free counter with statistics Inilah 20 Tempat Wisata Di Bali Selain Pantai Dan Pura
T11/19/2018

Inilah 20 Tempat Wisata Di Bali Selain Pantai Dan Pura

Iklan
Iklan

Bali memang terkenal dengan destinasi wisata pantai dan pura. Pantai-pantai di bali terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Tidaknya bentang alam dengan pasir putihnya yang menjadi incaran para pelancong, pesona sunset dan sunrise di pantai juga tidak luput dari incaran para traveler. Begitu juga dengan tempat wisata pura, bali memiliki ribuan pura yang tersebar hampir di seluruh kecamatan di Bali. Tidak salah kalau bali mendapat julukan sebagai “the island of thousand temples”.
Inilah 20 Tempat Wisata Di Bali Selain Pantai Dan Pura
Panorama sawah terassering di Bali


Selain memiliki tempat wisata pantai dan pura yang menjadi andalan pariwisata di Pulau Bali, pulau yang mendapat julukan sebagai pulau surga ini juga memiliki objek wisata lainnya. Berikut admin bagikan dan rekomendasikan 20 tempat wisata di Bali selain pantai dan pura yang bisa dikunjungi.

1. Panorama Perbukitan
Bosan menikmati suasana pantai di Bali, coba berlibur ke perbukitan yang ada di Bali. Terdapat puluhan tempat wisata bukit yang ada di Bali yang populer di sosial media, seperti Bukit Asah terkenal dengan nama Taman Harmoni Bali yang sangat bagus untuk berkemah dan melihat sunrise, bukit cinta ubud dengan hamparan rumput ilalangnya yang asri, bukit cinta karangasem dengan panorama gunung agung yang keren, bukit cinta pinggan sebagai spot melihat sunrise terbaik di kintamani, bukit teletubies di nusa penida dan di kubutambahan buleleng, bukit belong dan bukit abah di klungkung dan lain-lain.


2. Patung Terbesar Di Bali
Bagi yang ingin menikmati liburan ke bali yang uni, coba mampir ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana yang berlokasi di Desa Unggasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Di sini terdapat sebuah patung terbesar di Bali lho, dan terbesar ke tiga di dunia yakni Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK).Patung GWK yang berdiri di lahan seluas 250 hektar ini sudah diresmikan pada tanggal 22 September 2018 oleh presiden Joko Widodo. Patung yang dibuat oleh I Nyoman Nuarta ini merupakan patung tembaga yang terbesar di dunia yang ketinggiannya mencapai 121 meter mengalahkan patung Liberty yang tingginya 93 meter. Patung ini dikeliling oleh tebing-tebing kapur nan eksotis. Tentunya dari tebing-tebing kita bisa melihat patung GWK yang menjulang tinggi, sungguh pemandangan yang mempesona. Uniknya penyangga patung GWK merupakan sebuah bangunan yang berlantai 23 yang di dalamnya terdapat ruangan-ruangan. Di dalam ruangan ini pengunjung dapat melihat sejarah perjalanan pembuatan patung ini yang mulai digagas hingga bisa berdiri seperti sekarang ini.


3. Lembah Yang Hijau
Kini wisata lembah di Bali sedang ngehits di sosial media. Selain karena keindahan yang disuguhkan, kini lembah disulap menjadi tempat wisata yang instagramable banget lho dengan menambahkan beberapa fasilitas yang mampu membuat pengunjung betah berlama-lama nongkrong di kawasan tersebut, seperti lembah di Tukad Melangit yang ada anjungannya, Lembah Tanah Wuk yang dekat dengan objek wisata sangeh monkey forest, dan tempat wisata lembah yang lainnya.

4. Sungai Yang Jernih
Bali juga memiliki sungai yang memiliki air yang sangat jernih. Tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat mandi, sungai di bali dikelola menjadi tempat wisata yang sangat keren, seperti wisata kali unda di klungkung yang sangat indah dengan panorama tirai air terjunnya, panorama tukad Gelar yang ada di Jembrana, dan tukad Ayung yang digunakan sebagai tempat untuk olahraga arung jeram yang sangat populer di Bali. Bahkan ada juga sungai yang digunakan untuk tempat rekreasi lho, seperti Tukad Korea yang berada di Kota Denpasar dan tukad Loloan yang ada di tempat wisata kawasan Sanur.

