon ini masih dekat dengan rumah pohon Bukit Lemped yang berjarak sekitar 400 meter lho. Rumah Pohon Poh Landung atau ada yang menyebutnya dengan nama Rumah Pohon Temega merupakan tempat wisata paling dekat dengan Taman Tirta Gangga yang jaraknya sekitar 1,4 km lho. Di tempat wisata ini terdapat rumah yang dibangun di atas pohon. Dari atas pohon pengunjung bisa melihat indahnya alam pedesaan, pohon-pohon rindang dan menjulang tinggi, serta hamparan persawahan. Bagi yang phobia akan ketinggian jangan coba-coba untuk naik ke rumah pohon ini. Jadi di sekitar tirta Gangga ada dua rumah pohon yang bisa dikunjungi yakni rumah pohon poh landung dan rumah pohon bukit lemped. Lokasi rumah pohon poh Landung berada di Jalan Raya Tirta Gangga, Banjar Timbul (Desa Adat Temega), Desa Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

3. Tukad Abu
Rumah pohon yang satu ini berada di kaki Gunung Agung, yang merupakan gunung tertinggi di pulau Bali. Rumah pohon yang berada di dataran tinggi ini menawarkan pemandangan indah berupa panorama gunung Agung yang menjulang tinggi, perbukitan dan lembah yang asri dan alami, serta dikejauhan terlihat hamparan pemandangan laut pantai Amed dan Tulamben yang siap menyambut kedatangan para turis. Tempat ini hanya memiliki dua buah rumah pohon, yang luasnya sekitar 9 meter persegi yang bisa menampung maksimal 4-6 orang dan yang satunya memiliki ukuran lebih kecil lagi. Untuk menaiki rumah pohon tersebut para pengunjung harus melewati jembatan gantung, tentunya ini akan menjadi pengalaman wisata yang sangat unik dan menarik. Tidak hanya menawarkan pesona rumah pohon, kawasan tempat wisata ini juga menyajikan keunikan sebuah piramida kecil yang menyerupai stupa candi terdapat berada di tengah-tengah objek wisata ini. Piramida ini dibentuk dari bulatan-bulatan tanah liat yang dicampur dengan semen, terlihat begitu unik. Lokasi rumah pohon Tukad Abu berada di Desa Batu Dawa, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.

Kabupaten Karangasem tidak hanya memiliki tempat wisata rumah pohon, melainkan banyak destinasi wisata lainnya yang layak untuk dikunjung seperti hamparan pantai pasir putih yang eksotis, desa wisata yang unik, perbukitan yang hijau nan asri, air terjun yang tersembunyi dan masih alami, dan hamparan savana yang Instagramable banget. Untuk info tempat wisata lainnya di Karangasem silahkan baca:

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata rumah pohon di Bali, khususnya di Kabupaten Karangasem Bali. Salam Longtriper.
Iklan