free counter with statistics Inilah 20 Tempat Wisata Keren Di Nusa Lembongan Bali
T1/13/2019

Inilah 20 Tempat Wisata Keren Di Nusa Lembongan Bali

Iklan
Iklan

Lembongan merupakan nama sebuah pulau kecil sekaligus nama sebuah desa di Kabupaten Klungkung. Pulau yang berada 11 km di tenggara Pulau Bali ini memiliki luas wilayah sekitar 6,15 km². Mata pencaharian utama masyarakat Nusa Lembongan adalah sebagai petani rumput laut. Perkembangan sektor pariwisata di Pulau Lembongan sangat pesat, sehingga menyebabkan sebagian pendudukanya bekerja di sektor pariwisata dan sektor penunjang pariwisata. Walaupun luas Pulau Lembongan sekitar 0,1% dari luas pulau Bali, ternyata pulau ini menyimpan segudang potensi destinasi wisata yang sangat menawan hati dan menjadi incaran para traveler luar negeri yang menginginkan suasana yang berbeda.
Inilah 20 Tempat Wisata Keren Di Nusa Lembongan Bali
Peta Pulau Lembongan Bali
sumber: wikipedia

Berlibur ke Pulau Lembongan, merupakan pilihan alternatif bagi yang mencari suasana sepi dan tenang selama mengisi liburan ke Bali. Hanya saja untuk menuju lembongan para wisatawan harus menyeberang selat Badung terlebih dahulu. Ada banyak titik penyeberangan ke Pulau lembongan dari Pulau Bali, salah satunya bisa melalui Pantai Matahari Terbit Sanur atau bisa juga melalui dermaga Pulau Serangan. Bagi yang berencana berwisata ke Pulau Lembongan, berikut admin bagikan dan rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut.

1. Hutan Mangrove Nusa Lembongan
Hutan mangrove di pulau Lembongan benar-benar terjaga kelestariannya, bahkan warga adat di Pulau Lembongan mengeluarkan peraturan atau awig-awig yang melarang warganya untuk menebang pohon bakau secara sembarangan. Hutan mangrove yang ada di Pulau Lembongan cukup luas dengan panorama yang menawan hati. Pengunjung bisa menikmati keindahan hutan bakau dengan cara menyusurinya dengan menyewa perahu jukung dari para nelayan setempat.

2. Lembongan Watersport
Wisata watersport paling populer di Bali berada di pantai Tanjung Benoa yang berjarak sekitar 8,2 km dari bandar udara internasional I Gusti Ngurah Rai. Bali tidak hanya memiliki Tanjung Benoa Watersport yang menjadi incaran para traveler asing, bahkan di Pulau Lembongan juga menyediakan jasa watersport yang tidak kalah menantangnya dengan tanjung benoa watersport. Kehadiran Lembongan watersport sebagai alternatif hiburan untuk memperlengkapi tempat wisata di Bali. Adapun watersport yang bisa dinikmati di Pulau Lembongan yakni diving, snorkeling, speed boat, banana boat dan kegiatan water sport lainnya.

3. Pantai Lebaoh
Pantai Lebaoh menyuguhkan panorama pesisir berpasir putih yang eksotis nan memukau mata. Selain itu, pantai ini merupakan sentra budidaya rumput laut di Pulau Lembongan, sehingga petak-petak rumput laut terlihat memenuhi kawasan ini, termasuk juga rumput laut yang dijemur di tepi pantai. Menikmati panorama pantai sambil melihat petani rumput laut yang bekerja, sungguh pemandangan yang langka.

4. Paradise Beach
Sesuai dengan namnya, Paradise Beach merupakan sebuah pantai yang memiliki pemandangan bak surga di bumi. Panorama yang disuguhkan pantai yang berpasir putih ini benar-benar memukau mata pengunjung. Dari pantai ini pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Agung gagah berdiri di Pulau Bali. Tidak hanya menyuguhkan eksotisme pasir putihnya, pantai ini juga memiliki hutan bakau yang menghiasinya.