5. Berkunjung Ke Museum
Di Indonesia, Bali masuk dalam daftar lima besar dalam hal jumlah museumnya. Kebanyakan museum yang ada di Bali berupa museum seni dan terbanyak berada di kabupaten Gianyar. Tidak mengherankan jika kabupaten ini terkenal dengan julukan Bumi Seni. Jadi berlibur ke bali tidak harus mengunjungi keindahan alam berupa pantai pasir putih yang eksotis, tetapi juga bisa mengunjungi beberapa museum lho.


6. Rumah Pohon
Rumah pohon sekarang menjadi tempat wisata yang sangat populer di Bali, sehingga tidak mengherankan jika di Bali banyak terdapat rumah pohon yang menjadi incaran para traveler khususnya kaula muda yang gemar berfoto selfie. Rumah pohon dapat dikatakan sebagai salah satu tempat wisata antimainstream di Bali, karena untuk menikmati rumah pohon pengunjung harus benar-benar berani uji nyali seperti rumah pohon yang di Temega Karangasem. Jadi yang takut akan ketinggian jangan coba-coba untuk berwisata ke rumah pohon yang sangat tinggi. Perlu diketahui, tidak semua rumah pohon berada diketinggian yang tinggi, misalnya rumah pohon yang ada di tempat wisata Big Garden Corner dan rumah pohon Batu Moelenteng di Nusa Penida.


7. Hutan Yang Asri
Bali juga memiliki beberapa tempat wisata hutan yang sangat populer, seperti hutan bambu di desa Penglipuran, hutan cemara di Karangasem, hutan mangrove di Suwung, hutan mangrove di Tuban, hutan mangrove di Perancak, dan hutan pinus di Kintamani.

8. Sawah Terassering
Panorama sawah terassering di Bali sudah terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan sawah di bali sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia lho. Jika ingin menikmati sawah terasering di Bali, bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang populer di Bali seperti sawah terassering Ceking dan sawah terassering Ubud di Gianyar, sawah terassering Munduk Tangi di Jembrana, sawah terassering Soka di Tabanan, dan sawah terassering Sidemen di Karangasem.

9. Air Terjun Alami
Air terjun di Bali masuk sebagai salah satu tujuan wisata populer di Bali. Di pulau dewata ini kita akan disuguhkan dengan ratusan titik air terjun yang masih alami yang tersebar hampir diseluruh kabupaten di Bali. Misalnya air terjun Tegenungan di Gianyar, air terjun Nungung di Badung, Air terjun Cepung di Bangli, air terjun Gitgit di Buleleng, air terjun Jagasatru di Karangasem, air terjun Seganing di Klungkung, air terjun Pengempu di Tabanan, dan air terjun Juwuk Manis di Jembrana.


10. Panorama Danau
Perlu diketahui bahwa Pulau Bali memiliki empat buah danau yang sudah menjadi destinasi wisata terkenal akan keindahannya. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik, danau-danau di Bali juga menjadi incaran para wisatawan luar negeri. Tiap-tiap danau tersebut memiliki keunikan tersendiri. Berikut empat danau yang ada di Bali yakni Danau Batur, Danau Buyan, Danau Beratan, dan Danau Tamblingan. Baru-baru ini admin mengetahui bahwa ada danau di Bali Timur yang sedang nghits di sosial media yang bernama Danau Yeh Malet yang terkenal dengan julukan Danau Cinta Yeh Malet.


11. Permainan Yang Ekstrem
Bagi yang ingin permainan yang ekstrem, bali juga memilikinya. Salah satu permainan yang ekstrem di Bali yakni ayunan yang tingginya mencapai 40 meter yang berada di Bali Swing Bongkasa. Selain ayunan, ada juga permainan flying fox yang panjangnya mencapai 160 meter lho yang berada di Bedugul Treetop Adventure Park dan permainan paragliding yang siap terbang tinggi di atas tebing pantai pandawa di Paragliding Tandem Bali.


12. Desa Wisata
Bali memiliki ratusan desa wisata yang tersebar di semua kabupaten dan kota di Bali. Desa wisata di Bali memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan desa wisata yang lainnya. Jadi antara satu desa wisata dengan desa wisata lainnya memiliki perbedaan baik dari segi konsep maupun atraksi yang disuguhkannya, sehingga liburan ke bali tidak akan membosankan. Misalnya desa wisata batubulan yang terkenal dengan desa wisata seni, tentunya akan menyuguhkan atraksi keseniannya seperti pertunjukan tari kecak dan tari barong. Begitu juga desa wisata Jatiluwih yang terkenal panorama persawahan terassering yang hijau dan desa wisata Tihingan di Klungkung yang terkenal sebagai sentra pengerajin gamelan gong di Bali.


