free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Pura Yang Populer Di Bali
T11/19/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Pura Yang Populer Di Bali


Bali sebagai salah satu tujuan wisata dunia mendapat julukan sebagai “Pulau Seribu Pura” atau dalam bahasa asingnya dikenal dengan istilah “The Island of Thousand Temples”. Hampir tiap pekarangan rumah penduduk yang beragama Hindu di Bali terdapat sebuah pura. Ketika kita pergi ke suatu tempat di Bali pasti terlihat bangunan pura juga. Pura ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Bali. Pura sebagai warisan budaya kini menjadi tempat wsiata yang sangat populer di Bali, khususnya diminati oleh wisatawan asing. Berikut admin bagikan 10 tempat wisata pura yang populer di Bali.

1. Pura Luhur Uluwatu
Objek wisata Uluwatu merupakan tempat wisata paling populer di Bali. Sebelum perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat seperti sekarang ini, tempat ini memang sudah populer. Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi tempat ini tambah populer di dunia. Di sosial media Instagram, tempat wisata uluwatu benar-benar populer lho, bahkan dengan #uluwatu mendapat 1 juta kiriman. Di objek wisata Uluwatu terdapat tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Luhur Uluwatu. Tempat wisata pura luhur uluwatu juga sangat populer di Instagram dengan #uluwatutemple mendapat 120 ribu kiriman lho. Keunikan dari tempat suci ini adalah lokasinya berdiri di atas batu karang terjal dan tinggi, posisi karang ini menjorok ke samudra Indonesia yang biru. Selain itu, kawasa pura luhur Uluwatu terkenal dengan keindahan matahari terbenamnnya (sunset) yang menambah kawasan ini menjadi populer sebagai tempat melihat sunset terbaik di Bali. Di sini juga tersedia stage tempat digelarnya pertunjukan tari Kecak setiap sore hari. Dengan latar belakang sunset, pertunjukan kecak di sini akan menjadi sebuah pertunjukan seni tari yang memukau mata. Anda bisa berfoto-foto di sekitar pura dengan latar belakang tebing karang yang menghijau atau matahari terbenamnya.

2. Pura Tirta Empul
Tempat Wisata Pura Tirta Empul Gianyar Bali
Pancoran suci di Pura Tirta Empul

Tempat suci umat Hindu berikutnya yang populer di Bali adalah Pura Tirta Empul yang berada di Jalan Tirta, Desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Pura yang berdiri di “bumi Seni” ini juga populer di sosial media Instagram dengan #tirtaempul mendapat 54,5k kiriman dan dengan #tirtaempultemple 11,4 ribu kiriman lho. Banyak hal yang membuat tempat wisata ini menjadi populer, salah satunya karena keunikanyang dimilikinya. Di sini kita akan disajikan uniknya kawasan pura dengan aktivitas warga yang memersihkan diri (melukat) di area pemadian dengan air yang disucikan. Wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah anda harus mengguanakan ‘kamen’, semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikenankan oleh umat Hindu Bali saat bersembahyang di dalam pura. Selain itu, tempat wisata ini dekat dengan objek wisata Ubud yang sangat terkenal dan searah dengan perjalanan menuju tempat wisata Kintamani.

3. Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot Bali tidak hanya tempat wisata spiritual bagi umat Hindu, juga merupakan spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam (sunset) di Bali. Itulah yang menyebabkan tempat suci umat Hindu ini menjadi populer bagi wisatawan, terutama turis mancanegara. Tidak hanya sebagai spot untuk melihat sunset, pura yang berdiri di Tabanan ini juga sangat unik lho. Pura yang berdiri di pingir pantai agak ke tengah laut ini, jika air laut sedang pasang, Pura Tanah Lot ini seakan-akan terpisah dengan lautan. Sedangkan jika air laut sudah mulai surut, daratan yang menghubungkan pura ini akan terlihat. Turis akan berbondong-bondong datang ke sini ketika menjelang matahari tenggelam, karena momen-momen inilah yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot. Lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai objek fotografi maupun praweding. Di instagram tempat wisata pura Tanah Lot benar-benar populer dengan #tanahlottemple mendapat 40,8 ribu kiriman. Lokasi Pura Tanah Lot Berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

4. Pura Ulun Danu Beratan
Selain memiliki pura Tanah Lot, Tabanan juga memiliki Pura Ulun Danu Beratan sebagai salah satu tempat wisata pura yang populer di Bali. Di Instagram terdapat banyak tagar tentang tempat wisata ini yakni #ulundanu mendapat 34,9 ribu kiriman, #ulundanuberatan mendapat 13,7 ribu kiriman, #puraulundanu mendapat 21,3 ribu kiriman, dan #ulundanutemple mendapat 13,1 ribu kiriman. Tempat wisata pura yang satu ini memang sangat unik karena pura ini berdiri di tengah-tengah danau terbesar kedua di Bali yakni Danau Beratan Bali. Bahkan tempat wisata ini menjadi icon dari pariwisata Pulau Bali. Karena tempat ini sangat terkenal, pemerintah Indonesia juga memuat gambar Pura Ulun Danu ini dalam uang kertas pecahan lima puluh ribuan. Pura yang berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali ini memang menawarkan keindahan yang luar biasa ditambah lagi dengan panorama danaunya yang indah.