5. Tamarind Beach
Tamarind Beach atau Pantai Selagimpak merupakan sebuah pantai yang mempunyai pemandangan menakjubkan ke arah pulau Bali. Pantai yang berada dekat dengan Tamarind Beach Bungalow ini memiliki pasir putih dengan hiasan hutan bakau sekitar pantai yang menambah indah kawasan ini. Siang hari akan terlihat jukung-jukung bersandar di pinggir pantai, tentunya pantai ini akan menjadi tambah indah. Selain itu, dari pantai ini pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Agung dengan kabut tipis menyelimutinya.

6. Pantai Scooby Doo
Pantai Scoobydoo merupakan pantai tersembunyi yang sangat indah dengan karakteristik berpasir putih yang sehalus tepung dan bersih. Pantai Scooby Doo ini merupakan pantai yang masih sangat alami dengan beberapa perahu milik nelayan setempat yang selalu menghiasi pantai ini. Pantai Scooby Doo merupakan pantai sunset terbaik di Lembongan. Pemandangan ketika matahari terbenam menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai yang satu ini. Pengunjung akan disuguhkan dengan panorama langit yang berwarna jingga dan dipercantik beberapa perahu nelayan yang tertambat di tepi pantai, sungguh pemandangan yang unik dan langka.

7. Sandy Bay
Di pantai ini berdiri sebuah restoran Sandy Bay Beach Club yang menjadi cikal bakal nama pantai ini. Sandy Bay dikenal juga sebagai Sunset Beach karena pantai ini menyajikan pesona matahari terbenam di sore hari. Sambil menikmati kuliner yang disajikan direstoran tersebut, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati sunset yang sangat memukau mata. Walaupun pantainya kecil tetapi cukup menyenangkan dengan pasir putih dan ombaknya yang datang silih berganti.

8. Mushroom Beach
Mushroom Beach atau Pantai Tanjung Sanghyang memiliki pemandangan alam pantai yang sangat indah. Pantai yang berpasir putih ini sangat ideal untuk berenang, snorkeling, diving, surfing, atau bahkan hanya sekedar duduk pinggir pantai. Pantai ini memiliki begitu banyak karang yang indah dan terkenal karena matahari terbenamnya, dan ada juga pelabuhan yang merupakan salah satu pintu masuk ke Nusa Lembongan.

9. Dream Beach
Dream Beach atau Pantai Mimpi merupakan salah satu pantai terkenal di Pulau Lembongan dan dikatakan sebagai pantai terindah di Lembongan. Nama pantai tersebut diambil dari nama sebuah hotel yang berada di dekat pantai yakni hotel Dream Beach Hut. Dream Beach Lembongan menawarkan keindahan pantai pasir putih dengan air lautnya yang jernih serta memiliki tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya.

10. Pantai Mahagiri
Pantai ini berada di depan Mahagiri Resort sehinggan pantainya diberi nama Pantai Mahagiri yang menawarkan keindahan pantai dengan pasir putihnya yang mempesona dan juga disuguhkan dengan panorama Gunung Agung di seberang lautan.

11. Bukit Panorama
Bukit Panorama Lembongan menawarkan pesona pemandangan laut biru, kapal, dan rumah penduduk yang terlihat indah dan eksotis dari atas bukit. Tempat ini menjadi tempat wisata favorit di pulau Lembongan.

12. Devil’s Tear
Devil’s Tear atau dikenal dengan nama “Air Mata Setan” merupakan sebuah tempat wisata anti mainstream di Pulau Lembongan. Di sini pengunjung akan mendengar suara ombak yang menderu dan juga akan  terdapat water blow ketika ombak menabrak karang.

13. Pantai Junggut Batu
Pantai Junggut Batu merupakan sebuah tempat wisata populer di Nusa Lembongan, pantai ini paling gampang untuk dijangkau, karena merupakan salah satu dermaga perahu dan speed boat untuk naik turun penumpang dari Bali. Selain menyuguhkan sibuknya aktivitas di dermaga, juga menawarkan panorama hamparan pantai pasir putih yang eksotis, airnya jernih dan tenang. Pada sore hari para pengunjung akan menyaksikan panorama matahari tenggelam lho.