13. Pasar Seni
Tidak hanya memiliki pasar tradisional dan pasar modern, Bali juga memiliki beberapa pasar seni yang menjual aneka barang kerajinan yang bernilai seni seperti patung, lukisan, anyaman, dan barang seni lainnya. Adapun pasar seni yang terkenal di Bali yakni pasar seni Ubud, pasar seni Sukawati, pasar seni Guwang, pasar seni Semarapura, pasar seni Kuta dan pasar seni Kumbasari.

14. Kebun Bunga
Kebun Bunga juga menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Bali. Ada bebrapa tempat wisata kebun bungan yang kini sedang ngehits di sosial media, seperti kebun bunga Edelwies di Temukus, kebun bunga Marigold (bunga Gumitir) di Belok dan Petang, kebun bunga matahari di Tabanan, dan kebun bunga Angrek di Denpasar.

15. Seni dan Budaya
Bali tidak hanya menawarkan bentang alam yang indah, tetapi juga memiliki seni dan budaya yang unik yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali, seperti menonton pertunjukan Tari  Kecak di Uluwatu dan menonton Tari Barong di Batubulan. Selain itu, bali juga memiliki kegiatan rutin tahunan yang mempertunjukan beberapa kesenian dan kebudayaan Bali seperti Pesta Kesenian Bali dan Sanur Village Festival.

16. Agrowisata
Bali banyak memiliki objek wisata agrowisata yang sangat menarik untuk dikunjungi ketika berlibur ke Pulau Dewata, seperti agrowisata salak di Sibetan, agrowsiata jeruk di Kintamani, agrowisata kelapa di Tabanan, agrowisata kopi di Tabanan, agrowisata anggur di Buleleng, dan agrowisata strowbery di Bedugul.

17. Mendaki Gunung
Mendaki gunung merupakan wisata tantangan, karena akan memerlukan tenaga yang ekstra untuk mencapai puncak gunung. Tidak hanya memerlukan kesiapan fisik doang, kesiapan mental juga sangat diperlukan dalam berwisata naik gunung. Bali memliki banyak gunung yang siap didaki untuk mencapai puncaknya dan mengeksplor keindahannya. Ada beberapa gunung di bali yang sangat populer untuk didaki, seperti Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Abang dan Gunung Catur.

Baca juga:

18. Spot Menyelam dan Snorkeling
Bagi yang suka dengan pesona bawah laut, Bali memiliki beberapa spot menyelam terbaik yang menyuguhkan panorama terumbu karang yang masih alami, seperti menyelam di Pulau Menjangan, Nusa penida, Pemuteran, Tulamben, Amed, Tanjung Benoa, Pulau Serangan, Sanur, dan Lovina.

19. Kebun Binatang dan Konservasi
Bagi yang mengajak anak-anak ke Bali, berlibur ke kebun binatang dan tempat konservasi binatang di Bali merupakan pilihan yang sangat tepat. Di sini ada banyak tempat wisata kebun bianatang lho, seperti taman kupu-kupu Kemenuh, taman kupu-kupu Wanagiri, Bali Zoo, Bali Bird, Bali Safari and Marine Park, Pulau Penyu, dan Taman Nasional Bali Barat.


20. Watersport
Wisata olahraga air (watersport) di Bali kini menjadi tempat wisata populer bagi turis asing di Bali. Watersport dapat dikatakan sebagai salah satu oleharaga esktrem lho. Ada beberapa tempat wisata watersport di Bali, seperti watersport Tanjung Benoa yang terdapat lebih dari 14 wahana yang akan menguji nyali para turis, Krisna Watersport di Bali Utara, Bali Wake Park di Benoa, Lembongan Watersport di Pulau Lembongan, dan Sanur Watersport di Pantai Sanur.

Nah itu alternatif tempat wisata yang mungkin bisa dikunjungi di Bali selain tempat wisata pantai dan pura. Semoga ini dapat dijadikan rujuan dalam mencari tempat wisata di Bali, karena bali tidak hanya terkenal akan keindahan pantai dan pura, melainkan tempat wisata lainnya. Silahkan baca juga info tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini.
Iklan