5. Pura Taman Ayun
Selain memiliki Pura Luhur Uluwatu yang sangat populer, Badung juga memiliki tempat wisata pura yang sangat populer di Bali lainnya yakni Pura Taman Ayun. Tempat wisata yang satu ini juga sangat populer di Instagram lho, dengan #tamanayun mendapat 19,8 ribu kiriman dan dengan #tamanayuntemple mendapat 7,3 ribu kiriman. Pura Taman Ayun merupakan salah satu pura warisan dari Kerajaan Mengwi. Keunikan yang dimiliki dari pura ini adalah terdapat sebuah kolam ikan yang mengelilingi pura ini. Selain keunikan tersebut, tempat wisata Pura Taman Ayun juga searah dengan tempat wisata Bedugul, sehingga setiap harinya tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara yang kebetulan akan berlibur ke Bedugul Bali. Lokasi tempat wisata Pura Taman Ayun berada di Jalan Ayodya No.10, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

6. Pura Luhur Lempuyang
Tempat wisata pura yang populer berikutnya ialah pura Luhur Lempuyang yang berlokasi di Desa Adat Purwa Ayung, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Kepopuleran di Intsagram tempat wisata ini mendapat 19,2 ribu kiriman dengan #lempuyangtemple. Berwisata ke Pura Luhur Lempuyang para wisatawan juga bisa mengunjungi Taman Tirta Gangga yang juga sangat populer di Bali, karena lokasinya sejalur dengan tempat suci ini. Panorama di Pura Luhur Lempuyang memang benar-benar menakjubkan, di sini kita akan disajikan keunikan arsitektur sebuah tempat suci Umat Hindu dengan latar belakang panorama Gunung Agung yang menjulang tinggi nan memukau mata. Untuk menuju Pura Lempuyang Luhur harus menempuh perjalanan sekitar 10 km dari objek wisata Taman Tirta Gangga.

7. Pura Besakih
Tempat wisata pura berikutnya yang populer di Bali yakni Pura Besakih yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu terbesar di Bali, bahkan tempat suci ini mendapat julukan The Mother of Temple. Tempat suci ini tepat berada dilereng barat daya Gunung Agung. Di sini banyak terdapat tempat suci peribadatan umat Hindu yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Di media sosial Instagram dengan #besakihtemple mendapat 16,4k kiriman lho. Pura yang berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali ini juga sangat dekat dengan objek wisata baru di Karangasem yang lagi ngehits di sosial media Instagram yakni Taman Edelwies Besakih yang terkenal dengan panorama hamparan Bunga Edelwies dan Bunga Marigold yang sangat indah.

8. Pura Puseh Batuan
Pura Puseh Batuan merupakan Pura Puseh (tempat memuja dewa wisnu) tertua di Bali. Di pura ini juga tersimpan sejumlah peninggalan purbakala yang berasal dari jaman prasejarah, seperti sejumlah arca, lingga dan juga peripih. Tempat wisata ini tiap harinya sangat ramai dikunjungi para turis karena sekitar tempat suci ini juga terdapat tempat wisata populer lainnya seperti Air Terjun Tegenungan, Pasar Seni Guwang, Pasar Seni Sukawati, Bali Zoo, Bali Bird Park, dan Guwang Hidden Canyon. Pura Puseh Batuan ini berlokasi di Jalan Raya Batuan, Dusun Tengah, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

9. Pura Ulun Danu Batur
Pura Ulun Danu Batur merupakan salah satu tempat wisata populer di Kintamani Bali. Pura yang berlokasi di Jalan Kintamani, Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini merupakan pura terbesar kedua yang ada di wilayah Pulau Bali. Dari lokasi pura, para wisatawan bisa dengan mudah menikmati panorama pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur yang indah.
                                                                                                                               
10. Pura Taman Saraswati
Pura Taman Saraswati merupakan salah satu tempat wisata populer di Ubud Bali. Tempat suci bagi umat Hindu yang satu ini khusus untuk memuja dewi ilmu pengetahuan, yakni Dewi Sarasawati. Pura ini memiliki kolam yang banyak terdapat bunga teratai yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Ubud. Pura ini juga memiliki panggung pemantasan Tari Kecak yang dikelilingi oleh kolam teratai. Bagi yang ingin menonton Tari Kecak, jadwal pementasannya setiap hari selasa dan kamis, yang dimulai pada pukul 19.30 waktu setempat. Pura yang berada di Jalan Kajeng, Desa Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali ini sangat dekat dengan objek wisata populer lainnya di Ubud seperti Ubud Monkey Forest, Bukit Cinta Ubud dan museum-museum seni di Ubud.

Baca juga:

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata pura yang populer di Bali. Perlu diperhatikan, ketikan berlibur ke tempat-tempat suci di Bali, jangan lupa untuk mematuhi aturan atau tata tertib yang berlaku di pura tersebut, misalnya berpakain yang sopan, menggunakan “kamben” sejenis kain yang membungkus pinggang hingga kaki atau bisa juga menggunakan selendang, dan tidak berkata kotor. Selain itu, wanita yang sedang datang bulan juga dilarang untuk ke dalam aeral tempat suci di Bali. Satu hal lagi, untuk menjaga dan merawat warisan budaya, jangan membuang sampah secara sembarangan di tempat-tempat wisata pura di Bali.