14. Jembatan Kuning
Jembatan gantung yang berwarna kuning di pulau lembongan ini dikenal dengan nama Jembatan Cinta Lembongan. Jembatan yang panjangnya mencapai 100 meter ini menghubungkan antara Pulau Lembongan dengan Pulau Ceningan. Jembatan ini hanya bisa dilintasi oleh sepeda motor dan pejalan kakai saja, karena lebarnya hanya 1.5 meter. Banyak wisatawan mengabadikan kenangan mereka dengan berphoto di jembatan ini, sehingga pamornya bertambah karena viral di sosial media khususnya pengguna instagram.

15. Goa Gala Gala
Goa Gala Gala atau dikenal juga dengan nama Under Ground House merupakan tempat wsiata unik di Pulau Lembongan. Tempat wisata ini merupakan sebuah rumah yang terletak di bawah tanah atau dapat dikatakan sebagai sebuah goa dengan sejumlah cabang terowongan.

16. Coconut Beach
Coconut Becah atau Pantai Selambung terletak di sebuah teluk kecil desa Jungutbatu dan berdampingan dengan pantai Jungutbatu. Pantai ini menyuguhkan keindahan alam pantai berpasir putih keemasan, sebuah tempat istimewa dan ideal untuk bersantai sepanjang hari. Suguhan hamparan pantai berpasir putih dan pemandangan laut biru serta perahu nelayan yang bersandar di pinggir pantai, serta kemegahan Gunung AGung adalah pemandangan sehari-hari di pantai ini.

17. Bali Marine Walk
Sesuai namanya, di Bali Marine Walk para wsiatawan bisa berjalan di dalam air sambil menikmati keindahan terumbu karang dan memberi makan para ikan yang bergerombol dengan menggunakan helm disambung dengan selang udara yang memungkinkan pemakainya untuk bertahan di bawah air. Para pengunjung bisa mengabadikan momen ketika sedang berada di dalam air untuk berfoto-foto.

18. Diving dan Snorkling
Lembongan tidak hanya menawarkan wisata pantai pasir putih yang indah. Juga menyediakan wisata diving (menyelam) dan snorkeling. Ada beberapa titik snorkling di Nusa Lembongan, salah satunya ada di Mangrove Forest Point. Tempat wisata di Lembongan sangat cocok untuk aktivitas menyelam atau snorkeling karena memiliki air yang jernih dan tenang, di sini juga terdapat banyak terumbu karang yang indah serta berbagai jenis ikan hias.

19. The Deck Cafe & Bar
The Deck Cafe & Bar merupakan salah satu tempat makan yang ada di Nusa Lembongan. Tidak hanya sekedar tempat makan lho, pengunjung bisa menyegarkan pikiran dengan suasana yang dan pemandangan indah karena lokasinya berada di pinggir laut, seolah-olah sedang makan di atas deck kapal yang mewah. Selain itu, menikmati kuliner di The Deck Café & Bar pada sore hari akan disuguhkan dengan panorama sunset yang indah.

20. Pura Pucak Sari
Pura Pucak Sari merupakan sebuah tempat suci umat Hindu yang berada di atas bukit. Sepanjang perjalanan menuju kawasan suci ini pengunjung akan disuguhi keindahan pemandangan Samudera Hindia, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida. berkunjung ke sini akan memerlukan aktivitas fisik yang menantang, tetapi hiking kesini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan ketika berlibur ke Lembongan.

Nah itu beberapa tempat wisata di Lembongan Bali yang bisa dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata sekitar Bali yang nyaman dan tenang. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen indah saat mengunjungi tempat wisata di Lembongan dengan berfoto-foto dan menguploadnya di sosial media agar tempat wisata tersebut menjadi viral dan terkenal.
Iklan